Apa Itu Homestay

Apa Itu Homestay? Pengertian, Sejarah dan Keuntunganya

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Homestay? Pengertian, Sejarah dan Keuntunganya. Homestay menjadi salah satu pilihan akomodasi yang kian merebak di berbagai kota, bersaing dengan hotel, guesthouse, dan hostel. Tersedia beragam fasilitas yang ditawarkan, tak kalah dengan jenis penginapan lainnya, termasuk harga sewa per malam.

Namun demikian, homestay tetap memberikan kesan yang sederhana, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para tamu yang datang menginap.

Pengertian Homestay

Homestay merupakan jenis bangunan rumah yang dimiliki oleh individu dan dapat digunakan sebagai tempat menginap bagi siapa pun yang membutuhkannya.

Selain itu, bagi mereka yang ingin tinggal di homestay, mereka juga diberikan kebebasan untuk memilih durasi waktu menginap. Biasanya, durasi menginap bisa berupa 1 hari, 1 minggu, bahkan 1 bulan.

Umumnya, homestay memiliki lebih dari satu kamar. Hal ini karena bentuk bangunannya yang mirip dengan rumah biasa dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Kemungkinan memiliki beberapa kamar untuk akomodasi ini tentu sayang untuk hanya ditempati seorang diri. Ajaklah keluarga dan teman-teman untuk menikmati pengalaman menginap yang seru di homestay ini.

Sejarah Homestay

Awalnya, homestay adalah rumah-rumah penduduk yang tidak terpakai. Kemudian, rumah-rumah tersebut mulai disewakan kepada tamu dengan berbagai pilihan lama tinggal.

Dari sewa mingguan, bulanan, hingga tahunan. Yang menarik adalah pada masa itu, akomodasi homestay masih diberikan secara gratis. Dengan kata lain, homestay tidak dimaksudkan untuk keperluan komersial lainnya.

Sebagai gantinya, para tamu yang menginap diharapkan membantu membersihkan rumah beserta isinya. Ini merupakan bagian dari kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Seiring dengan meningkatnya permintaan, kini homestay telah berubah menjadi bisnis penginapan. Tentu saja, bisnis ini biasanya berlokasi di daerah-daerah strategis, terutama di tempat-tempat wisata.

Fasilitas Homestay

Homestay adalah konsep akomodasi yang sangat diminati saat ini, dengan banyak orang mencari kenyamanan dan kemudahan dalam menginap. Biasanya, fasilitas yang disediakan dalam homestay akan disesuaikan dengan harga penginapan yang ditawarkan kepada para tamu.

Baca Juga :   Cara Agar Suara Amplifier Jernih Paling Mudah

Namun demikian, homestay yang dianggap ideal setidaknya harus memiliki beberapa fasilitas utama untuk memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan. Beberapa fasilitas yang perlu ada dalam homestay tersebut adalah:

  1. Berbagai Kamar Tidur: Sebuah homestay yang baik harus memiliki beberapa kamar tidur untuk mengakomodasi jumlah tamu yang berbeda-beda.
  2. Pendingin Ruangan: Pendingin udara seperti AC atau kipas angin sangat penting untuk memberikan kenyamanan suhu dalam ruangan, terutama dalam cuaca panas.
  3. Kamar Mandi yang Lengkap: Kamar mandi yang dilengkapi dengan fasilitas penghangat air, kloset, dan shower memberikan kenyamanan bagi tamu dalam menjalani aktivitas harian.
  4. Hiburan TV Kabel: Fasilitas TV kabel menjadi pilihan hiburan yang bagus bagi tamu yang ingin bersantai di dalam kamar.
  5. Dapur dan Dispenser: Adanya kitchen set dan dispenser memberikan fleksibilitas kepada tamu untuk mempersiapkan makanan dan minuman.
  6. Koneksi WiFi yang Baik: Koneksi WiFi yang cepat dan stabil adalah hal yang sangat diharapkan, terutama bagi tamu yang perlu terhubung dengan internet.
  7. Laundry Room: Menyediakan ruang cuci pakaian membantu tamu untuk merasa lebih nyaman selama masa inap yang lebih lama.
  8. Layanan Parkir yang Memadai: Adanya area parkir yang cukup memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang dengan kendaraan pribadi.
  9. Ruang Keluarga dan Area Outdoor: Fasilitas tambahan berupa ruang keluarga dan area outdoor memberikan ruang untuk bersantai dan bersosialisasi.

Dengan menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut, homestay dapat memberikan pengalaman menginap yang lengkap dan memuaskan bagi para tamu.

Aturan-Aturan Homestay

Perbedaan antara homestay yang telah ada sejak lama dengan yang lebih baru terletak pada peraturan yang diberlakukan selama masa menginap.

Dalam homestay lama, peraturan yang berlaku adalah bahwa setiap tamu yang menginap diwajibkan untuk turut membersihkan tempat menginap tersebut. Prinsip ini mendorong kerja sama antara pemilik homestay dan para tamu dalam menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan.

Namun, terjadi pergeseran aturan dalam versi homestay modern. Beberapa peraturan yang umumnya diberlakukan dalam homestay modern antara lain:

  1. Akses Pihak Homestay: Pemilik homestay memiliki hak akses untuk masuk ke dalam penginapan dengan tujuan melakukan pemeriksaan atau perawatan yang diperlukan.
  2. Pembayaran Total Harga Sewa: Saat melakukan proses check-in, tamu diwajibkan untuk membayar total biaya sewa penginapan.
  3. Kartu Identitas Diri: Sebagai tindakan keamanan, tamu diharuskan untuk menyajikan kartu identitas diri asli seperti KTP, SIM, atau paspor pada saat menginap.
  4. Kewajiban Menjaga Kebersihan dan Keamanan: Tamu wajib menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan selama berada di lokasi penginapan, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk semua pihak.
  5. Toleransi dan Keharmonisan: Tamu diharapkan untuk menjaga sikap toleransi dan keharmonisan dengan lingkungan sekitar homestay, agar tetap menjaga suasana yang baik.
  6. Pentingnya Menjaga Barang Pribadi: Tamu dianjurkan untuk menjaga barang-barang pribadi mereka agar tetap aman dan terhindar dari kehilangan.
  7. Waktu Check-in dan Check-out: Waktu check-in biasanya dimulai dari jam 2 siang dan waktu check-out pada jam 12 siang, sesuai dengan stkalianr waktu penginapan.
Baca Juga :   Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air & Solusinya

Dengan menerapkan aturan-aturan ini, homestay versi modern memberikan struktur dan ketertiban yang diperlukan dalam mengelola penginapan, sambil tetap memberikan kenyamanan kepada tamu yang menginap.

Keuntungan Menginap di Homestay

Merayakan akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman dalam rangka staycation tentu merupakan pengalaman yang sangat menggembirakan, terutama jika memilih untuk menginap di homestay.

Homestay adalah pilihan terunggul untuk menikmati momen kebersamaan dengan orang-orang terkasih. Pastinya terdapat sejumlah manfaat yang luar biasa ketika memilih menginap di jenis penginapan ini.

1. Harga Lebih Terjangkau

Tak dapat disangkal bahwa menginap di homestay jauh lebih hemat di bandingkan dengan opsi lainnya. Ini terutama berlaku jika kalian merencanakan menginap bersama rombongan yang terdiri dari beberapa orang.

Sebagai contoh, menginap di homestay di Jogja dengan biaya Rp1.000.000,00 bersama rombongan akan jauh lebih terjangkau daripada memesan beberapa kamar di hotel.

2. Kapasitas Penghuni yang Luas

Sesuai dengan namanya, homestay memang memiliki kapasitas yang luas untuk menampung banyak orang. Inilah mengapa homestay sangat ideal dan direkomendasikan untuk menginap bersama rombongan besar.

Biasanya, homestay bisa mengakomodasi antara 5 hingga puluhan orang sekaligus. Ini sangat cocok untuk acara menginap bersama keluarga yang pasti akan terasa lebih menyenangkan.

3. Suasana Seperti Rumah Sendiri

Pengalaman menginap di hotel mungkin tidak selalu memberikan kenyamanan penuh. Namun, hal ini berubah saat kalian memilih homestay, di mana kalian akan merasakan kenyamanan layaknya berada di rumah sendiri.

Tamu akan merasa betah dan nyaman selama menginap di homestay. Semua aktivitas terasa santai dan menyenangkan saat dilakukan bersama rombongan.

4. Fleksibilitas yang Tinggi

Menginap di homestay memberikan pengalaman yang lebih fleksibel. Semua aktivitas dapat dilakukan dengan leluasa dan sesuai dengan preferensi kalian.

Baca Juga :   √ Apa itu Smart Home? dan Apa Saja Kelebihan dan Kekuranganya

Penting untuk menetapkan kesepakatan dengan pemilik homestay sebelum menginap, agar segala aspek sudah teratur dan jelas sejak awal.

5. Peluang untuk Negosiasi

Berbeda dengan hotel, harga sewa homestay bisa dinegosiasikan. Terutama jika kalian membawa rombongan besar, kemungkinan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau sangat mungkin.

Dengan ketrampilan bernegosiasi yang tepat, kalian dapat meraih harga sewa yang lebih kompetitif. Karena itulah homestay sangat direkomendasikan untuk acara keluarga.

6. Tempat Berkumpul yang Ideal

Homestay juga merupakan pilihan sempurna untuk berkumpul dengan menyenangkan. Dengan tampilan yang mirip dengan rumah, pasti terdapat berbagai ruangan yang nyaman dan sesuai dengan suasana rumah.

Inilah yang membuat homestay menjadi tempat yang cocok untuk berkumpul dan beraktivitas bersama. kalian dapat melakukan berbagai kegiatan, termasuk memasak, bermain game, dan sebagainya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam perjalanan kita untuk mengeksplorasi dunia, memilih tempat menginap yang tepat adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas liburan.

Homestay menawarkan sebuah alternatif yang unik dan personal, berbeda dari hotel atau penginapan lainnya. Dengan memilih homestay, kita tidak hanya mendapatkan tempat tidur dan sarapan, tetapi juga sebuah pengalaman untuk tinggal dan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal.

Apa itu homestay jika bukan sebuah jembatan antara kita dan budaya asing yang ingin kita pelajari lebih dalam? Melalui homestay, kita dapat menambah dimensi baru dalam pengalaman berwisata, mulai dari memahami gaya hidup, tradisi, hingga nuansa kehidupan sehari-hari di tempat tujuan kita.

Akhir kata, semoga artikel finoo.id ini bisa membantu kalian untuk lebih memahami apa itu homestay dan apa saja kelebihannya. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *