Cara Setting Remote AC Changhong

Cara Setting Remote AC Changhong: Agar Dingin

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Remote AC Changhong: Agar Dingin. Seringkali terdapat banyak orang yang belum memahami prosedur pengoperasian mesin pendingin udara AC Changhong secara tepat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman mengenai tata cara penggunaan produk tersebut, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan AC tersebut.

Ketidakfahaman ini bisa lebih diperparah lagi oleh perbedaan merek dan tipe, sehingga beberapa mode operasional mungkin berbeda sedikit. Bagi pengguna yang sudah terbiasa, hal ini bukanlah hal yang sulit, namun bagi pemula bisa menimbulkan kebingungan dalam menjalankan AC dengan baik dan benar.

Padahal, dalam buku petunjuk resmi telah tertera langkah-langkah pengoperasian AC Changhong yang jelas dan terperinci. Namun sayangnya, masih banyak konsumen yang tidak mau meluangkan sedikit waktu untuk membaca buku petunjuk tersebut.

Untuk membantu kamu dalam mengoperasikan AC Changhong dengan baik dan benar, pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan perihal cara setting remote AC Changhong yang benar. Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan dapat memaksimalkan semua fitur yang tersedia pada produk tersebut.

Tentang Remote AC Changhong

Remote AC Changhong adalah jenis remote AC universal yang bisa digunakan untuk hampir semua merek AC yang dijual di Indonesia, termasuk AC Changhong. Selain itu, remote universal juga menawarkan kualitas yang tak kalah bagus dengan remote bawaan serta daya pakai yang lebih tahan lama.

Namun, ketika membeli remote AC Changhong, pengguna tidak bisa langsung menggunakannya. Sebelum itu, mereka harus melakukan pengaturan terlebih dahulu dengan menggunakan kode remote yang berbeda-beda untuk setiap tipe AC.

Saat ini, hampir semua remote universal, termasuk remote AC Changhong, masih menggunakan teknologi IR (infra red) yang mengkamilkan gelombang infra merah untuk mengirimkan sinyal ke receiver IR pada AC.

Namun, sinyal IR tidak akan berfungsi tanpa adanya kecocokan kode antara transmitter pada remote dan receiver pada AC. Oleh karena itu, remote AC universal memerlukan kode yang tepat untuk menghubungkan sistem remote dengan AC dan memastikan keduanya dapat terhubung dengan baik..

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan AC LG Yang Wajib Diketahui

Kode Remote AC Changhong

Tim finoo.id telah berhasil menemukan kode remote AC Changhong dari berbagai sumber. Kode remote tersebut berfungsi sebagai password untuk menghubungkan remote universal dengan AC Changhong.

Berikut adalah beberapa kode remote AC Changhong yang bisa digunakan untuk remote universal:

  • Kode Remote Universal Utama: 059, 079, 934, 947, 304, 311, 319
  • Kode Remote Universal Seri 0: 071, 073, 086, 051, 052, 087, 088, 089, 091, 092, 058, 067, 093, 008, 010, 011, 014, 016, 026, 028, 053, 057
  • Kode Remote Universal Seri 1: 159, 162, 181, 100, 102, 104, 128, 184, 182, 183

Dengan menggunakan kode-kode tersebut, pengguna remote universal dapat menyambungkan AC Changhong dengan remote mereka dan mengoperasikan AC dengan mudah.

Fungsi Tombol Remote AC Changhong

1. Power

Pertama-tama, terdapat tombol power atau on/off yang berwarna merah dengan lambang power. Tombol ini sangat penting karena berfungsi untuk menyalakan dan mematikan AC.

2. Temp

Tombol selanjutnya adalah Temp, yang digunakan untuk mengatur suhu pada AC Changhong. Terdapat 2 tombol Temp pada remote AC Changhong. Tombol yang mengarah ke atas digunakan untuk menaikkan suhu, sedangkan tombol yang mengarah ke bawah digunakan untuk menurunkan suhu pada ruangan.

3. Mode

Selanjutnya, terdapat tombol mode yang digunakan untuk mengatur mode pada AC Changhong. Terdapat 3 mode yang tersedia pada AC Changhong yaitu Cool mode, Dry mode, dan Fan mode. Dengan tombol ini, pengguna dapat memilih mode yang sesuai dengan kebutuhan untuk menciptakan kondisi ruangan yang nyaman.

4. Turbo

Terdapat tombol turbo pada AC Changhong yang memiliki fungsi hampir sama dengan mode fast cooling pada AC lainnya. Dengan menggunakan tombol ini, kinerja AC Changhong akan meningkat sehingga ruangan dapat menjadi lebih cepat dingin. Dalam kata lain, pengguna dapat merasakan pendinginan yang lebih cepat dan efektif pada AC Changhong dengan mengaktifkan tombol turbo.

5. Speed

Selain itu, terdapat tombol yang berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas pada AC Changhong. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat mengatur kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhan. Indikator pada remote AC akan menunjukkan kecepatan kipas yang telah diatur, yang dapat diatur menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Dengan tombol ini, pengguna dapat mengatur tingkat sirkulasi udara pada ruangan agar lebih optimal.

Baca Juga :   √ Rekomendasi Merk Air Cooler Terbaik Yang Dapat Dipilih

6. H-Sweep

Selanjutnya, terdapat tombol H-sweep yang berfungsi membuat AC Changhong mengalirkan udara dingin secara horisontal. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat menyebarluaskan udara dingin pada ruangan secara lebih merata, sehingga menciptakan kenyamanan yang lebih optimal.

7. V-Sweep

Tombol selanjutnya adalah V-sweep, yang memiliki fungsi mirip dengan H-sweep namun dengan arah yang berbeda. Dengan menekan tombol ini, AC Changhong akan mengalirkan udara dingin secara vertikal. Hal ini dapat membantu menyebarluaskan udara dingin pada ruangan secara merata dan menciptakan kenyamanan yang lebih optimal bagi pengguna.

8. Health

Fitur health pada AC Changhong memiliki fungsi yang mirip dengan fitur eco mode pada merk AC lainnya. Dengan mengaktifkan fitur ini, AC Changhong akan bekerja secara lebih efisien dan mengurangi konsumsi energi, sehingga menciptakan suasana yang lebih sehat dan ramah lingkungan di dalam ruangan.

9. Timer

Terdapat tombol timer pada remote AC Changhong yang berfungsi untuk mengatur timer pada AC. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat mengatur waktu kapan AC akan secara otomatis menyala atau mati. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk menghemat konsumsi energi dan mengoptimalkan penggunaan AC Changhong sesuai dengan kebutuhan mereka.

10. Sleep

Selain itu, terdapat tombol sleep yang berfungsi untuk mengaktifkan sleep mode pada AC Changhong. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat merasakan kenyamanan yang lebih optimal ketika menggunakan AC Changhong saat beristirahat. Fitur sleep mode pada AC Changhong akan memastikan suhu ruangan tetap nyaman dan stabil, sehingga pengguna dapat tidur dengan nyenyak dan terbangun dengan segar di pagi hari.

11. Settime

Terdapat tombol yang berfungsi untuk mengatur waktu pada layar indikator remote AC Changhong. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat mengatur waktu pada remote AC Changhong sesuai dengan waktu yang tertera pada perangkat lainnya. Fitur ini akan membantu pengguna untuk mengatur waktu yang akurat dan memastikan penggunaan AC Changhong yang lebih optimal.

12. Quiet

Terakhir, terdapat tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan mode quiet pada AC Changhong. Dengan menekan tombol ini, AC Changhong akan bekerja secara lebih tenang dan meminimalisir bunyi yang dikeluarkan. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di dalam ruangan, terutama saat beristirahat atau bekerja.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan AC Changhong Paling Lengkap

Cara Setting Remote AC Changhong

Untuk memastikan kinerja maksimal dan mencegah kemungkinan kerusakan produk, pemakaian AC Changhong harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika masih bingung, kamu dapat membaca buku petunjuk yang disertakan saat pembelian unit baru.

Berikut adalah panduan cara setting remote AC Changhong dengan benar:

  1. Tutup semua ventilasi udara, baik pintu maupun jendela yang sebelumnya terbuka, untuk mempercepat proses pendinginan dan menghemat konsumsi daya listrik.
  2. Nyalakan AC Changhong dengan menekan tombol power pada remote kontrol.
  3. Biarkan AC Changhong menyala selama satu menit dengan suhu kamar sekitar 22 sampai 24 derajat Celsius agar mesin dan sensor dapat melakukan proses adaptasi.
  4. Gunakan mode operasional yang sesuai dengan kebutuhan, seperti cool, dry, atau fan. Pilih “cool” jika ingin menurunkan suhu ruangan.
  5. Kurangi besaran suhu secara bertahap setiap satu derajat untuk memaksimalkan kerja kompresor. Hindari mengatur suhu langsung ke suhu dingin.
  6. Hentikan pengaturan suhu ketika udara sudah terasa nyaman dan sesuaikan kecepatan perputaran kipas dengan menekan tombol speed.

Banyak orang memiliki kebiasaan mengatur suhu udara pada AC secara langsung ke titik terendah, padahal ini dapat mengakibatkan kerja kompresor menjadi lebih berat dan meningkatkan konsumsi daya listrik. Selain itu, proses pendinginan menjadi kurang efektif, sehingga dapat memperpendek usia AC.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan terjadinya error atau kerusakan pada AC semakin besar. Namun, pada mode fan, pengaturan besaran suhu tidak dapat dilakukan karena AC akan bekerja seperti kipas angin biasa.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan kamu dapat melakukan setting remote AC Changhong dengan benar dan meminimalkan kemungkinan kerusakan pada produk.

Penutup

Demikianlah langkah-langkah untuk melakukan setting remote AC Changhong. Dengan mengikuti panduan di atas, kami dapat dengan mudah mengatur remote AC Changhong kami agar dapat berfungsi dengan optimal.

Ingatlah selalu untuk mengikuti instruksi pabrik dan menjaga peralatan kami dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Demikian ulasan dari finoo.id Semoga informasi ini bermanfaat bagi kami yang sedang membutuhkan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *