Biaya Ganti Backlight TV LED

Biaya Ganti Backlight TV LED LG & Penyebabnya Wajib Diketahui

Posted on

Finoo.id – Biaya Ganti Backlight TV LED LG & Penyebabnya Wajib Diketahui. Banyak orang yang menggunakan TV LED mengeluhkan biaya yang tinggi untuk mengganti backlight-nya. Hal tersebut terjadi karena setiap teknisi memiliki harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang biaya service atau penggantian backlight TV LED LG, penyebab matinya backlight TV LED, dan harga lampu backlight TV LED LG dengan ukuran 32 inci.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang TV LED.

Mengenal Tentang TV LED

TV LED adalah televisi yang menggunakan teknologi dioda untuk memancarkan cahaya saat menerima arus bias maju (forward bias). Artinya, LED akan memancarkan cahaya ketika diberikan tegangan listrik dengan konfigurasi forward bias.

Untuk mendapatkan emisi cahaya pada semikonduktor, dibutuhkan doping yang terbuat dari galium, arsenic, dan phosporus. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula. Saat ini, warna cahaya LED yang paling umum adalah merah, kuning, dan hijau, sedangkan LED berwarna biru sangat jarang.

TV LED merupakan pengembangan dari teknologi LCD TV, yang menggunakan teknologi LED Backlight untuk menggantikan cahaya fluorescent yang selama ini digunakan pada LCD TV. Ada dua tipe TV LED yang beredar di pasar: LED dan RGB LED yang ditempatkan di bagian belakang panel layar, serta tipe EDGE-LED yang memiliki LED yang ditempatkan di sekitar layar.

Fitur Unggulan TV LED

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari monitor LED:

Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV Polytron Dengan Maupun Tanpa Tombol

1. Gambar Lebih Halus dan Detail

Monitor LCD dengan bodi yang lebih ramping daripada monitor CRT memang menawarkan daya tarik tersendiri. Akan tetapi, sayangnya kualitas gambar LCD tidak sehalus gambar CRT, sehingga banyak orang enggan beralih ke LCD. Kekurangan ini kemudian diatasi oleh monitor LED yang menampilkan gambar lebih halus dan detail daripada CRT, dengan ketebalan yang sama tipisnya dengan monitor LCD. Kelebihan ini dimiliki oleh monitor LED karena pencahayaannya lebih stabil, sehingga cahaya dan warna yang dihasilkan pun lebih stabil. Selain itu, pencahayaan yang stabil ini membuat LED lebih hemat energi, hingga mencapai penghematan sekitar 40%.

2. Kedalaman Warna lebih Tinggi

Banyak perancang grafis yang beralih menggunakan monitor LED sebab memiliki tingkat kedalaman warna yang tinggi, hingga mendekati warna asli. Dengan rasio kontras yang mencapai 1.000.000 : 1, para perancang grafis dapat bebas bereksplorasi dalam memainkan gradasi warna.

3. Kualitas Gambar Mengagumkan

Bagi para pecinta permainan, monitor LED cukup memanjakan mata dengan tampilan grafis yang mengagumkan berkat resolusi Full HD 1920 x 1080, rasio kontras mega hingga 5.000.000 : 1, serta waktu respon 5 ms. Grafis yang memukau dan kontras yang sempurna membuat gambar terasa nyata, serta gradasi warna paling halus dapat ditampilkan dengan jelas.

4. Aman dan Ramah Lingkungan

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan monitor LED serta cahaya yang dipancarkannya tidak mengandung merkuri, sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, lampu latar LED dikenal ramah lingkungan karena mengurangi konsumsi panas dan energi yang dihasilkan.

Biaya Ganti atau Service Backlight TV Led LG

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biaya penggantian backlight TV LED LG sangat bervariasi tergantung pada teknisi yang melakukan servis. Berikut ini beberapa alasan mengapa masing-masing teknisi menerapkan tarif yang berbeda:

  1. Jika biaya penggantian backlight TV LED LG tergolong murah, hal ini kemungkinan disebabkan karena penggantian lampu backlight dilakukan per lampu saja. Dalam hal ini, teknisi tidak mengganti secara keseluruhan karena stok lampu backlight terbatas. Estimasi biaya servis berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000.
  2. Jika biaya servis backlight TV LED LG berada dalam kisaran harga stkalianr, hal ini mungkin disebabkan karena backlight yang diganti hanya satu atau dua batang saja. Estimasi biaya servis berkisar antara Rp. 400.000 hingga Rp. 800.000.
  3. Jika biaya penggantian untuk servis backlight LED terbilang cukup mahal, hal ini mungkin disebabkan karena lampu backlight yang diganti adalah keseluruhan, meskipun masih ada beberapa batang lampu yang menyala. Estimasi biaya yang dibutuhkan lebih dari Rp. 800.000.
Baca Juga :   Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Televisi & Penjelasanya

Mengapa biaya servis backlight TV LED mahal? Karena mengganti atau memperbaiki backlight LED TV sangat berisiko. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dan kesabaran ekstra dalam pengerjaannya. Banyak kasus teknisi yang gagal ketika mengganti backlight TV LED, sehingga menyebabkan layar retak atau pecah saat pergantian lampu LED. Biasanya, harga lampu backlight TV LED LG 32 inci bervariasi mulai dari Rp. 90.000, Rp. 113.000, Rp. 130.000, hingga Rp. 461.500.

Penyebab Backlight TV LED Mati

Kematian backlight pada TV LED biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Lampu backlight TV LED rusak

Kerusakan lampu backlight TV LED umumnya disebabkan oleh terputusnya atau matinya salah satu lampu backlight, yang mengakibatkan seluruh lampu backlight menjadi mati atau terputus. Langkah yang perlu dilakukan ketika situasi ini terjadi adalah memeriksa lampu backlight dan menguji tegangan DC yang berfungsi untuk menyuplai panel LED. Biasanya, tegangan DC yang digunakan untuk menyuplai panel LED berkisar sekitar 135 volt.

2. Kerusakan pada Software

Penyebab kedua adalah adanya masalah pada perangkat lunak. Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat melakukan flashing pada TV menggunakan firmware yang sesuai dengan tipe dan jenis televisi masing-masing.

3. Kerusakan IC pada bagian Modul T Con

Jika terdapat kerusakan pada salah satu IC, terutama pada modul T-Con, kalian bisa memeriksanya dengan menyentuh bagian IC yang berlokasi di dekat modul T-Con. Apabila terasa panas saat disentuh, berarti IC tersebut mengalami masalah. Jika kalian menghadapi masalah seperti ini, kalian harus menggantinya dengan komponen yang baru dan tentu saja memiliki tipe yang sama.

Cara Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

  1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka TV dan memeriksa bagian tegangan backlight. Kemudian, fokuslah pada inverternya. Tegangan yang dihasilkan inverter normalnya berkisar antara 55 volt DC hingga 95 volt DC, tergantung pada kebutuhan masing-masing televisi.
  2. Pemeriksaan harus dilakukan saat televisi menyala untuk melihat apakah ada tegangan berdenyut atau tidak. Hal ini perlu dilakukan guna memastikan apakah bagian dari backlight berada dalam kondisi normal atau tidak.
  3. Selanjutnya, masuk ke tahap yang paling penting, yaitu membongkar frame atau casing depan panel LED.
  4. Setelah selesai membongkar, angkat dan letakkan panel di tempat yang aman, lalu angkat fiber optic-nya. Kemudian, ukur lampu backlight hingga menemukan bagian yang putus dan gantilah dengan yang baru.
Baca Juga :   Fungsi Kode Remot TV Aiwa Tabung Semua Tipe & Cara Settingnya

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang mengenai biaya ganti backlight TV LED yang telah kita bahas sepanjang artikel ini. Kita telah memahami bahwa biaya ganti backlight TV LED sangat bervariasi, tergantung pada merek, ukuran, serta jenis TV yang kalian miliki.

Selalu pastikan bahwa kalian menghubungi teknisi yang berpengalaman dan berkualitas dalam mengganti backlight TV LED untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada perangkat kalian. Jangan ragu untuk melakukan perbandingan harga dan mencari informasi sebanyak mungkin sebelum mengambil keputusan.

Ingatlah, perawatan yang tepat dan pemilihan komponen yang berkualitas akan membantu memperpanjang usia TV LED kalian dan menjaga kualitas tampilan gambar yang memuaskan. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *