Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel Paling Mudah. Kipas angin merupakan salah satu perangkat elektronik yang mudah ditemukan di hampir setiap rumah di Indonesia. Jika kalian adalah pemiliknya, mengetahui cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel menjadi informasi penting untuk melakukan perbaikan sendiri di rumah.

Kipas angin berfungsi sebagai penyejuk udara dan memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan AC. Selain biayanya terjangkau, kipas angin juga hemat listrik dan dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan. Sebaliknya, AC memerlukan biaya yang lebih besar untuk penggunaannya.

Kipas Angin dan Peranannya yang Vital

Saat ini, kipas angin telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap rumah dilengkapi dengan kipas angin berbagai merk yang kokoh. Selain itu, setiap laptop juga memiliki kipas untuk mendinginkan gadget tersebut.

Belajar Skema Warna Kabel Kipas Angin

Skema warna kabel pada kipas angin hampir sama dengan kipas angin pada umumnya. Namun, karena Maspion model kotak menjadi pilihan konsumen yang populer, penting untuk mengetahui arti dari setiap kabelnya. Berikut adalah beberapa rangkaian warna kabel pada kipas angin Maspion.

1. Motor listrik (dinamo)

Rangkaian ini merupakan inti dari kipas angin dan terhubung dengan saklar. Di dalamnya terdapat kapasitor dan berbagai komponen lain yang terdiri dari beberapa jenis kabel. Bahkan pada bagian dinamo saja, terdapat 3 hingga 6 jenis kabel.

Baca Juga :   Cara Gulung Dinamo Kipas Angin Paling Mudah & Tepat

Kabel pertama berfungsi untuk mengontrol kecepatan, dua kabel lainnya berfungsi sebagai kapasitor, dan kabel lainnya berfungsi untuk menetralkan arus listrik. Bagian dinamo atau motor listrik terdiri dari 4 kumparan. Kumparan inti memiliki satu komponen dengan banyak lilitan, sedangkan tiga kumparan lainnya ketika digabungkan akan membentuk jumlah lilitan dan volume yang sama dengan kumparan inti.

2. Saklar speed

Rangkaian ini terdiri dari 4 tombol utama yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Tombol 0 berfungsi untuk menghentikan kipas angin, tombol 1 untuk menghidupkan kipas angin, tombol 2 untuk mengatur kecepatan sedang, dan tombol 3 untuk mengatur kecepatan tinggi pada kipas angin.

3. Sumber dari stop kontak

Rangkaian ini terdiri dari kabel dan colokan untuk dihubungkan. Fungsi dari colokan adalah untuk menghubungkan kipas angin ke sumber listrik. Penting untuk menjaga keutuhan bagian ini agar tidak terputus, sehingga kipas angin terhindar dari kerusakan seperti mati total atau konsleting.

4. Kapasitor 1,5 mikro farad

Kabel ini berfungsi untuk menyeimbangkan kinerja kipas angin sehingga perangkat elektronik tersebut tidak mengalami kerusakan dengan cepat.

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Karena memiliki banyak kelebihan yang terjangkau bagi kebanyakan orang, perangkat elektronik ini menjadi pilihan banyak masyarakat. Namun, meskipun didesain cukup canggih, perangkat tersebut tidak terbebas dari kerusakan atau masalah.

Beberapa jenis kerusakan yang dapat terjadi pada kipas angin, seperti kendor, sekring terputus, baling-baling berputar secara terbalik, kabel dinamo terputus bahkan terbakar, atau masalah lainnya.

Khusus untuk masalah kabel dinamo yang terbakar, dapat menjadi masalah yang cukup fatal karena dapat menyebabkan kipas mati total dan tidak dapat digunakan lagi. Karena dinamo sendiri adalah bagian yang penting, mengetahui jalur kabel kipas angin 5 atau 6 kabel serta cara menyambungkannya menjadi hal yang penting.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet Mudah & Simpel

Namun, memulai untuk menyambung kabel yang terputus atau terbakar tidaklah sulit dilakukan. Ada beberapa langkah yang harus dipahami terlebih dahulu, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membongkar Cover atau Penutup

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka penutup atau pelindung kipas angin. Lepaskan juga baling-balingnya sehingga hanya tersisa bagian dinamo saja. Pastikan proses pelepasan dilakukan dengan hati-hati agar menghindari kerusakan pada komponen lainnya.

2. Buka Tempat Kabel Dinamo Terpasang

Setelah membuka penutup perangkat, langkah selanjutnya adalah membuka bagian tempat kabel dinamo kipas terpasang. Cari letak kabel dinamo yang bermasalah dengan cermat. Jika terjadi kerusakan seperti putus, segera lakukan penyambungan.

3. Tentukan Warna Kabel

Sebelum menyambung kabel, pastikan untuk menentukan warna kabel terlebih dahulu. Terdapat 4 kabel dalam kipas dan harus diperhatikan dengan seksama kabel dinamo yang akan disambung. Pastikan tidak salah warna karena kesalahan kecil dapat menyebabkan masalah fatal dan meningkatkan peluang kerusakan yang lebih besar.

4. Menentukan Arah dan Fungsi Kabel

Setiap kabel memiliki arah dan fungsi yang berbeda-beda. Selain itu, setiap kabel juga saling terhubung dan cocok dengan bagian-bagian tertentu pada kipas. Oleh karena itu, penting untuk menentukan kabel yang berasal dari dinamo saat melakukan penyambungan. Pastikan tidak salah!

5. Silangkan 2 Kabel Yang Terputus

Setelah menemukan kabel dinamo yang terputus, langkah selanjutnya adalah menyilangkan kedua kabel tersebut. Pastikan keduanya terlilit dengan baik dan benar. Selalu berhati-hati karena kabel tersebut masih dapat mengalirkan listrik.

Setelah berhasil disambungkan, pasang kembali bagian-bagian yang sebelumnya dilepas dengan benar. Pastikan juga baut-baut terpasang dengan baik. Kemudian, hubungkan ke stop kontak untuk memeriksa apakah mesin dapat bekerja normal atau tidak.

Arti Warna Kabel Kipas 6 Kabel

Warna kabel pada kipas angin Maspion 6 kabel memiliki fungsi yang berbeda-beda. Warna kabel yang terdapat pada kipas angin Maspion adalah merah, putih, hitam, biru, hijau, oranye, dan merah tua. Berikut adalah penjelasan mengenai arti atau peranan dari masing-masing kabel:

Baca Juga :   Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Cosmos 4 & 5 Kabel

  • Kabel berwarna merah: menghubungkan steker kipas angin dengan saklar.
  • Kabel warna putih: menghubungkan kapasitor dan sumber listrik.
  • Kabel berwarna hitam: kabel netral yang menghubungkan perangkat dengan sumber listrik secara langsung.
  • Kabel warna merah tua: menghubungkan saklar kecepatan tertinggi dengan dinamo kipas.
  • Kabel oranye: menghubungkan dinamo kipas dengan saklar kecepatan sedang.
  • Kabel berwarna hijau: menghubungkan saklar kecepatan rendah ke dinamo kipas.

Arti dari warna kabel kipas angin yang berbeda sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan saat memasang kabel. Contohnya pada kabel yang terhubung dengan saklar, terdapat tiga kabel berwarna yang terhubung dengan saklar yang memiliki kecepatan berbeda.
Jika terjadi kesalahan saat memasang kabel, kipas angin tidak akan dapat berfungsi seperti biasa atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasang kabel sesuai dengan warna dan fungsinya yang benar.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang bisa kalian terapkan dalam menyambung kabel kipas angin 6 kabel.

Pastikan kalian melakukan penyambungan dengan hati-hati dan mengikuti langkah-langkah dengan benar agar kipas angin kalian dapat berfungsi dengan baik dan aman digunakan.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan saat bekerja dengan kabel listrik dan mematikan sumber listrik sebelum melakukan perbaikan atau penggantian kabel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *