Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Posted on

Finoo.id – Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron. Mempelajari rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung sangatlah penting, terutama jika kalian ingin memperbaikinya sendiri. Biasanya, setiap produk memiliki skema gambar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kalian telah mempelajari skema gambar sebelum membaca pembahasan ini agar proses perbaikan dapat berjalan dengan lancar. Mari simak penjelasan lengkapnya.

Mengenal Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci twin tub atau mesin cuci 2 tabung memiliki 2 tabung yang berfungsi secara terpisah. Tabung pertama digunakan untuk mencuci, sedangkan tabung yang lain digunakan untuk memeras pakaian. Mesin cuci ini umumnya dioperasikan secara manual oleh pengguna.

Keunggulan Mesin Cuci 2 Tabung

Meskipun dianggap kuno, namun mesin cuci 2 tabung ternyata memiliki beberapa keunggulan. Yuk, mari kita simak beberapa keunggulan dari mesin cuci 2 tabung berikut ini!

1. Biaya Listrik Lebih Hemat

Mesin cuci 2 tabung umumnya dioperasikan secara manual dan tidak dilengkapi dengan panel atau indikator digital seperti mesin cuci 1 tabung modern. Selain itu, pengguna juga perlu memindahkan pakaian dari tabung pencucian ke tabung pengeringan secara manual.

Namun, pengoperasian manual dan tidak adanya panel digital membuat mesin cuci 2 tabung lebih hemat energi. Dengan mengganti mesin cuci 1 tabung yang biasa digunakan dengan mesin cuci 2 tabung, penggunaan listrik dapat lebih hemat.

2. Lebih Murah Dibanding Mesin Cuci 1 Tabung

Jika anggaran terbatas untuk membeli mesin cuci 1 tabung, maka pertimbangkanlah untuk membeli mesin cuci 2 tabung. Harga mesin cuci 2 tabung jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung.

Baca Juga :   Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci dan Warna Kabelnya

Mesin cuci 2 tabung dapat dibeli dengan harga mulai dari 1 jutaan rupiah, sementara mesin cuci 1 tabung dijual dengan harga yang mencapai 2 juta rupiah atau lebih. Perbedaan harga antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung bisa mencapai 500 ribu rupiah.

3. Pengaturan Air Manual

Tidak hanya menghemat tagihan listrik, penggunaan mesin cuci 2 tabung juga dapat menghemat penggunaan air. Berbeda dengan mesin cuci 1 tabung yang dapat mengisi mesin dengan air secara otomatis, pengisian air pada mesin cuci 2 tabung masih dilakukan secara manual.

Meskipun terkesan merepotkan, pengisian air secara manual ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol seberapa banyak air yang digunakan untuk mencuci. Dengan mengisi air secara manual, maka akan lebih hemat dalam penggunaan air dan tentu saja menghemat tagihan air.

4. Mengeringkan Pakaian Secara Lebih Cepat

Keberadaan tabung pencucian dan pengeringan pada mesin cuci 2 tabung memungkinkan mesin cuci tersebut dapat bekerja secara lebih optimal dalam menjalankan fungsi yang diberikan. Saat mengeringkan pakaian di dalam tabung pengering, mesin cuci 2 tabung akan bekerja lebih optimal dibandingkan saat kalian mengeringkannya di mesin cuci 1 tabung. Hal ini membuat pakaian menjadi lebih kering dan lebih optimal.

5. Pengoperasian Mesin Cuci 2 Tabung Lebih Mudah

Tidak semua orang dapat dengan mudah mengoperasikan mesin cuci 1 tabung. Banyaknya tombol yang terdapat pada mesin cuci 1 tabung dapat membuat orang yang belum terbiasa sedikit kesulitan dalam mengoperasikannya.

Namun, hal tersebut tidak berlaku pada mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung justru lebih mudah dalam pengoperasiannya karena menggunakan knop manual. Untuk mencuci baju, kalian hanya perlu memutar knop pencucian. Untuk membuang air di dalam tabung pencucian, kalian cukup menggunakan knop pembuangan air. Sedangkan untuk mengeringkan baju, kalian hanya perlu memutar knop pengeringan setelah memindahkan baju ke dalam mesin pengering.

Memahami Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Polytron adalah salah satu merek mesin cuci yang populer di Indonesia. Selain menawarkan berbagai macam fitur, harganya juga tergolong cukup terjangkau. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk lebih memahami tentang rangkaian kabelnya.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Aqua Hijab Series 1 Tabung

1. Tentukan jalur kabel dinamo

Langkah ini sangat penting untuk diikuti. Kebanyakan kesalahan yang sering dilakukan dalam memperbaiki mesin cuci 2 tabung adalah lupa mengenai jalur kabel pada dinamo. Hal ini mungkin terjadi ketika pengguna membeli dinamo yang baru. Oleh karena itu, lebih baik untuk melakukan pengujian kembali.

Salah satu cara mudah untuk memahami rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung adalah dengan membaca skema gambar rangkaian kabelnya. Sebelum mempelajari rangkaian kelistrikan, penting untuk mengenal berbagai komponen yang terdapat di dalam mesin cuci dan juga memahami fungsi dari setiap komponen tersebut. Pengetahuan ini nantinya akan memudahkan dalam membaca skema kelistrikan.

Pada dinamo yang asli, melihat gambar rangkaian kabelnya tidak akan terlalu sulit. Secara umum, dinamo pada mesin cuci memiliki 3 kabel, yakni 1 untuk listrik dan 2 untuk kapasitor. Salah satu kabel kapasitor kemudian dihubungkan dengan kabel listrik kedua.

2. Menentukan jalur cable dinamo motor spin dan wash

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan saat belajar memasang dinamo pada mesin cuci, terutama dalam mengetahui jalur listrik langsung dan kapasitor. Untuk mengetahui hal tersebut, diperlukan AVOmeter untuk menentukan hambatan pada kabel. Atur AVOmeter dengan skala Ohm dan lakukan pengecekan secara bergilir.

Untuk sambungan kabel langsung, ambil hasil paling kecil pada AVOmeter. Lalu, lihat sambungan dengan hambatan paling besar. Sambungan tersebut merupakan sambungan yang terhubung dengan kapasitor.

Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci 2 Tabung yang Putus

Masalah putusnya kabel dinamo sering menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Untuk mengatasi masalah tersebut, perhatikanlah cara menyambung kabel mesin cuci yang putus berikut ini.

1. Buka tutup belakang mesin cuci

Pertama-tama, lepaskan semua baut pada penutup mesin cuci. Kemudian, lepas dari badannya. Setelah bagian tutup belakang terbuka, periksa sistem kabel di dalamnya. Terdapat 3 kabel dengan warna putih, biru, merah, dan orange. Perhatikan kabel yang putus. Biasanya, kabel putus karena digigit tikus. Kabel ini terhubung ke bagian panel atas.

2. Lepaskan tali pengait

Sebagai contoh, jika kabel yang putus terdapat pada tombol drain, maka lepaskan pengait penghubung katup dan tombol drain. Proses melepaskan pengait ini cukup penting karena jika tetap terpasang, tutup akan sulit dibuka karena tertahan oleh tali yang terhubung ke pengait.

Baca Juga :   Skema Modul Mesin Cuci Samsung Diamond Drum

3. Buka tutup panel atas

Kemudian, buka bagian tutup panel atas. Lepaskan dua baut pada bagian belakang panel atas menggunakan obeng plus. Setelah baut terlepas, gunakan obeng minus untuk mencungkil sambungan antara badan dan panel atas.

4. Tarik cable putus ke atas

Untuk memudahkan dalam menyambung kabel yang putus, sebaiknya tarik kabel tersebut ke atas terlebih dahulu melalui lubang yang terhubung ke panel. Caranya adalah dengan memasukkan kawat dari atas ke bawah, kemudian ikat tali ke bagian kabel dan tarik ke atas.

5. Sambungkan kabel

Setelah kabel yang putus berhasil ditarik, langkah selanjutnya adalah menyambungkannya. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan isolasi atau timah solder yang dipanaskan. Jika ingin mendapatkan sambungan yang lebih kuat, disarankan untuk menggunakan cara kedua.

6. Pasang kembali panel dan tutup belakang

Setelah kabel berhasil disambungkan, pasang kembali panel-panel yang sebelumnya telah dibuka. Jangan lupa untuk memasang kembali seluruh baut dan pastikan baut terpasang kencang. Lakukan pengujian untuk memastikan mesin cuci berfungsi normal kembali.

Artikel Terkait : 

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang informasi tentang Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron yang dapat kami sampaikan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan referensi atau ingin memperbaiki mesin cuci kalian sendiri.

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan mematikan aliran listrik sebelum melakukan perbaikan pada mesin cuci. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *