Cara Membersihkan Mesin Cuci Polytron

Cara Membersihkan Mesin Cuci Polytron Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Membersihkan Mesin Cuci Polytron Paling Mudah. Perkembangan teknologi telah berhasil menyederhanakan dan mempermudah kebiasaan mencuci yang sebelumnya dilakukan secara manual. Mesin cuci kini hadir sebagai solusi untuk mencuci pakaian dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Dengan menggunakan mesin cuci, para ibu di rumah dapat melakukan multitasking dan menyelesaikan beberapa tugas sekaligus. Produk merk Polytron dapat menjadi pilihan bagi para pelanggan pemula yang baru membeli mesin cuci, namun mungkin kurang memahami cara menggunakannya dengan baik.

Jangan khawatir, petunjuk penggunaan mesin cuci Polytron sudah tercantum dalam buku panduan resmi dari produsen. Selain itu, membersihkan mesin cuci Polytron juga sangat mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Manfaat Membersihkan Mesin Cuci Polytron

Jika kamu rajin membersihkan mesin cuci baik bagian luar maupun dalamnya, maka akan mendapatkan banyak manfaat yang langsung terasa. Luangkan waktu sedikit di tengah kesibukan sehari-hari untuk melakukan perawatan.

Keuntungan utama dari pemeliharaan mesin cuci adalah produk akan menjadi awet dan performanya tidak menurun. Seperti yang kita ketahui, setiap peralatan elektronik memiliki usia pakai untuk komponen di dalamnya.

Membersihkan mesin cuci dapat mengembalikan performa produk dan mencegah terjadinya karat pada bagian tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memperpanjang masa pakai mesin cuci.

Selain itu, membersihkan tabung mesin cuci juga dapat mengurangi pertumbuhan jamur yang menyebabkan bau apek. Kita sering mendengar mesin cuci yang mengeluarkan bau tak sedap karena kurang terawat.

Selain itu, kebersihan mesin cuci juga berdampak pada kesehatan keluarga. Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membersihkan mesin cuci, meskipun masih banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh.

Cara Membesihkan Mesin Cuci Polytron

Penting untuk diketahui bahwa cara membersihkan mesin cuci Polytron hampir sama meskipun terdapat banyak tipe produk yang beredar di pasaran. Ada dua bagian yang perlu diperhatikan, yaitu permukaan bagian luar dan dalam mesin cuci.

Panduan yang kami berikan ini dapat diterapkan pada semua tipe mesin cuci, baik yang memiliki model 1 atau 2 tabung. Panduan ini bersifat universal dan mudah dilakukan, bahkan bagi pengguna yang masih pemula.

Baca Juga :   Fungsi dan Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis

1. Bersihkan Permukaan Luar

Pastikan mesin cuci dengan merk Polytron dalam kondisi mati dan cabut kabel listrik untuk menghindari risiko sengatan. Siapkan lap lembut atau spons serta wadah yang berisi deterjen.

Hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung zat keras atau abrasif agar bodi mesin cuci tidak rusak. Untuk membersihkan permukaan luar mesin cuci, usaplah secara lembut dengan menggunakan lap atau spons untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel.

2. Bersihkan Bagian Dalam

Membersihkan bagian dalam mesin cuci dapat dilakukan tanpa membongkar unit, sehingga lebih mudah dan praktis. Langkah pertama adalah melepaskan bagian dispenser deterjen (untuk tipe 1 tabung) dan filter, kemudian bersihkan kedua bagian tersebut terlebih dahulu.

Pasang kembali kedua komponen tersebut dan lanjutkan proses pembersihan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan deterjen pembersih atau soda kue sebagai media untuk menghilangkan kotoran.
  • Kosongkan tabung mesin cuci dan pastikan tidak ada pakaian yang tertinggal di dalamnya.
  • Sambungkan kabel listrik ke sumber listrik untuk memulai proses pembersihan.
  • Tuangkan air panas ke dalam mesin cuci untuk tipe 2 tabung dan tambahkan zat pembersih secukupnya.
  • Jalankan siklus pencucian selama sekitar 10 menit, lalu diamkan selama 1 jam.
  • Buang air hasil pembersihan dan ulangi proses pembersihan sekali lagi.

Pada beberapa tipe mesin cuci dengan model 1 tabung tertentu, biasanya terdapat fitur untuk menguras drum secara otomatis. Kamu dapat menggunakan fitur tersebut sebagai metode perawatan mesin cuci secara rutin.

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Untuk memudahkan kamu dalam menjaga mesin cuci tetap bersih dan terawat, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba!

Kuras Air dari Tabung Cuci Setelah Dipakai

Salah satu cara penting untuk membersihkan mesin cuci 2 tabung adalah dengan menguras air dari tabung setelah digunakan. Namun, menguras air dari tabung cuci tidak boleh sembarangan karena ada panduan yang harus diperhatikan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menguras air dari tabung mesin cuci:

  • Hubungkan selang ke bagian bawah mesin dan letakkan ujung selang yang lain di dalam ember atau bak cuci.
  • Putar tombol pada mesin cuci ke posisi “Drain”. Ini akan membiarkan air mengalir keluar.
  • Tunggu sampai air benar-benar habis sebelum memindahkan selang, untuk menghindari tercipratnya air.

Selang mesin cuci biasanya terhubung ke dua titik pada mesin. Selang pertama di bagian atas digunakan untuk mengisi air, sedangkan selang lainnya digunakan untuk mengalirkan air. Kamu tidak perlu khawatir karena kedua titik ini mudah ditemukan.

Pastikan Steker Mesin Cuci Sudah Tercabut

Setelah air dalam tabung mesin cuci sudah terkuras habis, cabut steker mesin cuci agar tidak tersambung dengan sumber listrik. Pastikan semua tombol pada mesin cuci dalam keadaan “off”.

Baca Juga :   Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 1 & 2 Tabung

Selain itu, matikan sakelar di rumah yang memberi daya listrik ke mesin cuci untuk memastikan keamanan selama proses membersihkan mesin cuci.

Lap Bagian Dalam dan Luar Mesin Cuci

Langkah selanjutnya untuk membersihkan mesin cuci dua tabung adalah dengan menyeka bagian dalam dan luar mesin menggunakan kain lembap. Berikut adalah cara-cara yang dapat diikuti:

  • Basahi kain lembut dengan air hangat atau dingin.
  • Bersihkan bagian dalam tabung terlebih dahulu dan gosok secara perlahan.
  • Gerakkan kain secara memutar untuk membersihkan mesin cuci secara menyeluruh.
  • Selalu lap mesin setiap kali menggunakannya agar tetap terjaga kebersihannya.
  • Hindari menggunakan kain kasar atau sikat untuk membersihkan mesin cuci.

Mesin cuci dua tabung memiliki sedikit lubang atau celah dibandingkan dengan mesin cuci biasa, sehingga tidak terlalu cepat kotor. Namun, perlu lebih fokus pada bagian pulsator, yaitu bagian bundar di bagian bawah tabung mesin cuci.

Keringkan Bagian dalam Tabung Mesin Cuci

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian dalam tabung menggunakan handuk bersih berbahan lembut, seperti kain microfiber. Seka bagian dalam dari dasar tabung menuju atas dan bersihkan dengan gerakan melingkar kecil. Selain itu, seka juga bagian luar mesin cuci dengan handuk bersih.

Pastikan mesin cuci dikeringkan secara menyeluruh, termasuk pada bagian tepi pulsator untuk hasil yang maksimal.

Biarkan Tutup Mesin Cuci Terbuka

Setelah mesin cuci dibersihkan dan dikeringkan, biarkan tutup mesin cuci terbuka selama satu jam agar benar-benar kering. Pastikan untuk membuka kedua tutup tabung mesin cuci sebelum menghubungkannya kembali ke sumber listrik.

Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung, terutama pada mesin cuci Panasonic, bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jamur atau lumut. Dengan menjaga kebersihan mesin cuci secara teratur, kamu akan mendapatkan mesin cuci yang lebih bersih dan terawat.

Bersihkan Filter Tabung Cuci

Ketika membersihkan mesin cuci, jangan lupa untuk membersihkan juga filter serat yang ada di dalamnya. Filter serat mesin cuci biasanya berada di bagian dalam, terlihat seperti tabung yang panjang dan tipis.

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan filter serat pada mesin cuci:

  • Tekan panah ke bawah dan tarik keluar filter serat dengan lembut.
  • Bilas filter serat dalam mangkuk atau ember berisi air bersih.
  • Isi ember dengan air dan rendam filter di dalamnya.
  • Gunakan jari untuk membersihkan semua serat dari filter, gerakkan di dalam air hingga benar-benar bersih.
  • Pasang kembali filter serat seperti saat kamu mengeluarkannya.
  • Dorong ke dalam dengan lembut hingga terpasang di tempatnya.

Desinfeksi Mesin Cuci

Mencuci tabung mesin cuci dengan benar memerlukan penggunaan air panas agar terbebas dari kuman dan bakteri. Berikut adalah panduannya:

  • Tambahkan air panas ke dalam mesin cuci dengan menghubungkan selang ke keran air.
  • Hubungkan ujung selang yang tipis ke bagian atas mesin cuci dan ujung selang lainnya ke keran wastafel.
  • Nyalakan air panas untuk mengisi bak cuci hingga seperempat atau sepertiga penuh.
Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci Denpoo Terbaru

Pakai Cuka atau Air dan Baking Soda

Setelah air mengisi tabung mesin cuci, tambahkan 240 – 470 mililiter cuka putih ke dalam tabung. Cuka berperan sebagai desinfektan untuk membersihkan mesin cuci. Jika kedua tabung sangat kotor, tambahkan cuka lebih banyak.

Jika ada bagian tertentu pada mesin cuci yang dikhawatirkan rusak, semprotkan dengan cuka sebelum menuangkan cuka tambahan. Namun, tidak perlu melakukan cara ini terlalu sering, cukup 3 sampai 6 bulan sekali.

Untuk hasil yang maksimal, tambahkan 240 ml soda kue ke dalam air.

Bersihkan Kembali Tabung Mesin Cuci

Langkah selanjutnya untuk mendesinfeksi mesin cuci adalah memutar tombol mesin ke siklus pencucian. Hal ini akan membantu cuka membersihkan tabung. Lakukan proses ini selama 10-15 menit. Setelah itu, kuras air di dalam mesin.

Alihkan ujung selang yang dicolokkan ke bagian atas mesin cuci ke dasar mesin. Lepaskan ujung selang yang menempel pada keran dan letakkan di saluran pembuangan air. Pastikan selang tidak bergerak agar tidak menyemprotkan air ke mana-mana. Jika air sudah terkuras, seka bagian dalam mesin agar benar-benar kering.

Jangan lupa biarkan tutup mesin cuci terbuka selama satu atau dua jam agar kering secara maksimal dan dapat digunakan dengan aman.

Gunakan Deterjen yang Tepat

Tentu kamu tidak ingin mesin cuci, baik satu atau dua tabung, berbau apek, bukan? Dengan cara membersihkan mesin cuci yang tepat, masalah ini dapat dihindari.

Namun, pemilihan deterjen juga perlu diperhatikan, guys! Deterjen yang tidak tepat dapat meninggalkan banyak sisa sabun pada tabung dan menimbulkan bau apek. Pilihlah deterjen cair dengan konsentrat khusus untuk mesin cuci agar hasil pencucian lebih optimal dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

Baca Juga :

Penutup

Dengan membersihkan mesin cuci Polytron secara rutin, kalian dapat memastikan mesin tetap berfungsi dengan baik dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Membersihkan Mesin Cuci Polytron Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *