Cara Setting DNS Biznet Tercepat

Cara Setting DNS Biznet Tercepat dan Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Setting DNS Biznet Tercepat dan Paling Tepat. Apakah kalian telah memahami cara mengatur DNS Biznet agar mendapatkan koneksi tercepat? Jika belum, pastikan untuk mempelajari metode dasar operasional agar dapat memaksimalkan potensi layanan yang diberikan oleh penyedia tersebut.

Biznet merupakan penyedia layanan internet yang mengedepankan kualitas terbaik. Mereka menawarkan paket langganan WiFi dan TV kabel untuk menggantikan siaran berbasis parabola.

Mungkin kalian telah memilih untuk menggunakan layanan WiFi Biznet setelah mengetahui kelebihannya. kalian ingin merasakan koneksi internet yang baik untuk mendukung aktivitas online sehari-hari.

Kami telah menyusun panduan yang mudah diikuti mengenai cara mengatur DNS Biznet. Hal ini akan membantu pemula melakukan konfigurasi router tanpa perlu mengkalianlkan bantuan teknisi.

Tentang DNS WiFi Biznet

Mungkin bagi sebagian orang yang awam belum mengenal DNS Biznet dan hanya menggunakan layanan internet stkalianr. Mereka mungkin kurang tertarik untuk mencoba melakukan konfigurasi sesuai keinginan sendiri.

Pengertian DNS

DNS memiliki hubungan yang erat dengan alamat IP setiap situs web yang ada di internet. Setiap situs web membutuhkan layanan DNS untuk mengidentifikasi alamat IP. DNS dapat dijelaskan secara singkat sebagai buku telepon internet.

Ketika pengguna mengetikkan nama domain seperti biznetgio.com atau google.com pada URL bar di browser, DNS bertanggung jawab untuk mencari alamat IP yang sesuai dengan situs web tersebut. Browser kemudian menggunakan alamat IP tersebut untuk berkomunikasi dengan server dan mengakses informasi dari situs web tersebut.

Semua ini bisa terjadi berkat adanya DNS Server, yaitu mesin yang bertugas untuk merespons permintaan informasi mengenai alamat IP sebuah situs web atau DNS Query. DNS dan DNS Server bekerja sama untuk menerjemahkan nama domain menjadi nomor alamat IP yang dapat dipahami oleh browser/server.

Baca Juga :   Cara Pasang Wifi Biznet: Panduan Lengkap

Fungsi DNS

Dari penjelasan di atas, salah satu fungsi DNS adalah sebagai penerjemah antara pengguna dan server. Namun, selain fungsi tersebut, DNS juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu:

  1. Memetakan nama host dan alamat IP yang ada secara global.
  2. Mencari informasi alamat IP sebuah situs web berdasarkan nama domain.
  3. Menerjemahkan suatu nama host menjadi alamat IP atau sebaliknya.
  4. Mencari alamat host untuk memenuhi permintaan dari klien.
  5. Pada sistem DNS cache berperan dalam melakukan pencarian domain dengan lebih cepat.
  6. DNS Server mampu mengidentifikasi komputer yang ada di dalam suatu jaringan.
  7. Memfasilitasi pengiriman email dengan mencari server yang tepat.
  8. Mengamankan aktivitas transfer data yang terjadi saat pengguna mengakses suatu situs web.

Bagaimana Cara Kerja DNS Server?

Ada lima rangkaian proses utama dalam cara kerja DNS Server untuk mengelola sebuah situs web, berikut ini penjelasannya secara lengkap:

1. Request DNS Query

Proses pertama dimulai saat pengguna mulai mengetikkan nama domain di URL Bar. DNS Server akan mencari informasi dalam berkas file hosts, yaitu sebuah file teks yang berada di dalam sistem operasi dan berfungsi untuk mengarahkan nama host ke alamat IP. Jika informasi yang dicari tidak ditemukan, maka server akan mencari di cache, yaitu komponen hardware atau software yang menyimpan data untuk sementara.

Pada tahap ini terdapat tiga jenis DNS Query, yaitu:

  • Recursive Query
  • Iterative Query
  • Non-recursive Query

2. DNS Recursive Resolver atau DNS Recursor

Tahap kedua adalah proses pencarian informasi yang diminta oleh pengguna, yaitu nama domain pada URL Bar. Jika informasi yang diminta tidak ditemukan dalam cache, maka sistem akan meminta server lain untuk memenuhi permintaan tersebut atas nama klien (browser) dengan mencari informasi di cache ISP (Internet Service Provider). Inilah yang disebut recursor. Server ini berfungsi sebagai agen yang menyediakan setiap informasi yang diminta. Contohnya adalah recursor 8.8.8.8 atau 1.1.1.1.

3. Root Name Server

Jika informasi yang diminta tidak ditemukan pada cache ISP, maka recursor akan meminta bantuan pada Root Name server, yaitu sebuah database yang dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang berkaitan dengan nama domain dan alamat IP. Selanjutnya, server ini akan merespons permintaan tersebut dengan memberitahu agen untuk mengakses area yang lebih spesifik, yaitu top-level-domain name server (TLD name server).

Baca Juga :   Cara Setting DNS MyRepublic Tercepat dan Paling Stabil

4. TLD Name Server

Server untuk tipe top-level domain seperti (.org, .com, .au, .edu, .id, dan lain-lain) disebut TLD Name Server, yang bertanggung jawab untuk mengelola semua informasi terkait ekstensi domain umum.
TLD Name Server kemudian akan merespons permintaan dari DNS Recursive Resolver dan meneruskannya ke Authoritative DNS Server, atau Authoritative Name Server. Server inilah yang memiliki data asli dari domain tersebut.

5. Authoritative Name Server

Ketika DNS Recursive Resolver bertemu dengan Authoritative Name Server, pada saat itu jawaban akan diberikan. Authoritative Name Server memiliki semua informasi yang terkait dengan situs web. Jika informasi telah sesuai, maka browser akan menampilkan berbagai situs web pada halaman awal yang diminta. Namun, pencarian ini memerlukan waktu tertentu dan harus diulang untuk memastikan bahwa informasi yang ditampilkan tetap terbaru. Setelah tahap ini selesai, web browser akan menampilkan halaman situs web yang diminta. Contoh dari Authoritative Name Server adalah satu.neodns.id dan dua.neodns.id yang digunakan di layanan Biznet Gio.

Cara Setting DNS Biznet Tercepat

Setiap pelanggan wajib menggunakan DNS Biznet yang cukup cepat dan stabil. Jika mereka mengganti dengan nomor DNS lain, maka mereka tidak dapat melakukan browsing secara otomatis.

Konfigurasi DNS Biznet terletak pada router dengan mengakses fitur admin yang tersedia. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur berbagai parameter jaringan WiFi sesuai keinginan mereka.

Berikut adalah cara setting DNS Biznet tercepat yang paling praktis:

1. Login Admin Biznet

Periksa terlebih dahulu unit router yang terpasang dengan mencapai lokasi instalasi jaringan. Perhatikan stiker yang menempel di balik perangkat, data login admin Biznet akan tertera di sana.

  • Hidupkan smartphone atau komputer kalian.
  • Pastikan perangkat tersebut terhubung ke WiFi Biznet.
  • Buka salah satu aplikasi browser favorit kalian.
  • Ketik nomor IP Address router pada kolom URL browser.
  • Misalnya 192.168.0.1, kemudian tekan tombol enter.
  • Halaman untuk proses login akun admin akan terbuka.
  • Masukkan username dan password dengan benar.
  • Contoh “user:admin” dan “pass:admin”, kemudian tekan enter.
  • Tekan tombol login untuk mengakses dashboard admin.
  • Proses login akun admin pada WiFi Biznet berhasil.
Baca Juga :   Cara Reset STB IndiHome Paling Mudah & Praktis

2. Setting DNS Biznet

Biznet mungkin memasang router dengan merek tertentu, namun yang paling umum adalah TP-Link. Proses pengaturan WiFi maupun DNS hampir sama walaupun tampilan menu mungkin berbeda.

  • Pastikan kalian berhasil login ke admin Biznet.
  • Tekan menu DCHP, lalu pilih bagian DCHP Settings.
  • Isi Primary DNS dan Secondary DNS Biznet.
  • Tekan tombol Save untuk mengonfirmasi pengaturan.
  • Proses pengaturan DNS Biznet berhasil dilakukan tanpa masalah.
  • Sebenarnya, para teknisi akan mengatur konfigurasi DNS ini mengacu pada stkalianr pabrik. Sehingga pelanggan tidak perlu repot dan hanya perlu menggunakan layanan WiFi dengan baik.

Inilah nomor DNS Biznet tercepat:

DNS BiznetNomor DNS
Primary DNS203.142.82.222
Secondary DNS203.142.84.222

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara setting DNS Biznet tercepat yang dapat kalian terapkan pada jaringan kalian.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat meningkatkan kecepatan akses internet kalian dengan optimal.

Ingatlah untuk selalu memperbarui DNS secara berkala dan memilih server yang paling dekat dengan lokasi kalian untuk hasil yang lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa untuk terus mempelajari cara-cara baru untuk meningkatkan koneksi internet kalian. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *