Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Skema & Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Posted on

Finoo.id – Skema & Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci Front Loading. Mesin cuci merupakan kebutuhan elektronik yang penting bagi setiap rumah tangga. Dengan menggunakan alat ini, mencuci pakaian menjadi lebih mudah dilakukan. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, mesin cuci juga bisa mengalami kerusakan pada modulnya. Untuk mengatasi hal ini, salah satu solusinya adalah dengan mengganti komponen menggunakan skema modul mesin cuci universal.

Pilihan menggunakan modul universal ini dapat membantu menghemat biaya penggantian. Sebab, jika harus membeli modul yang asli, harganya bisa sangat mahal. Selain itu, produk universal ini juga memiliki keuntungan karena dapat digunakan pada berbagai merek mesin cuci lainnya. Oleh karena itu, alat seperti ini sangat praktis dan mudah digunakan pada berbagai jenis produk lainnya.

Apa itu Modul Mesin Cuci Universal?

Modul Mesin Cuci Universal adalah sebuah perangkat elektronik yang didesain untuk mengontrol fungsi-fungsi utama pada mesin cuci. Modul ini berguna untuk menggantikan modul mesin cuci yang rusak atau memperbaiki mesin cuci yang tidak berfungsi dengan baik.

Modul Mesin Cuci Universal mampu mengontrol berbagai komponen mesin cuci seperti motor, pompa air, pemanas air, dan komponen lain yang terkait dengan operasi mesin cuci. Karena dapat diaplikasikan pada berbagai jenis mesin cuci, modul ini sering disebut sebagai “universal”.

Skema Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Banyak orang memilih untuk menggunakan alat universal sebagai pengganti PCB modul asli karena harganya yang lebih ekonomis. Harga modul asli yang lebih mahal membuat orang beralih menggunakan alat ini, meskipun tidak sebaik mesin asli, namun tetap berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci Denpoo Terbaru

Pemasangan alat ini sebenarnya tidak terlalu rumit, meskipun terdapat beberapa perbedaan dalam cara memasang modul universal pada mesin cuci front loading dan top loading, namun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan.

Hal yang penting adalah mencari produk universal yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih detail mengenai cara pemasangan, dapat dilihat di bawah ini.

Cara Pasang Modul Mesin Cuci Universal

Jika mesin cuci mengalami kerusakan akibat modulnya, kalian dapat menggantinya dengan modul mesin cuci universal. Penting untuk memasang modul dengan benar agar mesin cuci dapat bekerja dengan baik dan memenuhi kebutuhan kalian. Berikut adalah langkah-langkah atau cara memasang modul universal pada mesin cuci.

1. Menghubungkan Kabel Ke Listrik

Langkah pertama adalah menghubungkan modul ke sumber listrik dengan menghubungkan kabel listrik ke modul. Pasang kabel listrik pada bagian zero line dan kabel kedua pada bagian fire line. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan kuat agar aliran listrik dapat mengalir dengan lancar ke mesin cuci.

2. Memasang Kabel Door Switch

Langkah kedua adalah menghubungkan dua jenis saklar pengaman pintu dari mesin cuci. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan saat memasang kabel dari pengaman pintu tersebut. Disarankan untuk mengikuti petunjuk yang biasanya disertakan pada kotak pembelian modul untuk memastikan pemasangan yang benar.

3. Hubungkan Ke Soket Water Level

Langkah ketiga adalah menghubungkan pin socket water level atau sensor air di dalam mesin cuci. Terdapat 3 jenis pin yang harus dihubungkan dengan benar. Pastikan untuk memasang socket pin yang tepat dan membaca instruksi pemasangan untuk memastikan korelasi yang benar. Jika terjadi kesalahan, sensor tidak akan berfungsi.

Baca Juga :   Cara Reset Mesin Cuci Polytron Semua Tipe Lengkap

Jika socket water level yang asli masih berfungsi dengan baik, lebih baik tidak menggantinya. Produk asli umumnya lebih berkualitas dan mampu bekerja dengan lebih baik dan maksimal. Namun, jika socket asli sudah tidak bisa digunakan, sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Koneksikan Ke Dinamo, Motor Drain Dan Water Valve

Langkah keempat adalah mencari 3 kabel yang tergabung menjadi 1 yang terhubung ke dinamo penggerak, motor drain, dan water valve. Pasang pin dari ketiga kabel tersebut ke modul universal, yang berada di sebelah socket zero line. Selanjutnya, hubungkan juga pin dari modul ke motor drain dan water valve.

5. Sambung Kabel Spin Tabung

Selanjutnya, hubungkan kabel spin tabung motor yang tersisa ke socket modul universal. Pastikan pemasangan kabel tidak terbalik karena dapat mengakibatkan pengering pada tabung bagian dalam tidak dapat berputar. Jika terjadi hal tersebut, kabel dapat dibalik agar tabung dalam dapat berputar.

Proses pemasangan alat seperti di atas dapat berjalan dengan lancar jika kalian memiliki skema modul universal untuk mesin cuci front loading atau top loading. Jika terjadi kebingungan dalam menghubungkan komponen, kalian dapat melihat skema tersebut untuk menemukan jawabannya.

Manfaat menggunakan Modul Mesin Cuci Universal

Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan Modul Mesin Cuci Universal:

  1. Kompatibilitas yang lebih baik
  2. Modul Mesin Cuci Universal didesain agar dapat digunakan pada berbagai jenis mesin cuci, sehingga tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas saat penggunaannya.
  3. Penggantian yang mudah
  4. Modul Mesin Cuci Universal mudah dipasang dan dilepas dari mesin cuci. Jika terjadi kerusakan pada modul, kalian dapat dengan mudah menggantinya tanpa harus membeli mesin cuci baru.
  5. Hemat biaya
  6. Mengganti modul mesin cuci yang rusak dengan modul universal lebih ekonomis daripada membeli mesin cuci baru. Selain itu, jika kalian memiliki beberapa mesin cuci yang berbeda di rumah, kalian hanya perlu membeli satu modul yang dapat digunakan pada semua mesin cuci yang ada.
  7. Perbaikan yang lebih mudah
  8. Modul Mesin Cuci Universal biasanya lebih mudah diperbaiki karena memiliki bagian yang lebih sederhana dibandingkan dengan mesin cuci pada umumnya.
  9. Ketersediaan yang lebih baik
  10. Karena Modul Mesin Cuci Universal dapat digunakan pada berbagai jenis mesin cuci, biasanya lebih mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan rumah tangga dan toko suku cadang.
Baca Juga :   Cara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux: Dengan Mudah

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas mengenai skema dan cara pemasangan modul universal pada mesin cuci front loading. Meskipun terlihat rumit, pemasangan modul dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan secara rinci.

Selain itu, penggunaan modul juga memiliki banyak manfaat seperti efisiensi energi dan peningkatan performa mesin cuci.

Oleh karena itu, jika mesin cuci kalian mengalami masalah, pertimbangkan untuk memasang modul universal ini agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja mesin cuci kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari solusi untuk permasalahan mesin cuci kalian. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *