Cara Menghidupkan AC LG

Cara Menghidupkan AC LG Tanpa Remote Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menghidupkan AC LG Tanpa Remote Paling Mudah. Si pemilik mesin pendingin udara mungkin merasakan sedikit kekesalan. Ada satu masalah kecil yang menimpanya, yakni kerusakan pada remote kontrol orisinal dari pabrik.

Karena hal ini, kenyamanan penggunaan AC merek LG terganggu. Sudah pasti, menyalakan dan mematikan mesin akan terasa sangat merepotkan, terutama bagi yang belum terbiasa.

Namun, seharusnya kehadiran remote kontrol justru memudahkan siapapun untuk mengoperasikan mesin pendingin udara ini. Selama menunggu pengganti, ada dua cara untuk tetap bisa menghidupkan AC, lho.

Kami telah mengumpulkan informasi tentang cara menghidupkan AC LG tanpa remote kontrol. Semoga ini bisa menjadi referensi yang berguna bagi para pemula yang ingin menggunakan produk ini tanpa kendala.

Cara Menghidupkan AC LG Tanpa Remote

Remote kontrol merupakan perangkat kecil yang sangat penting dalam mengoperasikan AC LG. Dengan berbagai tombol dan simbol yang berbeda-beda, remote kontrol memungkinkan pengguna untuk mengatur suhu dan fungsi lainnya secara nirkabel.

Jangan khawatir jika remote kontrol AC LG milikmu mengalami kerusakan, baik itu yang ringan maupun yang lebih parah. Kamu bisa membeli pengganti yang original atau universal sesuai dengan preferensimu.

Berikut adalah dua cara untuk menghidupkan AC LG tanpa remote kontrol yang bisa kamu gunakan saat menunggu pengganti yang baru.

1. Cara Menghidupkan AC LG Manual

Ternyata, menghidupkan AC LG tanpa menggunakan remote kontrol cukup mudah. Pasalnya, mesin ini dilengkapi dengan tombol manual yang bisa kamu manfaatkan. Meski begitu, kamu hanya bisa menghidupkan AC saja dan tidak bisa melakukan pengaturan apapun.

Berikut adalah cara menghidupkan AC LG secara manual:

Baca Juga :   Biaya Service AC Yang Paling Lengkap Seluruhnya

  • Siapkan sebuah tangga untuk membantumu mengakses panel unit indoor.
  • Gunakan tangga untuk mencapai panel tersebut.
  • Cari tombol power manual pada panel unit.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan AC LG.
  • Unit AC LG akan segera mulai beroperasi dan mendinginkan ruangan yang kamu inginkan.

2. Cara Menghidupkan AC LG Melalui Ponsel

Beberapa ponsel pintar yang canggih bisa digunakan sebagai pengganti remote kontrol universal digital. Namun, untuk bisa berfungsi sebagai pengganti remote kontrol, perangkat harus dilengkapi dengan sensor khusus berupa IR Blaster atau inframerah.

Inilah cara menghidupkan AC LG menggunakan ponsel:

  • Nyalakan ponsel dengan sistem operasi Android.
  • Buka Google Play Store dan unduh aplikasi Mi Remote.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Mi Remote dan ikuti panduan sinkronisasi.
  • Arahkan ponsel ke AC LG dan lakukan proses pairing.
  • Jika pairing berhasil, unit indoor akan merespons.
  • Aplikasi Mi Remote akan menampilkan remote digital untuk AC LG.
  • Tekan tombol “on” untuk menghidupkan unit AC LG.

Dengan cara ini, kamu bisa mengoperasikan AC LG tanpa menggunakan remote kontrol asli dan hanya perlu menggunakan ponselmu yang sudah dilengkapi dengan sensor inframerah.

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyalakan AC LG, namun aplikasi MI Remote juga memungkinkanmu mengatur suhu dan konfigurasi lainnya secara digital. Dengan fitur-fitur yang lengkap, pengguna bisa dengan mudah mengontrol AC LG hanya menggunakan ponsel mereka.

Cara Mematikan AC LG Tanpa Remote

Cara mematikan AC LG tanpa remote hampir sama dengan cara menghidupkannya. Kamu bisa memanfaatkan tombol manual pada panel indoor atau menggunakan ponselmu sebagai pengganti remote.

Berikut ini adalah cara mematikan AC LG tanpa remote:

1. Mematikan AC LG Secara Manual

Meskipun terkadang merepotkan, mematikan AC LG secara manual tetaplah menjadi opsi yang berguna saat remote kontrol rusak atau hilang.

Berikut adalah cara mematikan AC LG secara manual:

  • Siapkan tangga atau kursi untuk membantumu mengakses panel unit indoor.
  • Gunakan tangga atau kursi untuk mencapai panel tersebut.
  • Cari tombol power manual pada panel unit.
  • Tekan tombol power untuk mematikan AC LG.
  • Biarkan AC LG berhenti beroperasi sejenak.
Baca Juga :   Harga AC Termahal & Keunggulan Kekurangan Terlengkap

Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu bisa mematikan AC LG dengan mudah dan cepat. Meskipun memerlukan sedikit usaha, namun cara ini tetap efektif dan berguna saat kamu tidak memiliki remote kontrol.

2. Mematikan AC LG Lewat Ponsel

Bagi pengguna smartphone canggih, mematikan AC LG tanpa repot sama sekali bisa dilakukan dengan mudah. Cukup menggunakan aplikasi android berupa alat pengendali universal yang bersifat digital.

Berikut adalah cara mematikan AC LG melalui ponsel:

  • Hidupkan ponsel dengan sistem operasi Android.
  • Buka Google Play Store dan unduh aplikasi Mi Remote.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Mi Remote dan ikuti panduan sinkronisasi.
  • Arahkan ponsel ke AC LG dan lakukan proses pairing.
  • Jika pairing berhasil, unit indoor akan merespons.
  • Aplikasi Mi Remote akan menampilkan remote digital untuk AC LG.
  • Tekan tombol “off” untuk mematikan unit AC LG.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mematikan AC LG tanpa remote kontrol asli dan hanya perlu menggunakan ponsel yang sudah dilengkapi dengan sensor inframerah. Praktis dan efektif, bukan?

3. Memutus Sirkuit Listrik AC

Cara lain untuk menyalakan dan mematikan AC tanpa remote adalah dengan memutus aliran listrik secara langsung. Namun, cara ini sebenarnya cukup berbahaya karena bisa merusak sistem pendingin udara secara keseluruhan.

Jadi, pastikan kamu hanya menggunakan cara ini pada saat-saat terdesak saja, misalnya ketika listrik di rumah sedang tidak stabil dan berpotensi merusak perangkat elektronik.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk mematikan AC, cabutlah colokan AC dari stopkontak.
  • Untuk menghidupkan AC, sambungkan kembali colokan AC ke stopkontak.

Meski terlihat mudah, namun cara ini berisiko merusak sistem pendingin udara dan sebaiknya hanya digunakan dalam keadaan terdesak saja. Jangan lupa untuk selalu memeriksa keadaan listrik dan perangkat sebelum menggunakan cara ini.

Cara Menyalakan AC LG dengan Hp Tanpa IR Blaster

Setiap tahunnya, spesifikasi ponsel semakin canggih. Namun, masih ada beberapa produk yang belum ditingkatkan, termasuk mungkin ponsel kalian yang tidak dilengkapi dengan sensor infrared.

Jika kalian ingin menggunakannya sebagai pengganti remote AC, ponsel harus memiliki sensor infrared sebagai alat interaksi dengan AC. Namun, jika ponsel kalian tidak memiliki fitur tersebut, jangan khawatir. kalian masih bisa menggunakan beberapa aplikasi remote AC yang dapat digunakan untuk menghidupkan atau mematikan AC.

Baca Juga :   √ Ciri-Ciri AC yang Kotor Yang Perlu Cuci dan Ditangani

Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menghidupkan AC LG tanpa remote:

1. AC Freedom

Apabila kalian ingin menyalakan AC tanpa remote, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi AC Freedom yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menghubungkan ponsel dengan AC melalui pemindaian barcode atau kode yang terdapat pada AC tersebut. Selain itu, opsi lainnya adalah dengan menghubungkan ponsel dan AC melalui jaringan WiFi.

2. Mi Remote Controller

Aplikasi dari Xiaomi ini sangat terkenal dan telah digunakan oleh banyak pengguna. Meskipun aplikasi ini dibuat oleh Xiaomi, namun dapat digunakan pada berbagai merek ponsel. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang nyaman digunakan sehingga siapa saja dapat mengoperasikannya dengan mudah.

3. Peel Universal Remote Control

kalian juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyalakan AC LG tanpa remote. Yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikan tipe, jenis, dan merek AC agar dapat terhubung dengan AC. Setelah terhubung, ponsel dapat digunakan seperti remote AC asli.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menghidupkan AC LG. Dengan mengikuti prosedur yang benar, AC LG kalian akan berfungsi dengan baik dan memberikan udara sejuk yang menyegarkan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat AC LG kalian secara rutin agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *