Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Posted on

Finoo.id – Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati. Penggunaan kulkas atau lemari pendingin sudah umum di hampir setiap rumah saat ini. Kulkas dapat menjaga makanan agar tetap segar. Namun, seiring berjalannya waktu dan penggunaan yang lama, banyak komponen di kulkas yang mengalami masalah atau kerusakan.

Salah satu komponen yang sering mengalami masalah adalah kompresor kulkas, yang bisa hidup sebentar lalu mati dengan sendirinya. Para pemilik kulkas yang mengalami masalah ini pasti bertanya-tanya apa penyebabnya. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa menjadi pemicu masalah ini.

Bagi yang ingin mengetahui penyebab kompresor kulkas nyala sebentar lalu mati, berikut adalah penjelasan lengkapnya beserta cara mengatasinya. Simaklah ulasan ini sampai selesai.

Pengertian Tentang Kompresor Kulkas

Kompresor merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi produk elektronik, terutama kulkas. Kompresor dapat diibaratkan seperti jantung bagi tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk menunjang sistem kerja kulkas agar dapat berjalan secara optimal.

Kompresor juga berperan dalam memompa refrigerant atau freon ke seluruh sistem kulkas. Singkatnya, cara kerja kompresor kulkas adalah memompa gas freon bertekanan tinggi pada sisi tekanan tinggi dan menghisap gas freon bertekanan rendah pada sisi intake atau sisi tekanan rendah.

Kompresor kulkas umumnya berbentuk seperti tangki kecil berbahan dasar logam atau besi dengan warna hitam. Permukaan casing kompresor biasanya rata dengan ukuran yang kecil. Casing kompresor tertutup dengan tabung yang mengarah ke bagian belakang kulkas.

Cara Kerja Kompresor Kulkas

Cara kerja kompresor kulkas di atas menunjukkan betapa pentingnya kompresor dalam menunjang sistem kerja kulkas untuk menghasilkan udara dingin di dalamnya. Tanpa adanya kompresor, freon tidak dapat disalurkan ke seluruh bagian sistem kulkas sehingga kulkas tidak dapat menghasilkan udara dingin.

Kebanyakan kulkas keluaran terbaru, baik yang berupa kulkas 1 pintu atau kulkas 2 pintu, menggunakan jenis kompresor piston. Karena jenis kompresor ini memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan jenis lainnya. Kompresor piston ini memiliki 3 hingga 5 pipa, yang masing-masing pipanya memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga :   Ukuran Ampere Kulkas 2 Pintu Beberapa Merek Terkenal

Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan kompresor kulkas nyala sebentar lalu mati. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab tersebut:

1. Kabel Listrik

Salah satu penyebab umum kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati dengan sendirinya adalah masalah pada kabel listrik. Jika kalian mengalami masalah tersebut, coba cabut kabel kulkas dari stop kontak dan periksa kabel listriknya.

Jika kabel listrik pada kulkas aus, terkelupas, atau putus sebagian, kemungkinan besar itu menjadi penyebab kompresor hidup sebentar lalu mati. Untuk mengatasinya, jika kabel masih bisa disambung, cobalah untuk menyambungnya kembali. Namun, jika masalahnya cukup parah, gantilah kabel dengan yang baru. kalian dapat membeli kabel baru di toko elektronik.

2. Kotoran & Debu

Kotoran dan debu dapat menjadi masalah serius pada kompresor kulkas jika tidak segera dibersihkan. Masalah ini dapat mempengaruhi kinerja kompresor sehingga menjadi kurang efisien. Bahkan, ini juga dapat menjadi penyebab kompresor sulit menyala atau gagal start.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik kulkas dapat membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kompresor. Dengan membersihkannya secara teratur, dapat mencegah kemungkinan kompresor hidup sebentar lalu mati. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan kompresor kulkas kalian secara berkala.

3. Pengaturan Thermostat

Penyebab lain mengapa kompresor pada lemari pendingin bisa hidup sebentar lalu mati adalah karena pengaturan thermostat yang tidak tepat. Pengaturan thermostat yang kurang tepat dapat menjadi penyebab lain selain dua penyebab sebelumnya.

Thermostat bekerja dengan mengirimkan sinyal untuk menyalakan kompresor saat suhu kulkas mencapai ketentuan tertentu. Untuk mengetahui apakah kompresor rusak atau tidak, kalian dapat mencoba menyetel thermostat ke pengaturan yang lebih rendah.

Jika kompresor menyala dan tetap hidup, maka kondisi thermostat kulkas baik-baik saja. Namun, jika kompresor hidup sebentar lalu mati, maka kemungkinan thermostat mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menyetel ulang thermostat kulkas kalian.

4. Penumpukan Es

Penyebab lain mengapa kompresor kulkas bisa hidup sebentar lalu mati adalah akibat penumpukan es yang terlalu banyak. Jika kulkas sudah banyak menumpuk es, segeralah membersihkannya.

Untuk membersihkannya, cabut jek power kulkas dari stop kontak dan biarkan es mencair. Jangan lupa untuk meletakkan kain lap di bawah kulkas agar es yang mencair tidak merembes ke mana-mana.

5. Kapasitor & Relay

Penyebab kelima atau terakhir dari masalah kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati dapat disebabkan oleh kapasitor start atau relay yang bermasalah. Terutama saat terjadi pemadaman listrik dan listrik baru pertama kali menyala, karena bisa terjadi lonjakan daya.

Jika memang masalahnya terjadi karena kapasitor start atau relay yang rusak, maka solusinya adalah dengan menggantinya.

Biaya Diperlukan Saat Panggil Tukang Service

Jika kalian merasa kurang yakin untuk mengatasinya sendiri, kalian dapat memanggil jasa tukang service kulkas. Namun, kalian harus siap membayar biayanya.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kulkas LG Tidak Dingin Paling Ampuh

Berapa biaya untuk memperbaiki kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati? Besar biaya atau tarif akan tergantung pada faktor masalah dan tingkat kesulitan dalam menanganinya.

Secara umum, biaya yang harus disiapkan berkisar antara Rp50 hingga Rp200 ribu saja. Namun, jika harus mengganti kompresor kulkas dengan yang baru, biayanya mungkin lebih mahal.

Harga untuk kompresor kulkas sendiri bervariasi tergantung jenis kulkas kalian, apakah kulkas 2 pintu atau 1 pintu. Sesuaikan dengan kebutuhan kulkas kalian.

Perawatan Rutin Kulkas Agar Awet

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan rutin untuk menjaga agar kulkas kalian tetap awet dan berfungsi dengan baik:

1. Bersihkan kulkas secara teratur

Menjaga kebersihan kulkas secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga agar kulkas tetap awet dan bekerja dengan baik.

Pastikan untuk membersihkan kulkas setidaknya sekali dalam sebulan atau lebih sering jika dibutuhkan. Untuk membersihkan kulkas, gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air dan cuka atau deterjen ringan.

2. Atur suhu kulkas dengan benar

Mengatur suhu kulkas dengan benar sangat penting untuk menjaga agar makanan dan minuman tetap segar.

Suhu ideal untuk kulkas adalah antara 2 hingga 5 derajat Celsius. Pastikan untuk memeriksa suhu kulkas secara teratur untuk memastikan bahwa suhu tetap dalam kisaran yang disarankan.

3. Jangan menumpuk terlalu banyak makanan

Menumpuk terlalu banyak makanan di dalam kulkas dapat memberatkan kerja kompresor dan membuat kulkas bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Hal ini dapat mengurangi umur pakai kulkas dan meningkatkan konsumsi energi.

Pastikan untuk tidak menumpuk terlalu banyak makanan di dalam kulkas dan coba untuk menjaga isi kulkas tidak terlalu padat.

4. Periksa dan bersihkan saluran air kulkas

Saluran air kulkas yang tersumbat dapat menyebabkan masalah pada kulkas, seperti bau tidak sedap dan kelembaban yang berlebihan.

Pastikan untuk memeriksa dan membersihkan saluran air kulkas secara teratur.

5. Jangan membuka pintu kulkas terlalu sering

Membuka pintu kulkas terlalu sering dapat meningkatkan suhu di dalam kulkas dan membebani kerja kompresor.

Hal ini dapat mengurangi masa pakai kulkas dan meningkatkan konsumsi energi. Pastikan untuk membuka pintu kulkas hanya jika benar-benar diperlukan dan sebentar-sebentar saja.

6. Letakkan kulkas di tempat yang tepat

Tempatkan kulkas di tempat yang sesuai, seperti di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Pastikan juga untuk menjaga agar sirkulasi udara di sekitar kulkas lancar.

7. Pastikan kulkas teratur diisi freon

Freon merupakan zat pendingin yang sangat penting dalam kulkas.

Pastikan untuk memeriksa dan mengisi freon secara teratur untuk memastikan kulkas tetap dingin dan berfungsi dengan baik.

8. Bersihkan kipas kulkas

Kipas kulkas yang kotor dapat mengurangi efisiensi kulkas dan membuat kulkas bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pastikan untuk membersihkan kipas kulkas secara teratur untuk menjaga agar kulkas tetap berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat

9. Jangan menempatkan makanan panas di dalam kulkas

Menempatkan makanan panas di dalam kulkas dapat membuat kulkas bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko kerusakan. Pastikan untuk selalu menunggu sampai makanan atau minuman dingin sebelum menaruhnya di dalam kulkas.

10. Pastikan pintu kulkas tertutup rapat

Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas naik dan membuat kulkas bekerja lebih keras dari seharusnya. Pastikan untuk selalu menutup pintu kulkas dengan rapat setelah mengambil atau menaruh makanan di dalamnya.

11. Bersihkan kompresor kulkas

Kompresor adalah salah satu komponen paling penting dalam kulkas dan perlu dijaga agar tetap bersih. Pastikan untuk membersihkan kompresor kulkas secara teratur untuk menjaga agar kulkas tetap berfungsi dengan baik.

12. Periksa karet pintu kulkas

Karet pintu kulkas dapat rusak dari waktu ke waktu dan menyebabkan kebocoran udara yang dapat membuat kulkas bekerja lebih keras dari seharusnya. Pastikan untuk memeriksa karet pintu kulkas secara teratur dan menggantinya jika diperlukan.

13. Hindari menempatkan barang yang berat di atas kulkas

Menempatkan barang yang berat di atas kulkas dapat menimbulkan beban yang tidak diperlukan pada kulkas dan memperpendek masa pakainya. Pastikan untuk tidak menempatkan barang yang berat di atas kulkas dan menjaga agar kulkas tetap bebas dari beban yang berlebihan.

14. Pastikan kulkas dalam kondisi mati saat tidak digunakan untuk waktu yang lama

Jika kulkas tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk mematikannya dan membersihkannya secara menyeluruh sebelum disimpan.

Tindakan ini dapat membantu menghemat energi dan menjaga agar kulkas tetap dalam kondisi yang baik saat digunakan kembali.

Perlu diingat, sebagian isi artikel ini ditulis dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dijelaskan beberapa penyebab umum mengapa kompresor kulkas dapat hidup sebentar lalu mati. Beberapa penyebab tersebut termasuk masalah dengan suhu ruangan, kondisi kelistrikan, kebocoran refrigeran, dan kerusakan pada komponen internal kulkas.

Jika kalian mengalami masalah dengan kulkas kalian, sangat disarankan untuk memanggil teknisi profesional untuk memeriksa dan memperbaikinya. Memperbaiki kulkas sendiri dapat berbahaya dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada kulkas kalian.

Dengan mengetahui penyebab umum masalah ini, kalian dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masalah kulkas kalian dan membantu teknisi dalam proses perbaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *