Daftar Persamaan Data Pin STR W6553a

Daftar Persamaan Data Pin STR W6553a TV Sharp

Posted on

Finoo.id – Daftar Persamaan Data Pin STR W6553a TV Sharp. STR TV merupakan regulator switching Quasy Resonant Flyback (QRF) IC yang terdiri dari kontrol IC dan power MOSFET yang terintegrasi menjadi satu. Desainnya dibuat sederhana sehingga hanya membutuhkan sedikit komponen tambahan. STR terdiri dari beberapa blok rangkaian seperti oscilator PWM, kontrol protektor, dan fet.

Peran STR dalam rangkaian elektronika pada televisi sangat penting, dan setiap merek televisi memiliki jenis atau seri STR yang berbeda. Salah satu jenis STR yang umum digunakan adalah STR W6553A, terutama pada televisi merek Sharp dan Sanken.

Namun sayangnya, STR W6553A cenderung mengalami kerusakan. Karena perannya yang penting, jika STR rusak maka harus segera diganti dengan yang baru. Namun, seringkali sulit untuk menemukan stok atau barang yang tersedia untuk jenis STR tertentu.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam mencari STR W6553A yang sama persis, satu-satunya solusinya adalah mencari persamaannya. Salah satu jenis STR yang dapat digunakan sebagai pengganti adalah persamaan STR yang memiliki tipe lain. Berikut adalah beberapa persamaan untuk STR W6553A.

Mengenai STR W6553a

STR 6553A adalah sebuah komponen aktif yang umum digunakan pada regulator switching di televisi Sharp dan merek lainnya.

Namun, jika terjadi kerusakan pada komponen ini, tentu saja akan dilakukan penggantian dengan sparepart yang baru. Sebagai sebuah komponen aktif yang terdapat pada peralatan elektronik, terutama televisi, penggantian STR 6553A menjadi sebuah kebutuhan.

Jika STR 6553A mengalami kerusakan dan tidak tersedia di pasaran, kita dapat mencari persamaannya untuk digunakan sebagai pengganti. Salah satu persamaannya adalah STR W6554 yang hanya memiliki perbedaan nomor satu saja dan memiliki daya yang lebih besar daripada STR 6553A. Oleh karena itu, STR W6554 dapat digunakan sebagai pengganti jika STR 6553A tidak tersedia.

Namun, jika STR 6553A masih tersedia di pasaran, disarankan untuk menggantikannya dengan jenis yang asli agar kinerja peralatan elektronik tersebut tetap optimal.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan TV LG Sebagai Pertimbangan

Datasheet STR W6553A

Sebelum mencari persamaan untuk STR W6553A, sebaiknya dibaca terlebih dahulu datasheet STR W6553A. Dengan membaca datasheet tersebut, kita dapat mengetahui karakteristik dari STR W6553A dan mencari pengganti yang sesuai.

Dalam datasheet tersebut, kita dapat menemukan tipe STR yang cocok sebagai pengganti dengan spesifikasi dan karakteristik yang sama dengan STR W6553A. Berikut adalah datasheet STR W6553A yang dapat digunakan sebagai referensi.

Deskripsi

STR W6553A adalah regulator kuasi-resonansi yang dirancang khusus untuk memenuhi persyaratan peningkatan integrasi dan kekalianlan pada catu daya mode sakelar. STR ini menggabungkan kontrol utama dan sirkuit penggerak dengan MOSFET daya peringkat longsoran.

Regulator ini hanya menunjukkan kebisingan EMI dengan frekuensi tinggi pada tingkat rendah karena penggunaan soft switching MOSFET yang berdekatan dengan ground. Fungsi lompat bawah digunakan untuk mengurangi peningkatan frekuensi operasional saat beban ringan, sehingga meningkatkan efisiensi sistem pada semua rentang beban.

Regulator ini dapat dipicu secara otomatis atau secara manual dengan mode standby burst. Arus operasi sangat rendah dan memiliki dua mode operasional dengan pengalihan otomatis. MOSFET yang tahan terhadap gelombang lonjakan hingga 650 V juga terdapat pada regulator ini.

Regulator ini dilengkapi dengan fungsi surge absorption yang disederhanakan sehingga tidak membutuhkan derating VDSS. rDS (on) maksimum adalah 1,7 Ω. Dua mode operasional tersedia dengan beralih otomatis: mode quasi-resonant untuk operasi normal dan mode burst untuk operasi standby atau beban ringan.

Regulator ini memiliki daya masukan kurang dari 0,1 W saat tanpa beban dan mengonsumsi arus operasi yang rendah (6 mA typ). Regulator ini juga dilengkapi dengan fungsi auto-bias dan operasi burst yang stabil tanpa menghasilkan gangguan. Regulator ini memiliki perlindungan gkalian, antara lain: proteksi pulsa demi pulsa, proteksi beban berlebih dengan pemulihan otomatis, proteksi tegangan berlebih yang mengunci dan undervoltage lockout dengan histeresis. Regulator ini juga memenuhi persyaratan RoHS.

Persamaan STR W6553A TV Sharp untuk Penggantian Kerusakan

Kerusakan pada jenis STR ini bisa menjadi hal yang memusingkan. Tidak semua orang tahu persamaannya dan seringkali pengganti dengan seri yang sama tidak tersedia di pasaran. Oleh karena itu, mencari persamaan yang cocok menjadi solusi terbaik jika STR mengalami kerusakan.

1. Mencari Data PIN STR w6553a

Selain mencari data PIN untuk jenis STR ini, pengguna juga dapat mencari datasheet STR W6553A yang banyak tersedia di internet. Dengan membandingkan datasheet tersebut, pengguna dapat memahami karakteristik dari jenis STR ini sehingga dapat mencari pengganti yang sesuai. Namun, menentukan tipe STR ini bisa menjadi cukup rumit, terutama jika karakteristik dan spesifikasinya sama. STR W6553A, seperti halnya STR TV Sharp, memiliki 7 pin kaki. Namun, kaki nomor 2 pada internal IC tidak terlihat.

Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Toshiba Paling Mudah

2. Daftar Persamaan STR

Sebelum mencari daftar persamaan untuk STR, pengguna harus terlebih dahulu mengenal karakteristik dari STR W6553A. Jenis STR ini merupakan regulator kuasi-resonansi yang dirancang khusus untuk memenuhi persyaratan peningkatan integrasi dan kekalianlan pada catu daya mode sakelar.

STR dapat menggabungkan kontrol utama dan sirkuit penggerak yang menggunakan MOSFET daya peringkat longsoran. Regulator ini dapat menunjukkan noise EMI dengan frekuensi tinggi pada tingkat rendah karena penggunaan soft switching MOSFET yang berdekatan dengan ground.

3. Persamaan STR W6554A

Menarik untuk diketahui bahwa STR W6553A merupakan jenis STR yang cukup spesial dan persamaannya sulit dicari. Terkadang, toko elektronik tidak lagi menyediakannya. Namun, seperti halnya setiap komponen lainnya, jenis STR TV Sharp W6553A pasti memiliki sparepart pengganti yang cocok.

Meskipun jenisnya berbeda, penggantian STR W6553A dengan persamaannya tetap merupakan keputusan yang tepat karena fungsi dan cara kerja STR masih sama. Persamaan STR W6553A yang paling cocok adalah jenis STR W6554A.

4. STR W6553A dan Persamaan STR W5453A TV Sharp

Menarik untuk diketahui bahwa jenis STR W6553A juga memiliki persamaan dengan jenis STR W5453A yang umum ditemukan pada semua jenis TV. Namun, STR W5453A cukup sulit didapatkan di toko-toko elektronik. Untungnya, STR W5453A cukup banyak tersedia di toko online.

Jika STR W5453A sulit didapatkan, jenis ini dapat digantikan dengan beberapa jenis STR yang terdapat di beberapa TV tabung Sharp. STR W5453A dapat digantikan dengan STR W6553A. Biasanya, teknisi servis televisi akan mencari STR yang memiliki data PIN kaki yang sesuai dengan STR W5453A. Persamaan STR W5453A perlu memiliki data PIN yang sesuai dengan mayoritas model STR TV Sharp jenis tabung.

Bagaimana Cara Kerja STR TV

Rangkaian power supply terdiri dari transistor penguat dan osilator yang digabungkan dalam satu IC yang dikenal dengan nama STR. STR digunakan untuk mengatur tegangan pada transcooper agar stabil meskipun tegangan input yang digunakan tidak stabil.

Baca Juga :   Biaya Ganti Backlight TV LED LG & Penyebabnya Wajib Diketahui

STR memiliki beberapa PIN yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut adalah penjelasan fungsi dari masing-masing PIN STR:

  1. PIN 1: Menerima tegangan yang telah disaring dan diarahkan oleh rangkaian penyearah dan C507. Tegangan pada PIN 1 berkisar antara 200-350V DC tergantung pada nilai tegangan pada C507.
  2. PIN 2: Ground atau catu negatif untuk STR.
  3. PIN 3: Catu daya untuk osilator yang terintegrasi dalam STR, dengan tegangan berkisar 8-12,5V DC.
  4. PIN 4: Digunakan untuk mengontrol STR N501 dan tegangannya diatur oleh IC program pada pin power, sekitar 0-5V DC. STR akan bekerja ketika tegangan pada PIN 4 0V dan tidak bekerja ketika tegangan 5V DC.
  5. PIN 5: Menerima catu dari transcooper setelah rangkaian power dihidupkan dan tegangannya mencapai 3-12V dc.

Saat STR digunakan, transcooper akan mengalami self-induksi yang menghasilkan tegangan pada output transcooper melalui proses induksi.

Tegangan yang dihasilkan akan disesuaikan dengan kebutuhan dari blok rangkaian yang terkait.

Persamaan STR Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Servis

Memang cukup banyak persamaan STR W6553A TV Sharp dengan beberapa STR dari TV Sharp lain. Namun, pengguna harus memastikan bahwa data PIN juga sama agar perbaikan tidak terlalu rumit dan tidak mengganggu arus operasi televisi tersebut. Jika tidak, maka perlu dilakukan persamaan data PIN yang terdekat.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang daftar persamaan data pin STR W6553a TV Sharp yang dapat digunakan sebagai referensi untuk perbaikan atau penggantian komponen elektronik pada TV Sharp.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi terkait STR W6553a. Jangan lupa selalu berhati-hati dan memperhatikan keselamatan saat melakukan perbaikan elektronik. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *