Tips Agar Suara Bass Empuk

Tips Agar Suara Bass Empuk dan Nyaman Didengar

Posted on

Finoo.id – Tips Agar Suara Bass Empuk dan Nyaman Didengar. Setiap orang ingin memiliki sistem audio dengan daya yang stkalianr tetapi menghasilkan suara bass yang empuk dan nyaman di telinga. Nada bass yang empuk dan nyaman akan membuat musik yang didengarkan terdengar lebih halus dan tidak menyakitkan telinga.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi suara bass empuk, seperti jenis amplifier yang digunakan, perangkat pengatur frekuensi atau tone control, speaker, dan desain kotak speaker. Semua faktor ini saling terkait dan bekerja sama untuk menghasilkan suara musik yang lembut dan empuk.

Oleh karena itu, untuk membangun sebuah perangkat sound sistem yang menghasilkan suara bass empuk, diperlukan perencanaan yang matang agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Bagi para penggemar atau hobi dalam bidang audio, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan suara yang jernih dan enak didengar, terutama untuk suara bass.

Maka dari itu, artikel ini akan membagikan informasi tentang cara agar sound sistem memiliki suara bass empuk. Jadi, bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai cara agar suara bass empuk, simak ulasan tentang cara agar suara bass empuk dari teknisitv berikut ini.

Mengenai Suara Bass

Bas adalah suara terendah yang dapat dihasilkan oleh penyanyi pria, dengan rentang nada antara E2 hingga E4. Namun, beberapa penyanyi dapat mencapai nada C2 yang sangat ekstrem.

Selain dapat dihasilkan oleh manusia, suara bas juga dapat dihasilkan oleh alat musik. Bas memiliki fungsi sebagai akar atau dasar sebuah lagu, dan merupakan suara yang sangat diperlukan dalam setiap komposisi paduan suara campuran atau paduan suara pria.

Beberapa alat musik yang dapat menghasilkan suara bas antara lain gitar bas (listrik) dan kontrabas (akustik).

Baca Juga :   Persamaan IC TL071: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Cara Agar Suara Bass Empuk

Mendapatkan suara bass empuk dari sound sistem sebenarnya tidak mudah, karena biasanya suara bass identik dengan power besar, tegangan stabil, dan penggunaan speaker yang baik. Sebagai contoh, pada sebuah amplifier rumahan dengan skala power sekitar 150-300 watt, ketika bass dinaikkan, suara bass terkadang malah menurun atau bahkan pecah.

Untuk menghindari hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah amplifier dengan power 150-300 watt. Pertama, perhatikan trafo yang digunakan, karena trafo merupakan salah satu penentu kualitas suara yang dihasilkan. Disarankan untuk menggunakan trafo berukuran 10 ampere. Kesalahan yang sering terjadi adalah menambah jumlah transistor out, bukan ukuran trafo, seperti dari 4 menjadi 8 atau bahkan 16.

Selanjutnya, perhatikan penggunaan elko. Untuk amplifier 150/300 watt, disarankan menggunakan elko berukuran 1000uf 80 volt yang berkualitas. Kemudian, untuk dioda, gunakan dioda bright berukuran 25-35 ampere. Jangan lupa untuk menggunakan transistor power berkualitas, seperti merk Sanken atau transistor OCL merk Mexico.

Tone kontrol juga sangat penting untuk mendapatkan suara bass empuk. Pilih tone kontrol yang menggunakan potensio berkualitas, seperti merk Alpha. Pilih rangkaian yang menggunakan turbo bass atau giga bass serta IC C4558. Penggunaan kabel juga penting, gunakan kabel berdiameter besar untuk sambungan dari dioda dan transistor. Gunakan juga speaker berkualitas, seperti ACR, ADS, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menambahkan rangkaian protektor speaker agar terhindar dari kerusakan atau suara dengung ketika pertama kali dinyalakan.

Tips Agar Suara Empuk dan Nendang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suara bass merupakan elemen penting dalam sound sistem yang menjadi fokus bagi para pecinta atau orang yang hobi terhadap perangkat audio. Mereka biasanya menginginkan suara bass yang menggelegar tetapi tetap terasa empuk atau lembut. Berikut adalah beberapa tips dari teknisitv agar sound sistem dapat menghasilkan suara jernih, empuk, dan lembut:

1. Pakai Equalizer Berkualitas

Equalizer berfungsi untuk mengatur dan menyeimbangkan frekuensi audio sehingga terdengar harmonis dan seimbang. Jika pengaturan equalizer tidak tepat, maka akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan oleh speaker.

Karena pentingnya peran equalizer dalam menentukan hasil suara audio, pemilihan perangkat ini perlu dipertimbangkan dengan baik. Dengan kata lain, untuk menghasilkan suara audio yang seimbang dan jernih, diperlukan penggunaan equalizer berkualitas.

Baca Juga :   √ Apa Itu Fitter? Rangkaian Tugas & Materinya Lengkap!

2. Pakai Ampli Berkarakter Bass

Amplifier digunakan untuk memperkuat frekuensi pada beberapa jalur, seperti bass, high, dan middle. Oleh karena itu, amplifier yang tersedia di pasaran memiliki karakteristik yang luas dalam menerima rentang frekuensi audio. Namun, setiap jenis amplifier memiliki karakteristik spesifik yang berbeda-beda. Jika ingin mendapatkan suara bass yang lebih berkarakter, pertimbangkan untuk memilih amplifier yang mampu mengeluarkan frekuensi rendah atau bass dengan baik dan jernih agar mampu menghasilkan suara bass empuk dan lembut.

3. Pakai Speaker Berkualitas

Speaker berfungsi untuk mengubah sinyal audio menjadi gelombang suara sehingga dapat didengar. Oleh karena itu, pemilihan speaker tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau diabaikan begitu saja, karena akan berpengaruh pada hasil suara yang didengar.

4. Rancangan Box Speaker Tepat dan Sesuai

Box speaker mungkin terlihat sepele, namun komponen ini memiliki peran yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam menghasilkan suara bass yang empuk dan lembut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan suara bass yang empuk, disarankan untuk memilih desain box speaker yang memiliki karakteristik low, seperti jenis planar atau super scoop.

Speaker dengan Suara Bass Empuk dan Nyaman di Dengar

1. Polytron PAS 8C28 (Mulai dari Rp2 Jutaan)

Polytron PAS 8C28 adalah speaker aktif terbaik yang terkenal di masyarakat. Speaker ini dilengkapi dengan teknologi XBR Woofer yang menghasilkan bass yang mantap, detail, dan merata. Super bass juga menambah kekuatan suara sehingga terdengar lebih kuat. kalian dapat memutar lagu dari ponsel kalian dengan koneksi bluetooth + EDR. Speaker ini juga dapat dikendalikan melalui aplikasi Polytron Audio Connect yang dapat diunduh di Play Store.

Polytron PAS 8C28 memiliki Top Panel Control dengan equalizer yang dapat diatur menggunakan 5-Band User EQ sesuai dengan preferensi kalian. Speaker ini tersedia dalam 7 pilihan warna dan memiliki ukuran yang minimalis.

2. Baretone Max 15h (Mulai dari Rp8 Jutaan)

Baretone Max 15h adalah speaker aktif 15 inch terbaik dengan merek yang terkenal. Speaker ini dilengkapi dengan sejumlah fitur dan menghasilkan suara yang luar biasa dengan bass yang mantap. Tenaga dari speaker ini juga tidak perlu diragukan lagi.

3. Yamaha DBR 15 (Mulai dari Rp10 Jutaan)

Yamaha DBR 15 adalah speaker aktif terbaik dengan desain minimalis, elegan, dan praktis yang dilengkapi dengan ukuran 15 inch dan suara yang mantap. Speaker berkualitas ini menawarkan suara bass yang jelas dan jernih, meskipun tenaganya terbilang kurang. Speaker ini sangat cocok untuk digunakan di kafe atau studio musik, tetapi harganya sangat mahal. Produk ini hanya dapat ditemukan di Tokopedia!

Baca Juga :   Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci Dengan Langkah Mudah

4. JBL EON615 (Mulai dari Rp10 Jutaan)

JBL EON615 adalah speaker aktif bluetooth terbaik dengan sistem two-way berukuran 15 inch. Speaker ini dilengkapi dengan wireless remote control dan interface bluetooth v4.0 untuk iOS dan Android. Speaker ini menghasilkan suara treble yang jernih dan bass yang mantap.

Selain itu, speaker JBL ini memiliki fitur lain seperti pengendalian volume master, pengaturan 5-way, parametric EQ yang dapat didefinisikan oleh pengguna, dan kemampuan untuk menyimpan dan menarik kembali preset pengguna.

5. Roadmaster PRO BEAT 12 (Mulai dari Rp2 Jutaan)

Speaker aktif ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Sebagai speaker aktif bluetooth terbaik, produk ini memiliki fitur USB play music, SD card, dan ekstra bass berkualitas tinggi. Speaker ini sangat cocok untuk penggemar karaoke di rumah.

Roadmaster Pro Beat 12 Inch juga memiliki kelebihan dalam mengatur volume bass, xbass, dan treble. Selain itu, terdapat fitur kontrol mic seperti volume dan echo.

Artikel Terbaru :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa tips agar suara bass menjadi lebih empuk saat kalian sedang bernyanyi atau memainkan alat musik.

Pertama, pastikan teknik bernafas dan postur tubuh kalian benar agar suara bass bisa dihasilkan dengan baik.

Kedua, latih kekuatan otot-otot yang terlibat dalam menghasilkan suara bass dengan melakukan vokal exercise secara teratur.

Ketiga, pilih teknik penekanan suara yang tepat dan sesuai dengan gaya bernyanyi atau jenis alat musik yang dimainkan.

Keempat, gunakan alat bantu seperti compressor atau equalizer untuk membantu menghasilkan suara bass yang empuk dan nyaman didengar.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan suara bass kalian dapat terdengar lebih baik dan memuaskan telinga pendengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *