Skema Spul Kipas Angin

Skema Spul Kipas Angin Dan Cara Menyambung Dinamonya

Posted on

Finoo.id –Skema Spul Kipas Angin Dan Cara Menyambung Dinamonya. Kipas angin adalah perangkat yang sangat berguna untuk menjaga udara dalam ruangan tetap sejuk dan segar.

Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, kipas angin dapat mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki dari waktu ke waktu. Komponen utama kipas angin yang sering mengalami kerusakan adalah spul kipas angin.

Spul kipas angin terdiri dari kumpulan kawat tembaga yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk medan magnetik saat dialiri listrik.

Medan magnetik ini memutar kipas angin dan menghasilkan aliran udara. Dalam artikel ini, kami akan membahas skema spul kipas angin dan bagaimana kalian dapat memperbaiki atau bahkan membuat spul kipas angin sendiri.

Definisi Kipas Angin

Kipas angin digunakan untuk menghasilkan angin dalam ruangan. Fungsinya bermacam-macam, antara lain untuk mendinginkan udara, menyegarkan udara, sebagai ventilasi (exhaust fan), dan sebagai pengering (biasanya dengan menggunakan komponen tambahan penghasil panas).

Kipas angin dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin listrik.

Kipas angin tradisional menggunakan tenaga tangan untuk menghasilkan hembusan angin, sedangkan kipas angin listrik menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya dan menghasilkan hembusan angin pada kipas angin.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melihat Skema Spul Kipas Angin

Ketika membicarakan tentang spul, biasanya hal tersebut berhubungan dengan dinamo atau motor listrik. Oleh karena itu, penting untuk memahami hal ini terlebih dahulu. Motor listrik merupakan mesin utama pada kipas. Berbagai kabel akan terhubung ke komponen ini. Ada beberapa jenis motor listrik, mulai dari yang memiliki 3 kabel, 4 kabel, 5 kabel, atau bahkan 6 kabel, tergantung merek kipas yang digunakan.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC Yang Tepat

Di antara berbagai jenis motor tersebut, yang paling umum digunakan adalah keluaran 6 kabel dengan rincian 3 untuk mengatur kecepatan, 2 kapasitor, dan 1 netral. Pada sebuah motor listrik, biasanya terdapat 4 kumparan. Setiap kumparan memiliki 2 ujung sehingga terdapat 8 keluaran. Salah satu kumparan utama memiliki lilitan paling banyak, sedangkan kumparan speed hampir sama.

Pada motor listrik, juga biasanya terdapat sebuah komponen yang disebut thermofuse. Fungsinya adalah menjadi sekring pada motor. Jika panas melebihi batas maksimal, komponen ini akan otomatis terputus sehingga motor listrik tidak akan terbakar.

1. Skema Gulungan Kipas Angin Miyako

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai struktur gulungan pada kipas angin merk Miyako. Seperti yang kita ketahui, Miyako merupakan salah satu merek yang cukup populer di Indonesia, hal ini tidak terlepas dari kualitas produk yang sangat baik dari brand tersebut. Silakan perhatikan dengan seksama agar dapat menangani masalah dengan tepat. Perlu diperhatikan bahwa setiap tipe kipas angin mungkin memiliki struktur yang sedikit berbeda.

2. Skema Kipas Angin Miyako Kst 18 RC

Kipas angin KST-18 RC dari Miyako adalah salah satu produk yang sangat populer di pasar elektronik Indonesia. Kipas ini memiliki kelebihan sebagai desk fan, wall fan, dan stand fan, sehingga merupakan barang elektronik multi-fungsi. Pengguna dapat memanfaatkan kipas ini secara praktis sesuai kebutuhan tanpa harus membeli kipas lain.

Kipas ini dioperasikan dengan menggunakan remote yang dapat diatur hingga jarak maksimal 3 meter. Terdapat 3 kekuatan putaran angin yang dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan. Mesin motornya juga berkualitas tinggi sehingga tidak menimbulkan suara bising yang mengganggu.

Untuk menjamin keamanan pengguna, Miyako dilengkapi dengan fitur thermofuse. Jika terjadi overheat, fitur ini akan mencegah masalah serius. Karena kelebihan-kelebihan di atas, skema gulungan pada kipas angin Miyako tipe ini agak berbeda dibandingkan tipe lainnya. Silakan perhatikan skema gulungan kipas angin Miyako berikut ini.

Baca Juga :   √ Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Yang Efektif

3. Skema Gulungan Kipas Angin Maspion

Skema Spul Kipas Angin Maspion memiliki variasi yang cukup rumit jika dijelaskan secara detail, terlebih lagi setiap tipe kipas angin Maspion memiliki skema yang berbeda-beda.

Pada sebuah generator listrik, terdapat istilah keluaran kabel. Untuk memahami keluaran kabel, bayangkan sebuah generator listrik memiliki 3 kumparan dengan tiap kumparan memiliki 2 ujung. Maka, terdapat 6 keluaran.

Umumnya, generator listrik pada kipas angin memiliki beberapa varian keluaran kabel, seperti 3, 5, dan 6 tergantung pada ukuran kipas angin tersebut.

Semakin besar baling-baling kipas, maka generator yang dibutuhkan semakin besar sehingga kabel yang dibutuhkan pun semakin banyak.

Namun, tipe 6 keluaran kabel merupakan yang paling banyak tersedia di pasaran. Diantara 6 keluaran kabel tersebut, biasanya masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Keluaran kabel untuk netral.
  2. Keluaran kabel untuk kapasitor.
  3. Keluaran kabel untuk kontrol speed.

Skema gulungan kipas angin Maspion mirip dengan skema gulungan kipas angin Miyaki dan Cosmos karena memiliki 2 model alur yang sama:

  • Alur low: menggunakan kawat dengan ukuran 0,12 dan jumlah lilitan benang sebanyak 200 kali.
  • Alur medium: menggunakan kawat 0,15 mm dengan jumlah lilitan sebanyak 200 kali yang terdiri atas 4 buah kutub.

Namun, terdapat beberapa jenis model yang menggunakan ukuran kawat yang sama, yaitu 0,15 mm dengan jumlah lilitan yang sama pada jenis alur low maupun alur medium.

Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Salah satu masalah yang dapat mengganggu kinerja kipas angin adalah putusnya gulungan dinamo. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui skema cara menyambung gulungan dinamo kipas angin yang putus. Jika masalah ini tidak segera diatasi, perangkat tidak dapat berfungsi dengan normal bahkan bisa menyebabkan korsleting. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki gulungan dinamo yang putus:

Baca Juga :   Skema Kipas Angin Tanpa Kapasitor & Cara Memperbaikinya

  • Ambil dinamo dari perangkat kipas angin.
  • Periksa kabel yang mengalami masalah dan cari gulungan yang putus.
  • Angkat gulungan yang putus dan bersihkan ujung lilitan yang putus.
  • Sambungkan dengan solder pada bagian lilitan yang rusak menggunakan timah.
  • Tambahkan vernis kayu sebagai isolator pada lilitan yang rusak.
  • Tambahkan selotip agar lebih aman.

Harap dicatat bahwa langkah-langkah yang disebutkan di atas hanya dapat dilakukan jika beberapa syarat terpenuhi, seperti kabel masih terhubung, kapasitor masih normal, dan sebagainya. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka metode tersebut mungkin tidak akan berhasil.

Solusi terbaik ketika mengalami masalah seperti ini adalah dengan mengganti dinamo yang baru. Selain menghemat waktu, kalian juga tidak perlu repot-repot melakukan perbaikan sendiri. Namun, jika kerusakan masih ringan, kalian juga dapat menggunakan jasa reparasi elektronik terdekat.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas mengenai skema spul kipas angin yang berguna untuk memahami cara kerja kipas angin secara lebih mendalam. Dari skema yang disajikan, kita dapat melihat bagaimana arus listrik mengalir melalui spul dan menciptakan medan magnet yang memutar kipas.

Dalam penggunaan sehari-hari, kipas angin menjadi salah satu alat yang sangat membantu dalam menjaga kestabilan suhu tubuh kita. Dengan memahami skema spul kipas angin, kita dapat memperbaiki kipas angin yang rusak atau bahkan merakit kipas angin sendiri.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan memperluas pengetahuan kita tentang kipas angin. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *