Cara Cleaning Printer Epson L120

Cara Cleaning Printer Epson L120 Plaing Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Cleaning Printer Epson L120 Plaing Tepat. Sebagai pengguna Printer L120, penting bagi kalian untuk memahami bagaimana merawat perangkat ini agar tetap dalam kondisi optimal. Saat menggunakan printer untuk mencetak dokumen, kualitas tinta memiliki peran penting dalam memastikan hasil cetakan terlihat jelas.

Bagian yang perlu diperhatikan pada setiap printer adalah Print Head, yang berfungsi sebagai jalur keluarnya tinta pada media cetak. Bagian ini harus diperhatikan dengan baik, karena jika Print Head mengalami masalah, hal itu akan berdampak pada kualitas hasil cetakan.

Jika terjadi masalah pada bagian tersebut, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan atau melakukan cleaning pada Print Head printer L120. Jika kalian belum mengetahui cara melakukan cleaning printer Epson L120, ikuti terus artikel ini hingga akhir.

Perlu diketahui bahwa ada dua metode cleaning printer yang tersedia, yaitu manual dan otomatis. Setiap metode memiliki langkah-langkah yang berbeda dalam melakukan cleaning printer. Untuk informasi lebih jelas, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Printer Epson L120

Printer Epson L120 merupakan printer Epson yang dirancang untuk menghemat biaya cetakan sehari-hari kalian. kalian tidak perlu lagi membeli tinta suntik atau tinta isi ulang karena Epson menyediakan refill tinta original yang terjangkau dan mampu mencetak sejumlah halaman yang banyak dalam satu kali isi.

Baca Juga :   Cara Scan Di Printer Canon MG2570s Mudah & SImpel

L120 juga dilengkapi dengan sistem yang mudah digunakan dan teknik pengisian yang sederhana. Printer Epson L120 dilengkapi dengan tabung khusus yang memudahkan kalian untuk melakukan pengisian langsung melalui tinta original yang tersedia dari Epson dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Epson L120 memiliki desain yang kompak sehingga dapat ditempatkan di mana saja tanpa khawatir mengenai keterbatasan ruang. Printer ini juga menawarkan performa yang hkalianl.

Kapan Perlu Dilakukan Cleaning Printer Epson L120

Seperti yang kita ketahui, Epson adalah salah satu merek printer terbaik dan paling populer selain Canon dan HP. Di antara banyak tipe printer Epson, salah satunya adalah Printer Epson L120.

Bagi para pengguna Printer Epson tipe ini, penting untuk mengetahui cara melakukan cleaning atau membersihkan bagian Print Head. Prosedur ini dapat menjadi solusi terbaik ketika printer mengalami beberapa masalah berikut ini:

1. Hasil Cetak Putus-Putus

Langkah pertama, jika Printer Epson L120 menghasilkan cetakan dengan garis putus-putus, maka perlu dilakukan Head Cleaning. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada Head Print.

2. Gradasi Warna Memudar

Langkah kedua, jika hasil cetakan gambar atau dokumen pada Printer Epson L120 menampilkan warna yang pudar atau tidak padat, langkah yang perlu diambil adalah melakukan reset pada printer. Namun, jika langkah tersebut tidak berhasil, solusi terakhir adalah melakukan Cleaning.

3. Lampu Indikator Menyala Merah

Langkah ketiga, proses Cleaning Head Print perlu dilakukan ketika lampu indikator pada Printer Epson L120 menyala merah. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah limbah tinta pada Head Print telah mencapai kapasitas maksimum.

Cara Cleaning Printer Epson L120

Terdapat beberapa metode cleaning yang dapat kalian coba sendiri di rumah untuk Printer Epson L120. Metode pertama adalah melakukan cleaning secara manual tanpa menggunakan komputer, dan metode kedua adalah melakukan cleaning secara otomatis di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Berikut ini adalah cara melakukan cleaning pada Epson L120:

Baca Juga :   Cara Setting WiFi Epson L565 Mudah & Cepat

Cara Cleaning Epson L120 Secara Manual

Berikut ini adalah cara pertama untuk membersihkan printer Epson L120 secara manual atau menggunakan tombol. Dengan cara ini, kalian dapat melakukan cleaning printer tanpa komputer atau perangkat lunak khusus. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cleaning pada Epson L120 tanpa komputer:

1. Hidupkan Printer Epson L120:

  • Pastikan kabel daya printer terhubung dengan sumber listrik.
  • Tekan tombol Power untuk menghidupkan printer Epson L120.

2. Tekan dan Tahan Tombol Reset:

  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Reset pada printer Epson L120.
  • Tahan tombol Reset sampai lampu indikator pada tombol Power berkedip hijau.
  • Setelah itu, lepaskan tombol Reset.

3. Tunggu Lampu Indikator Berhenti Berkedip:

  • Sekarang, tunggu proses cleaning pada printer Epson L120.
  • kalian perlu menunggu hingga lampu indikator berhenti berkedip.

4. Selesai Cleaning Printer Epson L120 Tanpa Komputer:

  • Setelah lampu indikator berhenti berkedip, itu menkaliankan bahwa proses cleaning pada printer Epson L120 telah berhasil dilakukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat melakukan cleaning pada printer Epson L120 tanpa menggunakan komputer.

Cara Cleaning Printer Epson L120 Dengan Windows

Berikut ini adalah cara kedua untuk melakukan cleaning pada printer Epson L120 secara otomatis di Windows 7, 8, dan 10. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Menu Control Panel:

Klik tombol Start pada komputer dan cari menu Control Panel dengan mengetikkan “Control Panel” pada kolom pencarian.

2. Pilih Opsi Hardware and Sound:

Temukan dan pilih opsi “Hardware and Sound” dalam menu Control Panel.

3. Klik Devices and Printers:

Masuk ke opsi “Devices and Printers” dengan mengkliknya.

4. Cari dan Pilih Printer Epson L120:

Cari dan pilih printer Epson L120 yang terhubung dengan komputer atau Windows 7, 8, atau 10 kalian.

5. Masuk ke Menu Properties Epson L120:

Klik kanan pada driver printer Epson L120 dan pilih opsi “Properties”, kemudian pilih “Epson L120 Series”.

Baca Juga :   Cara Reset Printer Canon G3010 Mudah & Praktis

6. Buka Tab Maintenance:

Klik tab “Maintenance” dalam tampilan Properties Epson L120.

7. Pilih Head Cleaning:

Cari dan pilih opsi “Head Cleaning”.

8. Mulai Proses Cleaning Epson L120:

Klik tombol “Start” dalam jendela atau pop-up Head Cleaning untuk memulai proses cleaning pada printer Epson L120.

9. Tunggu Proses Cleaning Epson L120:

Tunggu hingga proses cleaning pada printer Epson L120 selesai.

10. Lakukan Tes Print di Epson L120:

Setelah proses cleaning selesai, lakukan tes print dengan mengklik tombol “Print Nozzle Check Pattern”. Printer Epson L120 akan melakukan tes print secara otomatis. Pastikan hasil cetakan setelah cleaning sudah baik dan tidak ada lagi masalah pada hasil cetak.

11. Selesai Cleaning Printer Epson L120:

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, proses cleaning pada printer Epson L120 menggunakan software di komputer Windows 7, 8, atau 10 telah selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat membersihkan printer Epson L120 menggunakan perangkat lunak pada komputer Windows 7, 8, atau 10.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kami telah membahas metode yang efektif untuk membersihkan printer Epson L120 kalian. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut, kalian dapat memastikan bahwa printer kalian tetap berfungsi dengan baik dan menghasilkan cetakan berkualitas.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara teratur, kalian dapat mempertahankan kinerja printer Epson L120 kalian dalam kondisi optimal.

Ingatlah untuk selalu merujuk pada panduan pengguna printer dan menghubungi pusat layanan Epson jika kalian mengalami masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *