Biaya Service TV LED Samsung Tidak Ada Gambar

Biaya Service TV LED Samsung Tidak Ada Gambar Lengkap

Posted on

Finoo.id – Biaya Service TV LED Samsung Tidak Ada Gambar Lengkap. Seringkali pengguna TV mengalami masalah pada layar LED, seperti layar menjadi hitam atau tidak ada gambar, layar gelap, LED bergaris, atau bahkan mati total. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh faktor internal atau eksternal, termasuk masalah TV LED tanpa gambar namun ada suara. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membawa TV LED ke teknisi atau tukang service.

Di Indonesia, sudah banyak teknisi atau tukang service yang menyediakan jasa perbaikan untuk masalah pada TV LED. Namun, setiap teknisi atau tukang service memiliki tarif atau harga yang berbeda-beda.

Sebelum membawa TV LED ke tukang service terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kisaran biayanya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap biaya perbaikan TV LED tanpa gambar untuk semua merek yang dilengkapi dengan penyebab masalahnya.

Apa Penyebab TV LED Ada Suara Tapi Tidak Ada Gambar?

Sebelum mengetahui biaya perbaikan TV LED tanpa gambar, sebaiknya diketahui terlebih dahulu penyebab mengapa TV tersebut tidak menampilkan gambar. Salah satu penyebab TV LED ada suara namun tidak ada gambar adalah sebagai berikut.

1. Konektor Kabel LVDS

Koneksi antara T-Con dengan mainboard dihubungkan melalui konektor kabel LVDS. Jika pemasangannya salah, seperti kendor atau tidak terpasang dengan benar, maka akan menyebabkan LCD Samsung tidak menampilkan gambar. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan dengan seksama saat memasang konektor kabel LVDS ini.

2. Lampu Backlight Mati

Salah satu penyebab TV LED tidak menampilkan gambar namun ada suara adalah matinya atau tidak berfungsi lampu backlight. Kerusakan pada backlight memang sering terjadi, tetapi perbaikannya relatif mudah. kalian hanya perlu mengganti lampu backlight yang rusak dengan yang baru.

Baca Juga :   Cara Menghubungkan Perangkat HP ke Televisi Paling Mudah

Jika LCD TV Samsung kalian hanya mengeluarkan suara tanpa gambar, lakukan pengecekan pada bagian lampu backlight. Pastikan apakah lampu masih berfungsi dengan baik atau sudah mati. Pengecekan ini sangat penting untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari kerusakan tersebut.

3. Solderan Longgar

Penyebab ketiga dari masalah televisi yang mengeluarkan suara namun tidak menampilkan gambar adalah solderan yang longgar. Kontak solder yang tidak terpasang dengan baik pada PCB dapat menyebabkan masalah pada LCD TV kalian. Oleh karena itu, perlu memperhatikan dengan baik agar masalah ini tidak terjadi.

Untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh solderan longgar, dapat dilakukan dengan melakukan solder ulang untuk membuat hasil solderan menjadi kuat dan tidak longgar lagi.

4. T Con

Biaya perbaikan TV LED Samsung yang tidak menampilkan gambar juga dapat disebabkan oleh masalah pada T-Con. Solusi untuk memperbaiki masalah pada LCD TV Samsung yang disebabkan oleh masalah T-Con adalah dengan mengganti T-Con yang rusak dengan yang baru. Dengan cara ini, LCD TV dapat kembali berfungsi seperti semula.

5. Panel atau Layar

Masalah berikutnya yang dapat menyebabkan televisi tidak menampilkan gambar adalah kerusakan pada layar atau panel itu sendiri. Jika ini terjadi, satu-satunya solusinya adalah dengan mengganti layar LCD yang rusak dengan yang baru, sehingga televisi dapat digunakan kembali dengan normal.

Setelah layar LCD diganti, gambar akan muncul kembali dan kalian dapat menikmati tayangan televisi favorit kalian seperti biasa.

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar

Setelah mengetahui beberapa penyebab TV LED tidak menampilkan gambar namun ada suara, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan membawa TV LED ke teknisi atau tukang service.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Berubah Warna Serta Cara Mengatasinya

Namun, perlu diingat bahwa saat mengunjungi tukang service atau teknisi, kalian harus mempersiapkan biaya sekitar Rp 50.000 – Rp 75.000 sebagai biaya pengecekan. Biaya service atau perbaikan TV LED yang tidak menampilkan gambar biasanya tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran dan merek televisi tersebut.

1. Biaya Service TV LED

Saat ini, biaya perbaikan TV LED yang tidak menampilkan gambar di kota-kota besar tergantung pada ukuran layar dan mereknya, seperti Polytron, Samsung, Sharp, LG, dan sebagainya. Jika kalian penasaran, berikut adalah daftar biaya service TV LED yang tidak menampilkan gambar namun ada suara untuk beberapa merek berdasarkan ukuran layarnya. Simak dengan baik-baik di bawah ini.

Ukuran TV LEDBiaya Perbaikan
TV LED 19 inchRp 100.000 – Rp 150.000
TV LED 24 inchRp 150.000 – Rp 200.000
TV LED 32 inchRp 200.000 – Rp 250.000
TV LED 32 – 42 inchRp 250.000 – Rp 300.000
TV LED > 42 inchRp 300.000 ke atas

2. Biaya Penggantian Komponen

Jika tingkat kerusakan pada TV LED sudah sangat parah, solusi terakhirnya adalah dengan mengganti beberapa komponen dengan yang baru. Namun, perlu diingat bahwa biaya penggantian komponen seperti LCD pada TV LED akan jauh lebih mahal daripada biaya penggantian LCD pada HP Oppo.

Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan jika memang perlu mengganti beberapa komponen, di bawah ini kami akan memberikan daftar biaya penggantian komponen TV LED yang tidak menampilkan gambar untuk semua merek dan ukuran layarnya.

Ukuran TV LEDBiaya Perbaikan
TV LED 14 inchRp 300.000 – Rp 500.000
TV LED 19 inchRp 550.000 – Rp 750.000
TV LED 24 inchRp 800.000 – Rp 1.000.000
TV LED 32 inchRp 1.200.000 – Rp 1.750.000
TV LED 39 inchRp 1.500.000 – Rp 2.000.000
TV LED 42 inchRp 2.000.000 – Rp 3.000.000
TV LED 50 – 55 inchRp 4.000.000 – Rp 5.000.000
Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Panasonic Paling Mudah dan Tepat

Tips Agar TV LED Lebih Tahan Lama

Di atas telah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya perbaikan TV LED yang tidak menampilkan gambar namun ada suara untuk semua ukuran layar dan merek. Namun, untuk membuat layar TV LED di rumah menjadi lebih awet dan tahan lama, ikuti beberapa tips perawatan berikut:

  1. Jangan biarkan TV LED menyala ketika tidak ada yang menonton.
  2. Jangan biarkan TV LED dalam mode standby.
  3. Perhatikan letak penempatannya.
  4. Pastikan ventilasi ruangan TV LED baik.
  5. Sesuaikan tingkat kecerahan TV LED.
  6. Sesuaikan tingkat kontras TV LED.
  7. Gunakan stabilizer.
  8. Pastikan TV LED terbebas dari debu.
  9. Jauhkan TV LED dari perangkat elektronik lainnya seperti handphone.

Baca Juga :

Penutup

Dalam hal biaya service TV LED Samsung yang tidak menampilkan gambar, penting untuk mengingat bahwa biaya dapat bervariasi tergantung pada jenis kerusakan dan lokasi tempat kalian tinggal.

Namun, sebaiknya jangan mengabaikan masalah ini, karena semakin lama dibiarkan semakin besar kemungkinan kerusakan menjadi lebih parah dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih mahal. Jadi, segera hubungi teknisi yang berpengalaman untuk melakukan perbaikan dan pastikan untuk meminta perkiraan biaya sebelum memulai pekerjaan perbaikan.

Dengan melakukan tindakan tepat waktu, kalian dapat menghindari biaya yang tidak perlu dan memperpanjang umur TV LED Samsung kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Biaya Service TV LED Samsung Tidak Ada Gambar Lengkap. Semoga artikel finoo.id dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *