Cara Reset Mesin Cuci Polytron

Cara Reset Mesin Cuci Polytron Semua Tipe Lengkap

Posted on

Finoo.id –Cara Reset Mesin Cuci Polytron Semua Tipe Lengkap. Mengutip kalimat awal, mencuci pakaian adalah aktivitas yang sangat merepotkan dan memakan waktu, terutama jika dilakukan dengan tangan.

Oleh karena itu, mesin cuci sangat membantu dalam meringankan beban pekerjaan rumah tangga, dan bahkan memungkinkan kita untuk melakukan multitasking seperti memasak dan membersihkan lantai.

Namun, tidak selalu mesin cuci dan peralatan elektronik lainnya bekerja dengan sempurna setiap saat. Terkadang, mereka mengalami kesalahan atau bahkan kerusakan karena usia pemakaian.

Terlebih lagi, beberapa konsumen mungkin masih awam dengan cara menggunakan mesin cuci Polytron, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi masalah dengan mereset mesin cuci tersebut.

Fitur Unggulan Mesin Cuci Polytron

Mesin cuci Polytron memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Contoh kelebihan mesin cuci Polytron antara lain:

  • Terdapat fitur self diagnosis yang berguna untuk mendeteksi masalah atau kerusakan yang terjadi pada mesin cuci. Setiap masalah atau kerusakan akan ditampilkan dalam bentuk kode error pada panel.
  • Tombol-tombol pada panel kontrol sangat mudah dipahami.
  • Material drum mesin cuci Polytron terbuat dari stainless steel tebal dan tahan karat.
  • Material bodinya dilapisi dengan bahan metal yang kokoh dan awet.
  • Tersedia pilihan warna yang beragam dan mewah.
  • Polytron juga menyediakan mesin cuci dengan kapasitas besar yang hemat energi.
  • Dilengkapi dengan fitur Silent Wash Technology yang memungkinkan mesin cuci beroperasi tanpa terlalu bising.

Namun, seiring dengan penggunaannya, mesin cuci Polytron juga bisa mengalami masalah atau error yang disebabkan oleh kesalahan saat mengoperasikan mesin atau kerusakan pada komponen.

Ketika mesin cuci mengalami masalah, biasanya mesin cuci akan menampilkan kode kesalahan (error code) pada panel display. Dengan membaca kode error mesin cuci Polytron tersebut, kita dapat mengetahui penyebab kerusakan dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga :   Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 Yang Tepat

Kode Error Mesin Cuci Polytron dan Artinya

1. DOOR (Pintu)

Kode error “DOOR” pada mesin cuci Polytron muncul ketika pintu mesin cuci tidak tertutup sempurna karena terganjal atau terhalang oleh benda. Kode error ini juga bisa muncul jika kita lupa menutup pintu mesin cuci saat mesin cuci memulai proses pencucian atau memeras.

Untuk mengatasi kode error “DOOR” pada mesin cuci Polytron, kita dapat menyingkirkan penghalang atau menutup pintu mesin cuci secara sempurna. Setelah itu, tekan tombol “Start/Reload”.

2. FInI (Finish/Selesai)

Kode error “FInI” atau “F1n1” pada mesin cuci Polytron menunjukkan bahwa terjadi kesalahan pada software yang dapat diatasi dengan mereset sistem mesin cuci. Cara melakukan reset mesin cuci Polytron dapat dilihat pada bagian akhir artikel ini.

3. EFIL (Fill/Pengisian)

Kode kesalahan pada mesin cuci Polytron seringkali disebabkan oleh keran yang lupa dibuka sehingga tidak ada air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci. Selain itu, kode error EFIL juga bisa terjadi karena adanya sumbatan pada selang atau water inlet valve sehingga air yang masuk ke mesin cuci sangat sedikit. Jika level air tidak tercapai dalam waktu maksimal 6 jam, maka kode error EFIL akan muncul.

Untuk mengatasi kode error EFIL pada mesin cuci Polytron, kita perlu membuka keran air selebar mungkin. Jika terjadi penyumbatan pada selang atau pada saringan, maka perlu segera membersihkannya agar aliran air tidak terhambat.

4. BLNC (Balance/Keseimbangan)

Untuk menjaga keseimbangan mesin cuci, mesin cuci perlu ditempatkan di permukaan yang datar. Jika mesin cuci ditempatkan di tempat yang miring hingga menyebabkan tabung mesin cuci miring, maka mesin cuci tidak akan berfungsi dan akan menampilkan kode BLNC pada panel display. Selain itu, kode error BLNC juga bisa muncul jika cucian tidak tersebar merata di dalam tabung mesin cuci, sehingga menyebabkan tabung menjadi berat sebelah.

Untuk mengatasi kode error BLNC pada mesin cuci, hal yang perlu dilakukan sangat mudah. Pertama, pastikan mesin cuci ditempatkan di atas permukaan yang rata.

Jika kode error BLNC muncul saat proses pencucian, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 1 & 2 Tabung

  • Tekan tombol Start/Mulai atau Pause.
  • Matikan daya mesin cuci. Cabut kabel steker atau kabel listrik.
  • Atur cucian agar menyebar rata di dalam tabung mesin cuci sehingga tabung menjadi lebih seimbang.
  • Sambungkan kembali kabel listrik, nyalakan daya mesin cuci, kemudian tekan tombol Start/Mulai untuk melanjutkan proses pencucian.

5. EDRN (Drain/Pembuangan)

Jangan lupa untuk menurunkan selang pembuangan dari tempat penggantungan ketika menggunakan mesin cuci. Pastikan selang pembuangan tidak tersumbat atau tertekuk, karena hal tersebut dapat menghambat air dari tabung mesin cuci untuk keluar dan dibuang. Setelah itu, tekan tombol Start atau Mulai untuk memulai proses pencucian.

Tanda Mesin Cuci Perlu Reset

Mesin cuci Polytron, terutama model 1 tabung, merupakan sebuah peralatan elektronik canggih yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Pengguna hanya perlu menekan tombol untuk menyelesaikan tugas mencuci pakaian dengan praktis.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat pengguna perlu melakukan reset mesin cuci Polytron. Hal ini terutama diperlukan jika mesin cuci mengalami kendala seperti berikut:

1. Tombol Start Tidak Berfungsi

Seringkali orang cenderung panik ketika tombol start pada mesin cuci macet. Hal ini dapat terjadi akibat kerusakan atau kegagalan fungsi yang mengakibatkan produk berhenti bekerja.

Sebelum memutuskan untuk menghubungi layanan servis center atau teknisi terampil, sebaiknya coba melakukan reset terlebih dahulu. Pada beberapa kasus, mesin cuci dapat berfungsi kembali secara normal setelah dilakukan reset.

2. Muncul Kode Error

Banyak mesin cuci Polytron yang sudah dilengkapi dengan fitur self diagnosis sebagai fungsi wajib untuk produk canggih. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi secara otomatis apabila terjadi error atau kegagalan operasional.

Saat produk mengalami masalah, maka kode error akan muncul pada notifikasi papan kontrol untuk memberi informasi kepada pengguna. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengetahui kondisi yang sedang terjadi sehingga dapat dengan mudah mengatasinya.

Cara Reset Mesin Cuci Polytron

Produsen perangkat telah memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengatasi berbagai kendala ringan sendiri. Hal ini mengurangi ketergantungan terhadap layanan servis atau teknisi, serta menekan pengeluaran dana.

Pihak pabrik menyediakan panduan mengenai cara reset mesin cuci Polytron agar chip pada modul kembali ke pengaturan awal. Hal ini berfungsi untuk menormalkan kembali mesin cuci apabila terjadi error atau kesalahan pemrograman siklus mencuci.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Mesin Cuci Polytron Paling Mudah

Berikut adalah cara melakukan reset pada mesin cuci Polytron:

  • Tekan tombol power + start/pause secara bersamaan hingga muncul kode “_” pada layar papan kontrol.
  • Lepaskan kedua tombol tersebut dan perhatikan papan kontrol mesin cuci dengan seksama.
  • Tekan tombol di papan kontrol satu per satu mulai dari yang paling kiri hingga ke kanan.
  • Akhiri dengan menekan tombol power (on/off) untuk mereset.
  • Cabut kabel power dari stop kontak untuk memutus aliran listrik.
  • Biarkan selama sekitar 5 menit lalu sambungkan kembali kabel power ke stop kontak.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan mesin cuci dan periksa apakah sudah normal kembali.
  • Lakukan tes mesin cuci dengan mencuci pakaian seperti biasa.

Untuk memastikan proses reset berhasil, kamu harus melakukan setiap langkah dengan benar dan menekan tombol dengan tepat. Pada papan kontrol mesin cuci Polytron terdapat banyak tombol dengan jumlah total sekitar 7 tombol.

Pada model terbaru, bisa jadi terdapat perbedaan metode untuk mereset unit, mengingat pihak produsen selalu meningkatkan dan menyempurnakan produk mereka dengan menambahkan spesifikasi atau fitur baru sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara reset mesin cuci Polytron yang bisa kalian lakukan jika mengalami masalah dalam penggunaannya. Meskipun terlihat sederhana, namun melakukan reset bisa menjadi solusi untuk beberapa masalah pada mesin cuci Polytron kalian.

Jangan lupa untuk selalu membaca manual penggunaan dan melakukan perawatan rutin agar mesin cuci tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *