Kode Remot TV Asatron

Daftar Kode Remot TV Asatron Luminos LED & Tabung

Posted on

Finoo.id – Daftar Kode Remot TV Asatron Luminos LED & Tabung. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang televisi merek Asatron. Merek ini mungkin sudah dikenal oleh sebagian orang, namun masih ada yang belum mengenalinya.

Dahulu, televisi sering disebut sebagai “kotak ajaib” yang merupakan barang elektronik yang sangat penting bagi keluarga. Bahkan, penemuannya dianggap sebanding dengan penemuan roda dua karena mampu mengubah peradaban dunia.

Saat ini, televisi telah menjadi barang umum yang ada di hampir setiap rumah, institusi, perusahaan, perkantoran, bahkan di lingkungan pemerintahan. Televisi berperan sebagai sumber informasi, hiburan, dan periklanan yang dapat menggerakkan laju perekonomian bangsa.

Asatron sendiri dikenal oleh masyarakat sebagai produk yang memiliki kualitas suara yang bagus, gambar yang tajam, dan harganya yang terjangkau. Keunggulan tersebut membuat merek ini banyak diminati oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis akan membahas kode remote TV Asatron agar Anda dapat lebih mudah menggunakannya.

Remot TV Asatron

Berdasarkan beberapa referensi yang telah kami rangkum, kabarnya unit televisi yang dirakit sejak awal tahun 1980-an sudah dilengkapi dengan remote infra merah. Oleh karena itu, tidak heran jika ketika Anda membeli TV baru, remote kontrol sudah termasuk dalam paket pembelian secara otomatis.

Seiring berjalannya waktu, barang elektronik akan mengalami masa pakai atau “aus”, termasuk remote TV Asatron. Frekuensi penggunaan perangkat juga dapat mempengaruhi usia dari peralatan elektronik tersebut.

Remote merupakan benda yang paling sering digunakan saat menonton acara televisi. Oleh karena itu, sudah sewajarnya barang tersebut rentan terhadap kerusakan.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada remote Asatron, antara lain:

  • Volume penggunaan yang tinggi dapat menyebabkan tombol pada remote menjadi macet atau sulit ditekan.
  • Remote sering terjatuh atau terbentur yang dapat menyebabkan retak pada papan sirkuit atau casing remot.
  • Remote dapat rusak karena tindakan yang tidak sengaja, seperti dilempar atau dimainkan oleh anak-anak kecil.
Baca Juga :   Lokasi Service Center TV Polytron: Diberbagai Wilayah

Kerusakan pada remote TV Asatron dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa kesulitan. Mereka harus berjuang untuk mencapai layar TV hanya untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

Walaupun terlihat sepele, remote kontrol memang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan segera menggantinya dengan yang baru.

Sobat dapat memilih antara membeli remote kontrol original atau universal. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kode Remot TV Asatron

Remot kontrol universal biasanya dijual dengan harga yang terjangkau, sekitar 10 hingga 50 ribu rupiah saja. Alat pengendali jarak jauh ini mudah ditemukan dan mendukung semua merek, sehingga semakin populer digunakan.

Namun, pengguna perlu mengenali kode remot TV Asatron agar dapat memasangkan perangkat antara remote kontrol dan televisi Asatron. Tanpa kode ini, remote kontrol universal tidak akan berfungsi dan hanya menjadi benda biasa saja.

Daftar kode remot tv Asatron terbaru:

Seri KodeKode TV Asatron
Seri Nol053, 056, 073
Seri Satu102, 103, 104, 106, 124, 181, 187
Seri Dua202, 203, 204, 206, 224, 281, 287
Seri Tiga308, 320, 325, 330, 346, 347, 357

Kode remot TV Asatron terdiri dari tiga digit yang unik dan digunakan untuk memasangkan remote kontrol dengan televisi. Dengan menggunakan kode ini, remote kontrol universal akan berfungsi sama seperti remote kontrol asli pabrik.

Daftar kode pada tabel di atas mendukung semua jenis TV Asatron, termasuk jenis LED dengan produk ID “Asatron Luminos”. Oleh karena itu, kemungkinan besar kode-kode tersebut akan berfungsi untuk televisi Asatron tersebut.

Setting Kode Remot TV Asatron

Proses pairing remote kontrol universal hanya perlu dilakukan satu kali saja, yaitu ketika perangkat sudah dikenali oleh televisi. Setelah itu, pengguna dapat langsung menggunakan remote kontrol untuk menonton. Terdapat dua teknik sinkronisasi, yaitu manual dan otomatis.

Teknik pemrograman remote kontrol secara manual lebih umum digunakan, di mana pengguna hanya perlu mencari kode yang sesuai dengan televisi. Sedangkan cara otomatis membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk mengatur remote kontrol universal di TV Asatron, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga :   Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start Yang Tepat

  • Tekan dan tahan tombol ‘set’ (pada sebagian tipe mungkin hanya ‘set’ saja) kemudian tekan tombol ‘power’ sampai lampu indikator remot menyala.
  • Lepaskan tombol dan pastikan lampu indikator tetap menyala (bukan berkedip).
  • Segera masukkan salah satu kode remot TV Asatron yang sesuai.
  • Lampu indikator pada remote kontrol akan mati setelah Anda selesai memasukkan kode.
  • Proses pairing selesai, remote kontrol universal Anda siap digunakan untuk mengoperasikan TV Asatron.

Setelah melakukan sinkronisasi, langkah yang paling penting adalah melakukan tes pada remote kontrol universal. Caranya adalah dengan mengatur volume televisi Asatron, jika layar menunjukkan respon maka kode tersebut cocok dan berhasil.

Jika remote kontrol masih belum berfungsi dengan baik, ulangi langkah dan masukkan kode TV satu per satu. Jika tetap tidak berhasil, solusi terakhir adalah dengan melakukan scan otomatis. Namun, pengguna perlu bersabar selama proses pemindaian berlangsung.

Langkah-langkah di atas merupakan panduan umum untuk mengatur kode pada remote kontrol universal, terutama untuk merek Joker, Multisonic, dan HJ. Cara pengaturan mungkin berbeda untuk model dan tipe remote kontrol yang berbeda.

Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Berfungsi

Remote TV yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh beberapa hal, sehingga tidak perlu terburu-buru untuk mengganti remote TV dengan yang baru. Pengguna sebaiknya mengecek terlebih dahulu penyebab remote TV tidak berfungsi, apakah masih bisa diperbaiki atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki remote TV yang tidak berfungsi:

Cek Baterai Remot TV

Ketika remote TV tidak berfungsi, hal pertama yang perlu diperiksa adalah baterai remote. Meskipun lampu indikator pada remote masih menyala, tidak menjamin bahwa dayanya masih cukup kuat untuk mengirim gelombang. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti baterai remote TV dengan yang baru.

Periksa Tempat Baterai Remote

Selain baterai, hal selanjutnya yang perlu diperiksa pada remote adalah tempat untuk meletakkan baterai dan memastikan bahwa besi penghubungnya masih dalam kondisi baik, tidak patah atau berkarat. Namun, hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika lampu indikator pada remote masih menyala.

Cek Semua Tombol Pada Remote

Dalam beberapa kasus, remote TV yang tidak dapat digunakan disebabkan oleh sebagian tombol yang tidak berfungsi. Oleh karena itu, sebaiknya diperiksa apakah semua tombol pada remote masih berfungsi atau tidak. Penting untuk memastikan bahwa semua tombol berfungsi, dan tidak hanya sebagiannya saja.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Polytron Layar Blank Putih & Solusinya

Periksa Sensor Remote dan Receiver Digital/TV

Cara kerja remote TV adalah dengan mengirimkan sinyal inframerah ke receiver pada TV atau perangkat digital lainnya. Remote TV berfungsi sebagai pemancar gelombang atau transmitter, sedangkan TV atau perangkat digital berfungsi sebagai receiver yang menerima gelombang tersebut.

Penyebab lain dari remote TV yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh sensor remote yang rusak. Untuk memastikan sensor remote tidak rusak, coba tekan tombol remote dan periksa kilatan cahayanya dengan menggunakan kamera smartphone. Jika masih terdapat cahaya yang keluar, kemungkinan besar sensor receiver pada TV atau perangkat digital yang rusak atau ada benda yang menghalangi hubungan antara remote TV dan TV.

Hubungkan Remote TV dengan Digital/TV

Penyebab lain dari remote TV yang tidak berfungsi adalah karena remote belum terhubung dengan TV. Hal ini dapat terjadi terutama jika menggunakan remote TV universal. Meskipun sebelumnya telah berhasil melakukan pengaturan dan menghubungkan remote TV dengan TV, bukan berarti remote akan selalu berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, lakukan pengaturan ulang pada remote TV universal agar remote kembali berfungsi seperti semula.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan finoo.id mengenai Kode Remot TV Asatron yang dapat kami sampaikan. Dengan mengetahui kode-kode tersebut, Anda dapat dengan mudah mengoperasikan TV Asatron Anda tanpa perlu repot-repot menggunakan tombol pada TV itu sendiri.

Jangan lupa untuk menyimpan kode-kode tersebut pada tempat yang mudah diingat agar Anda tidak kesulitan mencarinya kembali di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari kode remot TV Asatron. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *