Cara Setting Remote AC Gree

Cara Setting Remote AC Gree Agar Dingin Maksimum

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Remote AC Gree Agar Dingin Maksimum. Air Conditioner telah menjadi solusi terbaik untuk mengatasi cuaca panas di Indonesia. Dengan hadirnya alat ini, tidak lagi sulit bagi orang-orang untuk bekerja dan beraktivitas di dalam ruangan yang sejuk tanpa merasa gerah dan berkeringat berlebihan.

Salah satu perusahaan asal China yang mengembangkan dan memasarkan Air Conditioner di Indonesia adalah Gree Electric Appliance. Merek ini sangat populer di kalangan masyarakat karena selain harganya yang terjangkau, kualitas produknya juga sangat baik.

Mungkin kamu sudah menggunakan AC merek Gree dan merasakan sendiri kelebihannya sehingga sebanding dengan merk ternama lainnya. Selain itu, teknologi dari brand ini juga sangat canggih baik dari segi spesifikasi maupun fitur.

Agar AC Gree dapat bertahan lama, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara setting remote dengan benar sesuai prosedur dari buku petunjuk resmi. Dengan pemahaman tersebut, pengguna dapat mengoperasikan dan memanfaatkan semua fitur secara optimal.

Fungsi Tombol Remote AC Gree

Buku petunjuk yang disertakan saat pembelian produk AC Gree berisi berbagai prosedur, ketentuan, dan panduan yang sangat berguna bagi pengguna. Dengan memahami isi buku tersebut, setidaknya kamu dapat memperoleh pengetahuan baru dan dapat mengoperasikan unit dengan benar.

Hampir seluruh fungsi dari AC Gree dapat dioperasikan melalui remote control, sehingga memudahkan pengguna dalam mengendalikan produk. Namun, ada tombol power manual yang terdapat pada unit indoor yang tetap dapat diakses kapan saja.

Berikut adalah beberapa fungsi tombol pada remote control AC Gree yang perlu kamu ketahui:

Tombol ACFungsi Tombol
On/OffTombol power yang berguna untuk menyalakan atau menghentikan operasional AC Gree
TempTombol atas bawah untuk mengatur besaran suhu udara maupun jam
ModeTombol yang berguna untuk mengaktifkan mode khusus seperti cool, dry dan fan
TurboMembantu proses pendinginan atau pemanasan ruangan agar lebih cepat dan efektif
FanMengatur kecepatan perputaran kipas mulai dari pelan sampai kencang
QuietMeminimalisir kebisingan ketika AC Gree beroperasi dengan tetapi memperhatikan kesejukan udara
SwingMengelola arah hembusan angin yang keluar dari unit indoor baik secara vertikal maupun horizontal
BlowFitur yang berguna untuk menghilangkan kelembapan dan mencegah timbulnya jamur
TimerMelakukan konfigurasi agar unit AC menyala dan berhenti beroperasi sesuai jadwal
EconoMembantu mengurangi konsumsi listrik ketika produk beroperasi
SleepFitur khusus membantu pengguna memperoleh kualitas tidur yang lebih nyaman
LightMenyalakan dan memadamkan LED Backlight pada display remot atau panel indoor
Baca Juga :   Kode Cara Reset Remote AC Samsung Paling Mudah

Tombol pada remote control dapat berbeda-beda tergantung pada tipe dan spesifikasi produk, dengan adanya penambahan atau pengurangan fitur. Namun, fungsi tombol yang tertera pada tabel di atas mewakili hampir semua unit AC Gree yang beredar di pasaran.

Cara Menggunakan Remote AC Gree

Berikut ini adalah cara penggunaan remote AC Gree yang benar:

  1. Buka casing belakang remote AC Gree dan masukkan dua buah baterai, lalu tutup kembali.
  2. Pastikan kamu berada dalam jangkauan sinyal yang maksimal 8 meter dari unit indoor.
  3. Pastikan tidak ada halangan di antara remote control dan unit indoor untuk memastikan transmisi berjalan dengan lancar.
  4. Tekan tombol power untuk menyalakan AC Gree, lalu mulai mengoperasikan produk..

Cara Setting Remote AC Gree

Meskipun terlihat mudah, tetapi masih ada orang yang tidak memahami cara mengatur remote control AC Gree agar mendapatkan dingin maksimal. Kesalahan dalam konfigurasi dapat menyebabkan udara tidak cukup dingin sehingga rasa gerah tetap terasa.

Sebelum melakukan penyetelan AC Gree, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tombol remote control dan fungsinya masing-masing. Semua fitur AC sangat mudah dipahami bahkan oleh pemula.

Berikut adalah cara mengatur AC Gree agar mendapatkan dingin maksimal:

1. Kondisi Ruangan Tertutup

Langkah pertama adalah memastikan bahwa ruangan tertutup rapat atau tidak ada jendela dan pintu yang terbuka. Hal ini akan memastikan bahwa udara dari AC Gree tidak keluar dari ruangan dan pendinginan ruangan dapat mencapai suhu maksimum yang dingin.

2. Lihat Suhu Luar

Tidak hanya kondisi ruangan yang tertutup, kalian juga perlu memperhatikan suhu di luar ruangan. Temperatur di luar ruangan sangat mempengaruhi suhu dingin yang dihasilkan oleh AC.

Jika suhu di luar ruangan terlalu panas, jangan memaksa AC Gree untuk bekerja terlalu keras dalam mencapai suhu yang sangat dingin. Memaksakan hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada AC Gree karena terlalu bekerja keras.

3. Hidupkan AC Gree

Setelah memperhatikan dua hal di atas, langkah selanjutnya adalah menyalakan AC Gree menggunakan remote control. Tekan tombol “ON/OFF” pada remote control AC Gree, biasanya tombol ini berada di bagian atas dan berwarna merah.

Baca Juga :   Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

4. Mulai Dengan Suhu Stkalianr

Jika AC Gree berhasil dinyalakan, atur suhu AC pada suhu stkalianr (25 derajat Celsius). Kemudian, naikkan suhu secara bertahap agar temperatur ruangan dapat mencapai suhu dingin maksimum.

Cara pengaturan ini merupakan anjuran dari semua produsen AC dan sudah dijelaskan dalam buku panduan. Menggunakan AC Gree dengan suhu tinggi saat pertama kali digunakan akan membuat kinerja AC menjadi lebih berat.

5. Ubah Suhu Bertahap

Setelah beberapa saat menggunakan suhu stkalianr dan ruangan mulai terasa dingin, ubah suhu AC secara bertahap. Tekan tombol “Temp” pada remote control AC Gree yang berfungsi untuk mengurangi atau menambah suhu.

Dengan mengubah suhu secara bertahap, kinerja AC menjadi lebih efisien dan dapat mencapai suhu dingin maksimum. Selain itu, hal ini juga akan mengurangi penggunaan daya listrik yang besar.

6. Nyalakan Mode Cool

Jika setelah melakukan perubahan suhu hingga mencapai suhu yang diinginkan namun ruangan masih belum dingin maksimal, kalian dapat mengaktifkan mode cool pada remote control AC Gree.

Mode cool akan membuat AC bekerja secara maksimal dalam mencapai suhu dingin pada ruangan dengan waktu yang lebih cepat. Namun, sebaiknya jangan mengatur suhu AC Gree langsung ke 16 derajat karena hal ini sangat tidak dianjurkan.

7. Nyalakan Mode Fan

Jika meskipun sudah mengaktifkan mode cool, ruangan masih kurang dingin, kalian dapat mengaktifkan mode fan atau kipas dengan menekan tombol gambar kipas pada remote control AC Gree.

Mode fan masih berkaitan dengan mode sebelumnya, karena fungsinya hampir sama. Pengaktifan mode fan bertujuan agar AC dapat menyebarkan udara secara cepat ke seluruh ruangan.

8. Nyalakan Mode Swing

Jika suhu masih kurang dingin, aktifkan mode swing pada AC Gree. Mode ini berfungsi untuk menggerakkan kisi pada AC dan mengatur aliran udara agar merata ke seluruh penjuru ruangan.

Seperti pengaturan mode sebelumnya, tujuan dari pengaktifan mode swing adalah untuk mencapai suhu dingin maksimum dan merata ke seluruh ruangan. Selanjutnya, lakukan penurunan suhu AC secara bertahap hingga mencapai suhu yang sesuai dengan keinginan.

Menurut buku petunjuk yang kami rangkum, sebaiknya hindari mengatur suhu AC ke tingkat paling rendah secara sekaligus saat AC Gree pertama kali menyala. Hal ini dapat mempengaruhi daya tahan perangkat di masa yang akan datang karena kompresor bekerja terlalu berat.

Setelah mengoperasikan AC Gree dengan lancar, cobalah semua fitur yang tersedia satu per satu. Dengan demikian, manfaat dari unit AC dapat dirasakan secara optimal dalam mendukung aktivitas sehari-hari dan meningkatkan produktivitas kerja.

Baca Juga :   Cara Setting Remote AC Akari Paling Dingin

Aplikasi Remote AC Gree

Penggunaan remote control AC setiap hari dapat membuat perangkat tersebut rentan mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Jika hal ini terjadi, aktivitas dan pekerjaan akan terganggu karena rasa gerah di dalam ruangan.

Namun, jangan khawatir, kalian dapat menggunakan ponsel untuk mengoperasikan AC Gree sambil menunggu pembelian remote control baru. Namun, hal ini hanya berlaku jika ponsel kalian mendukung fitur IR Blaster/Infrared.

Berikut adalah cara mengatur remote control AC Gree melalui aplikasi:

  • Siapkan ponsel Android yang mendukung fungsi IR Blaster.
  • Buka Google Play Store dan pasang aplikasi bernama Mi Remote.
  • Buka aplikasi Mi Remote dan ikuti instruksi untuk melakukan proses pairing dengan AC Gree.
  • Setelah sinkronisasi berhasil, akan muncul remote digital pada layar ponsel kalian.
  • Terakhir, jalankan operasional AC Gree dari ponsel untuk mendapatkan suhu dingin maksimum.

Meskipun bernama Mi Remote dengan developer dari Xiaomi, aplikasi ini bersifat universal dan mendukung semua merek ponsel tanpa terkecuali. Namun, pastikan smartphone kalian memiliki fitur inframerah dengan memeriksa spesifikasi lengkap terlebih dahulu.

Kenapa AC Gree Tidak Dingin?

Mengapa AC Gree tidak dingin? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan AC Gree kalian tidak bisa mencapai suhu dingin maksimal. Beberapa penyebab AC Gree tidak dingin antara lain:

  • Freon AC Gree habis.
  • Filter udara tersumbat oleh debu.
  • Kondensor AC kotor.
  • Kapasitas AC terlalu kecil untuk ruangan yang besar.
  • Setting remote AC yang tidak tepat atau tidak sesuai.
  • Mesin pembuangan udara ditempatkan di lokasi yang sempit.
  • Kondisi atau usia AC yang sudah tua.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian seharusnya dapat mengatur remote AC Gree dengan mudah.

Pastikan untuk membaca panduan pengguna yang disertakan dengan AC dan remote untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan dan perawatan yang benar.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Setting Remote AC Gree Agar Dingin Maksimum. Semoga artikel kami dapat bermnafaat, sekian dan terimakaish telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *