Arti Simbol Remote AC Toshiba

Arti Simbol Remote AC Toshiba Semua Tipe TerLengkap

Posted on

Finoo.id – Arti Simbol Remote AC Toshiba Semua Tipe TerLengkap. Bagi mereka yang baru membeli produk elektronik canggih, seringkali merasa bingung dengan beberapa fitur yang tersedia. Hal ini juga terjadi pada pengguna AC Toshiba, terutama dalam hal arti simbol pada remote yang menjadi dasar pengoperasian unit.

Toshiba Indonesia telah meluncurkan beragam varian Air Conditioner yang modern dan canggih. Mungkin kalian adalah salah satu pelanggan yang telah membeli produk dengan tipe tertentu.

Sebagai pengguna yang cerdas, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang fitur-fitur AC Toshiba. Pelajari buku petunjuk resmi dari produsen agar dapat mengoperasikan perangkat dengan benar.

Oleh karena itu, kami telah merangkum panduan singkat tentang arti simbol remote AC Toshiba. Panduan ini akan sangat membantu bagi pemula yang membutuhkan referensi dan sumber pembelajaran yang lengkap.

Sekilas Tentang Toshiba

Toshiba merupakan salah satu merek alat elektronik yang telah hadir cukup lama di Indonesia. Perusahaan ini, yang berkantor pusat di Minato, Tokyo, adalah sebuah konglomerat multinasional.

Produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ini meliputi sistem tenaga, industri, infrastruktur sosial, elevator dan eskalator, komponen elektronik, semikonduktor, hard disk drive, pencetak, baterai, pencahayaan, serta solusi teknologi informasi, seperti kriptografi kuantum.

Dulu, perusahaan ini merupakan salah satu produsen komputer pribadi, elektronik konsumen, perabot rumah, dan alat kesehatan terbesar di dunia. Selain itu, sebagai produsen semikonduktor dan pencipta memori kilat, Toshiba juga merupakan salah satu dari sepuluh produsen chip terbesar di dunia.

Meskipun popularitas Toshiba tidak sebesar dahulu, merek ini tetap dikenal dan digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu produk unggulan dari Toshiba adalah AC.

Baca Juga :   Arti Kode Error AC LG dan Solusi Mengatasinya

Fungsi Remote AC Toshiba

Instalasi AC Single Split merek Toshiba pada dasarnya dilakukan dengan memasang unit indoor dan outdoor di dinding pada ketinggian tertentu. Kedua unit tersebut terhubung melalui saluran pemipaan.

Unit indoor tidak memiliki tombol operasional pada perangkatnya, melainkan hanya memiliki sebuah panel darurat untuk menyalakan dan mematikan AC. Oleh karena itu, semua fitur dan fungsi dapat diakses melalui remote kontrol.

Dengan kata lain, fungsi dari remote kontrol AC Toshiba adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan unit indoor. Dengan menekan salah satu tombol yang tersedia pada remote, maka fungsi tersebut akan aktif.

Untuk menggunakan remote kontrol baru, lepaskan cover belakang untuk mengakses terminal tempat penyimpanan daya. Masukkan dua baterai berukuran “AAA” ke dalamnya, dan kalian siap untuk mengoperasikan AC Toshiba.

Berikut adalah ketentuan pemakaian remote kontrol AC Toshiba:

  • Arahkan remote kontrol secara lurus ke panel unit indoor.
  • Pastikan tidak ada penghalang antara remote dan AC Toshiba.
  • Sinyal inframerah dapat terkirim dengan baik dalam jangkauan maksimal 8 meter.

Arti Simbol Remote AC Toshiba

Arti dari simbol pada remote AC Toshiba hampir sama dengan simbol pada remote AC merek Daikin, Samsung, Gree, dan merek lainnya. Jika kalian penasaran, silakan baca penjelasan arti simbol remote AC tersebut di bawah ini hingga selesai.

1. Preset

Ketika menyalakan AC Toshiba, kalian mungkin perlu melakukan pengaturan tertentu yang hampir mirip dengan pengaturan sebelumnya. Dalam simbol ini, kalian dapat mengaktifkan pengaturan sebelumnya yang pernah direkam, sehingga fungsi simbol remote ini adalah untuk mengatur pengaturan ke settingan sebelumnya.

2. Power (On/Off)

Simbol power atau ON/OFF pada remote AC Toshiba umumnya memiliki warna merah sebagai tombol switch untuk menyalakan dan mematikan AC. Simbol power ini memiliki fungsi utama yang sangat penting dalam pengoperasian unit AC secara keseluruhan.

3. Mode

Selanjutnya, terdapat tombol berlambang mode yang berfungsi sebagai petunjuk bagi pengguna dalam memilih beberapa mode operasional yang tersedia. Secara umum, AC memiliki tiga jenis mode, termasuk pada AC Toshiba. Ketiga mode tersebut adalah:

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Samsung Paling Tepat & Mudah

  • Cool Mode: Digunakan untuk mengubah suhu di dalam ruangan agar lebih cepat dingin.
  • Dry Mode: Digunakan untuk mengatur suhu dan kelembapan pada ruangan.
  • Auto Mode: Digunakan untuk mengatur kinerja kipas angin secara otomatis.

4. Temperatur

Selanjutnya, terdapat tombol temperatur (Atas & Bawah) yang berfungsi untuk menambah atau mengurangi suhu udara dalam ruangan dengan interval satu derajat. Dengan simbol ini, kalian dapat mengatur besaran nilai temperatur dari unit AC.

5. Swing

Arti dari simbol remote AC berikutnya adalah Swing dengan fungsi untuk mengatur arah aliran udara keluar dari unit indoor. Dengan simbol ini, kalian dapat mengarahkan hembusan udara keluar dari AC baik secara vertikal atau horizontal. Namun, saat menggunakannya, hindari agar hembusan udara tidak langsung mengenai badan kalian.

6. Timer

Selanjutnya, terdapat simbol timer yang terdiri dari dua sub-fungsi, yaitu “Timer ON” dan “Timer Off”. Dengan simbol ini, pemilik AC Toshiba dapat menghidupkan atau mematikan AC secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.

7. Fan

Simbol fan pada remote AC memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan kipas pada AC Toshiba. Tombol ini memiliki beberapa level kecepatan yang dapat diatur, dan saat diaktifkan, proses pendinginan suhu udara dalam ruangan akan terasa lebih cepat.

8. Hi-Power

Simbol Hi-Power pada remote AC berfungsi untuk memaksimalkan kinerja AC Toshiba ke titik tertinggi, sehingga akan mempercepat proses pendinginan. Namun, sebaiknya tombol ini hanya diaktifkan selama 30 menit saja, karena membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

9. Quiet

Simbol remote “quiet” pada AC berfungsi untuk mengoperasikan unit AC secara senyap karena sensor akan mengatur kinerja mesin agar mengurangi tingkat kebisingan dari unit AC. Selain itu, fungsi lainnya adalah menjaga kestabilan suhu udara dalam ruangan.

10. Sleep

Simbol “sleep” pada remote AC berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat kalian beristirahat terutama saat tidur di malam hari. Mesin atau unit AC akan beroperasi tanpa mengeluarkan kebisingan dan menentukan setelan suhu yang ideal untuk memberikan kenyamanan tidur yang lebih baik.

Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC LG Semua Tipe Paling Lengkap

11. Eco

Simbol “Eco” pada remote AC berfungsi untuk memungkinkan pengguna AC untuk mengaktifkan mode penghematan energi, sehingga AC Toshiba dapat menyesuaikan kinerja kompresor ke setelan yang ideal. Meskipun begitu, suhu udara dalam ruangan akan tetap terjaga sejuk dengan baik.

12. Set

Simbol “Set” pada remote AC berfungsi sebagai tombol “enter” saat kalian melakukan preferensi pada fitur-fitur AC Toshiba. kalian dapat mengaktifkan tombol ini sesuai kebutuhan, seperti menyetujui perintah lain.

13. Clear

Simbol “Clear” (CLR) pada remote AC berguna untuk menghapus preferensi yang telah disetting sebelumnya. Secara umum, tombol Clear ini digunakan ketika ingin membatalkan setelan fungsi timer ON dan OFF pada AC Toshiba agar kembali ke setelan awal.

14. Filter

Selanjutnya, terdapat indikator kecil pada remote AC yang bekerja secara otomatis untuk mengingatkan pemilik agar membersihkan komponen filter yang sudah memasuki masa perawatan. Tujuannya adalah agar kinerja AC menjadi lebih efisien dan lebih tahan lama/awet.

15. Clock

Simbol “Clock” pada remote AC berfungsi untuk mengatur jam pada AC Toshiba agar sesuai dengan waktu yang berlaku. Setelah diatur, waktu akan terlihat pada layar unit AC indoor.

Penutup

Dalam penggunaan AC Toshiba, terdapat sebuah simbol pada remote yang mungkin belum banyak diketahui artinya. Simbol tersebut dapat berupa gambar bentuk bulat dengan tiga garis di dalamnya atau bisa juga berupa simbol panah berwarna hijau dan merah.

Dengan memahami arti dari simbol-simbol pada remote AC Toshiba, pengguna dapat lebih mudah mengoperasikan dan memanfaatkan AC tersebut secara optimal sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Arti Simbol Remote AC Toshiba Semua Tipe TerLengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, Terimkasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *