Cara Login WiFi Biznet

Cara Login WiFi Biznet Untuk Setting Admin

Posted on

Finoo.id – Cara Login WiFi Biznet Untuk Setting Admin. Kenyamanan internet yang diterima melalui berlangganan tergantung pada layanan dan pengaturan modem yang digunakan. Kendati paket internet memiliki kecepatan yang memadai, tidak dapat menjamin kelancaran koneksi.

Hal ini menjadi alasan utama mengapa sebagian besar pelanggan ingin melakukan konfigurasi sendiri dengan login admin WiFi. Jika kamu baru saja memasang layanan internet dan IPTV bulanan dari provider Biznet, kamu mungkin ingin memaksimalkan potensi layanan WiFi Biznet agar koneksi senantiasa stabil.

Untuk melakukan pengaturan pada modem, kamu perlu mengakses fitur admin yang tersedia secara standar. Untuk memudahkan pemula dalam menerapkan berbagai konfigurasi dasar untuk kenyamanan berinternet, kami telah merangkum sebuah panduan terkait cara login WiFi Biznet yang paling sederhana dan praktis.

Sekilas Tentang Biznet

Biznet adalah perusahaan infrastruktur digital terintegrasi yang beroperasi di Indonesia. Kami menyediakan layanan internet, data center, cloud computing, dan IPTV dengan tujuan untuk membangun infrastruktur modern dan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya.

Sebagai perusahaan yang peduli dengan perkembangan teknologi, kami bangga memiliki dan mengoperasikan jaringan fiber optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia.

Fitur Login Admin WiFi

Saat pemasangan jaringan Biznet, petugas akan melakukan konfigurasi standar pada router agar pelanggan dapat dengan mudah menikmati layanan internet dan IPTV yang lancar.

Namun, pelanggan juga dapat melakukan konfigurasi sendiri seperti mengganti password, menetapkan batasan akses, dan menyembunyikan sinyal WiFi. Semua ini dapat dilakukan dengan cara masuk ke akun administrator unit modem melalui proses login.

Syarat Login Admin WiFi

Untuk melakukan login ke akun administrator pada layanan WiFi Biznet, pelanggan memerlukan nomor IP Address dan data akun standar. Informasi ini dapat ditemukan pada stiker yang terpasang di belakang unit modem.

Berikut adalah data username dan password standar untuk login ke akun WiFi Biznet:

UsernamePassword
telecomadminadmintelecom
EpadminadminEp
EpuseruserEp
Baca Juga :   Cara Pasang Wifi Biznet: Panduan Lengkap

Data nomor IP Address untuk modem WiFi Biznet:

NomorIP Adress
1192.168.1.1
2192.168.0.1

Solusi Gagal Login Biznet

Beberapa pelanggan memilih untuk mengubah password standar saat melakukan login ke akun administrator WiFi Biznet. Namun, tindakan ini bisa berisiko apabila pelanggan lupa kata sandi yang baru dan tidak dapat mengakses akun.

Akibatnya, pelanggan tidak dapat login ke akun administrator dan tidak bisa melakukan setting apapun. Untuk mengatasi masalah ini, pelanggan dapat mencoba proses restart dan reset WiFi Biznet terlebih dahulu untuk mengembalikan setelan ke konfigurasi awal.

Cara Login WiFi Biznet

Saat ini, Biznet hanya menyediakan modem merek Huawei dengan tipe yang berbeda-beda. Oleh karena itu, username dan password standar untuk login ke akun administrator tentunya berbeda pula sesuai dengan jenis unit.

Sebagai pelanggan Biznet, penting untuk mengetahui tipe modem yang terpasang untuk menghindari kesalahan dalam proses akses ke akun administrator. Jangan sampai salah mengenali unit yang digunakan karena hal ini dapat menyebabkan kegagalan dalam mengakses akun.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan login ke WiFi Biznet pada seluruh tipe modem:

  • Pastikan modem WiFi Biznet dalam keadaan beroperasi.
  • Hidupkan perangkat seperti smartphone atau komputer.
  • Hubungkan perangkat ke jaringan internet dari provider Biznet.
  • Buka salah satu aplikasi browser favorit seperti Chrome.
  • Ketik alamat IP Address modem pada kolom URL browser.
  • Halaman untuk penginputan akun standar akan muncul.
  • Masukkan username dan password dengan benar.
  • Tekan tombol login hingga muncul dashboard admin.
  • Proses login ke WiFi Biznet berhasil.
  • Kamu dapat menerapkan setting sesuai dengan preferensi kamu.

Biznet saat ini menggunakan dua seri router modem Huawei yang utama, yaitu HG8245H5 dan EG82545. Namun, kemungkinan terdapat beberapa tipe lain yang tersedia seiring dengan peningkatan fitur dari layanan Biznet.

Perlu diperhatikan bahwa informasi mengenai data login umumnya tertera di bagian belakang unit modem. Namun, jika perangkat sudah tua, stiker yang berisi detail akun dapat hilang bahkan tidak terlihat.

Selain itu, proses konfigurasi pada sistem membutuhkan pengetahuan dasar tentang WiFi Biznet. Hindari kesalahan dalam menerapkan parameter yang berpotensi menyebabkan error.

Cara Ganti Password Wifi Biznet

Untuk menghindari adanya “penumpang gelap” pada jaringan WiFi Biznet, penting untuk melakukan perubahan kata sandi secara berkala. Dengan melakukan cara mengganti password WiFi Biznet secara rutin, maka para “penumpang gelap” akan sulit untuk mengakses jaringan WiFi tersebut.

Baca Juga :   Cara Update Firmware Fiberhome Paling Mudah & Simpel

Jangan biarkan para pemburu WiFi Biznet gratis bertindak seenaknya. Melakukan perubahan kata sandi secara rutin dapat membantu melindungi jaringan WiFi Biznet dari pengguna yang tidak sah.

1. Cara Mengganti Password Wifi Biznet Modem Huawei EG8245H5

Untuk mengganti password WiFi Biznet pada modem Huawei, kamu dapat melakukannya melalui perangkat apa saja, baik itu smartphone maupun laptop. Berikut adalah cara mengganti password WiFi Biznet pada modem Huawei EG8245H5:

  • Hubungkan perangkat ke jaringan internet. Pastikan perangkat terhubung ke jaringan internet router atau modem Biznet. Jika menggunakan smartphone, pastikan terhubung ke jaringan WiFi yang ingin diganti password-nya.
  • Buka alamat IP router. Ketikkan 168.100.1 agar halaman login panel router atau modem terbuka. Jika tidak berhasil, coba IP lain seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 atau 192.168.1.254.
  • Masukkan akun dan kata sandi. Gunakan akun dan kata sandi seperti root dan admin, admin dan admin, atau telecomadmin dan telecomadmin.
  • Masuk ke menu WLAN -> WLAN Basic Configuration. Selanjutnya, ganti password pada kolom WPA PreSharedKey. Kamu juga dapat mengganti SSID pada kolom SSID Name.
  • Pastikan Authentication Mode terpilih WPA/WPA2 PreShareKey dan Encryption Mode terpilih TKIP&AES.
  • Klik tombol Apply agar data yang kamu masukkan tersimpan.

Setelah menekan tombol Apply, cara mengubah password WiFi Biznet berhasil dilakukan. Pastikan untuk mengingat kata sandi yang baru dibuat karena sambungan internet akan terputus. Jika terputus, login kembali menggunakan password baru tersebut.

2. Cara Ganti Password Wifi Biznet Modem Huawei HG8045H

Cara mengganti password WiFi Biznet pada modem Huawei HG8045H sebenarnya tidak jauh berbeda dengan modem Huawei EG8245H5. Perbedaannya hanya terletak pada router atau modem Huawei yang digunakan. Berikut ini cara mengubah password WiFi Biznet pada modem Huawei HG8045H:

  • Hubungkan perangkat yang akan digunakan ke jaringan WiFi yang akan diubah password-nya.
  • Buka browser dan ketik alamat IP 168.100.1.
  • Masukkan username dan password, lalu pilih menu login.
  • Setelah berhasil login, carilah Network Name atau SSID untuk mengubah nama modem Huawei milik kamu.
  • Aktifkan enkripsi WPA2-PSK pada router Huawei tersebut.
  • Masukkan kunci pra-berbagi WPA yang ingin diubah kata sandinya. Pastikan kata sandi yang digunakan berbeda dengan kata sandi untuk login ke modem Huawei. Gunakan 16-20 karakter untuk membuat kata sandi yang kuat.
  • Aktifkan pembaruan firmware otomatis untuk meminimalkan risiko keamanan pada router. Klik menu ON pada firmware router.
  • Lakukan cara mengganti password WiFi Biznet setiap 6 bulan sekali untuk meminimalkan risiko kecurangan yang mungkin terjadi.
  • Buatlah jadwal untuk mengganti password WiFi Biznet secara rutin agar tagihan WiFi dapat dihemat untuk membayar kebutuhan lainnya.
Baca Juga :   Perbandingan XL Home Vs IndiHome Untuk WiFi di Rumah

3. Modem Lain

Selain cara mengganti password WiFi Biznet pada modem Huawei EG8245H5, kamu juga dapat mengganti password pada modem atau router selain Huawei dengan cara yang hampir sama. Berikut adalah cara mengganti password WiFi Biznet lewat hp:

  • Hubungkan perangkat hp atau laptop ke jaringan WiFi yang ingin diganti password-nya.
  • Ketikkan alamat IP panel router pada browser. Gunakan alamat IP 168.88.254, jika tidak berhasil coba IP lain seperti 192.168.100.1, 192.168.1.1, atau 192.168.0.1.
  • Login menggunakan username dan password yang sama seperti poin 1.
  • Setelah berhasil login, pilih menu Setup -> Wireless Setup -> Wireless Security -> isi password baru pada kolom Pre-Shared Key untuk cara mengganti password WiFi Biznet.
  • Jika ingin mengganti SSID name, pilih menu Advanced dan ubah tulisan yang tertera pada kolom Wireless Network Name.
  • Klik menu Apply untuk menyimpan perubahan.
  • Selesai.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengakses internet di Biznet, salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan login WiFi. Agar bisa terhubung dengan internet secara lancar dan cepat, pastikan kamu telah memahami cara login WiFi Biznet dengan baik.

Hal yang perlu diperhatikan adalah username dan password yang telah diberikan oleh pihak Biznet harus benar dan valid. Selain itu, pastikan juga perangkat yang digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi Biznet.

Dengan mengikuti langkah-langkah login WiFi Biznet dengan benar, kamu bisa merasakan koneksi internet yang stabil dan cepat. Jadi, pastikan kamu memahami dan mengikuti petunjuk dengan baik agar bisa merasakan koneksi internet Biznet yang optimal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas Cara Login WiFi Biznet Untuk Setting Admin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *