Kulkas Polytron Tidak Dingin

Cara Mengatasi Kulkas Polytron Tidak Dingin Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi Kulkas Polytron Tidak Dingin Paling Tepat. Banyak faktor yang dapat membuat kulkas Polytron tidak dingin meskipun pengguna sudah mengatur suhunya dengan benar. Mulai dari kesalahan konfigurasi termostat hingga kerusakan pada komponen tertentu.

Meski lemari es Polytron buatan Indonesia terkenal baik dan tahan lama, namun hal tersebut hanya berlaku jika pengguna mengikuti prosedur pengoperasian dengan benar dan melakukan perawatan secara rutin.

Namun, ada beberapa orang yang mengalami masalah dengan kulkas Polytron mereka, seperti bagian bawah yang tidak dingin sama sekali. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis faktor penyebab masalah tersebut agar dapat melakukan perbaikan sendiri.

Kami telah merangkum panduan tentang cara mengatasi kulkas Polytron yang tidak dingin, sehingga pengguna baru dapat mengambil tindakan yang tepat saat mengalami kendala pada produk tersebut.

Sebab Kulkas Polytron Tidak Dingin

Sebelum membahas secara mendalam, ada baiknya untuk mempelajari penyebab kulkas Polytron yang tidak cukup dingin. Salah satu kasus umum adalah ketika unit beroperasi normal saat membuat es batu, tetapi bagian pintu bawah mengalami masalah.

Oleh karena itu, penting untuk menganalisis penyebab masalah pada kulkas merek Polytron tersebut. Berikut adalah gambaran latar belakang mengapa suhu kurang dingin, agar lebih jelas:

1. Salah Konfigurasi Suhu

Pengaturan pada kulkas 1 pintu memang sederhana, hanya dengan sebuah tombol operasional. Namun, pada model 2 pintu, pengaturannya sedikit lebih rumit karena boks freezer dan ruangan pendingin terpisah.

Baca Juga :   Fungsi & Pengaruh Ukuran Kondensor Kulkas Wajib Diketahui

Sayangnya, pengguna baru sering salah menerapkan pengaturan pada kulkas Polytron dengan tipe 2 pintu. Hal ini dapat berdampak pada udara dari freezer yang tidak mengalir ke ruang pendinginan akibat kesalahan konfigurasi.

2. Sering Buka Pintu Kulkas

Ketika pintu lemari es terbuka, maka udara dingin akan keluar dan suhu di dalam kulkas akan langsung berubah. Sensor akan mendeteksi kondisi tersebut dan membuat kompresor beroperasi secara otomatis.

Namun, terlalu sering membuka pintu dapat membuat bagian bawah kulkas Polytron menjadi tidak dingin. Selain itu, bagian kompresor juga membutuhkan waktu untuk mempertahankan suhu udara di dalam kulkas.

3. Kerusakan Komponen

Kulkas Polytron yang kurang dingin bisa disebabkan oleh kerusakan komponen. Meskipun elektronik tersebut awalnya memiliki umur yang panjang, namun akan habis seiring dengan penggunaannya secara rutin dalam jangka waktu lama.

Berikut adalah beberapa jenis kerusakan yang dapat membuat kulkas Polytron menjadi kurang dingin:

  • Sensor defrost putus: terletak pada jaringan pipa evaporator di belakang freezer yang berfungsi untuk mendeteksi suhu agar tidak terlalu dingin.
  • Timer kulkas rusak: terdapat pada kulkas model 2 pintu yang terletak di bagian belakang dekat kompresor. Komponen ini berfungsi untuk mengatur waktu operasi sistem defrost setiap 6 atau 8 jam.
  • Heater terputus: heater merupakan sebuah elemen pemanas yang terletak pada bagian bawah evaporator. Kerusakan pada bagian ini dapat mengakibatkan suhu kulkas Polytron menjadi tidak dingin.

Solusi Kulkas Polytron Tidak Dingin

Dengan memahami penyebab suhu kulkas yang kurang dingin, kamu dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, proses perbaikan mungkin akan berbeda-beda tergantung pada kondisi masalah pada perangkat tersebut.

Berikut adalah beberapa solusi yang tepat untuk mengatasi kulkas Polytron yang tidak dingin:

1. Atur Ulang Termostat

Kulkas Polytron tipe 2 pintu memiliki dua pengaturan yang menentukan intensitas dingin, terutama bagian termostat yang bertanggung jawab dalam mencapai temperatur sesuai pengaturan.

Baca Juga :   Tempat Pembuangan Air Kulkas Polytron Belleza Yang Tepat

Selain itu, tombol di pintu bawah berguna untuk mengatur besaran aliran udara dari freezer. Kamu dapat mencoba untuk mengatur ulang termostat agar memperoleh suhu dingin pada seluruh bagian kulkas.

2. Jangan Buka Tutup Pintu

Pastikan kulkas Polytron selalu tertutup rapat dan hanya dibuka jika memang diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu dalam ruang pintu kedua agar selalu optimal dingin.

Ketentuan dasar yang tercatat pada buku manual kulkas Polytron 1 pintu dan 2 pintu adalah dengan jarang membuka tutup pintu agar kulkas selalu tetap dingin. Hal ini perlu diperhatikan oleh setiap pengguna.

3. Ganti Komponen Rusak

Jika kulkas mengalami masalah akibat kerusakan komponen, solusi yang dapat diambil adalah dengan mengganti komponen tersebut. Untuk melakukan proses perbaikan total, kamu perlu menghubungi teknisi atau service center.

Namun, nominal biaya perbaikan tentu akan berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan dan harga komponen yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan kamu mempersiapkan sejumlah dana yang mencukupi untuk mengatasi kondisi ini.

Apa Saja Masalah yang Bisa Timbul Ketika Kulkas Tidak Dingin?

Jika kulkas mengeluarkan suhu panas, kemungkinan ada salah satu bagian yang tidak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa komponen kulkas yang sering menimbulkan masalah:

Kompresor Kulkas

Kompresor kulkas adalah komponen yang sangat penting untuk memastikan proses pendinginan di dalam kulkas berjalan dengan baik. Jika kipas freezer menyala, tetapi lemari es tidak dingin, maka kemungkinan besar kompresor kulkas mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi masalah ini, kita biasanya perlu mengganti relay starter kompresor dengan yang baru agar kulkas kembali dingin.

Koil Kondensor

Kumparan kondensor adalah tabung kulkas yang berbentuk garis-garis besi dan biasanya menyatu dengan pola grid berbentuk U panjang. Biasanya, koil kondensor berada di belakang kulkas.

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 2 Pintu & 1 Pintu

Jika koil kondensor tersumbat, sirkulasi udara kulkas menjadi tidak baik karena tidak mampu menghilangkan panas secara efektif. Hal ini bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran dan debu pada koil kondensor.

Untuk menjaga agar kondisi ini tidak terjadi, disarankan untuk membersihkan koil kondensor sekali atau dua kali dalam setahun. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang menumpuk di koil kondensor.

Kipas Kondensor

Bagian kulkas selanjutnya adalah kipas kondensor yang berfungsi untuk mendinginkan koil kompresor dan kondensor saat bekerja. Jika kipas ini tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan komponen kulkas menjadi panas. Umumnya, komponen ini terletak di bagian bawah kabinet kulkas.

Untuk mengatasi kipas yang rusak, pastikan terlebih dahulu bahwa kipas kondensor berputar bebas dan tidak terhalang oleh kotoran apa pun. Jika sudah melewati pengecekan ini, namun perangkat tetap tidak bekerja maksimal, maka kamu perlu mengganti motor kipas kondensor.

Baca juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah kulkas Polytron yang tidak dingin.

Pastikan untuk melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin agar kulkas tetap berfungsi dengan baik. Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya segera menghubungi tenaga ahli atau teknisi kulkas yang berpengalaman untuk melakukan perbaikan lebih lanjut.

Dengan demikian, kulkas kalian dapat berfungsi kembali dengan optimal dan menghindari kerusakan yang lebih parah di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *