Cara Mengatur Suhu Kulkas LG

Cara Mengatur Suhu Kulkas LG Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatur Suhu Kulkas LG Yang Paling Tepat. Membeli lemari es model baru adalah momen yang berharga bagi sebagian orang yang telah lama menginginkan produk tersebut untuk menyimpan makanan.

Bagi pemula yang baru memiliki lemari es LG, mungkin akan merasa kaku saat mengoperasikan unit tersebut. Mereka biasanya belum memahami metode operasional yang baik dan benar sesuai dengan prosedur.

Meskipun terlihat mudah, beberapa orang mungkin kesulitan dalam mengatur suhu lemari es LG. Padahal, keterampilan ini sangat penting untuk mencapai pendinginan maksimal dengan menggunakan daya yang rendah.

Kami telah merangkum panduan tentang cara mengatur suhu lemari es LG yang mudah untuk semua tipe. Jadi, tidak perlu khawatir jika kamu masih pemula karena masih ada banyak referensi yang tersedia.

Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 1 Pintu

Kulkas LG seri single door menjadi pilihan produk entri level dengan harga yang relatif murah namun berdesain ringkas dengan fitur canggih yang cukup untuk menjaga kesegaran makanan.

Kamu akan menemukan bagian freezer dan refrigerator berada dalam satu ruangan yang sama dan hanya dipisahkan oleh sekat untuk menghemat dimensi permukaan bodi secara keseluruhan.

Pada kulkas LG model 1 pintu, hanya terdapat sebuah tombol pengaturan suhu ruangan yang umumnya terletak pada sisi kanan freezer agar mudah diakses oleh pemilik produk.

Berikut adalah cara mudah mengatur suhu kulkas LG 1 pintu:

  1. Hubungkan kabel power ke stop kontak listrik.
  2. Tunggu sebentar sampai kulkas LG mulai beroperasi.
  3. Buka pintu kulkas dan perhatikan tombol pengaturan suhu.
  4. Letak tombol biasanya berada di bagian freezer dan berbentuk knop dengan indikator angka.
  5. Putar knop sesuai dengan suhu yang diinginkan.
  6. Kulkas akan beroperasi sesuai dengan pengaturan suhu tersebut.

Tombol knop untuk mengatur suhu pada lemari es LG berputar searah jarum jam. Jika kamu telah menetapkan suhu tertentu, biarkan selama 10 menit sebelum melakukan perubahan.

Baca Juga :   Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Yang Tepat

Selain itu, parameter stkalianr pabrik biasanya berada pada indikator suhu antara dua sampai tiga bar saja. Setelan ini sudah cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan dan membuat es batu pada bagian freezer.

Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 2 Pintu

Kulkas model 2 pintu memiliki fitur dan pengaturan yang lebih kompleks dibandingkan dengan seri single door. Bahkan, pada beberapa tipe produk LG telah dilengkapi dengan panel LED untuk memudahkan pengoperasian.

Berikut adalah cara mengatur suhu kulkas LG 2 pintu yang benar:

1. Setting Suhu Freezer

Freezer merupakan ruangan pembekuan dengan suhu yang mampu mencapai nol derajat Celsius. Fungsinya sangat berguna dalam proses pembuatan es batu dan penyimpanan beragam jenis makanan.

Berikut adalah langkah-langkah mengatur suhu freezer pada kulkas LG:

  • Hubungkan kabel power ke stop kontak listrik.
  • Tunggu beberapa saat sampai kulkas LG mulai beroperasi.
  • Buka pintu atas kulkas LG untuk mengakses freezer.
  • Kamu akan melihat sebuah tombol pengaturan suhu.
  • Putar atau geser tombol ke posisi nomor 2 saja.

Desain tombol pada bagian freezer bisa berbeda-beda tergantung pada tipe kulkas LG yang dimiliki. Namun, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan menerapkan setelan tengah atau indikator nomor dua.

2. Setting Suhu Refrigerator

Ruangan refrigerator pada kulkas LG terletak di bagian bawah pintu kedua untuk proses pendinginan yang biasa. Fungsi ini membantu menjaga kesegaran berbagai makanan, minuman, dan sayuran agar tetap segar dan awet.

Berikut adalah langkah-langkah mengatur suhu pada ruang refrigerator kulkas LG:

  • Hubungkan kabel power ke stop kontak listrik.
  • Tunggu beberapa saat sampai kulkas LG mulai beroperasi.
  • Buka pintu atas kulkas LG untuk mengakses freezer.
  • Kamu akan melihat sebuah tombol pengaturan suhu.
  • Putar atau geser tombol ke posisi nomor 2 saja.

Pengaturan suhu pada ruangan refrigerator kulkas LG dapat diatur sesuai kebutuhan masing-masing, baik itu menaikkan atau menurunkan suhu. Hal ini tergantung pada jumlah item yang disimpan di dalamnya.

Perhatikan Hal Berikut untuk Mengatur Suhu Pada Kulkas yang Benar

Sebagai penyimpan makanan yang dapat bertahan dalam waktu lama, kulkas juga membutuhkan perawatan yang tepat agar selalu awet. Hal ini berkaitan dengan pengaturan suhu kulkas yang benar sesuai saran dari ahli. Menurut rekomendasi, temperatur yang tepat untuk ruangan refrigerator adalah di bawah 4 derajat Celsius, sedangkan pada bagian freezer sebaiknya disetting di angka -18 derajat Celsius.

Baca Juga :   Berapa Daya Listrik Freezer Box? Berikut Ulasan Lengkapnya

Memperhatikan temperatur di dalam lemari pendingin akan membuat makanan atau minuman di dalamnya tetap segar. Selain itu, penyimpanan pada suhu yang tepat akan membantu mencegah munculnya bakteri atau penyakit pada bahan makanan seperti susu, roti, telur, dan lain sebagainya.

Cara Merawat Kulkas LG 1 Pintu dan 2 Pintu

Berikut beberapa cara merawat kulkas LG 1 Pintu maupun 2 Pintu yang perlu dilakukan secara rutin:

1. Tutup Pintu Kulkas dengan Rapat

Setelah mengambil makanan atau minuman dari dalam kulkas, pastikan untuk menutup kembali pintu kulkas dengan rapat.

Meskipun beberapa jenis kulkas memiliki pintu yang dapat menutup sendiri, tetap disarankan untuk memeriksa apakah pintu sudah tertutup rapat atau tidak. Pasalnya, daya dorong pintu yang dapat menutup sendiri masih lebih lemah dibandingkan jika kita menutupnya dengan tangan.

Suhu di dalam kulkas sangat dingin, bahkan bisa mencapai belasan derajat Celsius. Jika pintu tidak tertutup rapat, udara dari luar yang lebih hangat akan terus-menerus masuk ke dalam kulkas dan mengganggu keseimbangan suhu di dalamnya. Hal ini akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras dan berpotensi membuat kulkas cepat rusak.

2. Isi Kulkas Sesuai Kapasitas

Kulkas bukanlah tempat penyimpanan makanan atau minuman yang tidak terbatas, sehingga sebaiknya jangan mengisi kulkas terlalu penuh.

Selain membuat kulkas menjadi tidak awet, penuhnya makanan dan minuman di dalam kulkas juga dapat menghambat sirkulasi udara sehingga hasil pendinginan tidak maksimal. Jika tujuan menyimpan makanan di dalam kulkas adalah untuk membuatnya lebih tahan lama, maka pencapaiannya juga tidak akan maksimal.

Apabila kamu hanya ingin menyimpan air di dalam kulkas agar menjadi dingin, maka proses pendinginan air tersebut akan memakan waktu lebih lama. Jika isi kulkas LG kamu selalu penuh, mungkin saatnya kamu mempertimbangkan untuk membeli kulkas yang memiliki kapasitas lebih besar.

3. Letakkan Kulkas di Tempat yang Tepat

Perhatikan tempat yang tepat untuk meletakkan kulkas karena hal ini juga mempengaruhi keawetannya. Beberapa keluarga mungkin meletakkan kulkas di dapur agar mudah diakses oleh siapa pun yang ingin memasak.

Namun, perlu diperhatikan untuk menghindari meletakkan kulkas terlalu dekat dengan kompor karena suhu panas yang dikeluarkan oleh kompor dapat mengurangi kinerja kulkas. Jarak minimal antara kompor dan kulkas harus setidaknya 3 meter.

Baca Juga :   Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas LG Yang Paling Tepat

Selain itu, jangan meletakkan kulkas terlalu dekat dengan dinding, terutama bagian belakangnya, karena kulkas akan melepaskan panas ke area belakangnya. Jika terlalu dekat, sirkulasi udara tidak baik dan panas akan lebih lama terbuang, sehingga kinerja kulkas tidak maksimal dan pada akhirnya membuat kulkas tidak awet.

4. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Sebagian besar bahan yang disimpan di dalam kulkas adalah bahan organik sehingga mudah meninggalkan kotoran. Oleh karena itu, kulkas sebaiknya dibersihkan secara berkala agar kinerjanya tetap maksimal dan lebih awet. Saat membersihkan kulkas, pastikan untuk mematikan sambungan listrik ke kulkas terlebih dahulu.

Lepaskan semua rak yang ada di dalam kulkas dan cuci dengan sabun, seperti sabun cuci piring. Jangan lupa membersihkan freezer dengan mencairkan bunga es terlebih dahulu. Setelah es di freezer mencair, bersihkan dinding freezer dengan kain lap bersih.

Setelah semua dibersihkan, biarkan bagian dalam kulkas kering sepenuhnya sebelum memasang kembali rak-rak yang tadi dilepas.

5. Perhatikan Suhu Makanan/Minuman yang Disimpan

Saat hendak menyimpan makanan atau minuman ke dalam kulkas, pastikan suhunya tidak terlalu panas. Jika masih terlalu panas, kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan atau minuman tersebut.

Selain itu, perubahan suhu yang terlalu tiba-tiba juga dapat merusak tempat penyimpanan makanan atau minuman tersebut. Botol minuman yang terbuat dari kaca bisa saja pecah jika digunakan untuk menyimpan minuman panas dan langsung dimasukkan ke dalam kulkas.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara mengatur suhu kulkas LG dengan mudah. Pastikan untuk selalu memeriksa suhu kulkas secara berkala dan menjaga agar suhu tetap stabil agar makanan dan minuman tetap segar dan tahan lama.

Dengan melakukan perawatan yang baik, kulkas LG kalian dapat bertahan lebih lama dan memberikan kinerja yang optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai cara mengatur suhu kulkas LG. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *