Persamaan Flyback BSC25-T1010A

Persamaan Flyback BSC25-T1010A Pada TV China

Posted on

Finoo.id – Persamaan Flyback BSC25-T1010A Pada TV China. Banyak komponen penting dalam mesin TV Cina, di mana salah satunya adalah Flyback. Flyback adalah komponen mesin TV yang berfungsi menekan tegangan layar agar dapat menampilkan gambar.

Artinya, jika TV Cina tidak dilengkapi Flyback atau jika komponen Flyback mengalami kerusakan, maka gambar tidak akan muncul. Ada berbagai jenis Flyback yang tersedia di pasaran Indonesia, salah satunya adalah Flyback BSC25-T1010A.

Flyback BSC25-T1010A umumnya digunakan pada mesin TV Cina dan merek-merek seperti W-COM, Wansonic, Asioma, dan lainnya. Jika Flyback ini rusak, maka harus segera diganti dengan seri dan data pin yang sama.

Namun, masalahnya adalah seringkali toko elektronik kehabisan stok Flyback BSC25-T1010A, sehingga perbaikan TV Cina harus ditunda. Namun, jangan khawatir dulu, karena Anda masih bisa menggunakan Flyback yang serupa untuk menggantinya.

Apa itu Flyback ?

TV atau Televisi adalah peralatan elektronik yang dimiliki oleh hampir setiap keluarga. Bagi kalangan perekonomian menengah ke atas, bahkan ada yang menambah televisi untuk disimpan di ruangan lain seperti kamar tidur. Namun, peralatan elektronik seperti televisi seringkali mengalami masalah, seperti kerusakan karena faktor pemakaian, usia TV yang sudah tua, dan banyak faktor lainnya.

Salah satu bagian paling vital di TV adalah Trafo FBT atau Fly Back TV. Trafo flyback (FBT), juga disebut trafo keluaran jalur (LOPT), adalah jenis trafo listrik khusus. Pada awalnya dirancang untuk menghasilkan sinyal gigi gergaji tegangan tinggi pada frekuensi yang relatif tinggi. Dalam aplikasi modern, ini digunakan secara luas dalam catu daya mode-sakelar untuk pasokan tegangan rendah (3 V) dan tegangan tinggi (lebih dari 10 kV).

Sirkuit trafo flyback ditemukan sebagai alat untuk mengontrol gerakan horizontal berkas elektron dalam tabung sinar katoda (CRT). Tidak seperti trafo konvensional, trafo flyback tidak diumpankan dengan sinyal bentuk gelombang yang sama dengan arus keluaran yang diinginkan. Efek samping yang menguntungkan dari transformator semacam itu adalah energi yang cukup besar yang tersedia di sirkuit magnetnya. Ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan belitan ekstra untuk memberikan tenaga untuk mengoperasikan bagian lain dari peralatan.

Baca Juga :   Persamaan Transistor C1815 Yang Sesuai Untuk Pengganti

Secara khusus, tegangan yang sangat tinggi dengan mudah diperoleh dengan menggunakan belitan yang relatif sedikit yang, setelah diperbaiki, dapat memberikan tegangan percepatan yang sangat tinggi untuk CRT. Banyak aplikasi yang lebih baru dari trafo seperti membuang kebutuhan untuk menghasilkan tegangan tinggi dan menggunakan perangkat sebagai cara yang relatif efisien untuk menghasilkan berbagai voltase rendah menggunakan trafo yang jauh lebih kecil daripada trafo listrik konvensional.

Fungsi Pin Kaki Flyback

Trafo flyback digunakan dalam pengoperasian perangkat layar CRT seperti pesawat televisi dan monitor komputer CRT. Tegangan dan frekuensi masing-masing dapat berkisar dalam skala luas tergantung pada perangkatnya. Misalnya, CRT TV berwarna besar mungkin memerlukan 20 hingga 50 kV dengan kecepatan pindai horizontal 15,734 kHz untuk perangkat NTSC dan 15,625 kHz untuk perangkat PAL. Tidak seperti trafo daya (atau “listrik”) yang menggunakan arus bolak-balik 50 atau 60 hertz, trafo flyback biasanya beroperasi dengan arus sakelar pada frekuensi yang jauh lebih tinggi dalam kisaran 15 kHz hingga 50 kHz.

Sangat penting bagi para ahli teknisi, terutama sebelum memperbaiki televisi, untuk mengetahui Data Persamaan Flyback TV lengkap untuk semua merek. Informasi ini bisa menjadi referensi pengganti Trafo FBT, yang penting diketahui saat memperbaiki televisi yang rusak. Banyak kasus di mana jenis Trafo FBT yang mengalami kerusakan tidak tersedia, sehingga Anda harus sebisa mungkin mengetahui data flyback dan persamaannya.

Dalam perkembangan zaman saat ini, sudah banyak merek televisi di pasaran, mulai dari TV Cina, TV tabung, LED, dan LCD. Banyak perusahaan terus menciptakan banyak model dan kecanggihan yang ditanamkan pada pesawat televisi dengan kualitas dan spesifikasi yang berbeda, sehingga bisa memuaskan hati para konsumen.

Dengan banyaknya merek televisi yang bermunculan di pasaran, tidak menutup kemungkinan bahwa sparepart yang ditanamkan juga berbeda pada setiap mereknya. Oleh karena itu, para teknisi merasa kebingungan. Contohnya seperti Flayback TV Polytron dengan TV Polytron slim, tentu saja pasti berbeda sparepartnya. Hal ini juga berlaku untuk semua merek, seperti Changhong, TCL, Hitachi, Sharp, Samsung, Panasonic, Sony, dan lain-lain.

Baca Juga :   Fungsi Skema & Cara Kerja Flyback TV Yang Tepat

Persamaan Flyback BSC25-T1010A

Menggunakan PERSAMAAN FLYBACK TV ketika seri Flyback yang dibutuhkan sedang kehabisan stok merupakan solusi cepat yang sering diambil oleh teknisi service televisi. Seri BSC25-T1010A umumnya banyak digunakan pada TV Cina berukuran 14-21 inchi.

Tentu saja, Anda juga bisa menggantinya dengan persamaan Flyback seri lain ketika Flyback BSC25-T1010A sedang habis stok. Meskipun penggantian dengan nomor seri yang sama akan menghasilkan hasil yang lebih baik dari segi kekuatan tegangan yang dikeluarkan dari output Flyback.

Namun demikian, penggantian dengan persamaan Flyback seperti merek-merek TV Cina dengan Flyback BSC25-T1010A juga terbilang aman dan televisi pun masih bisa menyala normal. Jadi, solusi mengganti dengan persamaan Flyback-nya bukanlah hal buruk untuk dicoba.

Lalu, apa saja persamaan Flyback BSC25-T1010A? Beberapa persamaan dari seri data BSC25-T1010A antara lain:

  1. BSC 25 09N21A
  2. BSC 25 4812A
  3. BSC 25 05N2110A
  4. BSC 24 01N4014K
  5. BSC 25 Z603F
  6. BSC 25 0909
  7. BSC 25 09N20E

Itulah beberapa persamaan dari Flyback BSC25-T1010A yang bisa Anda gunakan. Persamaan ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko elektronik.

Harga Flyback TV Cina

Persamaan Flyback BSC25-T1010A banyak dijual di pasaran Indonesia, sehingga semakin mudah untuk didapatkan. Terlebih lagi, sekarang sudah semakin canggih di mana Anda bisa mendapatkan persamaan Flyback di toko online.

Lalu, berapa harga persamaan seri BSC25-T1010A? Harga untuk persamaan Flyback BSC25-T1010A berkisar antara Rp. 30.000 – Rp. 55.000.

Harga tersebut terbilang cukup murah, apalagi jika Anda membelinya secara online, mungkin bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya ongkos kirim jika membeli secara online.

Ciri-Ciri Flyback TV Cina Rusak

Sebagai komponen penting, tentu saja Flyback harus dirawat agar tidak cepat rusak. Meskipun jika mengalami kerusakan, Flyback bisa diganti dengan seri persamaan lain, namun lebih baik merawatnya agar penggunaannya bisa lebih lama.

Baca Juga :   Komponen Lampu Philips yang Sering Rusak, Berikut Ulasanya

Untuk mengetahui apakah Flyback mengalami kerusakan atau tidak, maka Anda perlu mengetahui ciri-ciri flyback yang rusak. Beberapa ciri-ciri Flyback TV Cina yang rusak antara lain:

  1. Tegangan naik turun atau fokus pada flyback tidak berfungsi, yang berarti FBT rusak. Biasanya ditandai dengan gambar layar TV terkadang fokus kadang blur.
  2. Gulungan kawat short atau terbakar, biasanya ditandai dengan adanya retakan di bagian body flyback.
  3. Kebocoran tegangan tinggi pada saat TV dinyalakan dan posisi flyback masih terpasang, maka akan ada semburan berwarna biru disertai bunyi nyaring seperti konsleting listrik.
  4. Kebocoran pada kabel tegangan tinggi, seperti terbakar atau terkelupas.
  5. Tegangan tinggi anoda konslet, karena terjadi kebocoran hubungan ketika diukur antara kop dengan tegangan yang tinggi dan pin ground atau ABL menggunakan multitester dengan ukuran skala x10.

Dengan mengetahui ciri-ciri flyback yang rusak, Anda dapat melakukan perbaikan atau penggantian dengan cepat sehingga televisi dapat digunakan kembali dengan normal.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas mengenai persamaan flyback BSC25-T1010A pada TV China. Flyback merupakan komponen penting pada televisi, dan menemukan persamaannya dapat mempermudah dalam melakukan perbaikan.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun flyback yang dihasilkan oleh berbagai merek berbeda memiliki kemiripan dalam spesifikasinya, penggunaan flyback yang tidak sesuai dengan televisi dapat berdampak buruk pada kinerja dan bahkan merusak televisi.

Oleh karena itu, sebelum mengganti flyback, pastikan untuk memastikan persamaan yang tepat dan melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kerusakan lain pada televisi.

Semoga informasi mengenai persamaan flyback BSC25-T1010A pada TV China dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *