Warna Kabel Jalur Kipas Angin Miyako

Warna Kabel Jalur Kipas Angin Miyako dan Fungsinya

Posted on

Finoo.id – Warna Kabel Jalur Kipas Angin Miyako dan Fungsinya. Kipas angin merupakan perangkat elektronik yang sering ditemukan di rumah. Ada kipas angin berukuran besar yang dipasang menggantung, dan ada juga yang lebih kecil yang bisa diletakkan di atas meja. Karena sering digunakan, kipas angin bisa cepat rusak. Berikut informasi mengenai warna kabel kipas angin merek Miyako yang dapat digunakan untuk memperbaikinya.

Mengenai Kipas Angin

Fungsi utama dari kipas angin adalah untuk menghasilkan angin dengan berbagai tujuan, seperti menjaga suhu ruangan agar stabil, menghilangkan bau, mengedarkan udara, atau bahkan sebagai alat pengering.

Selain itu, kipas angin juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan pada alat penyedot debu dan benda-benda hias.

Kipas angin tersedia dalam berbagai jenis, yang paling umum adalah kipas angin tradisional seperti kipas angin tangan, dan kipas angin listrik yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energinya.

Bagian atau Rangkaian Kelistrikan Kipas Angin

Sebelum mempelajari informasi mengenai warna kabel kipas angin merek Miyako, kita perlu memahami bagian-bagian dari sistem kelistrikan dalam kipas angin. Hal ini penting karena kabel-kabel dengan warna yang berbeda akan terhubung dengan bagian kelistrikan kipas angin tersebut agar dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa bagian dari sistem kelistrikan kipas angin.

1. Sumber Listrik

Bagian pertama dari kipas angin adalah sumber listrik yang terdiri dari steker yang akan disambungkan ke sumber listrik. Bagian ini sangat penting karena tanpa sumber listrik, kipas angin tidak dapat beroperasi dan menggerakkan dinamonya.

2. Selector Switch atau Saklar / Tombol Kecepatan

Saat ini, jarang ditemukan kipas angin yang hanya memiliki satu tombol kecepatan. Umumnya, tombol tersebut berupa switch yang dapat diputar dan sebagainya. Fungsi dari selector switch tersebut adalah untuk mengatur kecepatan putaran dinamo pada kipas angin.

Baca Juga :   Rangkaian Skema Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

3. Kapasitor

Kipas angin memerlukan kapasitor untuk meningkatkan faktor daya listriknya, sehingga penggunaan listriknya menjadi lebih efisien. Kapasitor yang biasa digunakan memiliki ukuran sekitar 1,5 mikrofarad, namun ada juga yang berukuran 1, 2, atau bahkan 2 mikrofarad tergantung pada jenis kipas angin yang digunakan.

4. Motor Listrik atau Dinnamo

Bagian ini bertanggung jawab dalam mengubah energi listrik menjadi energi gerak, sehingga dapat menghasilkan angin. Bagian ini disebut dinamo yang menggunakan prinsip elektromagnetik. Dinamo pada kipas angin umumnya memiliki 6 kabel, yaitu 2 untuk kapasitor, 1 untuk kabel netral, dan 3 kabel untuk saklar pengatur kecepatan kipas angin.

5. Kabel

Bagian ini juga sangat penting dalam kipas angin, karena kabel akan menghubungkan antara sumber listrik dengan dinamo, serta dengan saklar pengatur kecepatan kipas angin. Kecepatan putaran kipas angin dapat diatur melalui saklar speed, dimana setiap kabel akan terhubung dengan kumparan masukan dan keluaran yang berbeda pada dinamo. Dengan begitu, kecepatan putaran kipas angin dapat disesuaikan dengan listrik yang masuk melalui saklar speed.

Warna Kabel Kipas Angin Miyako dan Fungsinya

Pada kipas angin, terdapat beberapa kabel yang terhubung ke dinamo kipas dan kapasitor. Perbedaan warna kabel ini bertujuan sebagai pengatur kecepatan putaran dinamo melalui saklar pengatur kecepatan atau selector switch, yang terdiri dari saklar off, saklar kecepatan 1 atau kecepatan rendah, saklar kecepatan 2 atau kecepatan sedang, serta saklar kecepatan 3 atau kecepatan tinggi.

Warna kabel pada kipas angin merek Miyako berfungsi untuk membedakan antara saklar off dan saklar pengatur kecepatan putaran dinamo, mulai dari kecepatan paling rendah hingga paling tinggi. Warna kabel pada kipas angin dan fungsinya dapat berbeda-beda antara merek kipas angin yang satu dengan yang lain.

Arti Warna Kabel pada Dinamo Kipas Angin 5 Kabel

Kipas angin dengan 5 warna kabel merupakan jenis kipas angin yang paling umum ditemukan di pasaran, mulai dari kipas angin dinding, kipas angin meja, hingga kipas angin tornado. Bahkan, kipas angin mini yang terhubung dengan USB juga termasuk ke dalam kategori kipas angin dengan 5 warna kabel.

Berikut ini adalah penjelasan rinci mengenai 5 jenis warna kabel yang terdapat pada kipas angin tersebut:

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC Yang Tepat

NoWarna KabelJenis KabelFungsi Kabel
1.       HitamKabel powerSebagai kabel ON/OFF yang fungsi utamanya untuk menghubungkan arus listrik dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo.
2.       KuningKabel kapasitorKabel yang terhubung langsung antara kapasitor dengan generator listrik / dinamo.
3.       BiruKabel speed 1Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan putaran rendah.
4.       PutihKabel speed 2Berguna untuk mengontrol kecepatan sedang. Beberapa jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.
5.       MerahKabel speed 3Kabel yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal kipas yang terhubung langsung antara tombol speed 3 dan generator listrik.

Arti Warna Kabel Kipas Angin dengan Dinamo 4 Kabel

Berbeda dengan kipas angin 5 kabel, kipas angin dengan 4 kabel umumnya ditemukan pada jenis kipas angin dengan kapasitor yang terintegrasi dengan dinamo, seperti kipas angin kotak. Oleh karena itu, kabel pada jenis kipas angin ini tidak dapat terlihat jika mesinnya tidak dibongkar secara keseluruhan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang 4 jenis warna kabel yang terdapat pada dinamo kipas angin dengan 4 kabel beserta artinya:

NoWarna KabelJenis KabelFungsi Kabel
1.       HitamKabel powerJenis kabel yang berfungsi sebagai kabel ON/OFF untuk menghubungkan arus listrik dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo dan tombol 0.
2.       BiruKabel speed 1Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan putaran rendah.
3.       PutihKabel speed 2Berguna untuk mengontrol kecepatan sedang. Beberapa jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.
4.       MerahKabel speed 3Kabel yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal kipas yang terhubung langsung antara tombol speed 3 dan generator listrik.

Struktur Badan Kipas Angin

Jika kita memperhatikan gambar di atas, maka badan kipas angin terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

Bagian Sangkar

Bagian sangkar pada kipas angin merupakan tempat baling-baling berada dan di mana angin dihasilkan dari kipas angin tersebut. Baling-baling tersebut dilindungi oleh sangkar untuk mencegah terjadinya gesekan yang berbahaya saat kipas angin sedang beroperasi.

Bagian Wadah Mesin

‍Bagian ini merupakan bagian paling penting, mahal, dan dapat disebut sebagai jantung dari kipas angin. Bagian ini adalah tempat di mana dinamo kipas angin berada dan juga merupakan tempat gear box yang berfungsi untuk menggerakkan baling-baling kipas angin.

Baca Juga :   Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel Paling Mudah

Bagian Leher

Menopang kipas angin agar dapat berdiri tegak dan kokoh menempel pada badan kipas angin.

Memungkinkan kipas angin untuk berputar atau menengok sehingga distribusi udara menjadi lebih merata.

Mengatur arah kipas angin secara horizontal, vertikal, dan diagonal.

Bagian kelistrikan merupakan tempat terdapatnya rangkaian listrik pada kipas angin, yang meliputi tombol saklar, saklar tarik, saklar tekan, kabel, dan komponen lainnya.

Papan Panel

Papan panel ini merupakan bagian yang paling berat pada kipas angin karena berfungsi sebagai tumpuan agar kipas angin dapat berdiri tegak dan stabil.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam memasang kipas angin Miyako, warna kabel jalur menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Warna kabel jalur pada kipas angin Miyako biasanya terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hitam, dan biru.

Warna merah biasanya menkaliankan jalur listrik yang positif atau jalur daya. Warna hitam menkaliankan jalur negatif atau jalur tanah, sedangkan warna biru menkaliankan jalur netral.

Pastikan kalian memasang kabel jalur dengan benar agar kipas angin Miyako dapat berfungsi dengan baik dan aman. Jika kalian mengalami kesulitan dalam memasang kipas angin Miyako, sebaiknya meminta bantuan dari tenaga ahli atau teknisi yang berpengalaman dalam bidang instalasi listrik.

Dengan memperhatikan warna kabel jalur kipas angin Miyako, kalian dapat memastikan bahwa kipas angin dapat berfungsi dengan optimal dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang memasang kipas angin Miyako di rumah atau tempat kerja kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Warna Kabel Jalur Kipas Angin Miyako dan Fungsinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *