Kode Error Kulkas LG Inverter

Daftar Kode Error Kulkas LG Inverter Terlengkap

Posted on

Finoo.id – Daftar Kode Error Kulkas LG Inverter Terlengkap. Dalam bidang teknologi, lemari es tipe inverter memiliki fitur-fitur unggulan yang bervariasi. Bahkan, terdapat tombol operasional berupa panel LED yang memudahkan pengguna dalam memantau suhu.

LG Indonesia merupakan produsen global untuk perangkat elektronik rumah tangga. Mereka menawarkan beberapa varian kulkas digital inverter yang berkualitas dan canggih.

Bagi pemula, penggunaan unit kulkas yang canggih bisa menjadi sulit. Beberapa produk LG inverter memiliki fitur self-diagnosis untuk mendeteksi masalah yang mungkin terjadi.

Kami telah merangkum informasi lengkap mengenai daftar kode error kulkas LG secara umum. Hal ini akan menjadi referensi bagi pemula dalam menangani masalah yang ringan.

Apa Itu Inverter?

Salah satu warisan dari Tesla dan mitra bisnisnya, George Westinghouse, adalah bahwa sebagian besar peralatan rumah tangga dirancang khusus untuk menggunakan daya AC.

Untuk peralatan yang memerlukan daya DC tetapi harus dihubungkan ke stopkontak AC, diperlukan peralatan tambahan yang disebut penyearah. Peralatan ini biasanya terdiri dari komponen elektronik yang disebut dioda, yang bertugas mengubah daya AC menjadi DC. Inverter melakukan pekerjaan sebaliknya dan prinsip kerjanya cukup mudah dipahami.

Fitur Kode Error Kulkas LG

Kulkas merek LG varian digital inverter dilengkapi dengan fitur kode error yang berguna untuk mendeteksi malfungsi pada produk. Saat terjadi masalah, pesan akan muncul pada panel display LED untuk menginformasikan jenis kerusakan yang terjadi secara mendetail.

Fitur kode error ini memungkinkan pengguna untuk memahami bagian mana yang bermasalah dan memudahkan proses diagnosis. Modul pada kulkas LG smart inverter menggunakan sistem mikrokontroller sebagai sensor untuk menampilkan kode kesalahan tertentu.

Namun, saat kode error muncul pada panel, hindari mencabut kabel power atau melakukan tindakan lain yang dapat menghambat proses analisis dan identifikasi lebih lanjut oleh teknisi resmi LG.

Beberapa malfungsi yang bersifat ringan mungkin dapat diatasi melalui metode reset kulkas. Namun, jika ada kerusakan komponen, maka penggantian spare part akan diperlukan untuk memperbaiki kulkas.

Data Kode Error Kulkas LG Inverter

Jangan panik jika kulkas LG kamu menampilkan kode kesalahan pada panel layar LED. Sebelum menghubungi pihak service center, cari tahu terlebih dahulu arti dari malfungsi tersebut.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Saluran Pembuangan Pada Kulkas 2 Pintu

Berikut adalah daftar lengkap kode error untuk kulkas LG digital inverter :

Kode ErrorArti Kode Kesalahan
15Kipas pembuat es mengalami malfungsi
22Bagian relay kompresor tidak berfungsi
67Switch pintu kulkas mengalami masalah
CIKoneksi antara modul dan display bermasalah
FFBagian kipas freezer tidak dapat berputar
FSJalus sensor freezer menuju modul terputus
F1Unit kipas freezer mengalami kerusakan
IFKomponen kipas pada freezer rusak
ISUnit kipas pembuat es bermasalah
HSSensor pendeteksi kelembapan bermasalah
SSKomponen sensor pantry box tidak bekerja
gFSensor tekanan air pembuat es tidak bekerja
rFUnit dinamo kipas refrigerator rusak
rSSensor kulkas mengalami kerusakan
rTSensor suhu refrigerator tidak berfungsi
ItBagian freezer mengalami malfungsi
AdUnit motor pintu kulkas tidak bekerja
dLMalfungsi pada motor pintu kulkas
drTerjadi error pada motor pintu kulkas
OFFKulkas beroperasi dalam mode demo
ErCFBagian kipas kondensor tidak bekerja
ErC0Koneksi modul dengan display kurang baik
ErdHSistem defrost tidak berfungsi dengan baik
FdHSistem defrost mengalami malfungsi
rdHMasalah pada bagian sistem defrost
rdSSensor defrost atau refrigerator terputus
FdSSensor refrigerator atau defrost bermasalah
ErdSTerjadi kesalahan pada sensor defrost atau refrigerator

Perhatikan kode yang muncul pada layar kulkas dengan seksama dan catat dengan baik. Kemudian, temukan referensi yang menjelaskan arti kesalahan tersebut agar kamu dapat memahami kondisi kulkas.

Jangan mencabut kabel power atau melakukan tindakan lain untuk menghilangkan pesan error. Hal ini hanya akan menyulitkan teknisi dalam melakukan analisis terkait penyebab masalah.

Arti kode error kulkas LG inverter

Berikut adalah contoh kode error untuk kulkas LG inverter beserta cara memperbaikinya:

1. Kode error Off

Kulkas LG tipe inverter terbaru telah dilengkapi dengan fitur mode DEMO untuk mematikan sistem pendinginan kulkas sehingga ruangan di dalamnya tidak dingin. Mode ini memungkinkan kulkas berada dalam keadaan standby.

Untuk mengaktifkan kulkas kembali agar dapat beroperasi seperti biasa, keluar dari mode DEMO atau DISPLAY MODE dengan cara berikut:

  • Pastikan pintu kulkas dalam keadaan terbuka
  • Tekan tombol REFRIGERATOR dan tombol ICE PLUS secara bersamaan selama sekitar 5 detik.
  • Lepaskan tombol ketika terdengar nada beep, kemudian layar display akan menampilkan pesan DEMO MODE tidak aktif.
Baca Juga :   √ Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Hemat Listrik Paling Lengkap

2. Kode error IS atau 15

Kode error kulkas LG Inverter ini menunjukkan adanya kerusakan pada sistem freezer atau pembuat es pada kulkas. Biasanya, kerusakannya disebabkan oleh kipas evaporator yang mati atau kabel daya yang terhubung ke kipas. Selain itu, error seperti ini juga dapat disebabkan oleh kabel sensor freezer.

Untuk memperbaiki masalah ini, cek jalur kelistrikan pada kipas evaporator dan sensor freezer atau pembuat es. Pastikan tidak ada bagian kabel yang terputus. Selain itu, periksa juga apakah dinamo kipas dan sensor suhu pada freezer masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada komponen yang rusak, segera

3. Kode error 22

Kode kesalahan 22 menunjukkan bahwa relay kompresor tidak beroperasi. Kemungkinan kerusakan terjadi pada relay atau tidak ada sinyal dari modul ke relay.

Relay kompresor dikontrol melalui sinyal tegangan dari modul. Jika koneksi antara relay dan modul terputus, relay tidak dapat berfungsi.

Harap periksa kabel penghubung antara relay dan modul dengan teliti. Selain itu, periksa apakah modul masih mampu mengeluarkan sinyal tegangan ke relay atau tidak. Jika tidak ada sinyal dari modul, kemungkinan driver relay telah mengalami kerusakan.

Selain itu, gunakan multimeter untuk memeriksa kondisi relay. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti relay yang rusak.

4. Kode error 67

Kode kesalahan pada kulkas LG inverter menunjukkan bahwa pintu kulkas tidak ditutup rapat. Hal ini bisa terjadi karena adanya halangan yang menghalangi pintu kulkas untuk menutup dengan sempurna.

Selain itu, kerusakan pada sensor atau saklar pintu kulkas juga bisa menyebabkan kulkas LG inverter mengeluarkan kode kesalahan 67. Silakan cek kondisi saklar pintu kulkas dan jalur kabel yang terhubung ke modul mikrokontroler.

5. Kode error CF atau ErCF

Kode kesalahan mengindikasikan kerusakan pada kipas kondenser yang terletak di bagian belakang bawah kulkas.

Silakan periksa jalur kabel kipas kondenser untuk memastikan tidak ada kabel yang terputus. Selain itu, periksa kondisi dinamo kipas untuk memastikan apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak.

6. Kode error C0 atau ErC0

Kode kesalahan menunjukkan adanya masalah pada jalur komunikasi antara mikrokontroler atau mainboard utama dengan layar display. Kerusakan ini sering disebabkan oleh kabel penghubung mainboard dan display yang terputus atau socket kabel yang tidak terpasang dengan sempurna.

Silakan periksa kabel dan socket yang terhubung ke mainboard dan display. Jika perlu, bersihkan kedua socket kabel dari kotoran.

7. Kode error FdH, ErdH, rdH

Kode erorr kulkas LG inverter menunjukkan adanya masalah pada sistem defrost kulkas. Secara ideal, sistem defrost akan memanaskan freezer hingga mencapai suhu preset kulkas. Namun, jika dalam waktu satu jam suhu di dalam freezer tidak mencapai suhu preset, maka kulkas akan menampilkan kode kesalahan ini.

Baca Juga :   Panduan Penggunaan Kulkas Baru Yang Paling Tepat

Biasanya, kerusakan pada sistem defrost kulkas dapat menyebabkan masalah ini.

Silakan periksa jalur kabel dari pemanas defrost dan relay yang terhubung ke modul utama kulkas untuk memastikan tidak terputus. Selain itu, periksa kondisi relay dan pemanas untuk memastikan apakah masih berfungsi normal atau tidak.

8. Kode error dS

Kode kesalahan ini menunjukkan adanya hubungan singkat atau korsleting pada sensor defrost atau kulkas. Selain itu, koneksi yang terputus antara sensor defrost dan modul juga dapat menyebabkan kesalahan seperti ini.

Silakan periksa kondisi kabel dan sensor refrigerator atau defrost yang terhubung ke modul. Selain itu, pastikan kondisi sensor masih berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa contoh kode kesalahan kulkas LG inverter yang sering terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga :

Penutup

Dalam penggunaan kulkas LG Inverter, kita mungkin pernah mengalami masalah dengan kode error yang muncul. Salah satu kode error yang umum terjadi adalah kode error “E” yang diikuti dengan angka tertentu.

Meskipun kode error ini bisa jadi sangat menjengkelkan, tetapi sebaiknya jangan panik. Sebaiknya, periksa terlebih dahulu manual penggunaan kulkas LG Inverter yang Anda miliki untuk mengetahui arti dari kode error tersebut.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa apakah suhu dalam kulkas sesuai dengan yang diatur. Bisa jadi kode error tersebut muncul karena adanya masalah pada suhu dalam kulkas.

Jika setelah memeriksa manual penggunaan dan suhu kulkas tetap tidak membaik, sebaiknya hubungi teknisi resmi LG untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Ingatlah bahwa menggunakan teknisi yang tidak resmi dapat merusak kulkas Anda dan meningkatkan risiko bahaya listrik.

Jangan biarkan kode error pada kulkas LG Inverter mengganggu kenyamanan Anda. Dengan mengetahui cara yang tepat untuk menanganinya, Anda dapat kembali menikmati manfaat dari kulkas inverter berkualitas tinggi ini.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas Daftar Kode Error Kulkas LG Inverter. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *