Cara Menghidupkan AC Aqua

Cara Menghidupkan AC Aqua Tanpa Remote: Mudah & Aman

Posted on

Finoo.id – Cara Menghidupkan AC Aqua Tanpa Remote: Mudah & Aman. Menyalakan unit Air Conditioner memang tergolong mudah dilakukan. Seorang pemilik produk hanya perlu menekan salah satu tombol tertentu pada remote kontrol yang disediakan.

Namun, meski fitur-fitur yang terdapat pada AC akan berfungsi sesuai dengan simbol yang ditekan pada remote kontrol, namun alat ini memiliki potensi untuk mengalami masalah akibat penggunaan yang berlebihan atau kelalaian.

Jika remote control rusak, kalian akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan unit AC merek Aqua. Akibatnya, operasional unit dalam ruangan terganggu dan suhu udara dalam ruangan akan menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, kami telah merangkum panduan tentang cara menghidupkan AC Aqua tanpa remote control dengan dua metode yang paling mudah dan mungkin belum dipahami oleh sebagian pemula yang kurang berpengalaman.

Sekilas Tentang Aqua Japan

AQUA Japan merupakan perusahaan besar dari Jepang yang sudah lama berinvestasi di Indonesia. Mereka merupakan salah satu merek produk elektronik rumah tangga dari Jepang yang pertama kali mendirikan pabrik dan beroperasi di Indonesia.

Perusahaan ini telah memberikan kontribusi besar bagi Indonesia melalui merek SANYO sejak tahun 1970. “Kami adalah bagian dari Indonesia, kami telah berada di negeri ini sejak lama, dan kami menghadapi kemajuan maupun kesulitan yang sama dengan masyarakat Indonesia selama 45 tahun keberadaan kami di sini,” kata Kenji Sadayuki.

Sebagai produk elektronik rumah tangga, AQUA diluncurkan di Jepang pada tahun 2012 dan meraih kesuksesan. Pada tahun 2014, Bank Pembangunan Asia (ADB) menempatkan Jepang sebagai negara paling efisien dalam mengembangkan kreativitas menjadi inovasi.

Jepang meraih nilai unggul pada 36 indikator yang mengukur kapasitas dan insentif untuk inovasi. Oleh karena itu, AQUA Japan yakin bahwa produk inovatif mereka dengan teknologi dan kualitas Jepang dapat merebut pasar di Indonesia.

Baca Juga :   Tekanan Normal Freon R32 AC 1/2 PK Berapa Psi? Yang Tepat

AQUA Japan telah memproduksi kulkas dan lemari pendingin di pabriknya di Cikarang sejak tahun 1996. Kapasitas produksinya mencapai 1 juta unit per tahun untuk pasar Indonesia, juga diekspor ke Jepang, Asia, dan Afrika.

Produk AQUA Japan selalu menggunakan kualitas, stkalianr, dan teknologi Jepang terbaik yang dikerjakan oleh anak bangsa. Perusahaan ini akan terus melakukan kerjasama dengan tim riset dan pengembangan di Jepang untuk terus mengembangkan teknologi dan produk-produk terbarunya.

Fajar Surya, selaku Executive General Manager Sales & Distribution – AQUA JAPAN Indonesia, menambahkan bahwa salah satu strategi AQUA Japan dalam membuat hidup masyarakat Indonesia lebih mudah adalah dengan memberikan kemudahan dalam memperoleh produk-produk AQUA Japan.

Jalur distribusi AQUA Japan sudah cukup kuat di seluruh Indonesia, melalui cabang perusahaan, toko elektronik tradisional, maupun modern channel. Diperkuat dengan 141 service center, akan memudahkan layanan purna jual dengan masa garansi yang lebih lama, bahkan untuk kategori kulkas inverter masa garansi sampai dengan selama 10 tahun.

Cara Menghidupkan AC Aqua Tanpa Remote

Remote AC Aqua adalah sebuah perangkat kecil yang digunakan untuk mengoperasikan fitur-fitur pada produk. Pengguna hanya perlu menekan tombol pada papan kontrol untuk mengaktifkan fungsi tertentu.

Remote AC Aqua biasanya disediakan secara gratis oleh produsen setelah proses transaksi pembelian. Oleh karena itu, setiap pemilik perlu menguasai arti dari setiap tombol yang tertera pada papan kontrol.

Berikut cara menghidupkan AC Aqua tanpa remote:

1. Menghidupkan AC Aqua Manual

Pada bagian panel unit indoor, terdapat sebuah tombol manual yang dapat digunakan untuk menyalakan AC Aqua. Pihak produsen menyediakan opsi ini sebagai solusi mudah apabila remote kontrol original rusak.

Berikut adalah cara menghidupkan AC Aqua Japan secara manual:

  • Sediakan tangga sebagai alat bantu.
  • Gunakan tangga tersebut untuk mengakses unit indoor.
  • Perhatikan seluruh permukaan panel untuk mencari tombol yang dimaksud.
  • Tekan tombol power pada panel untuk menghidupkan AC.
  • AC Aqua akan beroperasi untuk mendinginkan suhu ruangan.
Baca Juga :   AC Aqua 1 Pk Berapa Watt dan Cara Memilihnya

2. Menghidupkan AC Aqua Via Ponsel

Dalam seiring dengan peningkatan teknologi, ponsel sekarang dapat berfungsi sebagai remote universal. Kemampuan ini dapat dipastikan dengan melihat spesifikasi produk yang memiliki sensor IR Blaster.

Berikut adalah cara menghidupkan AC Aqua Japan menggunakan ponsel:

  • Tekan tombol power untuk menyalakan ponsel Android.
  • Buka Google Play store dan pasang aplikasi Mi Remote.
  • Buka aplikasi Mi Remote hingga muncul panduan sinkronisasi.
  • Arahkan ponsel ke arah AC Aqua dan lakukan proses pairing.
  • Jika pairing berhasil, unit indoor akan merespon dan remote digital akan muncul pada aplikasi Mi Remote.
  • Tekan tombol on untuk menghidupkan unit AC Aqua.

Cara Mematikan AC Aqua Tanpa Remote

Sama seperti saat menyalakan unit, terdapat dua cara sederhana untuk mematikan AC Aqua yang dapat dilakukan tanpa bantuan remote kontrol original yang disediakan oleh pabrik.

Proses mematikan unit indoor pada AC Aqua sama dengan proses menyalakannya. Tidak ada perbedaan yang signifikan dan sangat mudah dipahami bahkan oleh pemula.

Berikut adalah cara mematikan AC Aqua tanpa remote:

1. Mematikan AC Aqua Manual

Meskipun tidak sederhana, mematikan AC Aqua melalui tombol manual sangatlah berguna. Hal ini karena hampir semua pemilik pernah mengalami kerusakan pada remote yang menghambat operasional unit indoor.

Berikut adalah cara mematikan AC Aqua Japan secara manual:

  • Siapkan sebuah tangga atau kursi sebagai alat bantu.
  • Gunakan tangga tersebut untuk mengakses unit indoor.
  • Perhatikan seluruh permukaan panel untuk mencari tombol yang dimaksud.
  • Tekan tombol power off pada panel untuk mematikan AC.
  • Tunggu beberapa saat dan AC Aqua akan berhenti beroperasi.

2. Mematikan AC Aqua Via Ponsel

Sudah tidak diragukan lagi bahwa sebagian tipe ponsel saat ini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan unit AC. Fitur ini memungkinkan perangkat mobile menjadi remote kontrol untuk beragam kebutuhan.

Baca Juga :   Apa Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Berikut adalah cara mematikan AC Aqua Japan melalui ponsel:

  • Siapkan dan hidupkan ponsel dengan OS Android.
  • Buka Google Play store dan pasang aplikasi Mi Remote.
  • Buka Mi Remote hingga muncul panduan sinkronisasi.
  • Arahkan ponsel ke arah AC Aqua dan lakukan proses pairing.
  • Jika pairing berhasil, unit indoor akan merespon dan remote digital akan muncul pada aplikasi Mi Remote.
  • Tekan tombol power off untuk mematikan unit AC Aqua.

Penutup

Jika kalian memiliki AC Aqua dan tidak memiliki remote untuk menghidupkannya, jangan khawatir karena kalian masih dapat menghidupkannya dengan cara yang mudah dan sederhana. Pertama, pastikan bahwa daya listrik ke unit AC terhubung dengan baik.

Kemudian, cari tombol power pada panel AC, biasanya terletak di bagian depan atau samping unit AC. Tekan tombol tersebut dan tunggu beberapa detik hingga AC menyala.

Jika kalian ingin mengatur suhu atau mode AC, cari tombol pengaturan yang biasanya terletak di sebelah tombol power. kalian dapat menyesuaikan suhu dan mode AC sesuai dengan preferensi kalian.

Namun, jika kalian tidak menemukan tombol power pada panel AC, coba cari saklar sirkuit AC di kotak sirkuit listrik rumah kalian. Pastikan untuk memeriksa kembali sirkuit listrik sebelum menyalakan saklar sirkuit AC. Setelah itu, AC Aqua kalian siap digunakan tanpa remote.

Dengan beberapa langkah sederhana ini, kalian dapat menghidupkan AC Aqua tanpa remote dengan mudah dan cepat. Namun, pastikan selalu untuk memeriksa dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tepat untuk menjaga kinerja dan keamanan AC Aqua kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menghidupkan AC Aqua Tanpa Remote. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *