Cara Memasang Stiker Kulkas

Cara Memasang Stiker Kulkas Sendiri Yang Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Memasang Stiker Kulkas Sendiri Yang Paling Mudah. Bagi sebagian orang, memasang stiker kulkas sendiri mungkin terasa sulit, terutama bagi para pemula yang belum familiar dengan tekniknya. Namun sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan teknologi dengan mencari referensi yang tepat saat membutuhkan panduan tertentu.

Lemari es yang terletak di dapur sebenarnya bisa kamu jadikan inspirasi untuk mempercantik rumahmu. Jangan biarkan pintu kulkasmu terlihat polos, karena kulkas merupakan salah satu barang kebutuhan primer yang umum tersedia di rumah.

Selain berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman, area permukaan luar pada pintu kulkas sering digunakan sebagai media informasi, catatan kecil, hiasan magnet, atau stiker. Ide kreatif penghuni rumah dapat menambah nilai guna dari barang elektronik tersebut.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan cara memasang stiker kulkas sendiri agar hasilnya terlihat bagus. Dengan menggunakan teknik yang tepat, kamu dapat mengurangi risiko kerusakan pada permukaan pintu dan stiker juga dapat menempel dengan awet dalam waktu lama.

Mengenal Stiker Kulkas

Stiker Kulkas merupakan jenis wallpaper yang dirancang khusus untuk ditempelkan pada permukaan luar perangkat pendingin makanan dan minuman. Stiker ini umumnya terbuat dari bahan anti-air dan mudah dibersihkan dengan menggunakan kain lembut.

Kehadiran stiker kulkas semakin populer dengan banyaknya desain yang tersedia, sehingga pengguna dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan interior rumah masing-masing. Pengguna tidak akan kehabisan pilihan motif yang tepat untuk diterapkan pada kulkas mereka.

Jenis Skiter Kulkas

Pada dasarnya, tidak ada batasan dalam memilih jenis stiker untuk ditempelkan pada pintu kulkas. Semua jenis stiker yang tersedia dapat digunakan pada permukaan luar kulkas dan akan menempel dengan kuat.

Namun, pemilihan jenis stiker yang tepat akan memberikan kepuasan tersendiri ketika sudah terpasang dengan baik. Yang perlu diperhatikan adalah proses pemasangan pada seluruh permukaan kulkas agar stiker tidak sobek, terlipat, atau menggelembung.

Baca Juga :   Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis dan Penyebab Oli Naik

Berikut adalah beberapa jenis stiker kulkas yang perlu diketahui:

  1. Stiker Vinyl terbuat dari bahan plastik yang tahan air dan memiliki latar belakang berwarna putih sehingga tidak transparan.
  2. Stiker Vinyl Transparan juga terbuat dari bahan plastik tahan air namun memiliki latar belakang yang transparan untuk memberi efek gambar yang lebih nyata.
  3. Stiker Magnet adalah stiker khusus yang memiliki magnet di bagian belakang sehingga mudah ditempelkan pada permukaan kulkas.

Permukaan stiker biasanya glossy dan berbahan dasar plastik lentur yang tahan air. Hindari memilih stiker berbahan kertas karena tidak cocok untuk ditempelkan pada kulkas.

Ukuran Stiker Kulkas

Ukuran stiker adalah faktor paling penting yang harus diperhatikan agar sesuai dengan panjang dan lebar permukaan kulkas. Jika terjadi kesalahan dalam pemesanan, dapat mengakibatkan kekurangan bahan atau ukuran yang terlalu besar.

Ukuran stiker yang tidak tepat akan merepotkan dan merusak tampilan secara keseluruhan. Kulkas stkalianr satu pintu memiliki dimensi sekitar 60 x 125 cm pada setiap sisinya, sedangkan kulkas dua pintu memiliki ukuran sekitar 65 x 150 cm.

Namun, sebaiknya lakukan pengukuran secara manual terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran yang lebih akurat. Patokan ukuran kulkas yang disebutkan sebelumnya hanya berlaku untuk satu sisi kulkas saja. Jika ingin melapisi keseluruhan kulkas, termasuk bagian belakang, dibutuhkan 3 lembar stiker.

Memilih Desain Stiker Kulkas

Kamu tidak akan kehabisan ide dan kreasi saat memilih stiker kulkas karena banyaknya desain dan motif yang tersedia di pasaran. Tinggal menyesuaikannya dengan budget, interior dapur, dan selera masing-masing. Namun, sebaiknya memilih bahan vinyl untuk hasil yang lebih baik.

Kini, desain stiker semakin beragam dengan tema yang berbeda-beda seperti motif lucu, superhero, pemkalianngan, kartun, dan lain sebagainya. Harganya juga relatif terjangkau sehingga kamu tidak perlu khawatir menghabiskan banyak biaya.

Alat Yang Dibutuhklan Untuk Memasang Stiker Kulkas

Sebenarnya, cara memasang stiker kulkas terbilang mudah dan tidak membutuhkan alat yang rumit atau waktu yang lama. Kamu bahkan dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain asalkan memiliki sedikit pengetahuan tentang cara memasangnya.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kulkas Polytron Tidak Dingin Paling Tepat

Berikut adalah beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk memasang stiker kulkas:

  1. Stiker kulkas dengan motif sesuai selera.
  2. Spray atau semprotan berisi air shampoo.
  3. Rakel untuk kaca, kartu perdana bekas, atau sejenisnya.
    Kain lembut yang kering.
  4. Cutter untuk memotong bahan stiker.
  5. Obeng untuk membuka gagang kulkas jika diperlukan.

Setelah semua peralatan telah disiapkan, kamu bisa mulai memasang stiker pada kulkas. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan stiker:

  1. Siapkan lembar stiker yang akan ditempelkan pada kulkas.
  2. Lepaskan gagang kulkas dengan menggunakan obeng (jika ada).
  3. Buka sedikit bagian atas stiker dan tempelkan pada sisi atas kulkas dengan hati-hati.
  4. Semprot permukaan kulkas yang belum tertutup stiker dengan air shampoo.
  5. Lepaskan sisa bagian stiker yang belum terbuka dan semprot sisi lem stiker dengan air shampoo.
  6. Tempelkan stiker pada seluruh permukaan kulkas sambil mengatur posisinya agar tidak ada kerutan.
  7. Ratakan lapisan stiker dengan menggunakan kain lap kering yang lembut.
  8. Ratakan bagian lekukan pada kulkas menggunakan rakel atau alat sejenis.
  9. Lubangi letak logo kulkas yang menonjol dengan menggunakan cutter (jika ada).
  10. Rapikan sisa stiker yang menggantung dengan memotongnya.
  11. Pastikan kembali stiker telah terpasang dengan baik tanpa ada gelembung atau kerutan.

Lakukan langkah yang sama jika kamu ingin memasang stiker pada sisi lain kulkas, seperti sisi kiri atau kanan. Untuk keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga, hindari anak-anak selama proses pemasangan.

Perlu diingat bahwa kesalahan dalam pemasangan stiker dapat merusak bahan, sehingga kamu harus mengganti dengan lembar yang baru. Stiker kulkas juga tersedia di toko-toko terdekat atau toko online.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker yang Menempel di Pintu Kulkas

Untuk mengatasi masalah stiker yang sulit dibersihkan dari pintu kulkas, kamu bisa menggunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah, seperti sampo dan minyak kayu putih.

Baca Juga :   Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Kedua bahan ini tidak hanya membantu menghilangkan stiker berbahan kertas dari permukaan kulkas, tetapi juga dapat mengikis sisa lem yang tertinggal oleh stiker.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. 1 bungkus sampo ukuran kecil
  2. Sikat gigi bekas
  3. Minyak kayu putih
  4. Air bersih
  5. Wadah plastik
  6. Kain lap

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan pintu kulkas dari stiker:

  1. Sebelum membersihkan kulkas dengan menggunakan larutan sampo, cobalah membersihkan seluruh stiker dengan tangan atau ujung sendok.
  2. Campurkan 1 bungkus sampo kecil dengan sedikit air lalu aduk hingga merata. Gunakan larutan sampo ini untuk membersihkan pintu kulkas.
  3. Aplikasikan larutan sampo ke seluruh permukaan pintu kulkas dengan menggunakan sikat gigi bekas. Stiker berbahan kertas akan lebih mudah dibersihkan dan larut dengan larutan sampo. Gosok hingga stiker mengelupas dan lebih mudah untuk dibersihkan.
  4. Untuk sisa lem stiker yang masih menempel, gunakan minyak kayu putih agar lebih mudah dibersihkan.
  5. Tumpahkan minyak kayu putih secukupnya ke kain bekas, lalu gosok ke permukaan lem hingga seluruh permukaan lem terangkat.
  6. Setelah pintu kulkas bersih dari stiker dan sisa lem, lap menggunakan kain lembab dan kulkas akan kembali bersih seperti baru.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, finoo.id telah membahas cara memasang stiker kulkas sendiri dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kamu bisa membuat kulkasmu terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

Ingatlah untuk memilih stiker yang sesuai dengan selera dan ukuran kulkas kamu, serta pastikan kulkas dalam kondisi bersih sebelum memasang stiker. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan stiker agar tetap terlihat cantik dan tahan lama.

Sekarang kamu sudah siap mempercantik kulkasmu dengan stiker yang menarik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *