Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu

Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu Paling Tepat. Banyak pengguna kulkas khususnya yang memiliki kulkas 2 pintu sering mengeluhkan kulkas mereka tidak nyaman atau bahkan tidak dingin seperti sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah kerusakan pada defrost kulkas 2 pintu yang dimiliki.

Namun, bagaimana cara menemukan letak Bimetal Kulkas 2 pintu agar bisa memperbaiki fuse kulkas 2 pintu? Jangan khawatir, kami akan memberikan informasi tentang langkah dan cara memperbaikinya agar Anda tidak perlu lagi memanggil tukang servis kulkas.

Mengenal Bimetal / Defrost kulkas 2 pintu.

Bimetal / Defrost pada kulkas sebenarnya merupakan saklar yang bekerja berdasarkan suhu. Fungsinya adalah untuk menghubungkan arus listrik ke heater.

Berbeda dengan kulkas 1 pintu, kulkas 1 pintu tidak menggunakan defrost bimetal karena proses pencairan bunga es masih dilakukan secara manual.

Proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu / nofrost dilengkapi dengan bimetal / defrost. Bimetal berbentuk bulat atau kotak dan dilindungi oleh lapisan plastik tebal agar kedap air. Bimetal ditempatkan pada evaporator bagian atas.

Saat evaporator sudah cukup dingin, kedua kabel pada bimetal akan terhubung dan mengalirkan listrik secara langsung ke heater. Namun, heater baru akan bekerja jika timer sudah dalam posisi defrost (proses pencairan bunga es), yang terjadi sekitar setiap 7 jam.

Selama proses defrost, motor fan blower, motor timer, dan mesin compressor tidak akan bekerja, hanya heater yang akan mencairkan es pada evaporator. Setelah bunga es pada evaporator mencair, koneksi kedua kabel pada bimetal akan terputus secara otomatis. Kemudian, timer akan kembali bekerja dan beralih ke proses pendinginan untuk menghidupkan kembali mesin compressor.

Baca Juga :   Diagram Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp

Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Heater atau defrost panas berfungsi untuk mencairkan bunga es pada evaporator dengan cara dipanaskan. Komponen ini mirip dengan elemen pemanas yang menghasilkan panas dari lilitan dengan tahanan listrik yang tinggi. Agar body kulkas tidak meleleh ketika fuse kulkas 2 pintu berfungsi, biasanya fuse tersebut dilapisi dengan kaca khusus dan tertutup rapat. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran pada body kulkas.

Bagian bagian defrost

Bagian utama dari defrost atau defrost thermostat adalah logam bimetal yang sangat responsif terhadap perubahan suhu. Ujung dari logam bimetal terhubung ke timer kulkas dan elemen heater.

Defrost pada dasarnya berfungsi seperti saklar yang dapat menghubungkan atau memutuskan arus listrik tergantung pada suhu. Ketika suhu dingin mencapai titik tertentu, defrost akan menghubungkan arus listrik ke heater. Sebaliknya, jika suhu meningkat ke titik tertentu, defrost akan memutus arus listrik yang menuju ke heater.

Biasanya, defrost dipasang di titik terdingin pada evaporator agar dapat bekerja lebih efektif. Defrost akan mendeteksi perubahan suhu pada evaporator atau freezer box.

Macam – macam Defrost Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 pintu menggunakan 2 jenis Defrost yang berbeda, yaitu heater kaca dan heater evaporator. Setiap kulkas dapat menggunakan jenis heater yang berbeda-beda tergantung pada merek kulkas tersebut. Ada yang menggunakan Defrost kaca dan ada yang menggunakan Defrost evap.

Defrost kaca terletak di bagian bawah evaporator, sedangkan heater evap melekat pada evaporator. Jika Defrost kaca rusak, kaca pelapisnya akan pecah, tetapi jika Defrost evap rusak, perlu diukur terlebih dahulu menggunakan multitester.

Ini Dia Langkah dan Cara Mengetahui Letak Bimetal Kulkas 2 Pintu

Bimetal atau Defrost kulkas 2 pintu

Bimetal atau Defrost pada kulkas 2 pintu berfungsi sebagai switch atau saklar yang bekerja berdasarkan suhu. Fungsinya adalah sebagai penghubung arus listrik ke heater. Berbeda dengan kulkas 1 pintu, kulkas 1 pintu tidak menggunakan defrost bimetal karena proses pencairan bunga es masih dilakukan secara manual.

Baca Juga :   Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat

Proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu telah dilengkapi dengan bimetal atau defrost. Bimetal umumnya berbentuk bulat atau kotak, dilindungi oleh lapisan plastik tebal yang di-press untuk menjaga kedap air dan ditempatkan pada evaporator bagian atas. Saat evaporator sudah cukup dingin, kedua kabel pada bimetal akan tersambung dan mengalirkan listrik secara langsung ke heater.

Cara Kerja Defrost Kulkas Polytron 2 Pintu

Lemari pendingin atau kulkas 2 pintu umumnya telah dilengkapi dengan sistem pencairan bunga es yang berbeda jauh dengan kulkas 1 pintu yang proses pencairan bunga esnya dilakukan secara manual. Pada kulkas 1 pintu, pencairan bunga es dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan menekan tombol defrost atau memutar thermostat berlawanan arah jarum jam hingga terdengar klik dan kulkas dalam kondisi mati.

Proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu jauh lebih sempurna dan bekerja secara otomatis tanpa perlu campur tangan kita. Hal ini karena telah dilengkapi dengan alat seperti:

  1. Motor kipas Blower
  2. Thermo Defrost atau Bimetal
  3. Thermo fuse
  4. Thermostat Kulkas
  5. Timer Defrost Kulkas
  6. Heater Kulkas

Ciri kerusakan defrost

Jika terjadi kerusakan pada defrost, kulkas tidak akan berfungsi dengan normal. Berikut adalah ciri-ciri dan gejala kerusakan defrost atau thermo defrost:

  1. Terbentuknya bunga es pada freezer box – Bunga es akan muncul dan semakin banyak jika terjadi kerusakan pada defrost. Hal ini terjadi karena defrost tidak menghubungkan arus listrik ke heater.
  2. Terdapat air atau titik es di dalam plastik pembungkus defrost – Kondisi ini dapat menyebabkan korosi pada batang konduktor.
  3. Bimetal patah – Meskipun jarang terjadi, logam bimetal dapat mengalami kerusakan patah yang menyebabkan mekanisme relai tidak berfungsi.
  4. Terminal defrost berkarat – Umumnya, kondisi ini menyebabkan aliran listrik tidak mengalir dengan lancar.
Baca Juga :   Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu dan Lama Kerjanya

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang letak defrost bimetal pada kulkas 2 pintu. Seperti yang telah dijelaskan, defrost bimetal berfungsi sebagai pengatur suhu pada kulkas dan juga sebagai pengaman terhadap suhu yang terlalu dingin.

Sebagai pemilik kulkas 2 pintu, mengetahui letak defrost bimetal sangat penting agar dapat melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat jika dibutuhkan. Biasanya, letak defrost bimetal berada di dalam evaporator atau freezer bagian belakang.

Jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan defrost bimetal secara berkala agar kulkas dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang kulkas 2 pintu dan defrost bimetal. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *