Kode Kompresor Kulkas LG

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas LG Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas LG Yang Paling Tepat. Mengetahui informasi tentang kode kompresor kulkas LG ternyata sangat penting bagi calon konsumen. Hal ini dikarenakan dalam mencari produk yang terbaik membutuhkan analisis dan pertimbangan yang matang.

LG Indonesia menawarkan berbagai varian kulkas stkalianr dan inverter dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Sehingga, semua kalangan dapat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Meskipun mungkin bagi orang awam hanya memperhatikan desain, fitur, spesifikasi, dan daya kulkas LG, sebenarnya masih ada faktor lain yang tak kalah penting, yaitu kode kompresor yang dapat membantu mereka menemukan unit terbaik.

Kami telah menyusun panduan tentang cara membaca kode kompresor kulkas LG sebagai referensi bagi siapa saja yang berencana untuk membeli produk terbaru.

Manfaat Mengenal Kode Kompresor Kulkas LG

Kompresor berperan penting dalam memompa bahan pendingin dan menyebarluaskannya ke seluruh bagian kulkas. Kompresor juga bertugas menyerap panas yang ada di dalam kulkas dan mentransfernya ke cairan atau gas.

Kinerja kompresor sangat menentukan suhu di dalam kulkas LG yang sesuai dengan pengaturan pengguna. Namun, tkalian-tkalian bahwa unit kompresor mulai rusak adalah ketika ampere melebihi batas normal.

Mengetahui kode kompresor kulkas LG memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Menentukan Daya

Tiap-tiap kompresor pada kulkas LG memiliki daya operasi yang berbeda-beda tergantung pada spesifikasinya. Fitur inverter pada kulkas LG membantu menekan konsumsi listrik hingga di bawah 50 persen.

Kode kompresor pada kulkas LG memberikan manfaat untuk menentukan pilihan daya yang tepat. Dengan demikian, kamu tidak akan salah memilih tipe atau spesifikasi produk sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Menemukan Kulkas Ideal

Untuk menemukan kulkas ideal, dibutuhkan analisis terhadap faktor desain, fitur, dan konsumsi daya. Kode kompresor kulkas juga membantu calon pembeli dalam memilih jenis perangkat yang paling sesuai.

Kamu dapat memilih kulkas LG terbaik berdasarkan jenis kompresor yang dipasang. Hal ini juga menentukan seberapa besar ukuran produk yang sesuai dengan daya yang dimiliki oleh kompresor tersebut.

Baca Juga :   Pengertian Chiller: Jenis dan Prinsip Kerjanya Lengkap

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas LG

Kode kompresor memiliki kegunaan tersendiri dalam menentukan pilihan kulkas LG yang sesuai dengan kebutuhanmu. Oleh karena itu, memahami cara membaca spesifikasi menjadi sangat penting.

Namun, banyak orang yang mengabaikan informasi terkait kode kompresor pada kulkas. Padahal, mereka dapat meraih manfaat lebih jika memperhatikan spesifikasi produk dengan lebih seksama.

Berikut adalah cara yang paling mudah untuk membaca kode kompresor pada kulkas LG:

1. Bentuk Fisik Kulkas

Ukuran kompresor pada kulkas LG dapat diketahui dengan melihat bentuk fisiknya. Kamu bisa menggunakan metode rumus sederhana yaitu dengan mengukur dimensi panjang x lebar x tinggi produk.

Ukuran kompresor memiliki pengaruh pada besarnya ampere selama kulkas beroperasi secara terus-menerus. Hal ini juga berguna dalam menentukan besaran tegangan listrik yang dibutuhkan oleh kulkas tersebut.

2. Arah Pintu Kulkas

Banyak orang awam yang belum mengetahui bahwa arah pintu kulkas menunjukkan tabel kode kompresor. Di Indonesia, stkalianrisasi untuk setiap pintu pada unit lemari es akan terbuka ke arah kanan.

Jika kamu hendak membuka pintu kulkas LG ke arah kanan dan terdengar bunyi operasional, itu menkaliankan bahwa kompresor merespons perubahan suhu dan masih berfungsi dengan baik.

3. Jumlah Pintu Kulkas

Untuk membaca kode kompresor pada kulkas LG, kamu bisa melihat berapa jumlah pintu yang dimilikinya. Biasanya, lemari es dengan 1 pintu memiliki daya kompresor sebagai berikut:

  • 1/8 PK dengan daya 0,42 ampere.
  • 1/6 PK dengan daya 0,56 ampere.
  • 1/4 PK dengan daya 0,84 ampere.

Perlu kamu ingat bahwa kode kompresor pada setiap kulkas berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Selain itu, ada pula kode yang berlaku secara internasional, seperti contoh kode AE A 4 430 Y-1.

  • AE merupakan kelas kompresor. Selain itu, ada juga kategori lain seperti AW, AZ, WJ, dan AZA.
  • A adalah model dan edisi kulkas untuk rilisan pertama, sedangkan B adalah generasi kedua.
  • 4 merupakan aplikasi, yang berarti kulkas dengan tekanan rendah dan torsi awal yang tinggi.
  • 430 menunjukkan kode daya kulkas dilihat dari dua digit terakhir. Angka 30 menkaliankan daya 1/8 PK.
  • Y adalah refrigeran yang memiliki kode tertentu seperti “A, V:R212”, “E:R22”, “J:R502”, dan sebagainya.
  • 1 menkaliankan kode daya listrik 115 V/60HZ.

Cara Lain Mengidentifikasi Kompresor

Kita ambil contoh kulkas dengan kode AE A 4 430 Y – 1.

AE: kelas kompresor

Dua huruf pertama adalah kode kelas kompresor yang digunakan pada kulkas. Selain AE, terdapat kelas kompresor lain seperti AZ, AW, WJ, dan bahkan AZA. Oleh karena itu, perlu dipahami bahwa setiap kulkas mungkin memiliki kelas kompresor yang berbeda.

Baca Juga :   Ciri Timer Kulkas Rusak Yang Mesti Diketahui

A: model kulkas

Kode satu huruf mewakili edisi atau terbitan kulkas. Biasanya, kode tersebut menunjukkan apakah kulkas tersebut adalah rilisan pertama atau yang pertama kali diterbitkan dari seri tersebut. Sedangkan kode B menkaliankan edisi kedua dari kulkas tersebut yang diproduksi.

4: applicant

Di sini, “Applicant” memiliki arti tekanan rendah dengan torsi awal yang tinggi. Ini berarti bahwa kulkas tersebut memiliki tekanan rendah dengan kekuatan torsi awal yang tinggi.

Y: refrigerant / pendingin

Ini adalah jenis pendingin yang digunakan di dalam kulkas tersebut. Untuk kode Y, jenis pendingin yang digunakan adalah R134a. Selain itu, terdapat juga kode-kode lain yang menunjukkan jenis pendingin yang berbeda. Kode A dan V menggunakan pendingin R12, kode E menggunakan pendingin R22, kode J menggunakan pendingin R502, kode Z biasanya menggunakan pendingin R404A atau R507, kode G menggunakan pendingin R22/R407C, dan kode M menggunakan pendingin R600a.

1: kode daya listrik yang dikonsumsi

Kode angka terakhir setelah tkalian strip (-) menunjukkan besarnya daya listrik yang digunakan oleh kulkas tersebut. Angka 1 berarti 115 V/60 Hz, angka 2 mengindikasikan daya atau tekanan 208-230 V/60 Hz. Sementara angka 3 menunjukkan daya 100V/50-60 Hz dan angka 4 menkaliankan daya 110V/60 Hz. Namun, jika tidak ada kode angka kompresor di akhir, itu menkaliankan bahwa kulkas tersebut menggunakan daya listrik sebanyak 220-240 V/50 Hz.

Ternyata, kita tidak hanya dapat membedakan kompresor yang digunakan dari kode, tapi juga secara kasat mata dapat menentukan kompresor atau spesifikasi kulkas. Hal ini memudahkan kita untuk memilih perangkat yang lebih sesuai dengan kebutuhan kita.

Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas yang Sesuai

Perlu diingat bahwa penting untuk mempelajari ukuran kompresor kulkas karena ini berpengaruh pada besaran ampere di dalamnya dan juga untuk mengetahui besarnya tegangan listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kulkas.

Kompresor kulkas juga dapat mengalami kerusakan karena berbagai alasan. Kerusakan ini dapat menyebabkan kulkas tidak dingin atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali. Beberapa penyebab kerusakan tersebut adalah overheat pada kompresor, melemahnya komponen overload, dan lain-lain.

Tkalian-tkalian kerusakan pada kompresor meliputi kulkas yang tidak bisa dingin maksimal, suara berdengung, ampere kompresor naik melebihi batas normal, dan sebagainya.

Jika kompresor sudah rusak, maka perlu membawanya ke tukang servis atau memperbaikinya bahkan menggantinya sendiri. Harga kompresor freezer 6 rak berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.100.000, yang tergolong cukup mahal.

Baca Juga :   Biaya Listrik Kulkas per Bulan, Serta Cara Hitungannya

Cara Mengetahui Kompresor Bermasalah

Persoalan daya pada kulkas dapat diatasi dengan menggunakan stabilizer yang terhubung dengan kulkas agar listrik yang masuk tetap stabil dan tidak naik-turun. Namun, jika terjadi masalah pada kompresor kulkas, ada beberapa tkalian yang dapat diidentifikasi, seperti pendingin kulkas yang tidak bekerja maksimal dan terasa tidak dingin seperti biasanya. Selain itu, ada juga suara kompresor yang bising dan mengganggu seperti berdengung atau keras, yang dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Tkalian lainnya adalah ampere kompresor yang melebihi batas normal, dan yang terburuk adalah ketika kompresor sudah tidak mau menyala lagi. Jika hal ini terjadi, sebaiknya memanggil tenaga ahli atau service center resmi untuk memperbaiki kompresor yang rusak.

Perlu dicatat bahwa cara membaca kode kompresor kulkas yang dijelaskan di atas berlaku secara internasional, namun setiap pabrikan atau produksi di Indonesia maupun negara lain dapat memiliki kode yang berbeda, meskipun pada dasarnya sama.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam dunia elektronik, kode kompresor kulkas LG telah menjadi topik yang sangat populer. Kode ini menjadi penting karena dapat membantu teknisi dalam memperbaiki dan memelihara kulkas LG dengan lebih efisien.

Dengan kode kompresor kulkas LG yang tepat, teknisi dapat mengidentifikasi masalah yang muncul pada kulkas LG dan dapat dengan cepat memperbaikinya. Selain itu, dengan mengetahui kode kompresor yang digunakan pada kulkas LG, teknisi juga dapat memilih suku cadang yang tepat untuk digunakan pada perbaikan kulkas.

Dengan begitu, pemilik kulkas LG dapat merasa tenang karena mereka tahu bahwa kulkas mereka dalam perawatan yang baik dan teknisi dapat memperbaiki kulkas dengan lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu, penting bagi setiap teknisi untuk mengetahui kode kompresor kulkas LG dan memastikan bahwa mereka selalu memperbaiki kulkas dengan benar.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas LG Yang Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *