Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC

Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC Yang Tepat. Kipas angin merupakan salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan, terutama di daerah yang udaranya panas. Salah satu jenis kipas angin yang banyak digunakan adalah kipas angin Miyako. Namun, bagaimana cara memperbaiki kipas angin Miyako KST 18 RC yang bermasalah?

Jika kipas angin rusak, udara di sekitar akan terasa panas dan tidak ada sirkulasi udara di ruangan. Beberapa masalah yang sering terjadi pada kipas angin antara lain mati tiba-tiba, tidak mau berputar, berputar tidak lancar, dan sebagainya.

Mengenal Kipas Angin Miyako KST 18 RC

Kipas angin KST-18 RC merupakan kipas angin multifungsi yang dapat digunakan sebagai kipas meja, kipas dinding, dan kipas berdiri di lantai. Pengoperasiannya dilakukan menggunakan remote control dengan jarak maksimal sensor 3 meter.

Kipas ini juga dilengkapi dengan tiga pilihan kekuatan angin yang dapat disesuaikan untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan segar. Mesin motor berkualitas tinggi membuat suara kipas halus ketika digunakan.

Selain itu, kipas ini juga dilengkapi dengan fitur thermofuse yang berfungsi sebagai pengaman untuk mencegah terjadinya overheat pada motor kipas. Daya yang digunakan oleh kipas ini sangat hemat, yaitu hanya 90 watt.

Kipas ini juga mudah dibongkar pasang, sehingga memudahkan dalam proses pembersihan. Kipas ini memenuhi stkalianr SNI sehingga bisa digunakan dan ditempatkan di mana saja sesuai keinginan kalian.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC

Kipas angin merek Miyako yang kalian miliki mungkin mengalami kerusakan. Salah satu kemungkinan adalah adanya komponen yang rusak yang menyebabkan kipas angin berdengung tetapi tidak berputar. Faktor penyebabnya mungkin terletak pada dinamo kipas angin Miyako KST 18 RC.

Baca Juga :   Fungsi Kapasitor Kipas Angin & Penjelasanya Secara Lengkap

Untuk memperbaikinya, kalian perlu mengetahui cara yang tepat. Bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar? Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci.

1. Periksa Kabel

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kabel kipas angin. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak ada sobekan atau konsleting. Seiring berjalannya waktu, getaran dari mesin kipas angin dapat membuat steker dari stop kontak menjadi kendur.

Jika steker lepas, maka harus diganti agar dapat dipasang dengan pas dan kencang kembali. Jika terdengar suara berdengung tetapi kipas tidak berputar, kemungkinan penyebabnya adalah kipas terkena arus listrik.

2. Periksa Pemutus Sirkuit

Langkah selanjutnya dalam memperbaiki kipas angin Miyako KST 18 RC adalah memeriksa pemutus sirkuit. Periksa apakah ada aliran listrik ke stop kontak atau tidak. kalian dapat membuka panel pemutus dan melihat apakah pemutus sirkuit sudah terhubung atau belum.

Jika kipas angin Miyako mengalami kerusakan, dapat menyebabkan pemutus sirkuit terputus akibat terlalu banyak daya listrik yang digunakan. Namun, jika kipas angin masih tidak berfungsi setelah diperbaiki, disarankan untuk membeli kipas angin baru.

3. Periksa Skring Kipas

Skring pada kipas angin dirancang untuk memutus sambungan listrik jika terlalu banyak dan menyebabkan kipas terlalu panas. Ketika skring meleleh, sambungan listrik ke kipas akan terputus.

Untuk memeriksa skring pada kipas angin, periksa kabel dan bagian dalam kipas. Jika skring terputus, kalian harus membeli skring baru dan menggantinya agar kipas angin dapat berfungsi kembali.

4. Mengganti Kabel Dalam

Salah satu cara lain untuk memperbaiki kipas angin Miyako KST 18 RC adalah dengan mengganti kabel dalamnya. Jika kipas kalian masih tidak berfungsi setelah dicoba di stop kontak lain, periksa kabel dalam dengan cermat. Pastikan tidak ada kabel yang sudah usang atau bagian cabangnya yang bengkok dan terlalu longgar.

Jika terdapat masalah pada kabel, sebaiknya diganti dengan yang baru. Belilah kabel yang cocok dengan jenis steker yang sama dan ukuran kabel yang sama. Kemudian, bawa kipas angin ke toko untuk mencari kabel yang cocok.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet Mudah & Simpel

5. Membersihkan Kipas Angin

Langkah terakhir adalah membersihkan kipas angin. Terkadang bilah kipas dapat macet jika terkena kotoran yang menumpuk. Gunakan kompresor atau alat penyedot debu untuk membersihkannya dengan hati-hati.

Setelah membersihkan kipas angin, lepaskan penutup logam atau plastik dari bilah kipas dan bersihkan debunya. Berikan perhatian khusus di tempat bilah terhubung ke bantalan belakang dan mesin.

Kerusakan Lain Yang Mungkin Trejadi

Bagi kalian yang memiliki kipas angin Miyako tipe tersebut dan mengalami masalah, berikut beberapa cara untuk mengatasi kipas angin yang rusak.

1. Kipas Angin Mati Total

Tkalian jika kipas angin mati total adalah ketika kipas tidak berputar sama sekali dan seluruh lampu indikator pada kipas tidak menyala. Penyebab utama dari kondisi ini adalah putusnya arus listrik yang tidak masuk ke mesin kipas.

Berikut adalah langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan:

  • Periksa arus listrik pada stop kontak menggunakan test pen. Cek seluruh lubang stop kontak, dan coba ganti dengan stop kontak yang lain.
  • Jika stop kontak aman, periksa kabel dan steker apakah terlihat normal atau ada kabel yang putus. Jika ada kabel yang putus, maka itulah penyebab utamanya.
  • Periksa kabel yang putus menggunakan multitester, jika indikatornya menunjukkan ada kerusakan pada kabel, maka kabel perlu diganti.
  • Jika tidak ada kerusakan pada kabel, kemungkinan terjadi kerusakan pada motor atau dinamo kipas angin Miyako KST 18 RC.

2. Kipas Tidak Berputar, tapi Lampu Menyala

Ada beberapa penyebab terjadinya kondisi di mana kipas angin Miyako KST 18 RC tidak berputar. Pertama, poros kipas angin kering dan macet. Kedua, kapasitor rusak. Ketiga, kabel ke gulungan terputus. Keempat, kawat gulungan atau fuse putus atau rusak (biasanya terbakar).

Jika mengalami kondisi tersebut, berikut adalah langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan:

  • Periksa kondisi poros baling-baling kipas angin Miyako KST 18 RC. Jika terdengar suara mendengung, biasanya karena poros kipas yang macet.
  • Periksa kapasitor. Gunakan alat ukur kapasitor untuk mengetahui apakah kapasitor rusak atau tidak. Jika rusak, harus diganti dengan yang baru.
  • Periksa kabel ke gulungan. Gunakan multitester untuk mengetahui gulungan yang rusak, lalu lakukan perbaikan.
  • Periksa gulungan dan fuse, karena kemungkinan terjadi putus arus listrik pada bagian gulungan. Jika gulungan terbakar atau rusak, solusinya adalah mengganti dengan yang baru.
Baca Juga :   Skema Kipas Angin Tanpa Kapasitor & Cara Memperbaikinya

3. Kipas Angin Berputar Pelan

Penyebab dari kondisi di mana kipas angin Miyako KST 18 RC berputar pelan biasanya adalah tegangan listrik yang rendah atau poros kipas yang kering sehingga tidak berputar maksimal. Berikut adalah langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan:

Periksa tegangan listrik rumah kalian dengan multitester. Tegangan normalnya kisaran 220 Volt. Jika terlalu rendah, maka itulah yang menyebabkan kipas angin berputar pelan. Solusinya, stabilkan tegangan listrik di rumah kalian menggunakan stabilizer.

Jika tegangan listrik aman, kemungkinan terjadi masalah pada bantalan dan poros yang kering sehingga macet. Solusinya, berikan pelumas pada bagian poros dan bantalan kipas angin Miyako KST 18 RC.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam kesimpulannya, memperbaiki kipas angin Miyako KST 18 RC dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Pertama, pastikan kipas dalam kondisi mati dan cabut kabel listrik sebelum membongkar.

Kedua, bersihkan bagian-bagian kipas yang kotor dengan cara membersihkan kipas menggunakan kuas dan lap bersih. Ketiga, periksa komponen kipas seperti motor dan baling-baling, pastikan tidak ada yang rusak atau aus.

Terakhir, rakit kembali kipas dan coba nyalakan untuk memastikan kipas berfungsi dengan baik. Dengan melakukan perbaikan ini, kipas angin Miyako KST 18 RC bisa digunakan kembali dengan performa yang lebih baik dan tahan lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *