Cara Membagi WiFi IndiHome

Cara Membagi WiFi IndiHome Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Membagi WiFi IndiHome Dengan Mudah. Beberapa orang memilih patungan internet berlangganan sebagai cara untuk mengurangi biaya. Walaupun kurang praktis, metode ini masih umum ditemukan di kalangan masyarakat tertentu.

Salah satu penyedia layanan favorit yang menawarkan WiFi dan TV kabel yang jernih adalah IndiHome. Namun, terkadang pelanggan ingin membagikan akses internet ke tetangga, baik karena sukarela atau karena kondisi sebelumnya memaksa mereka untuk membagi biaya.

Apapun alasan Anda, Anda mungkin memerlukan informasi tentang cara membagikan WiFi IndiHome tanpa menggunakan kabel. Kami telah menyusun panduan sederhana untuk membantu pemula memahami konfigurasi jaringan internet yang berbeda agar dapat memaksimalkan penggunaan internet.

Mengenal Indihome

Indihome merupakan singkatan dari Indonesia Digital HOME dan merupakan produk layanan yang ditawarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Layanan Indihome meliputi paket komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USee TV Cable, IP TV).

Indihome dijuluki sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon. IndiHome pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, menggantikan layanan Speedy yang sebelumnya dimiliki oleh Telkom sebagai penyedia internet. Sejak peluncurannya, pelanggan Speedy diharuskan beralih ke IndiHOME.

Saat ini, IndiHome telah menyebar di seluruh Indonesia dan terus mengembangkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang semakin tinggi. Salah satu layanan yang paling unggul dari Indihome adalah internet fiber.

Baca Juga :   Cara Setting WiFi First Media: Simple dan Mudah

Syarat Membagi WiFi IndiHome

Mungkin saja kamu sudah memasang WiFi IndiHome dengan memilih paket internet yang paling mahal. Dengan demikian, bandwidth yang tersedia menjadi besar dan mampu mendukung banyak perangkat secara bersamaan.

Ketersediaan bandwidth yang besar membuat opsi untuk membagikan WiFi masih memungkinkan. Dengan begitu, kenyamanan dalam berinternet tidak akan terganggu selama perangkat yang terhubung masih dalam kendali.

Namun, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk dapat membagikan jaringan WiFi IndiHome, antara lain:

1. Unit Repeater

Repeater adalah perangkat elektronik yang berguna untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal WiFi. Alat ini akan terhubung ke router IndiHome dan perangkat lain secara bersamaan yang dapat memotong bandwidth.

Untuk dapat membagikan WiFi IndiHome tanpa menggunakan kabel, kamu membutuhkan Repeater sebagai syarat utama. Perangkat ini dapat kamu beli di toko elektronik terdekat ataupun toko online.

2. Tidak Pasang Tarif

Sebelum memutuskan untuk membagikan bandwidth WiFi, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak IndiHome. Sebab, provider memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku bagi seluruh pelanggan yang menggunakan layanan tersebut.

Selain itu, IndiHome tidak mengizinkan pelanggan untuk memasang tarif jika ingin membagikan WiFi. Pelanggaran terhadap prosedur yang berlaku dapat mengakibatkan sanksi sesuai kebijakan yang berlaku.

Cara Membagi WiFi IndiHome dengan Repeater

Terdapat dua metode untuk membagikan koneksi WiFi IndiHome, yaitu melalui kabel dan nirkabel. Namun, penggunaan Repeater lebih populer karena memberikan kemudahan dalam proses instalasi secara praktis.

Berikut ini adalah cara untuk membagikan WiFi IndiHome tanpa menggunakan kabel yang perlu kamu ketahui:

1. Instalasi Repeater

Pastikan kamu telah membeli Repeater dari merek tertentu, misalnya unit dari pabrikan TP Link. Carilah lokasi yang paling ideal untuk menempatkan perangkat ini di rumah tetangga yang dekat dengan modem IndiHome.

Baca Juga :   Cara Ganti Password WiFi XL Home : Mudah & Simpel

Pastikan lokasi tersebut dapat mendeteksi sinyal WiFi IndiHome dengan kekuatan minimal 2 bar. Jika lokasinya terlalu jauh, mungkin dibutuhkan antena tambahan agar pembagian optimal.

2. Setting Repeater

Pastikan unit Repeater telah terpasang dengan benar dan sudah dapat menerima sinyal WiFi. Proses konfigurasi cukup mudah, selama kamu memiliki pengetahuan dasar mengenai jaringan internet.

Berikut adalah cara untuk mengatur Repeater agar dapat membagikan jaringan:

  • Hidupkan smartphone atau komputer kamu.
  • Buka salah satu aplikasi browser, misalnya Opera.
  • Ketik alamat IP “192.168.0.254” pada kolom URL.
  • Masukkan username dan password untuk login admin. Contohnya, “username: admin” dan “password: admin”.
  • Tekan menu Working Mode dan pilih Repeater.
  • Tekan Save dan ganti alamat IP Repeater agar tidak bentrok dengan modem.
  • Tekan reboot dan tunggu sampai Repeater menyala kembali.
  • Hubungkan unit Repeater ke modem WiFi IndiHome.
  • Tekan menu Wireless Settings dan pilih Repeater.
  • Tekan menu Survey dan pilih nama WiFi IndiHome.
  • Tekan Connect dan masukkan password WiFi IndiHome.
  • Tekan Save dan Reboot untuk opsi terakhir.

Setelah proses konfigurasi Repeater selesai, silakan melakukan uji jaringan WiFi di rumah tetangga. Pastikan sinyal telah muncul dan hubungkan perangkat untuk mendapatkan akses internet yang cepat.

Cara Membagi Bandwidth IndiHome dengan Mikrotik

Kamu dapat membagi bandwidth IndiHome dengan mudah menggunakan metode Simple Queue pada mikrotik. Metode ini merupakan salah satu cara termudah untuk mengatur bandwidth yang dapat diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah.

Cara ini dilakukan dengan mengatur pemakaian bandwidth upload dan download pada setiap pengguna jaringan internet. Metode Simple Queue ini dapat diterapkan pada perangkat komputer Windows 10 dan dapat diakses secara gratis.

Baca Juga :   Cara Setting DNS Biznet Tercepat dan Paling Tepat

Dengan begitu, pelanggan IndiHome dapat memantau penggunaan jaringan WiFi secara berkala.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membagikan bandwidth dengan menggunakan mikrotik, seperti dilansir oleh finoo.id:

  • Buka metode Simple Queue pada perangkat komputer.
  • Masukkan IP Address IndiHome yang ingin dituju, yaitu 192.168.1.1.
  • Centang menu ‘Target Upload’ dan ‘Target Download’.
  • Tentukan kecepatan maksimum download dan upload, yaitu 128k untuk upload dan 256k untuk download.
  • Simpan perubahan pengaturan bandwidth.
  • Selesai.

Penutup

Demikianlah ulasan finoo.id tentang beberapa cara untuk membagi koneksi WiFi IndiHome. Dengan menggunakan beberapa metode yang telah dijelaskan di atas, diharapkan dapat membantu Anda untuk membagikan koneksi internet kepada keluarga atau teman dengan mudah dan aman.

Namun, perlu diingat bahwa keamanan jaringan WiFi harus selalu dijaga dengan baik agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu mengubah kata sandi secara berkala dan membatasi akses pengguna yang tidak dikenal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *