Kode Error AC LG

Arti Kode Error AC LG dan Solusi Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Arti Kode Error AC LG dan Solusi Mengatasinya. Penggunaan AC tidak lagi dianggap tabu saat ini, bahkan bagi sebagian orang AC dianggap sebagai kebutuhan penting dalam ruangan. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan atau daerah dengan kepadatan penduduk tinggi yang suhunya cenderung tinggi.

Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak produsen AC bersaing untuk menyajikan produk terbaik mereka agar diminati di pasaran. Salah satu merek AC terkenal yang terkenal akan kualitasnya adalah AC LG. Merek ini menawarkan berbagai tipe AC yang memungkinkan kalian untuk memilih sesuai kebutuhan.

Dalam pembahasan kali ini, kita tidak akan membahas tentang harga unit AC LG. Sebaliknya, kita akan membahas tentang kode error yang muncul pada AC LG ketika mengalami masalah.

Seperti yang kalian ketahui, AC saat ini dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi. Setiap masalah yang muncul biasanya memiliki kode error yang berbeda, namun kode error tersebut seringkali sulit dipahami oleh pemilik AC.

Namun, kalian tidak perlu khawatir. Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai kode error pada semua tipe AC LG. Jadi, simaklah pembahasan mengenai kode error AC di bawah ini sampai selesai.

Kode Error AC LG

Ketika membicarakan kode error AC LG, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan kode error AC merek lain seperti Sharp, Daikin, dan merek lainnya. Pada umumnya, kode error terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang memiliki makna tentang masalah yang terjadi pada unit AC. Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti pembahasan berikut ini.

KODE ERRORARTI
CH01Sensor udara dalam ruangan (terbuka/pendek)
CH02Sensor pipa dalam ruangan (terbuka atau pendek)
CH03Terjadi kegagalan kontrol komunikasi
CH04Pompa pembuangan atau sirkuit saklar apung terbuka
CH05Terjadi kegagalan komunikasi (unit dalam /luar ruangan)
CH06Sensor pipa keluar dalam ruangan (terbuka/pendek)
CH07Unit indoor masuk mode operasi berbeda
CH09Indoor EEPROM error
CH10Indoor fan lock error
CH12Sensor tengah pipa dalam ruangan (terbuka/pendek)
CH21DC peak
CH22Transformator arus maks (CT) 2
CH23DC link low voltage
CH24Tombol tekanan rendah/tinggi terbuka
CH25Input volt AC tidak normal
CH26DC comp position error
CH27PSC fault error
CH28Tegangan tautan DC tidak normal
CH29Compressor over current
CH32Suhu pipa pembuangan terlalu tinggi (INV)
CH33Masalah di suhu pipa pembuangan
CH34Sirkuit CT mengalami kerusakan
CH41Sensor D-Pipe INV (oper or short)
CH44Sensor udara terbuka atau konslet
CH45Kondensor sensor pipa terbuka atau konslet
CH46Sensor pipa hisap (open or short)
CH47Kontra sensor D-Pipe terbuka/sirkuit pendek
CH48Air sensor dan D-Pipe terbuka
CH51Kapasitas dan kombinasi beban berlebih
CH52Mikrofon utama submikom mengalami masalah
CH53Kesalahan komunikasi unit indoor dan outdoor
CH54Fase terbalik catu daya/fase luar ruangan mengalami masalah
CH60Terjadi error di EEPROM
CH61Suhu sensor pipa cond. terlalu tinggi
CH62Suhu sensor unit pendingin tinggi
CH63Suhu sensor pipa cond terlalu rendah
CH65Sensor heat sink terbuka/konslet
CH67Kunci kipas BLCD outdoor/motor kipas bermasalah
CH72Deteksi kegagalan transfer katup 4 arah
CH93Communication error in-out
CH105Papan utama fan board (comms error/masalah)
C5 – CH05Komunikasi antara unit indoor dan outdoor alami masalah
CA – CH10Termistor rusak/suhu mencapai 130 derajat celcius
C1 – CH01Sensor suhu unit indoor terbuka/sirkuit tertutup
C2 – CH02Sirkuit sensor suhu luar ruangan terbuka/tertutup dan masalah pada termistor suhu udara dan perpipaan
C3 – CH03Permasalahan komunikasi data (kontrol kabel R indoor)
C4 – CH04Sensor suhu di sirkuit unit pendingin tertutup/terbuka
C5 – CH05Komunikasi unit dalam dan luar alami kegagalan
C6 – CH06Adanya arus berlebih pada rangkaian daya DC inverter
C7 – CH07Kompresor alami kelebihan beban arus listrik
C8 – CH08Kipas di unit indoor tidak berputar
C9 – CH09Kipas pada unit outdoor tidak berputar
CA – CH10Termistor rusak, suhu mencapai 130 derajat celcius
CH32Suhu pembuangan pada refrigerant /freon terlalu tinggi atau rendah, aliran udara tersumbat, coil kotor
CCTelah terjadi permasalahan pada EEPROm
CDModul inverter alami kerusakan
CLSebuah error biasa, silakan tekan tombol timer dan min secara bersamaan selama 3 detik untuk aktifkan atau nonaktif
HLSaklar di float switch terbuka
PoSistem masuk mode daya
LoSistem masuk mode uji
Baca Juga :   Merk AC yang Bagus Untuk Kamar Tidur Dirumah

Kode Error AC LG yang Kerap Muncul

Selain kode error AC yang telah disebutkan sebelumnya, AC LG juga sering menampilkan beberapa kode error tertentu. Berikut adalah beberapa contoh kode error yang sering muncul:

CH 05 – CH 10: Kode error ini ditkaliani dengan lampu yang berkedip.

Jika kalian menghadapi masalah pada AC LG dan kode error di atas muncul, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. kalian dapat mencoba memperbaikinya sendiri atau meminta bantuan dari seseorang yang lebih berpengalaman.

  1. Matikan sumber listrik pada unit AC dan kemudian nyalakan kembali.
  2. Jika tidak ada masalah dengan koneksi, AC akan mulai beroperasi normal.
  3. Periksa koneksi kabel untuk memastikan tidak ada koneksi yang longgar pada unit.
  4. Pastikan kalian mengisi refrigeran/freon yang cukup, karena kekurangan freon dapat menyebabkan munculnya kode error ini.
  5. Silakan mengikuti langkah-langkah tersebut untuk mengatasi masalah pada AC LG kalian.

Perhatian: Jika kalian menghadapi kode error seperti yang disebutkan di atas dan merasa yakin dapat memperbaikinya sendiri, silakan melakukannya. Namun, jika kalian tidak yakin atau tidak dapat menyelesaikan masalah pada AC, disarankan untuk menghubungi teknisi atau layanan AC profesional.

Masalah Teknis AC LG

Untuk memastikan unit AC LG beroperasi dengan baik dan tahan lama, pengguna perlu menjaga dan merawatnya dengan baik. Selain itu, pengetahuan tentang pengaturan suhu udara juga penting untuk memastikan AC bekerja dengan optimal.

Berikut adalah beberapa masalah teknis yang terkait dengan kode error AC LG:

Remot AC LG Error

Terkadang, pengguna mungkin menghadapi masalah dengan remote kontrol AC LG yang tidak dapat mengoperasikan unit AC sama sekali. Masalah seperti ini sering terjadi ketika baterai pada remote kontrol sudah melemah. Cobalah mengganti kedua baterai dengan yang baru.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan AC LG Yang Wajib Diketahui

Penting untuk tidak mencampur baterai baru dengan yang lama agar remote kontrol dapat berfungsi secara optimal. kalian juga dapat melihat kelemahan daya pada remote dari lampu indikator LED yang biasanya terletak di bagian depan.

Jika lampu indikator tampak redup, itu berarti baterai yang terpasang sudah melemah dan perlu diganti. Terkadang indikator LED pada remote AC LG tidak begitu jelas, kalian dapat menggunakan kamera ponsel untuk melihatnya dengan lebih baik.

Air Swing Macet

Salah satu masalah lain yang mungkin timbul pada AC LG adalah ketidakgerakan papan pembelok atau “air swing”. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk me-restart perangkat dengan cara memutuskan dayanya terlebih dahulu. kalian dapat mencabut stop kontak yang terpasang.

Biarkan perangkat tidak terhubung selama sekitar 15 menit, lalu sambungkan kembali seperti semula. Jika papan pembelok masih tidak bergerak, periksa apakah unit indoor sudah kotor. Jika iya, bersihkan secara manual. Jika diperlukan, kalian dapat memanggil teknisi LG yang biasa kalian hubungi.

AC Berisik

Seiring penggunaan dalam jangka waktu yang lama, debu akan mengumpul di unit indoor maupun outdoor pada AC. Akumulasi debu ini akan semakin bertambah, sehingga perlu adanya perawatan rutin dengan membersihkan perangkat. Jenis masalah ini biasanya tidak tercakup dalam daftar kode error AC LG.

Kotoran yang menempel pada unit AC seringkali menyumbat saluran udara, menyebabkan mesin beroperasi dengan suara yang berisik. Terkadang, ada juga benda asing yang menempel pada berbagai bagian filter udara. Silakan merujuk pada buku panduan untuk melakukan pembersihan yang diperlukan.

Baca Juga :

Baca Juga :   Cara Menghidupkan AC LG Tanpa Remote Paling Mudah

Penutup

AC LG adalah salah satu perangkat pendingin udara yang populer digunakan di rumah atau kantor. Meskipun dirancang untuk memberikan kenyamanan, terkadang perangkat ini dapat mengalami masalah teknis. Salah satu hal yang sering terjadi adalah munculnya kode error pada AC LG.

Penting untuk diingat bahwa kode error pada AC LG dapat bervariasi tergantung pada model dan seri perangkat. Jika kalian menghadapi kode error yang tidak tercantum di atas, sebaiknya merujuk ke buku panduan pengguna atau menghubungi pusat layanan pelanggan resmi LG untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dalam situasi apa pun, jika kalian tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan teknis yang diperlukan, lebih baik memanggil teknisi AC yang terlatih dan berpengalaman untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah dengan tepat. Merawat dan memperbaiki AC dengan benar akan membantu memperpanjang umur perangkat dan memastikan kenyamanan udara yang optimal di lingkungan kalian.

Selalu ingatlah untuk mematikan listrik sebelum melakukan perawatan atau pemeriksaan lebih lanjut pada AC untuk menghindari risiko cedera atau kerusakan lebih lanjut.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Arti Kode Error AC LG dan Solusi Mengatasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *