Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati: Pasti Berhasil

Posted on

Finoo.id – Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati: Pasti Berhasil. Saat ini, pemasangan listrik dilengkapi dengan meteran prabayar atau meteran listrik token. Penggunaan listrik prabayar memerlukan pembelian token sebelum dapat menggunakannya.

Penggunaan meteran listrik token ini memberikan kemudahan dalam menangani masalah yang mungkin muncul pada meteran listrik. Ketika ada masalah, kode error akan ditampilkan di layar meteran listrik token untuk memberikan informasi yang lebih jelas.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memahami arti dari kode meteran listrik prabayar tersebut agar dapat mengidentifikasi masalahnya dan mengatasinya. Namun, bagaimana jika meteran listrik token mati? Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi matinya meteran listrik token, terdapat cara yang efektif yaitu dengan menghidupkannya kembali. Bagaimana caranya? Berikut adalah pembahasan lebih lanjut.

Penyebab Listrik Token Mati

Sebelum kita membahas cara menghidupkannya kembali, penting bagi kalian untuk mengetahui faktor-faktor penyebab umum yang dapat membuat meteran listrik token atau prabayar mati. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum matinya meteran listrik token:

1. MCB Rusak

Salah satu penyebab matinya meteran listrik token adalah kerusakan pada MCB (Miniature Circuit Breaker) di Kwh. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan MCB yang sudah terlalu lama, karena MCB memiliki batas umur atau usia pemakaian.

2. Konsleting

Penyebab lain dari matinya meteran listrik token adalah adanya konsleting baik pada meteran itu sendiri maupun pada instalasi kabel. Konsleting pada instalasi kabel sering terjadi karena kabel yang terkelupas dan terkena air, atau karena terjadi kontak antara aliran listrik positif dan negatif.

Baca Juga :   √ Apa Itu APHT? Dasar Hukum, Syarat, Proses dan Biayanya

3. Token Habis

Selain dua faktor di atas, meteran listrik token juga bisa mati karena habisnya token secara total. Secara umum, sebelum token habis, meteran akan memberikan indikasi dengan suara peringatan. Namun, jika kalian mematikan suara peringatan tersebut, kalian tidak akan menyadari bahwa token sudah habis.

4. Kelebihan Beban

Penyebab lain dari matinya meteran listrik token adalah kelebihan beban. Kelebihan beban terjadi ketika terlalu banyak alat elektronik dihidupkan secara bersamaan. Akibatnya, tegangan listrik akan menurun dan MCB akan memutus aliran listrik atau mati.

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati

Setelah mengetahui penyebab yang menyebabkan meteran listrik prabayar mati, kita dapat melanjutkan untuk membahas cara menghidupkan kembali listrik agar dapat digunakan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat disesuaikan dengan faktor penyebab tersebut:

1. Cek MCB KWH Meter

Langkah pertama untuk menghidupkan kembali meteran listrik token yang mati adalah dengan memeriksa MCB di KWH meter terlebih dahulu. Jika kalian menemukan adanya kerusakan pada MCB, cara yang paling efektif adalah dengan menggantinya dengan MCB baru melalui kontak dengan pihak PLN (Perusahaan Listrik Negara).

2. Cek Instalasi Kabel

Namun, jika meteran listrik token mati karena adanya kerusakan, putus, atau terkelupas pada instalasi kabel, cara mengatasinya adalah dengan memeriksa dan memastikan bahwa kabel tersebut telah kembali normal. kalian dapat mengatasi masalah ini dengan mengganti kabel instalasi yang mengalami masalah. Pastikan untuk melakukan pemasangan kabel yang benar dan aman.

3. Isi Ulang Token

Langkah selanjutnya untuk menghidupkan kembali meteran listrik token yang mati adalah dengan mengisi ulang token jika penyebabnya adalah habisnya token. kalian dapat mengisi ulang token melalui berbagai metode, seperti membeli token di konter pulsa, melalui ATM, menggunakan layanan Mobile Banking, menggunakan dompet digital, dan lain sebagainya. Pilihlah metode yang paling nyaman dan sesuai dengan preferensi kalian.

4. Kurangi Penggunaan Alat elektronik

Untuk menghidupkan kembali meteran listrik token yang mati akibat kelebihan beban, satu-satunya cara adalah dengan mengurangi atau mencabut alat elektronik yang membutuhkan daya besar. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkannya dengan menggeser MCB ke posisi “on” atau “hidup”. Pastikan beban listrik telah berkurang sebelum menghidupkan kembali meteran listrik token.

Baca Juga :   Daftar Merk Kabel Listrik Terbaik Untuk Listrik Rumahan

5. Reset Ulang Meteran Prabayar

Apabila setelah mencoba beberapa langkah di atas listrik token masih tidak menyala, kalian dapat mencoba menghidupkannya dengan melakukan reset meteran. Namun, perlu diingat bahwa sebelum melakukan reset, pastikan kalian telah mematikan semua peralatan elektronik terlebih dahulu.

Untuk melakukan reset ulang meteran, ikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, matikan semua alat elektronik yang terhubung ke listrik. Kemudian, temukan tombol reset yang terletak pada meteran listrik atau panel kontrol. Tekan dan tahan tombol reset tersebut selama beberapa detik hingga meteran listrik kembali hidup.

Penting untuk memperhatikan petunjuk dan panduan penggunaan yang disediakan oleh pihak penyedia listrik atau menghubungi pihak PLN jika kalian memiliki keraguan atau kesulitan dalam melakukan reset meteran listrik.

6. Hubungi Pihak PLN

Apabila semua upaya di atas tetap tidak berhasil menghidupkan meteran listrik token yang mati, langkah terbaik adalah menghubungi pihak PLN dan meminta bantuan. kalian dapat menghubungi PLN melalui nomor kontak yang tersedia atau melalui layanan pelanggan mereka.

Setelah melaporkan masalah, pihak PLN akan merespons dan biasanya akan datang dalam waktu 1-2 hari untuk memeriksa dan mengatasi masalah tersebut. Jika diperlukan penggantian meteran listrik, PLN akan menggantinya dengan meteran yang baru.

Hal yang baiknya adalah biaya penggantian meteran listrik rusak atau mati tidak dikenakan biaya tambahan. Artinya, kalian akan mendapatkan penggantian meteran secara gratis asalkan kerusakan tersebut terbukti dan segel meteran masih utuh.

Ciri-ciri Meteran Listrik Token Mati dan Rusak

Ternyata, matinya meteran listrik bukan hanya disebabkan oleh habisnya pulsa token saja. Hal ini dapat menjadi tkalian bahwa meteran listrik kalian mengalami kerusakan. Kerusakan meteran listrik bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jika kalian ingin mengetahui tkalian-tkalian meteran listrik token mati atau rusak, berikut adalah penjelasannya:

1. MCB Kwh Rusak

Salah satu penyebab umum matinya meteran listrik token adalah kerusakan pada MCB (Miniature Circuit Breaker) di KWH meter. MCB tersebut memiliki batas usia pemakaian yang terbatas. Jika penyebab matinya meteran listrik token adalah kerusakan pada MCB KWH, maka kalian perlu segera menggantinya. Namun, penggantian MCB tidak dapat dilakukan secara sembarangan. kalian harus menghubungi petugas resmi dari PLN untuk mendapatkan izin dan melakukan penggantian MCB KWH yang baru.

Baca Juga :   Skema Inverter DC To AC Lengkap Dengan Penjelasanya

2. Cek MCB Kwh Meter

Jika lampu pada KWH meter menyala, tetapi MCB mati, kalian dapat menghidupkan kembali MCB tersebut. Namun, jika setelah kalian menyalakannya MCB kembali mati, kemungkinan besar beban listrik di rumah kalian terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal ini, kalian perlu mengurangi penggunaan listrik di rumah dengan mematikan beberapa peralatan elektronik yang sedang tidak digunakan.

3. Lihat bagian layar Kwh Meter

Untuk memeriksa kerusakan pada meteran listrik, kalian dapat melihat lampu indikator atau layar pada KWH meter token. Jika listrik PLN mati, maka semua lampu indikator beserta layar akan mati. Namun, jika lampu indikator menyala tetapi layar mati, kemungkinan besar ada beban listrik yang terlalu berlebihan atau mungkin terjadi kerusakan akibat petir. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghubungi pihak PLN untuk mendapatkan bantuan.

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, ketergantungan kita terhadap listrik sangatlah besar. Namun, terkadang ada saat-saat di mana listrik token kita mati dan kita perlu menghidupkannya kembali agar bisa menggunakan fasilitas listrik.

Menghidupkan listrik token yang mati bisa menjadi tugas yang cukup menantang, tetapi dengan langkah-langkah di atas, kalian dapat mencoba memulihkan aliran listrik dengan cepat.

Jika masalah persisten, jangan ragu untuk menghubungi petugas listrik terlatih yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Selalu prioritaskan keselamatan dan pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas listrik yang berwenang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahs tentang Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati: Pasti Berhasil. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *