Persamaan IC 4558

Persamaan IC 4558 Mana Yang Lebih Baik Berikut Penjelasanya

Posted on

Finoo.id – Persamaan IC 4558 Mana Yang Lebih Baik Berikut Penjelasanya. Komponen elektronika aktif yang disebut Integrated Circuit (IC) adalah kumpulan ratusan bahkan jutaan rangkaian dioda, transistor, kapasitor, dan resistor yang terintegrasi menjadi satu rangkaian elektronik berukuran lebih kecil. Fungsi utama IC adalah sebagai penguat sinyal, daya, dan power.

IC adalah komponen yang umum digunakan dalam berbagai peralatan elektronik seperti radio dan televisi dengan model dan seri yang berbeda-beda. Salah satu model IC yang banyak digunakan pada berbagai merek alat elektronik seperti TV dan radio adalah IC 4558.

Namun, IC 4558 tergolong model IC yang langka dan sulit ditemukan, sehingga ketika IC ini rusak, banyak orang kesulitan untuk mendapatkan penggantinya. Solusi terbaik untuk mendapatkan pengganti IC 4558 yang rusak adalah dengan mencari persamaan data pin dalam datasheet IC ini.

Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui persamaan IC 4558, termasuk mungkin Anda. Oleh karena itu, silakan simak ulasan lengkap tentang persamaan IC 4558 dari hargaalat pada bagian bawah.

Apa Itu Persamaan IC 4558?

Persamaan IC 4558 merujuk pada persamaan elektronik dari sirkuit terpadu (Integrated Circuit) 4558 yang juga dikenal sebagai op-amp (operational amplifier) 4558. Op-amp 4558 merupakan salah satu op-amp paling populer dalam dunia elektronik dan memiliki banyak aplikasi dalam berbagai jenis sirkuit elektronik.

Persamaan IC 4558 menjelaskan karakteristik dan perilaku dari op-amp 4558, seperti impedansi input, impedansi output, gain, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui persamaan IC 4558, seorang insinyur atau teknisi dapat merancang sirkuit elektronik yang lebih efektif dan mengoptimalkan kinerja op-amp 4558 dalam sirkuit tersebut.

Persamaan IC 4558

Sama seperti mencari FTB TV, banyak orang yang mencari persamaan flyback TV dengan data pin yang serupa. Hal yang sama juga berlaku pada IC, dimana tukang service akan mencari persamaan IC serupa dengan syarat memiliki datasheet yang sama dengan IC yang asli.

Itulah mengapa ketika tidak ditemukan model IC yang sama, orang-orang akan mencari persamaan IC sebagai penggantinya. Meskipun setiap tipe IC berbeda-beda, fungsinya sama jika mendapatkan tipe yang benar.

Setiap IC pasti memiliki persamaan masing-masing, termasuk IC 4558. Ada beberapa pengganti IC 4558 yang bagus dan dapat dijadikan pilihan terbaik jika Anda tidak dapat menemukan IC dengan datasheet yang sama dengan IC 4558.

Berikut adalah persamaan IC 4558:

  1. IC-LM358
  2. IC-TL072
  3. AD823
  4. AD823AN
  5. JRC3404

Itulah sejumlah persamaan IC 4558 terbaik yang dapat digunakan sebagai pengganti ketika Anda kesulitan menemukan IC aslinya. Namun, perlu diingat bahwa IC TL072 merupakan versi kecilnya yang hanya dapat bekerja dengan maksimal hingga 15VDC saja.

Dengan adanya persamaan di atas, sekarang Anda dapat dengan mudah menemukan pengganti ketika IC aslinya rusak. Persamaan IC di atas sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di toko-toko elektronik baik online maupun offline.

Harganya juga terjangkau, di mana umumnya harga IC 4558 dan persamaan model di atas dijual dengan kisaran harga sekitar Rp. 15.000 – Rp. 27.000. Harga tersebut tergantung dari toko dan kelangkaan produk IC tersebut.

Namun, jika model persamaan di atas tidak tersedia atau sulit ditemukan, jangan khawatir karena masih ada persamaan IC lain yang dapat ditemukan dengan mencocokan data sheet dari IC 4558 seperti yang tertera di bawah ini.

Data Pin dan Tegangan IC 4558

Selain memiliki harga yang terjangkau, IC 4558 juga memiliki kualitas yang bagus dan dapat digunakan di berbagai rangkaian elektronik. Namun, perlu diketahui bahwa IC 4558 memiliki dua penguat op-amp di dalamnya.

Anda dapat menggunakan keduanya atau hanya satu saja. Tegangan kerja IC ini cukup kecil dan efisien, sekitar 5 hingga 15 volt. IC ini termasuk dalam golongan IC Linear Monolithic, sehingga sering tertulis sebagai LM4558.

Di bawah ini adalah data dan tegangan dari IC 4558. Untuk spesifikasi dan fitur lebih lanjut, silakan simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Nomor PinNama PinKeterangan
1OutOutput A
2InputInverting input A
3InputNon inverting input A
4GroundGround
5InputNon inverting input B
6InputInverting input B
7OutOutput B
8VccTegangan 5 – 15 Volt

Fitur dan Spesifikasi IC 4558

IC JRC 4558 atau LM 4558 adalah penguat ganda monolitik berkinerja tinggi yang dikompensasikan secara internal dan dirancang pada satu chip silikon. Penguatan tegangan tinggi (100 dB tip.), impedansi input yang baik (5 MΩ tip.), dan catu daya serbaguna (± 4 hingga 18 Volt) membuatnya sempurna untuk disesuaikan dengan desain sirkuit pedal.

Berikut adalah fitur dan spesifikasi dari IC 4558:

  1. Memiliki dua Op Amp secara individual.
  2. Rendah noise serta interferensi sinyal.
  3. Dilengkapi dengan proteksi continuous short circuit.
  4. Tidak menghasilkan latch up.
  5. Gain dan fase seimbang.
  6. Rentang tegangan diferensial yang besar.
  7. Noise input rendah.
  8. Tingkat sensitivitas kelembapan rendah.
  9. CMRR 80dB.
  10. Suplai tegangan tunggal 5 – 15 Volt.
  11. Suplai tegangan simetris +15v dan -15v.
  12. Temperatur operasional 0 – 70°C.
  13. Disipasi daya total 200mW.
  14. Rentang Tegangan Pasokan: ± 5V hingga ± 15V.
  15. Bandwidth: 3MHz.
  16. Jumlah Amplifier: 2.
  17. Jumlah Pin: 8.
  18. Suhu Operasi Maksimal: 70°C.
  19. Suhu Operasi Minimal: 0°C.
  20. Tingkat Slew: 1.7V / s.
  21. Tersedia dalam Paket DIP dan SOP 8-Pin.

Dengan fitur dan spesifikasinya yang lengkap, IC 4558 cocok digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik, terutama dalam desain sirkuit pedal.

Dimana Menggunakan IC 4558 ?

IC 4558 dapat digunakan dalam rangkaian operasi op-amp tujuan umum seperti komparator, amplifikasi diferensial, atau operasi matematika. Selain itu, perangkat yang dirancang khusus untuk aplikasi seperti amplifier transduser, blok amplifikasi DC agar lebih mudah diimplementasikan dalam sistem tegangan supply tunggal.

Misalnya, perangkat ini bisa dioperasikan langsung dari supply 5V standar yang digunakan pada elektronik digital tanpa supply -5V tambahan. Selain dua op-amp, IC 4558 juga dapat menjalankan dua fungsi berbeda sekaligus.

Selain itu, IC 4558 juga dapat digunakan pada rangkaian berikut ini:

  1. Amplifier Tunggal yang Direferensikan ke Tanah di Mobil.
  2. Instrumentasi Portabel.
  3. Sampel dan Tahan Amplifier.
  4. Pengatur Waktu/Multivibrator Durasi Panjang (Mikrodetik Menit-Jam).
  5. Instrumentasi arus foto.
  6. Sistem Alarm Intrusi.
  7. Pembanding.
  8. Generator Fungsi.
  9. Penguat Instrumentasi.

Dengan kemampuan yang sangat beragam, IC 4558 dapat digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik, dari yang sederhana hingga kompleks.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang berbagai aspek persamaan IC 4558, mulai dari fitur-fitur utamanya hingga cara penggunaannya dalam berbagai aplikasi. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang persamaan IC 4558 dan manfaatnya dalam bidang elektronik.

Dalam penggunaan IC 4558, pastikan untuk selalu memperhatikan datasheet dan spesifikasi teknisnya agar dapat mengoptimalkan kinerjanya. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan komponen-komponen yang berkualitas dan melakukan perancangan rangkaian yang tepat agar mendapatkan hasil yang optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang tertarik dengan persamaan IC 4558 dan dunia elektronik secara keseluruhan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *