Remote AC Samsung Tidak Berfungsi

Cara Mengatasinya Remote AC Samsung Tidak Berfungsi

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasinya Remote AC Samsung Tidak Berfungsi. Apakah Remote AC Samsung Bermasalah? Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan remote AC tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan pengecekan satu per satu. Di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi masalah remote AC Samsung atau merek lainnya yang dapat kalian coba. Ayo, simak!

Remote AC adalah perangkat yang sangat penting untuk mengoperasikan dan mengatur suhu serta fitur lainnya pada berbagai jenis dan merek AC. Tanpa remote AC, AC yang terpasang di dinding rumah tidak akan bisa digunakan atau berfungsi, sehingga remote ini sangatlah berharga.

Apa Itu Remote AC?

Remote AC merupakan perangkat bawaan dari unit pendingin ruangan yang berfungsi sebagai penghubung antara pemilik dengan unit pendingin ruangan. Dengan remote AC ini, kita dapat mengatur suhu dan mode pada AC. Dengan kata lain, remote AC berfungsi memberikan perintah yang kita inginkan ke unit AC melalui gelombang sensor.

Remote AC sudah termasuk dalam komponen unit pendingin ruangan saat dibeli, sehingga tidak perlu dibeli terpisah. Remote AC membutuhkan daya dari baterai yang terpasang di bagian belakang remote. Pada umumnya, remote AC dengan jenis AC yang berbeda memiliki fitur yang sama, seperti mengatur suhu, mode pendinginan, swing, dan kecepatan kipas AC. Apabila remote AC mengalami gangguan atau kerusakan, maka penggunaan AC tidak optimal.

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi

Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada remote AC adalah tidak berfungsi. Beberapa penyebab masalah ini antara lain:

Baca Juga :   Ukuran MCB untuk AC 1/2 PK serta Pembahasan Yang Lengkap

1. Sensor AC Bermasalah

Penyebab pertama mengapa remote AC tidak berfungsi adalah karena sensor AC mengalami gangguan atau sedang mengalami masalah. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah pada sensor AC antara lain:

a. Socket Sensor Kendor

Penghubung antara sensor dan modul PCP pada umumnya menggunakan sistem socket. Meskipun sistem ini cukup kuat dan tahan terhadap kerusakan, terkadang terjadi masalah akibat penggunaan AC yang lama sehingga menyebabkan socket menjadi kendur atau longgar. Selain itu, kotoran, debu, atau partikel lain yang menumpuk di sekitar socket juga dapat membuat sensor AC menjadi kurang responsif atau bahkan tidak berfungsi.

b. Mata Sensor Terhalang Air

Masalah yang sering terjadi adalah setelah membersihkan AC, terkadang ada air yang menggenang atau bagian sensor terkena percikan air saat dibersihkan, sehingga membuat sensor terhalang oleh air. kalian dapat mengeringkan bagian sensor atau menunggu beberapa saat hingga bagian yang basah cukup kering.

c. Mata Sensor Tertutup Cap Indoor

Seringkali setelah membersihkan AC dan memasang kembali bagian penutup indoor, kita kurang memasang dengan tepat sehingga menutupi bagian sensor AC. Sensor yang tertutup ini akan menghalangi transmisi data dari remote menuju unit AC.

d. Sensor Lemah

Sensor yang lemah bisa disebabkan oleh penggunaan yang sudah terlalu lama atau penggunaan yang tidak tepat. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengganti sensor yang lemah dengan sensor yang baru.

2. Baterai Habis

Salah satu penyebab remote AC tidak berfungsi adalah karena baterai habis. Karena sering digunakan, kita sering lupa untuk mengganti baterai agar remote AC dapat berfungsi dengan baik.

Untuk menghindari masalah ini, disarankan untuk sering memeriksa kapan terakhir kali baterai diganti dan memperhatikan tkalian-tkalian baterai lemah pada remote AC, seperti layar yang berkedip atau warna layar yang pudar. Jika kalian mengalami hal ini, sebaiknya segera mengganti baterai remote AC agar remote kembali berfungsi dengan baik.

3. Remote AC Rusak

Penyebab lain dari remote AC yang tidak berfungsi bisa jadi karena remote AC yang tidak dapat digunakan atau rusak. Kerusakan pada remote AC dapat ditunjukkan dengan munculnya bercak hitam pada bagian layar. Kerusakan bisa terjadi karena pemakaian yang sudah terlalu lama atau remote AC sering terbentur atau terhantam benda keras hingga merusak bagian sensor.

Baca Juga :   √ AC Bocor Dinyalakan Terus? Simak Bahaya dan Resikonya!

Selain itu, infrared remote AC yang rusak juga dapat merusak remote AC secara keseluruhan. Untuk mengatasi masalah ini, kalian perlu mengganti remote AC yang rusak dengan unit yang baru.

4. Kegagalan modul PCB

Modul PCB adalah komponen utama yang mengendalikan semua operasi pendinginan di AC, termasuk penghidupan dan pemadaman AC menggunakan remote.

Jika terjadi masalah pada modul ini, bisa menyebabkan masalah pada AC yang sulit diperbaiki dari jarak jauh.

Penyebab kesalahan pada modul PCB dapat bervariasi; bisa terjadi karena terkena tegangan tinggi atau rendah (tegangan listrik yang tidak stabil), mungkin ada komponen yang terbakar, atau mungkin ada kabel yang tidak rapi yang disebabkan oleh korsleting atau digigit tikus.

5. Masalah termistor

Meskipun jarang terjadi, masalah khusus ini bisa saja terjadi. Kerusakan pada termistor juga bisa mencegah remote AC untuk menghidupkan atau mematikan AC. Pada unit AC, termistor berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan secara otomatis. Ketika termistor tidak berfungsi dengan baik pada AC, biasanya ditkaliani dengan lampu indikator waktu yang berkedip atau mengeluarkan suara.

6. IC kontrol telah rusak

IC kontrol yang rusak dapat membuat AC tidak bisa dioperasikan. Jika IC kontrol mengalami kegagalan, sebaiknya kalian melaporkan masalah tersebut kepada ahli AC.

Cara mengatasi remote AC Samsung tidak berfungsi

Terdapat beberapa alasan mengapa remote kalian tidak berfungsi. Namun, penyebab paling umum dari remote TV yang tidak berfungsi adalah masalah baterai, masalah pemasangan, atau masalah sensor inframerah.

Periksa baterai remote

Sambil mengarahkan remote control ke TV, tekan tombol power. Periksa apakah indikator LED pada TV berkedip. Jika tidak, kemungkinan baterai remote kalian kosong atau tidak terisi penuh.

Periksa apakah polaritas baterai (positif, negatif) sudah dipasang dengan benar.

Jika baterai sudah dipasang dengan benar tetapi remote masih tidak berfungsi, sebaiknya ganti dengan baterai yang baru. Disarankan agar kalian mengganti kedua baterai, bukan hanya satu.

Baca Juga :   Biaya Service AC Yang Paling Lengkap Seluruhnya

Hubungkan remote control

Jika kalian menggunakan smart remote control, mungkin perlu dikoneksikan kembali agar dapat berfungsi dengan baik.

Untuk menampilkan pop-up pencocokan, tekan tombol Return dan Play/Pause secara bersamaan selama lebih dari 3 detik.

Periksa untuk gangguan dan hambatan

Pastikan tidak ada halangan antara TV dan remote kalian. Sinyal inframerah bisa terhalang jika ada benda di antara remote dan penerima TV.

Selain itu, perangkat elektronik lain bisa mengganggu sinyal dari remote kalian. Jika kalian memiliki perangkat seperti lampu, radio, atau ponsel di dekat TV, sebaiknya dipertimbangkan untuk menjauhkannya dari TV.

Periksa sinyal inframerah secara visual

Kamera digital, termasuk kamera pada perangkat seluler, dapat digunakan untuk memeriksa sinyal inframerah.

Nyalakan kamera dan arahkan ujung depan remote ke lensa kamera. Sambil melihat layar perangkat seluler, tekan dan tahan tombol power pada remote. Remote akan memancarkan cahaya atau sinar inframerah yang bisa terlihat di layar perangkat seluler.

Artikel Terkait :

Penutup

Kesimpulannya, apabila Remote AC Samsung tidak berfungsi, terdapat beberapa kemungkinan penyebabnya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa baterai remote dan membersihkan sensor pada remote.
Jika masih tidak berhasil, kemungkinan besar terdapat masalah pada unit AC atau remote itu sendiri. Sebaiknya, segera periksa ke ahli AC untuk memperbaiki masalah tersebut. Jangan mencoba memperbaiki AC sendiri jika tidak memiliki keahlian yang cukup, karena dapat berbahaya dan merusak unit AC secara permanen.

Selalu pastikan untuk merawat AC dengan baik dan memperbaikinya segera jika terdapat masalah untuk memastikan kenyamanan di rumah atau kantor kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Mengatasinya Remote AC Samsung Tidak Berfungsi. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimkasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *