Persamaan Flyback BSC27-T1051N

Persamaan Flyback BSC27-T1051N Paling Sesuai

Posted on

Finoo.id – Persamaan Flyback BSC27-T1051N Paling Sesuai. Flyback memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kerja transformator pada televisi. Fungsinya adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan oleh tabung CRT. Di Indonesia, berbagai merek TV menggunakan flyback dengan model yang berbeda-beda.

Salah satu model flyback yang banyak digunakan oleh sejumlah merek televisi dan monitor adalah flyback model BSC27-T1051N. Flyback BSC27-T1051N sering dijumpai pada mesin TV Cina dengan modifikasi bagian horizontal untuk TV SLIM. Karena perannya yang sangat penting, flyback BSC27-T1051N harus segera diganti jika mengalami kerusakan.

Namun, jika stok flyback dengan model yang sama kosong atau sulit ditemukan di daerah kalian, jangan khawatir. kalian bisa menggantinya dengan flyback yang setara dengan BSC27-T1051N.

Apa itu Flyback TV

Flyback Transformer merupakan alat pembangkit tegangan tinggi yang digunakan pada tabung televisi hampa untuk keperluan Anoda, Katoda, dan Grid. Selain itu, Flyback Transformer juga digunakan pada Deflection Yoke untuk membelokkan elektron pada tabung gambar TV baik secara horizontal maupun vertikal.

Dalam Flyback Transformer, tegangan sedang/rendah juga dihasilkan untuk blok Vertical Output, Heater (Filamen), ABL (Automatic Brightness Limited), dan lain-lain. Oleh karena itu, Flyback Transformer sangat penting dalam memastikan kualitas gambar yang dihasilkan pada layar TV tetap optimal.

Fungsi Flyback TV

Flyback adalah sebuah komponen transformator yang terdapat pada televisi atau monitor. Fungsinya adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan untuk menjalankan tabung CRT pada televisi atau monitor tersebut. Komponen ini biasanya terletak pada blok horizontal output dan dilengkapi dengan dioda internal yang berfungsi untuk menyearahkan tegangan tinggi yang berasal dari trafo.

Selain itu, di dalam flyback juga terdapat lilitan dan sebuah batang ferit yang berfungsi sebagai transformator. Dengan adanya flyback, televisi atau monitor dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan berkualitas tinggi.

Persamaan Flyback BSC27-T1051N

Banyak orang kesulitan menemukan flyback BSC27-T1051N di toko elektronik atau toko online. Bahkan di beberapa wilayah, flyback model ini sangat sulit ditemukan. Alternatif satu-satunya ketika tidak menemukan flyback TV yang sama adalah dengan mencari persamaan model dan data pin kaki.

Baca Juga :   Cara Memasang MCB Tambahan Denga Mudah & Praktis

Setiap model flyback TV memiliki persamaan masing-masing, termasuk model flyback BSC27. Ini adalah solusi satu-satunya yang kerap kali diambil oleh kebanyakan teknisi service televisi. Persamaan flyback BSC27-T1051N adalah BSC25-0951 dengan karakter yang sama persis, baik untuk mesin TV Cina SLIM 21 inci.

Untuk persamaan data pin kaki, sama dengan BSC25-T1010, juga beberapa model persamaan pin lainnya seperti BSC26-0221, BSC27-0213B, BSC27-5B027, BSC25-N0570, BSC27-T1043B, BSC25-N0570, BSC27-KLX29, INNER_COL_TEP_B+115V_TEP_AFC_GND_HT_ABL_185V.

kalian bisa mencari persamaan flyback di atas di toko elektronik atau toko online. Namun jika kurang yakin, tanyakan kepada pihak penjual untuk mendapatkan persamaan yang paling cocok untuk flyback model BSC27-T1051N agar tidak salah beli.

Selain mudah ditemukan, persamaan flyback di atas juga harganya terjangkau. Baik flyback BSC27-T1051N maupun persamaan flyback BSC27-T1051N dijual dengan harga sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 di toko offline maupun online. Harga bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung dari toko yang menjual.

kalian dapat membeli flyback TV di toko elektronik offline terdekat atau membelinya secara online di e-commerce terpercaya yang kalian kenal.

Ciri-Ciri Flyback BSC27-T1051N Rusak

Sebelum mengetahui persamaan flyback model ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu ciri-ciri kerusakan flyback BSC27-T1051N. Hal ini sangat penting untuk memastikan apakah flyback BSC27-T1051N benar-benar sudah rusak atau justru karena komponen lainnya yang sudah rusak.

Secara umum, apabila flyback BSC27-T1051N mengalami kerusakan maka akan memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Tegangan naik turun atau fokus pada flyback tidak berfungsi. Hal ini terlihat jelas pada gambar layar TV yang terkadang fokus dan terkadang blur.
  2. Gulungan kawat short atau terbakar dan biasanya pada body flyback terdapat retakan atau lelehan benda berwarna kuning.
  3. Kebocoran tegangan tinggi, yang dapat terlihat jelas ketika TV dinyalakan dengan semburan seperti api berwarna biru dan mengeluarkan bunyi cukup nyaring seperti konsleting listrik.
  4. Kebocoran pada kabel tegangan tinggi.
  5. Tegangan tinggi anoda konslet.

Jika ditemukan ciri-ciri seperti di atas, maka dapat dipastikan flyback BSC27-T1051N mengalami kerusakan. Namun, jika tidak ada satupun ciri-ciri tersebut yang terjadi, maka flyback dalam kondisi baik dan kerusakan mungkin ada pada komponen lain.

Baca Juga :   Apa Itu Rapido? Pengertian, Fungsi, dan Penjelasan Lengkapnya

Gejala Umum Jika Flyback BSC27 Rusak

Jika komponen flyback BSC27-T1051N bermasalah, umumnya akan menimbulkan gejala tertentu pada TV. Berikut adalah gejala umum yang paling sering terjadi apabila flyback BSC27-T1051N pada televisi mengalami kerusakan:

  1. Regulator atau power supply biasanya mengeluarkan bunyi lumayan nyaring.
  2. Resistor di bagian ABL terbakar, dan jika kerusakan parah akan ditkaliani dengan bekas terbakar berwarna hitam.
  3. Transistor horizontal akan lebih panas dan biasanya tegangan B+ akan drop. Gejala ini terjadi karena sebagian flyback mengalami konsleting.
  4. Kerusakan pada transistor horizontal, dimana ketika diganti akan selalu jebol, kecuali jika flyback BSC27-T1051N diganti terlebih dahulu.

Cara Mengganti Flyback

Dalam mengganti atau melepas flyback TV, harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti yang diketahui, flyback dan tabung CRT masih dapat menyimpan tegangan sisa dalam waktu yang cukup lama sehingga diperlukan trik untuk menghilangkan tegangan sisa ini.

Berikut adalah cara menghilangkan tegangan sisa pada flyback dengan menggunakan tang penjepit, capit buaya, dan obeng minus. Pastikan capit buaya dihubungkan dengan grounding yang ada di sekeliling tabung CRT.

Berikut adalah cara melepas flyback dari mesin TV:

  1. Pastikan bahwa power dari PLN sudah diputuskan, kemudian cek koneksi yang terhubung dengan flyback. Semua koneksi harus dilepas, termasuk kop anoda ke tabung, kabel fokus, video, dan screen.
  2. Gunakan solder yang panas saat mencairkan timah yang ada di pin flyback. Karena timahnya cukup tebal, prosesnya membutuhkan kesabaran. Jika sulit, bisa dipancing dengan timah solder yang baru saat melepas flyback. Jangan lupa untuk mempermudah proses, gunakan penyedot timah.
  3. Setelah semua pin dipisahkan dari timah, pisahkan trafo flyback dari mesin TV. Namun, perhatikan dengan hati-hati saat memisahkan, jangan memaksa jika tidak bisa. Perhatikan juga jika ada sisa timah yang masih menempel ke kaki flyback.

Tegangan heater normalnya adalah 6 Volt, lebih dari itu kemungkinan bisa merusak heater pada CRT TV

Jika jenis flyback yang harus diganti tidak tersedia di pasaran, solusi pertama adalah mencarinya di artikel data persamaan flyback terlengkap. Namun, jika persamaannya tidak sama persis, bisa berisiko mengalami beberapa masalah, seperti:

  1. Tegangan pada anode berubah.
  2. Tampilan gambar raster menjadi berubah, bisa menjadi lebih besar atau lebih kecil. Solusinya biasanya cukup dengan memodifikasi nilai kapasitor resonan yang biasanya terletak antara kolektor transistor horizontal dan ground dengan nilai kapasitansi antara 102 – 502 nF dengan tegangan pastinya yaitu 1600 Volt.
  3. Brightness pada layar menjadi kurang. Penyebab dari hal ini adalah tegangan heater yang tidak sesuai. Hati-hati juga jika tegangan heater lebih dari 6 volt, maka harus sedikit memodifikasi flyback. Tegangan untuk heater normalnya adalah 6 volt, jika lebih dari itu maka bisa disiasati dengan memasang resistor seri 2 Watt dengan resistansi bisa disesuaikan.
  4. Tampilan OSD / On Screen Display menjadi tidak normal atau bahkan hilang. Hal ini bisa dimodifikasi dengan mengganti nilai resistansi resistor pin mikrokontroller ke H-AFC.
  5. Jika kerusakan pada flyback hanya terjadi pada tegangan bocor, biasanya lebih mudah untuk ditambal. Namun, sebisa mungkin harus mencari penyebab flyback bocor, apakah dari kabel flyback atau kop flyback. Untuk menambalnya, biasanya bisa menggunakan lem lilin atau bahan sejenisnya.
Baca Juga :   Persamaan Flyback JF0501-32611 Pada TV Sanyo

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam dunia teknologi, persamaan Flyback BSC27-T1051N memang menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Persamaan ini sangatlah penting karena dapat membantu para teknisi dalam melakukan perbaikan dan penggantian komponen pada sistem elektronik.

Namun, di antara banyaknya persamaan Flyback yang tersedia, BSC27-T1051N menjadi yang paling sesuai untuk digunakan. Hal ini disebabkan karena BSC27-T1051N memiliki performa yang sangat baik dan stabil dalam menghasilkan tegangan yang dibutuhkan pada rangkaian elektronik.

Selain itu, persamaan ini juga mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan persamaan Flyback yang lain. Oleh karena itu, bagi para teknisi yang ingin melakukan perbaikan atau penggantian komponen pada sistem elektronik, menggunakan persamaan Flyback BSC27-T1051N adalah pilihan yang sangat tepat dan efektif.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Persamaan Flyback BSC27-T1051N Paling Sesuai. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksaih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *