Kode Remote AC Toshiba

Kode Remote AC Toshiba Paling Baru dan Lengkap

Posted on

Finoo.id – Kode Remote AC Toshiba Paling Baru dan Lengkap. Ketika membicarakan peralatan elektronik di rumah, Air Conditioner (AC) merupakan salah satu barang yang tidak boleh terlupakan. Selain berfungsi sebagai mesin pendingin suhu, AC juga dapat membantu menyaring udara bersih ke dalam ruangan.

Kualitas udara yang bersih dan bebas polusi tentunya memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh seseorang. Oleh karena itu, AC Toshiba dilengkapi dengan filter antivirus yang dapat membantu meningkatkan kebersihan udara dengan menghambat perkembangan bakteri dan virus berbahaya.

Filter kuat dari Toshiba juga mampu menyerap dan mengurai asap rokok serta bau tak sedap lainnya. Selain itu, teknologi inverter dapat menurunkan konsumsi listrik sehingga tidak terlalu membebani pengguna.

Seperti yang kita ketahui, sekitar 50 persen beban daya listrik di rumah disebabkan oleh penggunaan AC. Dengan menggunakan AC Toshiba Inverter ini, kita tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya. Tetapi, tetap perlu memperhatikan pemakaian yang wajar.

Remot AC Toshiba

Merk Toshiba memang terkenal di kalangan masyarakat sejak lama, terutama karena berbagai peralatan elektroniknya yang awet dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Salah satu produk unggulan dari Toshiba adalah AC (Air Conditioner).

Paket pembelian AC Split Toshiba terdiri dari unit indoor, blower outdoor, remote kontrol, dan perlengkapan pendukung lainnya. Semua akan diterima oleh konsumen dalam satu transaksi jual beli, namun biaya pemasangan tidak termasuk.

Remot kontrol AC Toshiba memiliki peran penting dalam mengoperasikan mesin pendingin udara dari jarak jauh. Hampir seluruh fungsi AC Toshiba telah diakomodir oleh remot, sehingga hanya tersisa satu tombol “power” manual di mesin pendingin.

Namun, perangkat ini paling rentan terhadap kerusakan karena sering digunakan saat AC menyala. Ketika remot AC rusak, pengguna akan kesulitan mengakses semua fungsi di mesin pendingin udara Toshiba.

Baca Juga :   √ Mengoptimalkan AC Central Dengan Menggunakan Ducting

Solusi terbaiknya adalah segera menggantinya dengan remot asli baru atau versi universal untuk memastikan pengoperasian AC Toshiba dapat berjalan dengan lancar.

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi

Jika Anda sering mengalami masalah ketika remote AC tidak berfungsi dan AC tidak bisa dimatikan dengan remote, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

Untuk lebih memahami masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi remote AC yang tidak berfungsi dengan baik.

Baterai Bermasalah

Umumnya, sebagian besar AC menggunakan baterai untuk mengoperasikannya. Oleh karena itu, terkadang baterai bisa habis dengan durasi yang tidak bisa diprediksi. Biasanya, hal ini dapat terlihat pada layar remote ketika baterai akan habis.

Ciri-ciri baterai yang habis antara lain munculnya pemberitahuan khusus atau layar yang semakin redup. Namun, jika tidak ada tanda-tanda tersebut, kita dapat mencoba mengganti baterai terlebih dahulu. Siapa tahu masalahnya memang terletak pada baterai yang habis.

Untuk mengantisipasi masalah ini, kita dapat menyediakan stok baterai di rumah. Ketika remote AC tidak berfungsi karena baterainya habis, kita dapat langsung menggantinya tanpa perlu membeli yang baru.

Selain itu, ada juga kasus di mana kita mungkin salah memasang kutub baterai. Hal ini pasti akan membuat remote tidak berfungsi dengan baik.

Remote Kena Cairan

Seperti halnya alat elektronik lainnya, remote AC juga tidak akan tahan terhadap kelembapan atau air. Jika di rumah ada anak kecil, kemungkinan besar remote akan mengalami masalah karena terkena cairan.

Mungkin saja terjadi tumpahan susu, air, teh, atau cairan lain di atas remote. Meskipun sudah dibersihkan, hal ini dapat memicu kerusakan pada remote, terutama jika cairan masuk ke dalamnya.

Permukaan Sensor Kotor

Jika Anda telah mencoba cara pertama dan kedua namun remote masih belum berfungsi, kemungkinan sensor pada remote atau unit AC tertutup kotoran.

Coba periksa bagian sensor pada remote dan unit AC, dan pastikan keduanya bersih dari kotoran atau halangan apa pun. Kotoran yang menempel pada permukaan sensor dapat mengganggu penerimaan sinyal.

Kode Remot AC Toshiba

Remot AC universal dibuat oleh pabrikan elektronik pihak ketiga sebagai solusi bagi mereka yang kesulitan mencari perangkat original karena berbagai alasan, seperti harga versi asli yang mahal atau tidak tersedia di pasaran secara terpisah.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan AC Gree Terbaru

Remot multifungsi ini dirancang untuk mendukung semua merk AC yang beredar di Indonesia dengan menggunakan metode pairing pola frekuensi inframerah. Harga perangkat universal ini juga biasanya lebih terjangkau dan mudah didapatkan.

Terdapat banyak merk remot AC universal yang tersedia di pasaran dan sebagian dari merk tersebut sudah cukup populer. Kamu tinggal mencari dan memilih merk yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Remot AC universal dapat menjadi alternatif terbaik saat perangkat kontrol asli rusak.

Kode remot AC Toshiba terdiri dari tiga digit angka yang merupakan kombinasi unik, digunakan untuk sinkronisasi dengan mesin pendingin udara.

Berikut adalah daftar kode remot AC Toshiba:

DukunganKode AC Toshiba
Remot Universal630, 631, 632, 633, 634, 635, 636, 637, 638, 639

Kode AC untuk merk Toshiba biasanya berada pada rentang angka 630 hingga 639, meskipun masih ada kemungkinan ada nomor lain yang cocok. Hal ini disebabkan karena perusahaan ini secara berkala merilis model mesin pendingin udara tipe baru.

Setting Kode AC Toshiba

Anda tahu bahwa remot multifungsi hanya dapat berfungsi setelah dilakukan pairing terlebih dahulu. Terdapat tiga metode yang dapat digunakan, yaitu dengan menggunakan kode remot AC Toshiba, mencari nomor unik secara semi-otomatis, dan auto scanning.

Cara Setting Kode Remote AC Toshiba

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan AC Toshiba sudah terpasang dan nyalakan secara manual dengan menekan tombol ‘power’.
  2. Hidupkan remot multifungsi dan arahkan ke mesin AC Toshiba.
  3. Tekan dan tahan tombol ‘set’ selama sekitar 3 detik hingga indikator kode ‘000’ berkedip di layar.
  4. Atur kode remot AC Toshiba sesuai dengan keinginan Anda dengan menekan tombol ‘temperatur (+)’ atau ‘temperatur (-)’. Misalnya, pilih angka ‘630’.
  5. AC Toshiba akan berbunyi ‘bip’ apabila kode ‘630’ tersebut cocok.
  6. Segera tekan tombol ‘OK’ untuk menguncinya.
  7. Proses sinkronisasi selesai.

Jika nomor kode yang diinput sebelumnya tidak cocok, Anda dapat mengulangi proses dengan menginput angka lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari kode AC Toshiba:

  • Hidupkan mesin pendingin udara Toshiba secara manual dengan menekan tombol ‘power’.
  • Nyalakan juga remot multifungsi dan arahkan ke AC Toshiba.
  • Tekan dan tahan tombol ‘set’ selama sekitar 3 detik hingga indikator kode ‘000’ berkedip di layar remot.
  • Siapkan diri untuk menekan tombol ‘temperatur (+)’ satu kali saja, lalu tunggu beberapa saat karena proses pencarian kode sedang berlangsung.
  • Saat AC Toshiba merespon dengan suara ‘bip’, segera tekan tombol ‘OK’ untuk menguncinya.
    Proses sinkronisasi selesai.
Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC Toshiba Semua Tipe TerLengkap

Dua metode di atas seharusnya dapat mempermudah Anda dalam menggunakan remot universal. Namun, jika masih mengalami kesulitan, Anda dapat menggunakan teknik terakhir dengan menggunakan pemindaian otomatis tanpa kode remot AC Toshiba.

Cara Pindai Otomatis AC Toshiba

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan AC Toshiba secara manual dengan menekan tombol ‘power’.
  2. Hidupkan juga remot universal dan arahkan ke mesin AC tersebut.
  3. Tekan dan tahan tombol ‘set’ selama sekitar 6 detik hingga indikator kode di layar berubah menjadi ‘(+1)’.
  4. Tunggu beberapa saat karena remot sedang melakukan pemindaian otomatis.
  5. Ketika AC Toshiba memberikan respon dengan suara ‘bip’, segera tekan tombol ‘OK’ untuk menghentikan scanning sekaligus menguncinya.
  6. Proses auto scan AC Toshiba selesai.

Selain dapat diprogram, Anda juga dapat menghilangkan fungsi remot universal dengan meresetnya kembali ke pengaturan pabrik. Cukup tekan kombinasi tombol ‘set+wind’ secara bersamaan, maka perangkat akan kembali ke pengaturan pabrik.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang mengulas mengenai kode remote AC Toshiba yang bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan AC Toshiba dengan mudah dan praktis.

Dengan mengetahui kode-kode tersebut, Anda dapat mengatur suhu, kecepatan kipas, dan mode AC sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingatlah untuk selalu membaca panduan penggunaan sebelum mengoperasikan AC Toshiba Anda menggunakan remote control. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *