Skema Gulungan Kipas Angin Maspion

Skema Gulungan Kipas Angin Maspion Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Skema Gulungan Kipas Angin Maspion Yang Paling Tepat. Bagi mereka yang sudah terjun dalam bidang perbaikan mesin, seperti mesin kipas angin, tentunya sudah memahami berbagai hal terkait seperti warna kabel kipas angin Maspion, lilitan dinamo kipas angin, dan lain sebagainya. Namun, bagi mereka yang masih awam akan menjadi bingung tentang semua itu. Tidak perlu khawatir, bagi yang ingin belajar tentang mesin kipas angin, informasi bisa dicari di internet dan sumber-sumber lainnya.

Pada kesempatan ini, akan diberikan skema gulungan kipas angin Maspion. Oleh karena itu, silakan simak penjelasan berikut mengenai skema kipas angin Maspion agar setidaknya dapat memahami kipas angin. Dengan demikian, jika terjadi kerusakan, bisa mengetahui penyebab atau bahkan memperbaiki sendiri.

Definisi Kipas Angin

Kipas angin adalah perangkat yang berfungsi menghasilkan hembusan angin di dalam ruangan. Kipas angin mempunyai beberapa fungsi, seperti untuk mendinginkan udara, menyegarkan udara, sebagai ventilasi (exhaust fan), dan sebagai pengering (umumnya dengan menggunakan komponen tambahan penghasil panas).

Kipas angin umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin listrik. Kipas angin tradisional menggunakan tenaga tangan untuk menghasilkan hembusan angin, sementara kipas angin listrik menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya dan menghasilkan hembusan angin pada kipas angin.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melihat Skema Spul Kipas Angin

Jika kita membicarakan tentang Skema Spul Kipas Angin, maka kita pasti akan membicarakan tentang dinamo atau motor listrik. Motor listrik merupakan mesin utama dari kipas.

Baca Juga :   √ Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Yang Efektif

Pada sebuah kipas, berbagai kabel akan terhubung ke motor listrik. Terdapat berbagai jenis motor listrik yang digunakan pada kipas, seperti 3 kabel, 4 kabel, 5 kabel, ataupun 6 kabel, tergantung merek kipas tersebut.

Jenis motor listrik yang paling sering digunakan pada kipas adalah jenis 6 kabel. Rinciannya adalah 3 kabel untuk mengatur kecepatan, 2 kapasitor, dan 1 netral.

Pada motor listrik, terdapat 4 kumparan yang masing-masing kumparan memiliki 2 ujung sehingga terdapat 8 keluaran.

Salah satu kumparan utama memiliki lilitan paling banyak, sementara kumparan speed hampir sama.

Selain itu, pada motor listrik kipas, terdapat sebuah komponen yang sering disebut sebagai thermofuse. Thermofuse berfungsi sebagai sekring pada motor.

Apabila suhu pada motor listrik melebihi batas atas, thermofuse akan otomatis memutus sirkuit dan mencegah motor listrik dari kerusakan lebih lanjut.

Skema Gulungan Kipas Angin dari Maspion

Skema gulungan kipas angin adalah serangkaian lilitan kawat tembaga yang dililitkan pada 4 kutub magnet. Ini berfungsi dengan generator listrik pada kipas angin dan membuat baling-baling kipas berputar.

Pada kipas angin Maspion, skema gulungan kipas angin cukup detail dan berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Dalam generator listrik pada kipas angin terdapat istilah keluaran kabel.

Untuk memahami hal ini tidak sulit, kita bisa membayangkan generator listrik memiliki 3 kumparan dengan tiap kumparan ada 2 ujung. Ini berarti terdapat 6 keluaran kabel. Namun, perlu diketahui bahwa varian keluaran kabel kipas angin dapat berbeda-beda, seperti 3, 5, dan 6.

Semua itu tergantung pada ukuran baling-baling kipas. Semakin besar baling-baling kipas, semakin besar pula generator yang dibutuhkan sehingga kabelnya semakin banyak. Namun, tipe 6 adalah yang umum di pasaran atau yang paling sering ditemukan.

Untuk memudahkan membedakan setiap kabel, warna kabel kipas angin Maspion berbeda-beda. Berikut adalah skema warna kabel kipas angin Maspion.

Baca Juga :   Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan & Jalur Kabel Dinamonya

Warna kabel kipas Angin Maspion

Harus diketahui bahwa setiap kabel memiliki fungsinya masing-masing, seperti berikut:

  1. Keluaran kabel untuk netral atau nol.
  2. Keluaran kabel untuk kapasitor.
  3. Keluaran kabel untuk kontrol kecepatan (speed 1, 2, dan 3).
  4. Untuk pengelompokan berdasarkan warna, adalah sebagai berikut:
  5. Kabel putih untuk netral atau nol.
  6. Kabel biru dan oranye untuk kapasitor.
  7. Kabel warna merah untuk speed 1, kuning untuk speed 2, dan hitam untuk speed 3.

Namun, ada juga beberapa kipas angin yang memiliki 4 atau 5 kabel. Pada kipas angin tersebut, setiap kabel memiliki warna yang berbeda-beda dan fungsi masing-masing sesuai dengan warnanya. Berikut adalah keterangan warna kabel pada kipas angin 4 atau 5 kabel.

Dengan 4 kabel

  1. Warna merah adalah kecepatan tinggi
  2. Warna putih adalah kecepatan sedang
  3. Kemudian warna hitam untuk com power
  4. Dan warna biru adalah sebagai kecepatan rendah

Dengan 5 kabel

  1. Kuning merupakan kapasitor
  2. Merah untuk kecepatan tinggi
  3. Biru adalah untuk kecepatan rendah
  4. Lalu hitam adalah sebagai kabel Power + kapasitor
  5. Dan terakhir putih adalah sebagai kabel kecepatan sedang

Jumlah Lilitan Pada Kipas Angin Maspion

Skema gulungan kipas angin Maspion hampir mirip dengan kipas angin Miyako dan Cosmo, yang memiliki 2 model alur. Berikut adalah 2 model alur tersebut:

Alur low menggunakan kawat dengan ukuran 0,12 dan jumlah lilitan benang sebanyak 200 kali.

Alur medium menggunakan kawat dengan ukuran 0,15 mm dan jumlah lilitan sebanyak 200 kali. Alur ini terdiri atas 4 buah kutub.

Terdapat juga beberapa kipas angin yang menggunakan kawat dengan ukuran sama yaitu 0,15 mm dengan jumlah lilitan yang sama pada alur low dan medium. Untuk memudahkan pemahaman, berikut ini adalah tabel rincian jumlah lilitan pada kipas angin Maspion dengan tipe Kern 14 mm dan 16 mm yang memiliki 16 alur.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC Yang Tepat

Jumlah Lilitan Kipas Angin Maspion dengan Tipe Kern 14 mm yang memiliki 16 Alur

Jumlah Lilitan Kipas Angin Maspion dengan Tipe Kern 16 mm yang memiliki 16 Alur

Berikut adalah keterangan mengenai istilah-istilah pada kipas angin Maspion:

  1. Running adalah lilitan utama pada bagian dinamo.
  2. Starting adalah lilitan bantu pada bagian generator.
  3. Low adalah sebuah alur kecil atau rendah yang terdapat pada lilitan bantu.
  4. Medium adalah sebuah alur lilitan sedang pada kumparan generator.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam mengoptimalkan kinerja kipas angin Maspion, skema gulungan memainkan peran penting untuk menentukan kekuatan dan kecepatan kipas angin. Dengan menggunakan skema gulungan yang tepat, kipas angin Maspion dapat menghasilkan angin yang lebih kuat dan lebih dingin.

Namun, selain skema gulungan, ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi performa kipas angin Maspion seperti bahan dan desain kipas. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih kipas angin Maspion yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian.

Dengan menggunakan kipas angin Maspion yang optimal, kalian dapat menikmati angin yang lebih segar dan menyegarkan di rumah atau kantor kalian. Jadi, jangan ragu untuk memilih kipas angin Maspion dengan skema gulungan yang tepat untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Skema Gulungan Kipas Angin Maspion Yang Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *