Jenis Jenis Tang

Jenis Jenis Tang: Fungsi, Bentuk, Kegunaan, Bentuk dan Ukuran

Posted on

Finoo.id – Jenis Jenis Tang: Fungsi, Bentuk, Kegunaan, Bentuk dan Ukuran. Beberapa individu mungkin berpikir bahwa semua varian tang memiliki peran serupa, hanya dibedakan oleh bentuk fisiknya, tetapi pada kenyataannya, hal tersebut tidaklah benar.

Mengetahui dan memahami beragam fungsi tang berdasarkan jenisnya memiliki signifikansi penting guna menyelesaikan beraneka ragam tugas teknis dengan sempurna.

Terdapat tang-tang yang digunakan untuk menggenggam, memosisikan baut, mengencangkan, mengendorkan, bahkan ada yang hanya ditujukan untuk memotong komponen logam spesifik. Jadi, jenis-jenis apa saja yang dimaksud? Berikut adalah ragam tang beserta fungsinya:

1. Tang Kombinasi

Tang kombinasi ialah varian tang yang paling umum ditemukan di dalam rumah-rumah karena keluwesan fungsinya yang serba guna, sejalan dengan namanya. Bentuk dari tang kombinasi ini, apabila dijauhkan, menyerupai sekali huruf X.

Bagian ujung kepala tang memiliki desain yang lancip dan terbuat dari logam berupa baja atau besi, sedangkan bagian pegangan (handle) lazimnya terbuat dari bahan yang bersifat isolator, yaitu tidak menghantarkan listrik atau panas. Sebagai contoh, bahan isolator tersebut meliputi plastik keras atau karet.

Fungsi Tang Kombinasi

Dalam hal fungsionalitasnya, tang dengan kepala yang lancip atau yang sering disebut tang kombinasi, mampu digunakan untuk:

  • Bagian ujung yang bergerigi berguna untuk memotong, mencengkeram, serta mengupas lapisan pelindung kabel.
  • Ujung tang juga memberikan kinerja yang efektif untuk menjepit benda-benda yang tidak aman untuk dipegang secara langsung, seperti peralatan listrik.
  • Bagian di belakang bagian bergerigi, yang dapat ditarik, berguna untuk menahan paku atau sekrup, dan pada saat diperlukan, dapat digunakan untuk mengendurkan atau mengencangkan mur.
  • Tang berguna untuk membuka penutup baterai mobil atau tutup lain yang sulit dibuka dengan tangan kosong.
  • Beberapa merek tang kombinasi dilengkapi dengan magnet di ujungnya, memungkinkan penggunaan tang untuk menarik logam.
Baca Juga :   √ Apa Itu Tensile Strength dan Fungsinya dalam Berbagai Industri

2. Tang Cucut

Tang cucut merupakan kategori tang yang memiliki ujung tajam dan runcing yang berperan efektif dalam menjepit atau memotong kabel, serta dalam melakukan pengelupasan, pemotongan, atau pembengkokan kawat dan pelat lunak lainnya.

Manfaat Tang Cucut

Selain itu, tang ini terbukti sangat praktis untuk mengakses bagian-bagian mesin atau ruang yang terbatas dan tidak mungkin dijangkau dengan tangan atau jari.

3. Tang potong

Tang potong ialah jenis tang yang memiliki kepala yang relatif pendek jika dibandingkan dengan dua jenis tang sebelumnya, yang dalam Bahasa Inggris biasanya dikenal sebagai cutting pliers.

Meskipun begitu, tang ini dikenal dengan beragam nama yang berbeda, seperti tang potong samping, tang jepit, tang potong diagonal, tang pemotong kawat, dan bahkan ada yang menyebutnya sebagai tang tukang listrik.

Manfaat Tang Potong

Pada awalnya, alat kecil ini memang diciptakan secara khusus bagi tukang listrik untuk memotong kabel, namun karena kegunaannya yang sangat luas, seiring berjalannya waktu, tang ini juga digunakan untuk memotong besi, baja, kawat, dan aluminium.

Kepala tang ini dirancang dengan ujung yang tajam, memungkinkan pemotongan dengan akurasi, dan bahkan hasil yang presisi apabila pengguna memiliki teknik pemotongan yang terampil.

4. Tang kakatua

Fungsi pokok dari tang yang dinamai mengikuti salah satu jenis burung ini adalah untuk membantu dalam menggenggam, mencabut, atau menarik paku atau objek lain yang terbenam kuat di atas permukaan kayu atau bahan lain.

Beberapa individu juga merujuk pada alat ini dengan istilah gunting kawat, sebab memiliki kemampuan untuk memotong kawat atau kabel berukuran besar.

5. Tang Circlip

Tang circlip sering disebut tang penjepit dalam lingkup Tanah Air, dan terkadang juga dikenal sebagai tang snap ring. Fungsi utama alat ini adalah untuk melepas atau membuka cincin pengunci yang biasanya terpasang pada piston mobil.

Baca Juga :   √ Apa Itu BPHTB? Tarif, Cara Menghitung dan Syarat Mengurus

Berdasarkan rancangan bagian ujungnya, tang circlip dibagi menjadi dua varian, yakni tang snap ring luar (out) dan tang snap ring dalam (In).

6. Tang Pompa Air

Tipe tang yang memiliki desain yang istimewa ini didesain spesifik untuk meraih kunci pada pompa air. Ujung kepala dari alat ini bergerigi, mirip dengan tang kombinasi, namun dalam bentuk melengkung.

Kepala dari tang ini diproduksi dari bahan baja, sementara pegangan atau gagangnya juga menggunakan bahan yang serupa, dilapisi dengan lapisan plastik untuk kenyamanan lebih ketika digunakan.

Tang untuk pompa air tersedia dalam variasi ukuran yang bervariasi, mulai dari 4 hingga 16 inci dalam panjangnya. Beberapa merek bahkan menawarkan 7 setelan berbeda, mengizinkan satu alat tang untuk digunakan pada berbagai dimensi kunci pada pompa air.

7. Tang pengunci

Juga dikenal sebagai kunci pas tang atau tang kunci pas tuas, tang ini dibentuk dengan tuas gkalian. Rancangan alat ini memiliki kepala yang melengkung menyerupai huruf C.

Beberapa model memiliki bagian dalam kepala yang bergerigi, sementara yang lain memiliki permukaan yang polos. Tang ini memiliki beragam kegunaan karena dapat berfungsi sebagai alternatif dari kunci pas.

8. Tang Crimping

Berbeda dengan tang jenis lain yang biasanya memiliki dua ujung lancip yang dapat ditarik, tang crimping memiliki kepala berbentuk kotak dan tampak memiliki lubang di tengahnya.

Manfaat Tang Crimping

  • Tang crimping adalah perangkat khusus yang digunakan untuk mengamankan konektor pada ujung telepon atau kabel jaringan, seperti konektor RJ-11 dan RJ-45.
  • Setelah salah satu ujung kabel dikelupas, kabel dan konektor dimasukkan ke dalam tang crimping dan kemudian alat ini akan ditekan untuk menjepit konektor dengan kabel, menggabungkannya secara kokoh.
  • Hasilnya, kabel dan konektor terhubung dengan kuat. Ukuran tang crimping serupa dengan jenis tang lainnya, tetapi bentuk kepala alat ini sangat berbeda karena fungsi yang telah dijelaskan sebelumnya.
Baca Juga :   Rekomendasi Mixer Audio Terbaik Paling Baru

9. Tang Rivet

Tang rivet adalah varian tang yang paling sering dipergunakan oleh para perakit rak, lemari, atau perabotan lainnya yang terbuat dari bahan stainless steel atau seng.

Manfaat Tang Rivet

Fungsinya adalah untuk memasukkan paku rivet ke dalam permukaan bahan stainless atau seng.

Tang Buaya, yang mendapatkan nama tersebut karena bentuk kepala tang yang menyerupai moncong buaya, berfungsi untuk menggenggam benda kecil yang memiliki bentuk bulat, seperti kepala baut atau mur.

11. Tang Krone

Tang krone ialah sebuah alat pemberi lubang yang terkadang dikenal juga sebagai alat IDC. Alat kecil ini umumnya digunakan oleh para teknisi telekomunikasi dan jaringan untuk menghubungkan atau memasang kabel telepon pada konektor LSA.

Merupakan salah satu alat yang sering kali digunakan, berbagai jenis tang ternyata memiliki ragam fungsi yang berbeda-beda. Pastikan untuk hanya memilih tang yang paling cocok dengan jenis tugas yang kalian hadapi.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, pengenalan berbagai jenis tang sangat penting bagi setiap individu, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang teknik dan kerajinan.

Setiap jenis tang memiliki fungsi khusus yang dirancang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan memahami perbedaan dan fungsi dari masing-masing tang, kita dapat memilih alat yang tepat untuk setiap tugas, sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan hasilnya lebih maksimal. Mari terus meningkatkan pengetahuan kita agar dapat memanfaatkan alat dengan bijak dan benar.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Jenis Jenis Tang: Fungsi, Bentuk, Kegunaan, Bentuk dan Ukuran. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *