Kode Cara Reset Remote AC Samsung

Kode Cara Reset Remote AC Samsung Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Kode Cara Reset Remote AC Samsung Paling Mudah. Bagaimana cara reset kode remote AC Samsung? Informasi ini sangat penting bagi banyak orang, terutama para pengguna. Samsung adalah pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang sudah lama dikenal menawarkan berbagai produk berkualitas dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Dari semua produk yang ditawarkan, AC atau pendingin ruangan menjadi unggulan tersendiri. Produk AC dari brand ini memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak perlu diragukan lagi. Namun, seperti produk buatan manusia lainnya, AC Samsung juga dapat mengalami kerusakan setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama, termasuk masalah pada remote AC.

Kode Reset Remote AC Samsung Yang Perlu Diketahui

Cara mereset AC Samsung tanpa remote berbeda dengan cara mereset remote tersebut. Untuk mereset remote, kalian akan memerlukan kode sinkronisasi sebanyak 3 digit. Kode ini akan dimasukkan pada proses pengaturan.

Tidak mungkin mereset remote tanpa kode, karena perangkat tidak akan memberikan respon. Kode yang digunakan biasanya antara 610 hingga 629 pada AC Samsung. Berikut adalah cara mereset remote tersebut:

1. Nyalakan AC Terlebih Dahulu

Jika kalian akan melakukan pengaturan reset, pastikan AC telah dinyalakan terlebih dahulu. Jika remote AC rusak atau hilang, kalian dapat menghidupkannya melalui tombol power pada unit AC indoor.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Samsung Paling Tepat & Mudah

2. Tekan Tombol Power Pada Remot Universal

Apakah kalian sudah memiliki remote universal untuk melakukan pengaturan? Jika iya, tekan tombol power pada remote hingga angka suhu muncul di layar. Kemudian, tahan tombol SET hingga muncul angka 000. Di sini, kalian dapat memasukkan kode reset.

3. Pilih Tombol Temp

Langkah berikutnya untuk mereset remote AC Samsung adalah dengan menekan tombol suhu ke atas hingga mencapai angka yang sesuai dengan range kode yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu antara 610 hingga 629.

4. Kunci Kode Yang Telah Diinput Tadi

Jika terhubung dengan benar, biasanya unit AC indoor akan mengeluarkan suara bip. Selanjutnya, tekan tombol OK pada remote untuk mengunci kode. Setelah itu, remote dapat digunakan seperti biasa.

Cara Mengatur Remote AC Samsung

Terkadang remote AC Samsung tidak perlu di-reset dan bisa diatur kembali. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan AC secara manual dengan menekan tombol “Power”.
  2. Siapkan remote dan tekan tombol “Power” sampai muncul angka suhu, lalu arahkan ke unit AC.
  3. Tekan tombol “SET” pada remote sampai angka “000” berkedip.
  4. Tekan tombol “-” atau “+” pada remote sampai angka berubah, lalu berhenti pada angka tersebut dan tunggu suara bip sebagai indikator bahwa kode yang dimasukkan benar.
  5. Tekan tombol “OK” pada remote untuk mengunci kode yang telah dimasukkan.
  6. Tunggu proses pairing hingga benar-benar terhubung.
  7. Dengan cara ini, remote AC Samsung kalian akan lebih mudah dioperasikan.

Cara Mengatur Remote AC Samsung Terkunci

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah remote AC Samsung terkunci dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan AC terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol “SET” pada remote hingga indikator layar berkedip.
  3. Tekan tombol “-” dan “+” secara bersamaan (jangan hanya satu tombol saja) dan tahan sampai gambar gembok hilang dari layar.
  4. Setelah gambar gembok hilang, klik tombol “OK” untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Baca Juga :   Kode Remot AC Samsung Semua Tipe Paling Lengkap

Alasan Mengapa AC Tidak Dapat Diremot

Meskipun melakukan reset remote AC mudah dilakukan, tetapi apa yang sebenarnya menyebabkan AC tidak dapat dikendalikan menggunakan remote? Berikut adalah beberapa penyebab yang harus kalian ketahui:

1. Daya Yang Tersimpan Sudah Habis Pada Baterai

Penyebab yang paling umum mengapa AC tidak dapat dikendalikan menggunakan remote adalah baterai remote yang habis. Kehadiran baterai sangat penting karena berfungsi untuk menyalakan layar remote AC.

2. Sensor AC Kurang Responsive atau Mengalami Masalah

Selain baterai habis, penyebab lainnya adalah sensor AC yang kurang responsif atau mengalami masalah. Beberapa faktor penyebabnya antara lain adalah mata sensor terkena air, soket sensor yang kendur, terjadi pelemahan, atau bagian mata sensor tertutup oleh cap dari unit indoor.

Cara Merubah Suhu Fahrenheit ke Celcius di Remote AC Samsung

Jangan khawatir jika suhu pada remote AC Samsung berubah dari Fahrenheit ke Celsius atau sebaliknya. Hal ini mungkin terjadi karena tombol tertentu tidak sengaja ditekan. Untuk mengubah tampilan suhu dari Fahrenheit ke Celsius atau sebaliknya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan AC Samsung terlebih dahulu.
  2. Cabut colokan AC dari sumber listrik dan tunggu beberapa saat.
  3. Pasang kembali colokan AC ke sumber listrik.
  4. Hidupkan AC kembali.
  5. Tekan mode Good Sleep sebanyak 8 kali. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.
  6. Matikan AC lagi.
  7. Hidupkan kembali AC.
  8. Mode pada remote AC seharusnya telah berubah dari Fahrenheit ke Celsius atau sebaliknya.

Penyebab Remote AC Samsung nggak Berfungsi

Apa penyebab utama remote AC Samsung tidak berfungsi? Ada beberapa kemungkinan, di antaranya:

  1. Remote AC rusak dan membutuhkan perbaikan atau penggantian baru. Tkalian-tkaliannya bisa berupa layar yang tidak muncul, blur, atau bahkan hitam. Masalah serius mungkin terjadi di dalam sistem atau pengaturannya.
  2. Baterai remote AC habis. Banyak orang langsung panik ketika remote tidak berfungsi, padahal masalahnya mungkin hanya baterai yang perlu diganti.
  3. Masalah pada sensor, baik pada remote maupun AC Samsung. Sistem remote membutuhkan interaksi antara dua sensor, jadi jika salah satunya rusak, dapat mempengaruhi kinerja remote.
  4. Kerusakan pada PCB Modul pada AC Samsung. Tkalian-tkaliannya bisa berupa AC yang tetap tidak memberikan respons meskipun remote telah diganti dengan yang baru.
  5. Masalah pada IC Control dan Thermistor AC. Kedua sistem ini merupakan bagian penting dari AC, sehingga jika terjadi kerusakan atau konsleting, dapat berpengaruh pada semua responsnya.
Baca Juga :   Kode Remot AC Akari Paling Lengkap Beserta Panduanya

Artikel Terkait :

Penutup

Jika kalian mengalami masalah dengan remote AC Samsung kalian, salah satu solusinya adalah dengan melakukan reset remote. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan bahwa masalah yang kalian hadapi memang terkait dengan remote AC, bukan AC itu sendiri.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka remote AC Samsung kalian telah berhasil direset. Namun, jika masalah yang kalian alami masih belum terselesaikan, sebaiknya kalian menghubungi teknisi AC untuk memperbaiki masalah yang lebih kompleks.

Sekian artikel singkat dari finoo.id tentang kode cara reset remote AC Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mengalami masalah dengan remote AC Samsung kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *