Adakah Cara Nonton Ulang TV

Cara Menonton Siaran Ulang TV Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Menonton Siaran Ulang TV Mudah & Praktis. Kesibukan yang padat seringkali membuat pemirsa kehilangan kesempatan untuk menikmati acara favorit mereka, meskipun sudah merencanakan untuk menyaksikannya. Mobilitas yang tinggi juga sering membuat program televisi kesukaan terlewat begitu saja, meskipun beberapa produk televisi menyediakan fitur rekaman dengan flash drive eksternal.

Namun, jangan khawatir! Dalam era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, menonton siaran ulang acara favorit yang terlewatkan menjadi sangat mudah dan praktis. Anda dapat memutar kembali acara yang terlewatkan kapan saja dan sesuai dengan keinginan Anda.

Kami telah merangkum panduan praktis terkait cara menonton siaran ulang TV yang sudah terlewat. Hal ini sangat membantu bagi para pemula yang mungkin mengalami kesulitan dalam memenuhi keinginan penting mereka untuk menikmati kembali acara yang terlewatkan. Jangan ragu untuk mencoba dan nikmati kembali acara favorit Anda!

Syarat Menonton Siaran Ulang

Format digital dalam tayangan televisi semakin populer di masyarakat, yang menawarkan banyak channel dengan kualitas gambar dan audio yang sangat jernih.

Namun, tetap saja ada pertanyaan klasik dari pemirsa Indonesia, yaitu bagaimana cara menonton siaran televisi yang sudah terlewatkan. Pertanyaan ini seringkali muncul terutama bagi pemula yang memiliki keterbatasan pemahaman terhadap perkembangan teknologi.

Untuk menonton siaran ulang televisi, ada dua syarat utama yang harus dipenuhi. Meskipun demikian, bagi pemula yang masih bingung, kami telah merangkum panduan lengkap terkait cara menonton siaran ulang TV yang dapat membantu Anda dalam memenuhi keinginan tersebut.

1. Koneksi Internet

Internet telah menjadi layanan umum yang memungkinkan semua orang untuk mengakses berbagai konten, termasuk video dan siaran TV yang telah tayang sebelumnya.

Namun, untuk memastikan proses streaming berjalan lancar dan tanpa kendala seperti delay video, pastikan Anda telah terdaftar pada layanan internet dari salah satu operator yang menyediakan kecepatan mumpuni. Dengan demikian, Anda dapat menikmati konten secara optimal dan tanpa gangguan.

Baca Juga :   Kode Remot TV Sanken Paling Lengkap dan Cara Settingnya

2. Smart TV / Smartphone

Ada dua pilihan media untuk menonton siaran ulang, yaitu menggunakan smart TV dan smartphone. Kedua produk ini memiliki kemampuan untuk melakukan proses streaming online secara langsung.

Meskipun tersedia metode lain dengan merekam siaran menggunakan hard disk eksternal, namun tidak semua produk televisi mendukung fitur tersebut dan biaya teknik ini relatif lebih mahal. Oleh karena itu, menggunakan smart TV atau smartphone menjadi pilihan yang lebih efisien dan terjangkau bagi pemirsa yang ingin menikmati siaran ulang secara praktis dan mudah.

Cara Menonton Siaran Ulang TV

Tak perlu merasa bingung lagi jika ingin menonton program acara TV yang sudah terlewat, karena kini Anda bisa melakukan streaming online. Beberapa provider televisi on demand bahkan menyediakan pilihan siaran yang dapat dipilih oleh pengguna.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menonton siaran ulang TV:

1. Hidupkan Smart TV

Siapkan perangkat elektronik seperti smart TV atau smartphone untuk menonton siaran ulang. Kedua perangkat ini dapat terhubung langsung ke layanan internet.

Untuk menghidupkan smart TV, tekan tombol power dan pastikan perangkat terhubung ke jaringan. Pastikan Anda menggunakan provider seluler yang mumpuni agar tidak mengalami gangguan saat menonton siaran ulang.

2. Akses Layanan Streaming

Layanan interaktif seperti TV On Demand memiliki legalitas yang sah dan telah mendapatkan izin resmi. Mereka bekerja sama dengan beberapa stasiun televisi untuk menampilkan konten video yang dapat diakses secara online.

Anda dapat memanfaatkan salah satu layanan dari provider seperti Vidio, RCTI Plus, atau UseeTV. Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam fitur dan kelengkapan channel yang disediakan.

Berikut adalah cara sederhana untuk menonton siaran ulang di TV On Demand:

  • Pastikan unit smart TV dalam keadaan menyala.
  • Instal salah satu aplikasi video on demand, misalnya Vidio.
  • Akses layanan dari Vidio dan akan muncul daftar saluran yang tersedia.
  • Pilih salah satu stasiun televisi tertentu sesuai dengan keinginan Anda.
  • Anda siap menonton siaran ulang TV sesuai dengan selera Anda.
Baca Juga :   Penyebab TV Gambar Blur Dan Cara Mengatasinya Yang Tepat

3. Menonton Siaran Ulang

Untuk menonton siaran ulang acara TV dari provider Video On Demand (VOD), tersedia dua opsi yaitu melalui aplikasi atau browser. Pilihlah opsi yang menurut Anda paling mudah mengacu pada perangkat yang digunakan.

Setelah membuka salah satu layanan video on demand, Anda akan melihat daftar channel TV yang tersedia. Silahkan pilih saluran yang diinginkan sambil mengatur resolusi pemutaran siaran sesuai dengan kebutuhan.

Cara Nonton Ulang Siaran TV di TV On Demand

Layanan TV On Demand merupakan layanan resmi yang telah diijinkan oleh stasiun TV terkait, berbeda dengan oknum yang mengunggah siaran di YouTube, website streaming, dan lainnya. Kita tidak perlu khawatir merugikan orang lain karena layanan ini 100% legal.

Setiap layanan TV On Demand biasanya memiliki fitur Catch Up yang memungkinkan pengguna untuk menonton ulang siaran 7 hari kebelakang. Misalnya hari ini tanggal 10 Januari 2021, maka siaran yang dapat ditonton hanyalah siaran hingga tanggal 4 Januari 2021. Segera tonton secepatnya sebelum siaran hilang.

Dalam artikel ini, Finoo.id akan membagikan daftar TV On Demand yang dapat digunakan untuk menonton ulang siaran TV yang telah lewat. Layanan ini dapat diakses melalui website ataupun aplikasi handphone. Saat ini, layanan tersebut masih gratis dan dapat digunakan untuk menonton siaran dari stasiun TV seperti RCTI, ANTV, Trans 7, SCTV, Indosiar, dan TV Nasional lainnya.

1. Vidio

Vidio merupakan layanan streaming video yang diluncurkan sejak tahun 2014 dan dimiliki oleh PT Surya Citra Media Tbk, anak perusahaan dari Elang Mustika Teknologi. Layanan ini menyediakan berbagai macam konten seperti siaran langsung TV Indonesia, film, drama, pertandingan olahraga, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Vidio, pengguna dapat menonton lebih dari 80 channel TV baik itu lokal ataupun luar negeri secara live. Selain itu, tersedia juga fitur Catch Up untuk menonton siaran TV yang telah ketinggalan.

2. RCTI+

RCTI Plus merupakan layanan TV On Demand dan Over The Top yang dioperasikan oleh divisi RCTI dari Media Nusantara Citra. Layanan ini resmi diluncurkan pada saat RCTI berusia 30 tahun pada tanggal 24 Agustus 2019 oleh Bapak Hary Tanoesoedibjo.

Baca Juga :   Cara Instal Aplikasi Di Android TV Box Paling Mudah

Dengan menggunakan RCTI Plus, pengguna dapat menonton siaran langsung keempat channel MNC Group yaitu RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews. Selain itu, tersedia fitur catch up yang memungkinkan pengguna untuk menonton ulang siaran yang telah terlewat.

3. Usee TV

Indihome TV merupakan layanan televisi interaktif pertama yang disediakan oleh Telkom Indonesia. Layanan ini biasanya digunakan oleh mereka yang berlangganan paket Indihome dengan biaya bulanan mulai dari Rp.300.000-an, yang mencakup akses internet, TV, dan telepon jika diinginkan.

Saat artikel ini ditulis, terdapat total 126 channel yang sebagian besar masuk dalam paketan layanan tersebut. Saluran TV kategori Sport, Movies, Music, Kidz, Knowledge, Entertainment, dan Lifestyle sebagian besar merupakan channel internasional. Tidak heran jika layanan ini bersifat premium dan berbayar.

Adakah Cara Nonton Ulang TV Tanpa Internet?

Menonton ulang siaran TV yang sudah lewat tanpa internet tergolong sulit, kecuali jika Anda dapat merekam siaran yang ditayangkan di layar televisi. Namun, jika terdapat opsi yang lebih mudah, mengapa harus mempersulit diri?

Meskipun begitu, untuk mengakses layanan TV On Demand tidak selalu memerlukan internet yang sangat cepat seperti yang ditawarkan oleh Indihome. Kecepatan 2 Mbps sudah cukup untuk melakukan streaming video dengan resolusi 360p – 480p. Yang terpenting adalah koneksi internet stabil agar dapat menikmati streaming tanpa gangguan.

Penutup

Demikianlah ulasan finoo.id tentang beberapa cara untuk menonton siaran ulang TV. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk menonton acara favorit Anda yang terlewatkan.

Ingatlah untuk selalu memeriksa jadwal siaran ulang di stasiun TV atau platform streaming yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda tidak akan melewatkan momen-momen penting dalam acara yang ingin Anda tonton. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *