Kode Remot AC Samsung

Kode Remot AC Samsung Semua Tipe Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id –Kode Remot AC Samsung Semua Tipe Paling Lengkap. Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dengan perubahan suhu yang cukup kentara antara siang dan malam. Daerah perkotaan yang padat penduduknya membuat udara terasa panas, sehingga perangkat pendingin udara seperti AC sangat dibutuhkan.

Salah satu brand AC yang terkenal di Indonesia adalah Samsung. Perusahaan ini membuat berbagai perangkat elektronik berkualitas dunia termasuk AC, di mana AC buatan Samsung sangat digemari oleh masyarakat.

AC Samsung tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 0,5, 1, 1,5, hingga 2 pk (Paard Kracht atau Daya Kuda) yang menunjukkan besarnya daya yang dibutuhkan untuk mendinginkan sebuah area. Saat ini, teknologi inverter mampu mengurangi sebagian besar jumlah energi yang diperlukan oleh AC.

AC Samsung dibuat dengan fitur unggulan seperti proses pendinginan yang cepat, konsumsi listrik yang rendah, dan bahkan pengendalian operasional melalui kecerdasan buatan (AI). Meskipun harganya cukup mahal sesuai dengan spesifikasinya, namun kualitas dan keunggulan fitur yang dimiliki membuat AC Samsung menjadi pilihan yang tepat untuk menyejukkan udara di Indonesia.

Sekilas Tentang Remot AC Samsung

Remot AC Samsung adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengontrol semua fungsi dari Air Conditioner. Remot ini dilengkapi dengan simbol-simbol dan display layar yang menampilkan detail informasi tentang unit.

Paket pembelian AC Samsung biasanya mencakup unit indoor dan outdoor, buku manual, kartu garansi, dan remot kontrol. Namun, harga pemasangan perangkat tidak termasuk dalam transaksi jual beli.

Karena sering digunakan, remot AC terkadang mengalami kerusakan. Jika ini terjadi, sebaiknya segera membeli remot Samsung atau versi universal.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Remote AC Terkunci Paling Mudah & Efektif

Meskipun harganya lebih mahal, remot kontrol Samsung memiliki fungsi yang sama dengan versi universal, yaitu untuk mengoperasikan AC.

Remot tipe universal seperti multi, joker, junda, dan chunghop cukup populer karena harganya yang relatif terjangkau, berkisar antara 10 hingga 50 ribu rupiah saja.

Remot AC Universal dilengkapi dengan sensor inframerah yang mendukung hampir semua merek Air Conditioner. Namun, untuk memastikan kinerjanya yang optimal, remot tersebut perlu di-pairing terlebih dahulu.

Kode AC Samsung

Kode remot AC Samsung adalah sekelompok nomor unik yang terdiri dari tiga digit. Setiap merek perangkat pendingin udara memiliki kode yang berbeda-beda.

Kode remot AC Samsung diperlukan oleh pengguna untuk berhasil memasangkan perangkat. Saat sinkronisasi terjadi, perangkat universal akan menyesuaikan pola frekuensi inframerah agar sesuai dengan mesin pendingin udara.

Berikut adalah daftar kode remot AC Samsung:

DukunganKode AC Samsung
Remot Universal610, 629

Kode AC Samsung memiliki rentang nomor mulai dari 610 hingga 629, namun yang paling umum digunakan adalah 611 hingga 628.

Semua kode harus dimasukkan secara berurutan, sebagai contoh kita ambil angka ‘610’. Langkah pertama adalah memilih nomor ‘6’, kemudian ‘1’, dan terakhir ‘0’. Kesalahan dalam memasukkan kode akan membuat remot universal tidak berfungsi pada AC Samsung.

Setting Kode Remot AC Samsung

Ketika memutuskan untuk membeli remot AC universal, sebaiknya memahami tentang fungsinya dan bersedia melakukan sedikit pemrograman pada perangkat. Karena inti dari remote multi adalah proses sinkronisasi antara dua perangkat elektronik.

Sebagai contoh, pola frekuensi inframerah AC Samsung dapat dipasangkan dengan remot universal merk Junda. Dengan demikian, kedua perangkat tersebut dapat disinkronkan dan berkomunikasi dengan baik.

Berikut adalah cara mengatur remot universal pada AC Samsung:

  1. Siapkan dua perangkat elektronik, yaitu remot universal dan AC Samsung.
  2. Nyalakan AC Samsung secara manual dengan menekan tombol ‘power’.
  3. Siapkan remot universal dan pasang baterai yang masih berfungsi dengan baik.
  4. Tekan tombol ‘power’ pada remot sampai muncul suhu pada layar, lalu arahkan ke AC Samsung.
  5. Tekan dan tahan tombol ‘set’ hingga angka ‘000’ pada layar remot berkedip.
  6. Tekan tombol ‘temperatur plus (+)’ atau ‘temperatur minus (-)’ untuk memilih kode remot AC Samsung yang sesuai.
  7. Misalnya, jika memilih kode ‘610’, saat layar remot menunjukkan angka tersebut dan terdengar bunyi ‘bip’, itu berarti kode sudah cocok.
  8. Terakhir, tekan tombol ‘OK’ untuk mengunci kode yang sudah disinkronisasi.
  9. Proses pengaturan remot AC Samsung berhasil.
Baca Juga :   Solusi AC Panasonic Mati Sendiri paling Mudah & Tepat

Terkadang, kode yang diatur mungkin tidak berhasil karena tidak sesuai dengan tipe AC Samsung yang terpasang. Oleh karena itu, langkah-langkah di atas harus diulang sampai menemukan nomor unik yang cocok.

Penyebab Remote AC Samsung Tidak Berfungsi

Meskipun sudah mengetahui beberapa kode remot AC, tetapi juga harus memahami penyebab AC yang tidak dapat digunakan atau rusak. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan AC tidak dapat digunakan:

1. Baterai habis

Salah satu kemungkinan pertama adalah baterai pada remote AC yang habis daya. kalian dapat mencoba mengganti baterai yang ada di dalam remote AC tersebut.

2. Sensor ac rusak

Kemungkinan kedua adalah terjadinya kerusakan pada sensor AC. Penyebab kerusakan sensor AC dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Mata sensor terkena air saat membersihkan AC.
  • Mata sensor terkena cat pada bagian outdoor AC.
  • Soket sensor AC sudah mulai kendor.
  • Sensor dalam kondisi lemah.

3. Thermistor memiliki masalah

Thermistor berfungsi untuk mengatur suhu pada ruangan dan terhubung dengan mesin pendingin. Meskipun jarang mengalami kerusakan, jika thermistor rusak, maka AC tidak akan berfungsi dengan baik. Komponen ini sangat penting dalam menjaga suhu yang tepat di dalam ruangan.

4. Remot ac rusak

Penyebab terakhir adalah kerusakan pada remote AC. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja AC. Jika remote dari pabrikan rusak, maka dapat menggunakan remote AC universal. Kode remot AC Samsung dapat dibaca pada artikel ini.

Proses sinkronisasi remot AC Samsung telah berhasil.

Kemungkinan setting yang dilakukan bisa gagal jika tidak cocok dengan tipe AC Samsung yang dipasang. Oleh karena itu, ulangi langkah-langkah di atas hingga menemukan nomor yang cocok dengan tipe AC Samsung yang dipasang.

Baca Juga :   Cara Setting AC Polytron Biar Dingin Secara Merata

Tips Untuk Setting AC Dingin Maksimal

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh pengguna AC adalah memaksa AC untuk berfungsi pada suhu yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca. Misalnya, pada suhu siang yang sangat panas di atas 30 °C, pengguna memaksa AC diatur pada suhu di bawah 18 °C.

Hal ini dapat membuat AC bekerja lebih keras, tetapi suhu yang dihasilkan tidak akan mencapai titik dingin yang diinginkan. Oleh karena itu, lebih baik melakukan perubahan suhu secara bertahap agar ruangan dapat menjadi dingin maksimal tanpa membuat AC bekerja terlalu keras.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam dunia yang semakin canggih, teknologi terus berkembang dengan pesatnya. Salah satunya adalah penggunaan AC dengan remote kontrol yang memudahkan kita dalam mengatur suhu ruangan. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan remote kontrol AC, seperti hilang atau rusak.

Jika kalian menggunakan AC Samsung dan mengalami masalah dengan remote kontrol, jangan khawatir! kalian dapat mencari kode remot AC Samsung yang sesuai dengan seri AC kalian untuk menggantikan remote yang hilang atau rusak.

Dengan mengetahui kode remot AC Samsung yang tepat, kalian dapat dengan mudah mengontrol suhu ruangan dengan nyaman dan efisien.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kode Remot AC Samsung Semua Tipe Paling Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *