Cara Memasang Android TV Box

Cara Memasang Android TV Box Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Memasang Android TV Box Paling Mudah. Ada sebagian orang yang senang menonton video melalui televisi, baik itu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun menikmati acara favorit. Namun, kemajuan teknologi kini telah menghadirkan Smart TV yang dapat terhubung dengan internet untuk menonton beragam konten.

Bagi yang ingin melakukan upgrade tanpa harus mengganti unit televisi LED lama, Android TV Box bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Kami telah merangkum panduan yang simpel mengenai cara memasang Android TV Box agar pemula pun dapat mengaplikasikan konfigurasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Apa itu Android TV Box?

Android TV Box, atau sering disebut Android streaming box, merupakan sebuah kotak berbentuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Fungsinya utamanya adalah sebagai platform streaming untuk menonton konten dari platform online seperti Netflix, Hulu, dan lain-lain di TV.

Ternyata, selain untuk streaming, Android TV Box juga bisa digunakan sebagai home server software dengan bantuan Plex, memainkan game Android di TV, menggunakan ROM melalui emulator, serta keperluan streaming lainnya.

Dengan menggunakan Android TV Box, TV Anda dapat berfungsi sebagai Smart TV built-in Android dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan membeli Smart TV built-in Android langsung.

Bagaimana Cara Kerja Android TV Box?

Untuk menghubungkan Android TV Box dengan TV Anda, caranya sama seperti menghubungkan dengan DVD player. Cukup sambungkan Android TV Box ke TV dan hubungkan ke internet melalui kabel Ethernet atau WiFi. Apabila rumah Anda sudah memiliki WiFi, proses pengaturannya akan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga :   Cara Download Iflix Di Smart TV LG Mudah & Simple

Setelah terhubung dengan internet, Anda dapat memasang berbagai aplikasi Android seperti Youtube, yang memungkinkan Anda untuk menonton video langsung di TV.

Karena Android merupakan sistem operasi yang open-source dan gratis, pabrikan bisa membuat perangkat dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, Android TV Box bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp1 juta. Segera dapatkan Android TV Box sekarang.

Kelengkapan Android TV Box

Dengan Android TV Box, kamu dapat menikmati pengalaman multimedia online tanpa harus mengganti televisi lama. Perangkat ini tersedia di berbagai toko elektronik maupun e-commerce.

Namun, saat membeli Android TV Box, pastikan kamu memeriksa kelengkapan dasar standar pabrik. Jangan sampai kekurangan satu item yang dapat mengganggu kinerja produk tersebut.

Berikut beberapa kelengkapan umum dari Android TV Box:

1. Unit TV Box

Unit TV Box adalah sebuah kotak berukuran kecil yang menjadi pusat operasional perangkat. Di dalamnya terdapat berbagai komponen elektronika seperti PCB, Processor, RAM, dan penyimpanan internal.

2. Remote Kontrol

Remote Kontrol pintar sangat membantu dalam mengoperasikan unit TV Box dari jarak jauh. Namun, dibutuhkan dua baterai berukuran “AAA” agar dapat berfungsi dengan baik.

3. Kabel HDMI

HDMI adalah singkatan dari “High Definition Multimedia Interface” yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal audio dan video. Android TV Box menggunakan kabel HDMI untuk terhubung dengan unit televisi.

Cara Memasang Android TV Box

Android TV Box adalah produk canggih yang dapat menghubungkan unit TV LED dengan internet. Perangkat ini memiliki sistem operasi tersendiri dan menggunakan sumber daya terpisah.

Berikut ini cara yang benar untuk melakukan pemasangan Android TV Box:

1. Menyiapkan Perangkat

Setelah membeli Android TV Box, pastikan untuk membuka kardus dengan hati-hati dan mengeluarkan semua item yang ada. Periksa perangkat secara menyeluruh untuk memastikan bahwa kondisinya baik dan aman, dan tidak mengalami kerusakan atau cacat.

Baca Juga :   Cara Program TV Sharp Paling Mudah dan Praktis

Selain itu, periksa juga kelengkapan alat pada perangkat. Jika ada komponen atau item yang kurang atau bermasalah, maka proses pemasangan tidak dapat dilakukan dengan baik.

2. Pemasangan Kabel HDMI

Kabel sangat penting dalam penggunaan Android TV Box. Kabel HDMI digunakan untuk menghubungkan jaringan android atau koneksi internet dari Android TV Box ke perangkat TV. Port HDMI dapat ditemukan di bagian belakang TV.

Sementara itu, port Android TV Box terletak di sisi perangkat ini. Pasang kabel dengan mengikuti petunjuk yang ada di buku panduan. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak terbalik saat dipasang.

3. Pengaktifan Perangkat

Setelah memasang kabel, langkah selanjutnya dalam memasang Android TV Box adalah mengaktifkan perangkat. Pastikan bahwa perangkat sudah terhubung dengan benar. Caranya adalah dengan menekan tombol on pada perangkat Android. Setelah diaktifkan, perangkat biasanya akan terkoneksi dengan ponsel secara otomatis.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Android TV Box:

  • Hubungkan kabel daya ke stopkontak dengan hati-hati.
  • Pastikan Android TV Box dan TV LED sudah terhubung dengan benar.
  • Hidupkan kedua perangkat menggunakan remote.
  • Pada unit TV LED, ubah sumber masukan ke HDMI.
  • Layar TV LED akan menampilkan konfigurasi Android TV Box.
  • Ikuti petunjuk pada layar televisi untuk melakukan pengaturan awal.
  • Selesaikan pengaturan Android TV Box hingga tampil dashboard.

Jika perangkat belum terhubung, mungkin diperlukan sebuah aplikasi pendukung untuk membantu perangkat agar terkoneksi dengan lebih baik. Biasanya pada perangkat juga terdapat remote untuk mengaktifkan perangkat dengan menekan tombol power atau on.

4. Pengaktifan Koneksi

Untuk terhubung dengan baik, Android TV Box memerlukan jaringan internet. Koneksikan perangkat dengan jaringan WiFi atau jaringan terdekat lainnya. Pengguna dapat menyalakan atau mengaktifkan koneksi internet yang dimiliki dan menghubungkannya dengan Android TV Box.

Baca Juga :   Cara Update Firmware TV Panasonic: Panduan Lengkap

Caranya adalah dengan masuk ke layar home atau menu awal, lalu pilih menu pengaturan atau setting. Klik pilihan “on” untuk mengaktifkan WiFi secara otomatis. Jika tidak terhubung, periksa kembali kabel atau koneksi internet.

5. Pengecekan Akhir Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan Android TV Box, lakukan pengecekan terakhir pada perangkat. Beberapa komponen yang perlu diperiksa antara lain siaran yang dapat diakses, sistem operasi Android yang dijalankan, dan ketersediaan aplikasi.

Jika terjadi masalah pada aplikasi, jaringan TV, atau masalah lainnya, solusinya dapat ditemukan melalui buku panduan atau website resmi. Agar lebih nyaman digunakan, lakukan pengaturan secara menyeluruh pada kinerja TV.

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Android TV Box dibandingkan dengan TV biasa, seperti gambar yang lebih jernih dan suara yang lebih jelas. Semua kelebihan ini dapat dinikmati jika pengguna menggunakan Android TV Box.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id tentang cara memasang Android TV Box. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menghubungkan Android TV Box ke televisi Anda dan menikmati konten multimedia yang lebih luas dan lebih variatif.

Pastikan untuk selalu membaca instruksi yang terlampir pada perangkat Android TV Box yang Anda gunakan, serta memperhatikan tipe dan spesifikasi televisi yang Anda miliki. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *