Cara Gulung Dinamo Kipas Angin

Cara Gulung Dinamo Kipas Angin Paling Mudah & Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Gulung Dinamo Kipas Angin Paling Mudah & Tepat. Banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara menggulung dinamo kipas angin dengan 24 alur pada kipas angin merek Miyako, Regency, dan Maspion. Hal ini disebabkan karena komponen ini termasuk bagian penting dari kipas angin.

Dinamo adalah generator yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Oleh karena itu, dinamo memainkan peran yang cukup penting dalam kinerja kipas angin dan harus diperlakukan dengan hati-hati.

Bagaimana Cara Gulung Dinamo Kipas Angin Manual?

Sebelum memulai proses menggulung dinamo, disarankan untuk menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah melakukan tahap-tahapnya apabila semua peralatan sudah tersedia. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan.

Alat dan Bahan

Untuk menggulung dinamo, perlu disiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan stkalianr yang dapat digunakan:

  1. Alat penggulung kawat
    Lapisi alat penggulung kawat dengan kertas untuk menghindari kerusakan atau pengelupasan kulit kawat pada saat penggulungan.
  2. Kawat
    Pilih besar kawat yang baru sesuai dengan besar kawat yang lama. Jika ingin lebih besar atau lebih kecil, perhatikan hitungan jumlah kumparan.
  3. Kertas Mika
    Tebal kertas mika dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Kabel
    Kabel digunakan untuk menyambungkan kawat pada proses akhir.
  5. Solder dan Timah
    Solder dan timah dibutuhkan untuk memperkuat sambungan pada proses akhir.
  6. Selongsong kabel
    Selongsong kabel digunakan untuk melapisi bagian kawat atau kabel yang telah disambung untuk menghindari arus pendek atau konsleting.
  7. Tali pengikat
    Digunakan untuk mengikat dan memperkuat serta mengeraskan gulungan kawat dan kabel.
  8. Sirlak/ Pernis
    Digunakan sebagai daya tahan untuk memperkuat dan melindungi kawat dari gesekan luar.
  9. Kuas
    Alat bantu dalam proses pengeleman.
  10. Potongan bambu
    Digunakan untuk mendorong kawat ke dalam lubang kiren.
  11. Lakban kertas
    Digunakan sebagai penkalian atau pengikat kawat sementara.
  12. Gunting dan Tang
    Sebagai alat potong.
Baca Juga :   Cara Cek Dinamo Mesin Cuci Dengan Multitester Paling Mudah

Setelah semua peralatan di atas telah disiapkan, kalian dapat mulai menggulung dinamo. Berikut adalah langkah-langkah cara menggulung dinamo kipas angin dan jumlah gulungan kipas angin yang perlu dilakukan:

Berikut Langkah-langkah Gulung Dinamo Kipas Angin

1. Bongkar Kawat Dinamo

Langkah pertama dalam menggulung dinamo kipas angin adalah membongkar kawat dinamo. Untuk melakukannya, potong semua tali pengikat dan potong satu sisi kawat yang ada pada dinamo.

Kemudian, tarik kawat dan keluarkan dengan menggunakan tang. Perlu berhati-hati agar tidak merusak dinding dinamo, terutama pada bagian bawah dinding atau ujung atas dinamo.

2. Potong kertas Mika

Langkah selanjutnya adalah memotong kertas mika atau plastik sesuai ukuran lubang Kiren. Setelah itu, lipat ujung potongan mika agar plastik mika tidak bergeser.

Jika kalian tidak ingin melipat mika, kalian dapat memberikan lem super pada mika dan Kiren. Namun, jika kondisi kertas mika masih bagus, tidak perlu melakukan hal ini.

3. Ambil kawat

Setelah itu, ambil kawat bekas dinamo yang sudah dipotong sebelumnya. Lalu, lilitkan kawat tersebut ke mal penggulung agar menjadi patokan dalam menentukan besaran lilitan.

4. Penggulungan

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan proses penggulungan. Jika kalian tidak memiliki mesin gulung, maka kalian bisa menggulungnya secara manual.

Sebelum menggulung, pastikan untuk berkonsentrasi mengingat jumlah lilitan yang perlu dilakukan. Selanjutnya, lakukan proses penggulungan sesuai dengan jumlah lilitan yang sudah kalian tentukan.

Gulung terus dan pastikan tidak ada bagian yang terlewat atau putus pada keempat kutubnya. Setelah dipastikan tergulung dengan sempurna, ikat lilitan menggunakan isolasi tipis atau lakban kertas yang sudah disiapkan sesuai dengan jumlah yang kalian butuhkan.

Baca Juga :   Arti Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci Berbagai Merek

5. Masukkan Kawat

Setelah berhasil menggulung, langkah selanjutnya adalah memasukkan kawat ke dalam lubang Kiren. kalian dapat melakukannya dengan hati-hati menggunakan bantuan plastik, bambu, atau kayu. Alat bantu tersebut dapat diraut tipis pada ujungnya agar dapat membantu mendorong kawat masuk ke dalam lubang Kiren.

Pastikan semua kawat sudah ditekan dengan padat dan tergulung dengan rapi. Setelah kawat masuk ke dalam lubang Kiren, kalian dapat menutup lubang Kiren dengan kertas mika atau plastik.

6. Masukkan Lilitan

Setelah selesai menggulung, langkah selanjutnya adalah memasukkan lilitan atau kutub secara berlawanan arah dengan lilitannya. Kutub pertama dapat ditempatkan berlawanan dengan arah jarum jam, sementara kutub kedua dapat ditempatkan searah dengan arah jarum jam.

kalian dapat menyiapkan satu set lilitan starter yang terdiri dari 4 starter, low speed, dan lilitan medium. Untuk memudahkan proses ini, beri tkalian pada pangkal dan ujung kawat agar mempermudah proses penyambungan.

Selanjutnya, masukkan 2 lilitan starter ke dalam Kiren, diikuti dengan keempat lilitan starter, dan dilanjutkan dengan 2 lilitan medium speed. kalian dapat menggunakan rangkaian seri untuk memasang lilitan.

Setelah itu, ikat kabel-kabel yang sudah terpasang pada dinamo dan siap untuk diuji. Cara menguji cukup sederhana, yaitu dengan memegang casing dengan tangan.

Jika terasa panas tapi masih dapat ditahan tangan, berarti dinamo sudah dapat digunakan kembali dan berfungsi dengan normal. Namun, jika dinamo panas dan tercium bau terbakar, maka ada kesalahan pada proses pemasangan dinamo.

Gambar Skema Cara Gulung Dinamo Kipas Angin Cosmos

Kipas angin Cosmos memiliki beberapa jenis alur yang berbeda. Cara menggulung dinamo kipas angin 24 alur pada Cosmos tentu berbeda dengan jumlah alur lainnya. Bagian ini akan menjelaskan skema menggulung dinamo pada kipas Cosmos. kalian dapat mempelajari skema berikut sebagai gambaran atau panduan agar tidak melakukan kesalahan saat menggulung.

Baca Juga :   Skema Spul Kipas Angin Dan Cara Menyambung Dinamonya

Skema gulungan setiap merek tentu berbeda-beda, sehingga sangat penting untuk memahami hal tersebut. Karena proses penggulungan ini cukup sulit dilakukan, maka kalian harus teliti dan berhati-hati. Jika merasa tidak mampu atau takut terjadi kesalahan, dapat menggunakan jasa gulung untuk lebih terjamin.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Perhatikan gambar skema kawat email
  2. Masukkan kawat email
  3. Sesuaikan ukuran Kiren
  4. Sambungkan ujung kawat secara seri
  5. Putaran dinamo akan ke kiri dengan kabel berada di belakang
  6. Biaya Gulung Dinamo Kipas Angin

Jika merasa kesulitan dalam proses penggulungan, kalian dapat menggunakan jasa gulung dinamo. Biaya yang dikenakan bervariasi tergantung pada jenis dan merek produk. Untuk gulungan stkalianr, biayanya biasanya berkisar antara Rp45.000,00 hingga Rp77.000,00. Namun, biaya tersebut dapat lebih tinggi jika merek atau tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara gulung dinamo kipas angin yang dapat diikuti untuk memperbaiki kipas angin yang rusak.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat memperbaiki peralatan listrik, dan pastikan untuk mematikan listrik sebelum memulai perbaikan.

Dengan memperbaiki dinamo kipas angin sendiri, kalian dapat menghemat biaya dan memperpanjang umur kipas angin kalian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *