Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu

Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat. Setiap komponen elektronik memiliki peran penting dan saling terhubung di dalamnya. Ini juga berlaku untuk kulkas Polytron, baik yang berjenis 1 pintu maupun 2 pintu.

Kulkas Polytron 1 pintu terdiri dari berbagai komponen, baik yang merupakan komponen utama maupun pendukung. Salah satu komponen yang sangat penting dalam semua merek kulkas, termasuk Polytron, adalah overload protector.

Overload protector merupakan komponen yang penting untuk melindungi kompresor dari arus berlebihan. Namun, komponen ini dapat mengalami kerusakan dan karena itu perlu segera ditangani.

Salah satu kesulitan yang sering dihadapi oleh pengguna saat mengganti overload protector adalah menentukan ukuran yang sesuai. Oleh karena itu, melalui artikel ini kami akan memberikan informasi tentang ukuran overload protector yang cocok untuk kulkas Polytron 1 pintu.

Apa Itu Overload Kulkas ?

Overload merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mesin pendingin seperti kulkas, freezer, showcase, dan jenis mesin pendingin lainnya. Fungsi dari relay overload adalah untuk memutuskan aliran arus yang menuju kompresor ketika terjadi beban arus listrik yang terlalu tinggi.

Jika arus yang mengalir melebihi kemampuan hantar arus (KHA) dari lilitan motor kompresor, maka overload akan memutuskan arus tersebut. Hal ini bertujuan untuk melindungi kompresor agar tidak terkena arus berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada lilitan kompresor atau bahkan menyebabkan lilitan tersebut terbakar.

Fungsi Overload Kulkas

Overload merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam kulkas. Kerusakan pada overload dapat mengganggu kinerja kulkas secara keseluruhan. Oleh karena itu, fungsi overload sangatlah vital bagi kulkas. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsinya:

1. Mengatur Arus Listrik Pada Kompresor

Secara sederhana, fungsi overload pada kulkas adalah sebagai pengatur arus listrik yang mengalir ke kompresor. Cara kerjanya mirip dengan MCB (Miniature Circuit Breaker) pada sistem listrik di rumah. Jika perangkat elektronik yang digunakan oleh pengguna memiliki daya yang melebihi batas daya yang dapat ditangani oleh MCB, maka MCB akan secara otomatis memutus aliran listrik.

Baca Juga :   Berapa Tekanan Freon Kulkas 1 & 2 Pintu Dan Pemasanganya

Konsep ini hampir sama dengan cara kerja overload pada kulkas. Overload akan memutus aliran listrik jika suhu pada kompresor mencapai tingkat panas yang berlebihan. Namun, saat suhu kompresor kembali normal dan dingin, overload akan menyala kembali untuk mengizinkan aliran listrik ke kompresor.

2. Melindungi Kerusakan Kompresor

Salah satu fungsi penting lain dari overload pada kulkas adalah melindungi kompresor dari kerusakan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, overload berperan dalam mengatur arus listrik. Jika overload mengalami kerusakan, kompresor tidak akan memiliki perlindungan terhadap arus listrik yang tidak stabil.

Tegangan dalam arus listrik dapat menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi. Jika hal ini terjadi, kompresor dapat dengan cepat mengalami kerusakan. Tegangan arus yang terlalu tinggi dapat merusak kompresor secara serius. Selain itu, jika overload tidak berfungsi dengan baik, mesin kompresor akan tetap menyala meskipun suhu kompresor telah melampaui batas normal.

Kerusakan pada kompresor tentu saja bukanlah situasi yang diinginkan. Jika hal ini terjadi, kulkas tidak akan dapat menjalankan fungsi pendinginannya. Selain itu, dalam kasus yang lebih buruk, mesin kulkas dapat mati sepenuhnya. Oleh karena itu, overload memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi kompresor dari kerusakan yang mungkin terjadi.

Jenis Overload Kulkas Polytron 1 Pintu

Overload pada kulkas Polytron 1 pintu memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jenis overload biasanya ditentukan berdasarkan bentuk atau tampilannya.

Pada kulkas Polytron 1 pintu, terdapat dua jenis overload yang umum, yaitu overload berbentuk bulat dan overload berbentuk pipih (gepeng). Meskipun berbeda bentuk, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pengaman kompresor dari arus listrik yang berlebihan.

Letak Overload Kulkan Polytron 1 Pintu

Pada kulkas Polytron 1 pintu, overload ditempatkan pada kompresor untuk melindunginya dari arus listrik yang berlebihan. Terdapat dua jenis overload protector yang umum digunakan pada kulkas Polytron 1 pintu, yaitu overload protector eksternal dan internal.

Overload protector eksternal terletak di luar kompresor, sedangkan overload protector internal tertanam di dalam body kompresor kulkas. Jadi, ketika suhu kompresor mencapai tingkat yang terlalu panas, overload protector akan memutuskan aliran listrik. Setelah suhu kompresor kembali normal dan dingin, overload protector akan menyala kembali.

Jika overload protector eksternal mengalami kerusakan, kalian dapat dengan mudah menggantinya dengan komponen baru. Namun, untuk overload protector internal, tidak bisa diganti secara terpisah. kalian perlu menggantinya secara keseluruhan bersama kompresor. Namun, kerusakan pada overload protector internal umumnya jarang terjadi.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai

Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu

Ketika hendak mengganti overload pada kulkas Polytron 1 pintu, penting untuk memperhatikan ukuran overload yang sesuai. Untuk kulkas Polytron 1 pintu umumnya menggunakan overload berukuran 1/8 HP, sementara untuk kulkas Polytron 2 pintu digunakan overload berukuran 1/6 HP.

Kinerja kulkas Polytron 1 pintu dan 2 pintu memiliki perbedaan signifikan, di mana kulkas 2 pintu membutuhkan tenaga yang lebih besar daripada kulkas 1 pintu. Selain mempertimbangkan ukuran, kualitas overload juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, pilihlah overload yang terbaik untuk digunakan.

Berikut ini adalah tabel kode ukuran overload protector yang sesuai untuk kulkas Polytron 1 pintu dan 2 pintu dengan berbagai kapasitas PK.

Jenis / Bentuk OverloadUkuran Overload
Overload Bulat1/4 HP = 190W
1/5 HP = 150W
1/6 HP = 125W
1/8 HP = 95W
1/10 HP = 75W
Overload Pipih (Gepeng)1/4 HP = 190W
1/5 HP = 150W
1/6 HP = 125W
1/8 HP = 95W
1/10 HP = 75W

Ukuran overload kulkas Polytron 1 pintu tersebut dapat disesuaikan dengan kulkas yang kalian miliki. Overload kulkas Polytron 1 pintu dapat ditemukan dengan mudah baik secara online maupun offline, dengan harga yang terjangkau sekitar Rp. 18.000 – Rp. 20.000.

Selain harganya yang terjangkau, overload kulkas Polytron juga tersedia dengan mudah di berbagai toko, sehingga kalian dapat menggantinya dengan cepat jika overload mengalami kerusakan. Tersedia juga berbagai ukuran overload Polytron di setiap toko untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda..

Apa yang Menyebabkan Kerusakan Overload?

Setelah menyadari pentingnya fungsi overload pada kulkas, pengguna harus berusaha untuk mencegah overload mengalami kerusakan. Karena jika overload rusak, kinerja kulkas akan terganggu. Oleh karena itu, jika overload mengalami kerusakan, segera lakukan perbaikan atau ganti dengan overload yang baru.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum kerusakan pada overload yang perlu diperhatikan:

  1. Overload yang keropos: Kerusakan ini biasanya terjadi karena overload sering terkena suhu yang panas, sehingga membuatnya menjadi keropos dan kabel overload menjadi rusak.
  2. Overload yang kotor: Kerusakan pada overload juga dapat disebabkan oleh adanya debu dan kotoran yang menempel. Kotoran tersebut dapat menghambat aliran arus listrik dari overload ke kompresor.
  3. Platina pada overload tidak berfungsi: Kerusakan ini biasanya terjadi karena overload sudah mencapai usia pemakaian yang tua. Sebagai akibatnya, platina pada overload tidak berfungsi dengan baik.
Baca Juga :   Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, pengguna dapat menjaga agar overload kulkas tetap dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan optimal.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang ukuran overload pada kulkas Polytron 1 pintu. Seperti yang telah kita bahas, ukuran overload pada kulkas dapat memiliki dampak yang signifikan pada performa dan efisiensi kulkas tersebut.

Kulkas Polytron 1 pintu merupakan salah satu pilihan yang populer bagi banyak orang. Namun, penting untuk memperhatikan ukurannya agar kulkas dapat berfungsi dengan optimal sesuai kebutuhan kita. Ukuran overload dapat terjadi ketika kulkas terlalu penuh dengan makanan dan minuman, sehingga aliran udara di dalamnya terhambat.

Dalam mengatur isi kulkas, perlu diperhatikan agar tidak mengisi terlalu banyak makanan sehingga tidak ada ruang yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik. Jika kulkas terlalu penuh, suhu di dalamnya mungkin tidak terdistribusi secara merata dan kinerja pendinginannya dapat terganggu.

Selain itu, ukuran overload pada kulkas juga dapat mempengaruhi efisiensi energi. Ketika kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan banyak makanan yang ada di dalamnya, maka konsumsi energinya akan meningkat. Hal ini dapat berdampak pada tagihan listrik bulanan kita.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan penyimpanan makanan dan ruang yang tersedia di dalam kulkas. Mengatur dan merencanakan pengisian kulkas secara efisien dapat membantu mencegah ukuran overload dan memastikan kulkas Polytron 1 pintu berfungsi dengan baik.

Dalam kesimpulan, ukuran overload pada kulkas Polytron 1 pintu dapat berdampak negatif pada performa dan efisiensi kulkas tersebut. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dalam mengatur isi kulkas agar tetap memiliki ruang yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, kulkas akan bekerja dengan optimal dan kita dapat menghemat energi secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *