Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas

Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku

Posted on

Finoo.id – Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku. Apakah kabel bawah freezer kulkasmu bermasalah? Kemungkinan penyebabnya adalah karena kabel pengatur suhu kulkas Polytron yang lepas, sehingga menyebabkan kulkasmu tidak berfungsi dengan baik. Lalu, apa yang menyebabkan freezer kulkas tidak dapat membeku?

Masalah tersebut tentu sangat menjengkelkan. Oleh karena itu, silakan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas

1. Kabel heater terbakar

Jika kabel bawah freezer terlepas, maka hubungan listrik ke freezer akan terputus, sehingga freezer tidak akan berfungsi. Salah satu penyebab terlepasnya kabel tersebut adalah karena kabel heater yang terbakar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis kulkas tidak memiliki kabel heater, melainkan menggunakan pipa freon yang lebih kecil. Jika kulkasmu memiliki kabel heater dan kabel freezer terlepas, maka kemungkinan masalah terletak pada kabel heater.

2. Gulungan kompresor copot

Penyebab lainnya adalah terlepasnya gulungan kompresor. Komponen ini sangat penting karena terhubung dengan aliran listrik. Arus listrik akan melewati kumparan gulungan pada kompresor.

Jika gulungan tersebut terlepas, maka kabelnya juga mungkin ikut terlepas. Hal ini dapat menyebabkan risiko yang sangat berbahaya seperti terjadinya sengatan listrik atau bahaya lainnya. Oleh karena itu, jika hal tersebut terjadi pada kulkasmu, sebaiknya segera memutus aliran listrik dan menghubungi teknisi servis.

Baca Juga :   Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu dan Lama Kerjanya

3. Kabel tersentuh air dan benda tajam

Kabel yang terlepas dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti sering terkena benda tajam atau terkena air. Bagaimana bisa terjadi demikian?

Semuanya dimulai dari bunga es di dalam freezer. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga agar tidak ada bunga es yang terbentuk di dalam kulkasmu. Jika ada bunga es yang kecil, segera bersihkan.

Jika dibiarkan terus menerus, bunga es akan semakin besar dan sulit dibersihkan. Ketika kamu berusaha membersihkannya, kamu mungkin akan menggunakan benda tajam seperti pisau atau benda lainnya.

Namun, hal ini sangat berbahaya. Kabel yang tertutup oleh bunga es tidak terlihat, sehingga kamu mungkin akan merusak kabel tersebut dengan pisau saat membersihkannya, yang akhirnya bisa putus dan terlepas. Oleh karena itu, perlu sangat berhati-hati saat membersihkan freezer.

4. Komponen-komponen yang perlu diganti baru

Penyebab lain yang mungkin menjadi penyebab utama kerusakan adalah kabel yang sudah terlalu tua dan rapuh sehingga bisa terlepas. Jika hal ini terjadi, maka kamu perlu mengganti kabel dengan yang baru. Proses penggantian ini dapat dibantu oleh teknisi servis.

Apa Penyebab Freezer Kulkas Tidak Beku?

Ada beberapa masalah lain yang mungkin terjadi pada kulkasmu, seperti freezer yang tidak membeku atau kulkas yang tidak terasa dingin. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Coil kondensor kotor atau tertutup

Penyebab pertama mungkin disebabkan oleh coil kondensormu yang tertutup oleh kotoran atau es yang menumpuk. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kulkasmu dengan membersihkan kondensor secara teratur, minimal setiap 6 atau 12 bulan sekali.

2. Kipas evaporator tidak berfungsi

Freezer dapat bekerja dengan bantuan evaporator. Kipas evaporator akan berputar saat kulkas tertutup dan berhenti saat kulkas dibuka. Jika kipas ini tidak berfungsi dengan baik, maka kemungkinan besar freezer tidak dapat membekukan makanan dan minuman.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Sharp Wajib Diketahui

Jika kipas evaporator sudah tidak berfungsi, maka kamu perlu mengganti komponen ini.

3. Sering membuka kulkas dalam waktu yang lama

Membuka kulkas terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan, seperti freezer yang tidak dapat membeku. Oleh karena itu, penting untuk menutup pintu kulkas dengan benar dan tidak membukanya terlalu lama.

4. Ventilasi freezer tertutup

Penyebab lain mungkin karena ventilasi yang tertutup. Jika freezer tidak dapat membeku, penting untuk memeriksa buku panduan dan mencari letak komponen pada kulkas untuk mengecek bagian yang mungkin bermasalah.

Apa Saja Masalah yang Bisa Timbul Ketika Kulkas Tidak Dingin?

Jika kulkas mengeluarkan suhu panas, maka kemungkinan ada salah satu komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa komponen kulkas yang sering menyebabkan masalah.

Kompresor Kulkas

Kompresor kulkas adalah komponen yang sangat penting dalam memastikan proses pendinginan di dalam kulkas berjalan dengan baik. Jika kipas freezer menyala tetapi lemari es tidak terasa dingin, kemungkinan besar kompresor kulkas mengalami kerusakan.

Untuk memperbaikinya, biasanya kita perlu mengganti relay stater kompresor dengan yang baru agar kulkas bisa kembali berfungsi dengan baik.

Koil Kondensor

Kumparan kondensor adalah tabung yang terbuat dari garis-garis besi pada kulkas. Biasanya, tabung ini memiliki pola grid berbentuk U panjang dan terletak di belakang kulkas.

Jika kumparan kondensor tersumbat, maka sirkulasi udara di dalam kulkas akan terganggu sehingga tidak dapat menghilangkan panas dengan efektif. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya kotoran dan debu yang menumpuk pada kumparan kondensor.

Untuk mengatasinya, kita perlu membersihkan kumparan kondensor setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kumparan kondensor.

Kipas Kondensor

Bagian berikutnya pada kulkas adalah kipas kondensor yang berfungsi untuk mendinginkan kumparan kompresor dan kondensor saat kulkas bekerja. Jika kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik, maka komponen kulkas dapat menjadi panas. Umumnya, komponen ini terletak di bagian bawah kulkas.

Baca Juga :   Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal Wajib Diketahui

Untuk mengatasi masalah kipas kondensor yang rusak, pastikan terlebih dahulu bahwa kipas tersebut berputar dengan bebas dan tidak terhalang oleh kotoran apapun. Jika setelah dilakukan pengecekan tetapi kipas masih tidak bekerja dengan maksimal, maka kamu perlu mengganti motor kipas kondensor.

Artikel Terkait :

Penutup

Kabel bawah freezer kulkas yang lepas dan tidak beku bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Berbagai faktor dapat menjadi penyebabnya, seperti kesalahan dalam instalasi kabel, perawatan yang kurang tepat, atau masalah pada suhu di dalam freezer itu sendiri.

Namun, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk mencegah kabel bawah freezer kulkas lepas dan tidak beku. Pertama, pastikan untuk menginstal kabel dengan benar dan tidak menariknya terlalu kuat saat memindahkan atau membersihkan kulkas kalian.

Selain itu, pastikan suhu di dalam freezer kalian selalu dijaga pada level yang tepat dan tidak terlalu dingin. Terlalu dingin dapat menyebabkan kabel membeku dan bahkan mengalami kerusakan.

Dengan perawatan yang tepat dan pencegahan yang baik, kalian dapat menghindari masalah kabel bawah freezer kulkas lepas dan tidak beku. Jika kalian mengalami masalah dengan kulkas kalian, jangan ragu untuk memanggil teknisi profesional untuk membantu kalian memperbaikinya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *