Cara Menyalakan TV Xiaomi

Cara Menyalakan TV Xiaomi Tanpa Remot Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menyalakan TV Xiaomi Tanpa Remot Dengan Mudah. Dalam pengoperasian jangka panjang, remote kontrol seringkali rusak, yang membuat pengguna kesulitan dalam mengakses fitur televisi dari jarak jauh.

Terkadang bahkan menyalakan TV Xiaomi saja sudah sulit dilakukan, apalagi melakukan proses setting. Namun, jangan khawatir karena masih ada solusi sementara yang dapat dilakukan jika remote kontrol rusak.

Mungkin kalian salah satu konsumen smart TV Xiaomi yang terkesan dengan keunggulan produk ini. kalian ingin menonton siaran digital, streaming online, dan bermain game bersama keluarga di rumah.

Kami telah merangkum panduan tentang cara menyalakan TV Xiaomi tanpa remote kontrol. Ada dua metode manual yang mudah untuk mengoperasikan perangkat ini, sehingga kalian dapat menggunakannya dengan mudah.

Sekilas Tentang Xiaomi.inc

Xiaomi Inc. adalah sebuah perusahaan elektronik swasta yang bermarkas di Beijing, Tiongkok. Berdiri pada tahun 2010, perusahaan ini bangga menjadi salah satu produsen telepon cerdas terbesar di dunia.

Dibentuk oleh delapan mitra pada 6 Juni 2010, Xiaomi berhasil mengumpulkan dana dari investor institusi ternama seperti Temasek Holdings, perusahaan investasi pemerintah Singapura, serta perusahaan pendanaan modal IDG Modal dan Qiming Venture Partners. Tak lupa, mereka juga menjalin kerja sama dengan pengembang prosesor terkemuka, Qualcomm.

Salah satu produk unggulan Xiaomi adalah Mi TV, televisi cerdas tipis yang menawarkan pengalaman menonton yang mengesankan. Diluncurkan pertama kali pada 2013, perangkat ini berjalan pada sistem operasi Android dan terus mengalami perkembangan seiring dengan kebutuhan konsumen.

Tampil dengan layar berukuran 49 inci Ultra HD dan dilengkapi CPU quad-core, Mi TV menjadi favorit masyarakat di daratan Tiongkok dengan harga sekitar CN¥3,999. Keindahan visual yang ditawarkan oleh perangkat ini membuat para pengguna tak bisa melewatkan momen-momen penting dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam.

Baca Juga :   Penyebab TV Mati Hidup Sendiri & Cara Mengatasinya

Fungsi Remote TV Xiaomi

Istilah remote kontrol sudah tak asing lagi di telinga hampir semua orang yang memiliki perangkat elektronik. Termasuk bagi mereka yang menggunakan TV merek Xiaomi, di mana remote kontrol menjadi kelengkapan produk yang disediakan secara gratis oleh pabrik.

Remote kontrol untuk smart TV Xiaomi didesain dengan ergonomis dan nyaman di genggaman. Tak hanya itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara yang lebih canggih dan efisien untuk memudahkan pengguna dalam memberikan perintah.

Namun, tahukah kamu bahwa remote kontrol TV Xiaomi memiliki beberapa fungsi yang mungkin belum kamu ketahui? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mengoperasikan Unit

Sebagai produk mutakhir, smart TV Xiaomi hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hiburan dan tontonan yang semakin berkembang. Pengguna dapat menikmati momen-momen santai sambil mengoperasikan perangkat tersebut dari kejauhan.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa remote kontrol adalah benda yang sangat penting dalam memudahkan akses pengguna. Terdiri dari sekumpulan tombol dengan simbol yang berbeda, perangkat ini memiliki fungsi yang beragam untuk memastikan pengalaman menonton yang maksimal.

2. Memudahkan Pengguna

Walau berukuran kecil, remote TV Xiaomi memiliki peran yang sangat penting bagi para pengguna. Cukup dengan menekan salah satu tombol, fitur yang diinginkan dapat dengan mudah diaktifkan.

Namun, tanpa remote, kamu harus bolak-balik beranjak dari tempat duduk hanya untuk menyalakan televisi. Saat perangkat ini mengalami kerusakan, barulah terasa betapa pentingnya peran remote kontrol tersebut, dan pengguna langsung membeli unit pengganti.

Cara Menyalakan TV Xiaomi

Tak perlu khawatir jika remote kontrol TV Xiaomi mengalami kerusakan, karena kamu masih dapat menyalakan perangkat tersebut dengan cara lain. Namun, perlu diingat bahwa solusi tersebut hanya bersifat sementara, sampai unit pengganti yang kamu beli telah tiba.

Oleh karena itu, solusi yang paling tepat adalah membeli remote TV Xiaomi yang baru dan original dari pabrik. Namun, bagi yang ingin lebih hemat, tersedia pula perangkat universal dengan harga yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menyalakan TV Xiaomi tanpa remote kontrol:

Baca Juga :   Penyebab TV LED Polytron Layar Blank Putih & Solusinya

1. Menyalakan TV Xiaomi Via Tombol

Unit smart TV Xiaomi dilengkapi dengan beberapa tombol manual yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur produk dengan mudah. Ini menjadi opsi yang disediakan oleh produsen agar pemilik tetap dapat menikmati tontonan meskipun remote kontrol mengalami kerusakan.

Namun, cara menyalakan TV Xiaomi melalui tombol manual memang kurang praktis dan sangat terbatas. Berikut ini adalah cara untuk mengoperasikan TV Xiaomi melalui tombol manual:

  • Pastikan TV Xiaomi terhubung dengan stop kontak terlebih dahulu.
  • Perhatikan permukaan bodi TV Xiaomi, dan cari tombol operasional manual.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan televisi.
  • Tunggu sejenak sampai layar menampilkan channel yang diinginkan.
  • Kini kamu bisa menonton acara favorit sesuai dengan selera.

Meskipun cara ini masih bisa dilakukan, namun mengoperasikan unit TV Xiaomi melalui tombol manual kurang praktis dan terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk segera membeli remote kontrol pengganti agar pengalaman menontonmu lebih optimal.

2. Menyalakan TV Xiaomi Via Ponsel

Sebagian ponsel canggih dilengkapi dengan sensor infrared yang disediakan oleh produsen. Hal ini memungkinkan kamu untuk menjadikan ponsel tersebut sebagai remote kontrol universal yang dapat digunakan untuk mengontrol berbagai produk elektronik, termasuk TV Xiaomi.

Berikut ini adalah cara untuk menyalakan TV Xiaomi melalui ponsel:

  • Siapkan ponsel pintar dengan merek apa pun yang mendukung IR Blaster.
  • Tekan tombol power untuk menyalakan ponsel.
  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi bernama Mi Remote.
  • Instal aplikasi tersebut dan bukalah aplikasi Mi Remote.
  • Muncul tampilan untuk proses pairing antara ponsel dan TV Xiaomi.
  • Jalankan proses sinkronisasi antara kedua perangkat elektronik tersebut.
  • Setelah proses pairing selesai, akan muncul remote digital di layar ponsel.
  • Tekan tombol on untuk menghidupkan TV Xiaomi.
  • Selanjutnya, kamu dapat mengakses berbagai fungsi lain melalui remote digital tersebut.

Dengan memanfaatkan fitur IR Blaster pada ponsel, kamu dapat mengontrol TV Xiaomi dengan mudah tanpa harus menggunakan remote kontrol fisik.

Tentu saja, banyak aplikasi sejenis yang dapat digunakan untuk menjadikan ponsel sebagai remote kontrol universal. Namun, aplikasi Mi Remote yang disediakan oleh Xiaomi terbilang mudah dan elegan serta jarang mengalami kegagalan saat proses pairing.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV Xiaomi yang Perlu Diketahui

Fungsi Lain Mi Remote

Fungsi utama aplikasi Mi Remote adalah untuk mengontrol berbagai perangkat elektronik, seperti TV, AC, Mi Box, DVD Player, kipas angin, proyektor, kamera, dan lain-lain. Dengan aplikasi ini, kamu dapat memberikan perintah input pada berbagai perangkat elektronik tersebut dengan mudah, seperti layaknya menggunakan remote kontrol fisik.

Berikut adalah cara menggunakan Mi Remote pada perangkat HP Xiaomi:

  • Buka aplikasi Mi Remote pada perangkat HP Xiaomi.
  • Klik tombol Plus yang terletak di bagian kiri atas untuk menambahkan perangkat baru.
  • Pilih jenis perangkat yang akan digunakan, seperti Remote TV, Mi Box, AC, Camera, dll.
  • Setelah menemukan jenis perangkat yang diinginkan, klik pilihan tersebut.
  • Pilih merk perangkat yang sesuai untuk mengakses remote kontrol lengkap dengan tombol-tombol yang dibutuhkan.
  • Jika sudah benar, tampilan aplikasi akan langsung berubah menjadi tampilan remote kontrol yang lengkap.
  • Jika perangkat TV dalam kondisi mati, tap tombol ON pada menu untuk menghidupkan, atau sebaliknya untuk mematikan TV.
  • Beberapa perangkat TV memerlukan uji coba, namun ada juga yang langsung dapat digunakan.

Dengan cara yang mudah dan praktis ini, kamu dapat mengontrol berbagai perangkat elektronik hanya dengan menggunakan aplikasi Mi Remote pada HP Xiaomi kamu.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas cara menyalakan TV Xiaomi yang dapat kalian lakukan dengan mudah dan praktis.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian akan dapat menyalakan TV Xiaomi tanpa kesulitan dan menikmati konten hiburan yang ada. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *