Perbedaan WiFi 2.4GHz 5GHz dan 6GHz

Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz Mana Lebih Baik

Posted on

Finoo.id – Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz Mana Lebih Baik. Ada beberapa pita gelombang radio yang dapat digunakan untuk mengoperasikan jaringan WiFi di kehidupan sehari-hari dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Hingga saat artikel ini ditulis, setidaknya ada tiga frekuensi pita gelombang yang tersedia untuk penggunaan WiFi umum, yaitu 2,4GHz, 5GHz, atau 6GHz.

Pemilihan antara WiFi 2,4GHz, 5GHz, atau 6GHz harus disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan, namun perlu diingat bahwa setiap pita gelombang memiliki keunggulan tersendiri dan membutuhkan dukungan perangkat keras yang berbeda.

Jika ingin memasang WiFi atau meningkatkan kemampuan jaringan, harus dipertimbangkan dengan matang agar koneksi internet tetap dapat tersedia secara maksimal.

Namun, jika tidak sempat untuk mempelajari karakteristik dari masing-masing pita jaringan, kita dapat memahami perbedaan antara WiFi 2,4GHz, 5GHz, atau 6GHz sebelum menentukan pilihan yang tepat.

Apa yang ada di Angka?

Gelombang radio mengirimkan informasi melalui rentang frekuensi tertentu, yang dikenal sebagai spektrum RF. Untuk komunikasi, kelompok frekuensi tertentu dalam spektrum RF, atau pita, digunakan. Pita-pita ini dapat dibagi menjadi beberapa subfrekuensi yang disebut saluran. Penggunaan pita dan saluran frekuensi untuk aplikasi seperti Wi-Fi, TV, radio, dan kontrol lalu lintas udara, diatur oleh lembaga pemerintah.

Angka 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz merujuk pada pita frekuensi RF tertentu yang disetujui untuk penggunaan nirkabel tanpa izin. Angka yang lebih rendah berarti pengulangan pola gelombang yang lebih sedikit dari waktu ke waktu dan oleh karena itu gelombang yang lebih panjang dengan jangkauan yang lebih jauh, sedangkan angka yang lebih tinggi berarti lebih banyak pengulangan yang dapat mengirimkan lebih banyak data pada jarak yang lebih pendek. Untuk konteksnya, 1 hertz (Hz) mewakili satu pengulangan per detik, dan 1 gigahertz (GHz) mewakili satu miliar pengulangan per detik.

Baca Juga :   Cara Reset STB IndiHome Paling Mudah & Praktis

Cara sederhana untuk memahami konektivitas nirkabel adalah dengan memikirkan setiap pita frekuensi sebagai jenis jalan dengan saluran yang berbeda karena jumlah dan lebar jalur yang dapat didukung oleh setiap jalan. 2,4 GHz mirip dengan jalan pedesaan satu jalur yang tidak dirancang untuk lalu lintas padat, tetapi dapat membawa kalian lebih jauh ke lanskap yang lebih kasar. 5 GHz seperti jalan tol multijalur yang biasa digunakan sebagai alternatif jalan pedesaan dan sering macet meski lebih besar. Dan pita terbaru, 6 GHz, jauh lebih besar dan memiliki lebih banyak jalur berkecepatan tinggi yang eksklusif untuk kendaraan terbaru dan tercepat.

Berikut Perbedaan Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz!

Apabila kalian ingin mengetahui perbedaan antara wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz, berikut adalah pembahasannya secara lengkap.

Wifi 2,4GHzWifi 5GHzWifi 6GHz
Transfer data lambatTransfer data cepatTransfer data sangat cepat
Jangkauan area luasJangkauan area terbatasJangkauan area sangat terbatas
Banyak interferensiSedikit interferensiSangat sedikit interferensi
Didukung standar 802.11 b/g/n/axDidukung standar 802.11 a/n/ac/axDidukung standar 802.11 ax (Wifi 6E)

Pertama-tama, mari kita bahas perbedaan antara Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Dapat dilihat dari namanya bahwa ketiga frekuensi ini memiliki nama yang berbeda-beda, dan semakin besar angkanya, semakin bagus pula efeknya.

Kecepatan Transfer Data

Selanjutnya, perbedaan antara Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz dapat dilihat dari kecepatan transfer data. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin tinggi frekuensi yang digunakan untuk jaringan Wifi, maka kemampuan transfer data akan semakin cepat.

Kecepatan transfer data ini merupakan salah satu perbedaan antara masing-masing pita gelombang. Jika dilihat secara berurutan, maka 6GHz memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan 5GHz, dan 2.4GHz menjadi jaringan yang paling lambat.

Perangkat yang Mendukung Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz

Perbedaan selanjutnya antara Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz terletak pada perangkat yang mendukung frekuensi tersebut. Perlu diingat bahwa tidak semua frekuensi dapat digunakan dengan perangkat yang sama, sehingga setiap frekuensi memerlukan perangkat yang berbeda-beda.

Standar 802.11 IEEEGenerasi WiFiKecepatan Transfer Data Maksimal
802.111 – 2Mbps
802.11a6 – 54Mbps
802.11b1 – 11Mbps
802.11g6 – 54Mbps
802.11nWifi 472 – 600Mbps
802.11acWifi 5433 – 6.933Mbps
802.11axWifi 6/Wifi 6E600 – 9.608Mbps
Baca Juga :   Cara Menyambungkan WiFi ke TV Samsung Paling Simpel

Contohnya, 802.11 a/b/g/n mengacu pada stkalianr a, b, g, dan n yang didukung oleh perangkat tersebut. Selain itu, beberapa perangkat dapat digunakan untuk beberapa pita frekuensi, seperti Wifi dengan stkalianr 802.11ax untuk jaringan 2.4GHz, 5GHz, atau 6GHz.

Sementara itu, Wifi 6 tidak sama dengan Wifi 6GHz. Hanya perangkat yang bersertifikasi Wifi 6E atau versi upgrade-nya yang dapat menggunakan dan memanfaatkan frekuensi tersebut untuk transfer data.

Jangkauan Area Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz

Selanjutnya, kita akan membahas tentang jangkauan area dari Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Semakin tinggi frekuensi yang digunakan, maka jangkauan areanya akan semakin terbatas. Jaringan Wifi 6GHz memiliki jangkauan area yang lebih sempit dibandingkan dengan 5GHz, dan jaringan 2.4GHz yang memiliki jangkauan area yang paling luas.

Hal tersebut terjadi karena semakin tinggi frekuensi yang digunakan, maka kecepatan transfer data akan semakin tinggi, namun jangkauannya akan semakin sempit karena gelombang akan semakin melemah. Selain itu, jika ada benda padat yang menghalangi, maka kualitas sinyal akan semakin buruk. Namun, untungnya jaringan 5GHz dan 6GHz jauh lebih aman dari interferensi.

Kemungkinan Gangguan Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz

Perbedaan antara Wifi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz juga dapat dilihat dari segi gangguan yang terjadi. Frekuensi 2.4GHz merupakan gelombang yang paling banyak digunakan, tidak hanya untuk jaringan Wifi saja, melainkan hampir semua perangkat yang memerlukan jaringan tersebut.

Akibatnya, pita gelombang ini dapat menjadi semakin padat sehingga risiko interferensi satu sama lain menjadi semakin tinggi. Di sisi lain, 5GHz tidak terlalu padat karena perangkat yang menggunakan frekuensi ini masih terbilang cukup sedikit. Sedangkan, 6GHz masih tergolong baru dan tersedia secara eksklusif untuk perangkat yang mendukung Wifi 6E.

Mana yang Cocok Untuk Digunakan?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa masing-masing pita jaringan Wifi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Oleh karena itu, kita dapat memilih pita yang sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan preferensi yang dimiliki.

Baca Juga :   Cara Membagi WiFi IndiHome Dengan Mudah

Misalnya, jika rumah memiliki ukuran yang sangat besar dengan dinding yang tebal, maka jaringan 2.4GHz akan sangat cocok. Namun, jika kita gemar bermain game atau memasang Wifi untuk sebuah ruangan tertentu, maka bisa mempertimbangkan Wifi 5 atau Wifi 6E jika memiliki dana lebih banyak.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam era di mana konektivitas internet sangat penting, memiliki pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara WiFi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz sangatlah penting. Masing-masing frekuensi WiFi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memilih yang paling sesuai untuk kebutuhan kalian.

Frekuensi 2,4GHz menawarkan jangkauan sinyal yang lebih luas, namun memiliki kecepatan data yang lebih lambat dan rentan terhadap interferensi. Sementara itu, frekuensi 5GHz dan 6GHz memberikan kecepatan data yang lebih cepat dan kurang rentan terhadap interferensi, tetapi memiliki jangkauan sinyal yang lebih terbatas.

Dalam memilih frekuensi WiFi yang tepat, penting untuk mempertimbangkan lingkungan dan penggunaan yang diinginkan. Misalnya, jika kalian tinggal di apartemen yang padat dengan banyak jaringan WiFi, maka frekuensi 2,4GHz mungkin kurang efektif karena interferensi yang mungkin terjadi. Sebaliknya, frekuensi 5GHz atau 6GHz dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Dengan pemahaman yang baik tentang perbedaan antara frekuensi WiFi ini, kalian dapat memilih yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan konektivitas internet kalian. Dengan teknologi WiFi yang terus berkembang, ada banyak opsi untuk memastikan koneksi internet yang kalianl dan cepat di rumah atau di tempat kerja kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz Mana Lebih Baik. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *