Persamaan IC TL071

Persamaan IC TL071: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Finoo.id – Persamaan IC TL071: Semua yang Perlu Anda Ketahui. TL071 adalah penguat operasional dengan kecepatan tinggi berinput tunggal yang menggunakan JFET. Penguat operasional ini menggabungkan JFET dengan tegangan tinggi yang cocok dan transistor bipolar dalam sebuah sirkuit terpadu monolitik.

IC TL071 memiliki kelebihan seperti perubahan tegangan tinggi yang cepat, input arus bias dan offset yang rendah, serta koefisien suhu tegangan offset yang rendah. TL072 memiliki dua op-amp dalam sebuah kemasan 8 pin, sedangkan TL074 memiliki empat op-amp dalam sebuah kemasan 14 pin.

Namun, IC TL071 rentan mengalami kerusakan dan sulit untuk mendapatkan penggantinya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan jenis IC yang sama sebagai pengganti. Persamaan IC TL071 berbeda dengan persamaan IC 4558 yang memiliki persamaannya sendiri. Melalui artikel ini, kami akan membagikan beberapa jenis pengganti yang baik bagi Anda.

Apa itu IC ?

IC atau Integrated Circuit adalah sebuah komponen elektronik aktif yang terdiri dari ribuan hingga jutaan resistor, transistor, dioda, dan kapasitor yang terpadu dalam satu wadah kecil. Penjelasan singkat ini dapat membantu Anda memahami definisi dan komponen yang terdapat dalam IC.

Persamaan IC TL071

Ketika mencari pengganti IC TL071 yang rusak, banyak orang mencari persamaan yang paling cocok dengan kriteria dan data pin yang sama seperti IC tersebut. Terdapat banyak jenis IC yang dapat dijadikan sebagai pengganti IC TL071. Berikut ini adalah beberapa persamaan IC TL071 yang paling baik sebagai penggantinya:

  1. NE5534
  2. AD874
  3. LM101
  4. OP07
  5. OP27
  6. OP37
  7. OP77
  8. OPA121
  9. OPA134
  10. SA5534
  11. TL061
  12. TL071
  13. TL081

Di atas merupakan beberapa jenis IC yang paling cocok digunakan sebagai pengganti IC TL071. Anda bisa dengan mudah menemukan persamaan IC tersebut di toko elektronik baik offline maupun online. Harga IC TL071 sendiri berkisar antara Rp. 2.000,- hingga Rp. 3.000,-.

Baca Juga :   Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam Mudah & Simpel

Datasheet IC TL071

Saat mengganti IC TL071, sangat penting untuk memperhatikan datasheet dan data pin yang terkait. Hal ini akan membantu Anda menentukan jenis pengganti yang paling sesuai agar tidak menimbulkan risiko atau kerusakan pada komponen lain.

Data pin juga penting untuk memastikan bahwa IC dipasang dengan benar, sehingga tidak merusak komponen lain yang berada di sekitar IC tersebut. Untuk informasi lengkap tentang datasheet IC TL071, silakan lihat penjelasan di bawah ini.

 

A. Fitur IC TL071

Berikut adalah beberapa fitur dari IC TL071:

  1. Mode umum yang luas (hingga VCC+) dan rentang tegangan diferensial yang lebar.
  2. Input bias rendah dan arus offset yang rendah.
  3. Kebisingan rendah en = 15 nV/ Hz (ketik).
  4. Perlindungan keluaran dari hubung singkat.
  5. Impedansi input tahap input JFET yang tinggi.
  6. Distorsi harmonik yang rendah: 0,01% (ketik).
  7. Kompensasi frekuensi internal.
  8. Operasi bebas kait.
  9. Tingkat perubahan tegangan tinggi: 16 V /µs (tip).

B. Data Pin IC TL071

C. Skema Diagram TL071

D. Absolut Maximum Ratings

SymbolParameterValueUnit
TL071M, AM, BMTL071I, AI, BITL071C, AC, BC
VccSupply voltage*1±18V
ViInput voltage*2±15V
VidDifferential input voltage*3±30V
RthjaThermal resistance junction to ambient*4&5125°C/W
SO-885
DIP8
RthjcThermal resistance junction to case*4&540°C/W
SO-841
DIP8
Output short-circuit duration*6Infinite
ToperOperating free-air temperature range-55 to +125-40 to +1050 to +70°C
TstgStorage temperature range-65 to +150°C
ESDHBM: human body mode*7500V
MM: machine model*8200V
CDM: charged device model*91500V

Catatan:

  1. Semua nilai tegangan, kecuali tegangan diferensial, terkait dengan level referensi nol (ground) dari tegangan supply di mana level referensi nol adalah titik tengah antara VCC+ dan VCC-.
  2. Besarnya tegangan input tidak boleh melebihi besar tegangan supply atau 15 volt, mana yang lebih kecil.
  3. Tegangan diferensial adalah terminal input non-inverting terhadap terminal input inverting.
  4. Hubungan arus pendek dapat menyebabkan pemanasan yang berlebihan. Disipasi destruktif dapat terjadi akibat korsleting simultan pada semua amplifier.
  5. Rth adalah nilai tipikal.
  6. Output dapat dikorsletkan ke ground atau ke salah satu supply. Suhu dan/atau tegangan supply harus dibatasi untuk memastikan bahwa rating disipasi tidak terlampaui.
  7. Model tubuh manusia: 100 pF dikeluarkan melalui resistor 1,5 kΩ antara dua pin perangkat, dilakukan untuk semua pasangan kombinasi pin dengan pin lain yang mengambang.
  8. Model mesin: tutup 200 pF diisi ke tegangan yang ditentukan, kemudian dibuang langsung di antara dua pin perangkat tanpa resistor seri eksternal (resistor internal < 5), dilakukan untuk semua pasangan kombinasi pin dengan pin lain yang mengambang.
  9. Model perangkat yang diisi daya: semua pin plus paket diisi bersama-sama ke tegangan yang ditentukan dan kemudian dibuang langsung ke ground.
Baca Juga :   √ Apa Itu Biomassa? Jenis, Manfaat dan Contohnya

F. Karakter IC TL071

Kelebihan dan Kekurangan IC

IC atau Integrated Circuit adalah sebuah komponen elektronik yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat dalam dunia elektronika. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa seperti komponen elektronik lainnya, IC juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan IC, simaklah ulasan berikut ini dengan teliti.

1. Kelebihan IC

Berikut ini adalah beberapa kelebihan IC dalam rangkaian elektronik:

  • Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan rangkaian yang dibuat dari komponen diskrit.
  • Bobotnya lebih ringan.
  • Dapat diproduksi secara massal atau dalam jumlah besar sehingga harganya bisa lebih terjangkau.
  • Solder dan interkoneksi IC dengan komponen internal sangat sedikit.
  • Penggunaan daya listrik lebih rendah dan efisien.
  • Lebih mudah diganti dan diperbaiki apabila terjadi kerusakan.
  • Cocok untuk sistem operasi dengan sinyal rendah.
  • Dapat melakukan fungsi dan sistem kerja yang kompleks.

2. Kekurangan IC

Selain memiliki kelebihan, IC juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kekurangan IC yang perlu Anda ketahui:

  • IC hanya dapat dioperasikan pada sistem dengan tegangan rendah.
  • IC tidak mampu menghasilkan daya tinggi atau memicu daya tinggi.
  • IC harus ditangani dengan hati-hati karena sangat sensitif terhadap Elektrostatik Discharge (ESD).
  • IC tidak tahan terhadap suhu tinggi, sehingga membutuhkan kipas atau heatsink untuk menurunkan suhu sekitar IC.
  • Toleransi terhadap tegangan sangat kecil dan terbatas.

Baca Juga :

Penutup

Dalam dunia elektronik, IC TL071 merupakan salah satu komponen yang sering digunakan sebagai penguat operasional. Meskipun digunakan pada berbagai aplikasi, persamaan IC TL071 tetaplah sama, yaitu memberikan penguatan sinyal yang akurat dan stabil.

Baca Juga :   Cara Pasang Booster TV Yang Paling Mudah & Simpel

Kelebihan dari IC TL071 adalah memiliki noise yang rendah, sehingga sinyal yang dihasilkan dapat lebih bersih dan jernih. Selain itu, IC TL071 juga memiliki input impedance yang tinggi, sehingga dapat mengurangi pengaruh dari sinyal masukan pada rangkaian.

Dalam pengaplikasiannya, IC TL071 biasanya digunakan pada rangkaian penguat, filter, dan rangkaian integrator. Namun, keberhasilan dalam penggunaan IC TL071 sangat tergantung pada desain rangkaian dan pemilihan komponen pendukung lainnya.

Secara keseluruhan, IC TL071 dapat menjadi solusi yang tepat dalam rangkaian elektronik Anda. Dengan persamaannya yang stabil dan akurat, Anda dapat memperoleh sinyal yang berkualitas dan dapat diandalkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Persamaan IC TL071: Semua yang Perlu Anda Ketahui. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *