Kode Error Mesin Cuci Polytron

Arti Kode Error Mesin Cuci Polytron & Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Arti Kode Error Mesin Cuci Polytron & Cara Mengatasinya. Salah satu merek terkenal adalah Polytron, yang menyediakan berbagai produk mesin cuci berkualitas, baik mesin cuci satu tabung maupun dua tabung. Mesin cuci Polytron memiliki banyak keunggulan.

Selain memiliki kualitas yang unggul, harga mesin cuci ini juga terjangkau di pasaran Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa mesin cuci Polytron sangat diminati dan menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Meskipun berkualitas tinggi, mesin cuci merek Polytron juga dapat mengalami kerusakan. Namun, berkat teknologi self diagnosis yang diterapkan, kesalahan lebih mudah dideteksi karena ditkaliani dengan kode yang muncul.

Ketika terjadi kesalahan, fitur self diagnosis ini akan menampilkan kode sebagai indikasi kesalahan yang terjadi. Sayangnya, banyak pengguna yang belum memahami arti dari kode kesalahan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kode kesalahan mesin cuci Polytron berikut ini.

Fitur Kode Error Mesin Cuci Polytron

Meskipun Polytron adalah merek lokal, perusahaan ini mampu bersaing dengan pesaing lainnya. Bukti nyata adalah fitur self diagnosis yang dimiliki oleh mesin cuci tipe 1 tabung.

Self diagnosis mampu mendeteksi berbagai masalah pada mesin cuci, baik itu kegagalan fungsi maupun kerusakan komponen. Fungsi ini akan menampilkan kode error pada panel kontrol sebagai informasi bagi pengguna.

Dengan begitu, kalian dapat mengetahui kondisi mesin cuci Polytron tersebut. Kemudian, kalian dapat menganalisis dan menangani masalah tersebut sendiri sebelum memutuskan untuk menghubungi teknisi.

Kode error pada mesin cuci membantu pemula untuk mengidentifikasi kendala-kendala dengan mudah dan praktis. Namun, perlu diketahui bahwa produk mesin cuci 2 tabung termasuk dalam kategori perangkat manual/semi otomatis yang belum dilengkapi dengan fitur ini.

Berikut ini adalah daftar mesin cuci yang mendukung self diagnosis:

  1. Polytron Wonderwash 2 in 1
  2. Seri Polytron Wonderwash
  3. Seri Polytron Zeromatic

Kode Error Mesin Cuci Polytron

Meskipun mesin cuci Polytron sangat canggih, namun tentu saja memiliki batas usia penggunaan. Seiring dengan penggunaan dalam jangka waktu yang lama, mesin cuci bisa mengalami error, penurunan kinerja, atau kerusakan pada komponen.

Baca Juga :   Fungsi dan Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis

Penggunaan yang salah atau faktor usia pemakaian bisa menyebabkan munculnya kode error pada mesin cuci Polytron Zeromatic. Oleh karena itu, kalian perlu tahu cara menggunakan mesin cuci Polytron dengan benar agar menghindari error. Meskipun kode error muncul untuk membantu pengguna mengenali penyebab kesalahan, ternyata banyak pengguna yang masih belum memahaminya.

Jika kalian belum mengetahuinya, kami akan memberikan informasi mengenai arti, penyebab, dan cara mengatasi kode error pada mesin cuci Polytron.

1. DOOR (Pintu)

Jika pintu mesin cuci tidak tertutup dengan sempurna, maka akan muncul kode error DOOR. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya benda yang terganjal atau menghalangi pintu. Penyebab lainnya adalah lupa menutup pintu mesin cuci saat memulai proses pencucian atau memeras.

Untuk mengatasi kode error DOOR ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghilangkan benda yang menyebabkan pintu tidak tertutup dengan sempurna. Setelah itu, pastikan pintu mesin cuci Polytron ditutup rapat dan tekan tombol Start/Reload.

2. Flnl (Finish)

Kode error Flnl atau F1n1 muncul jika terjadi kesalahan pada perangkat lunak (software) mesin cuci. Kesalahan ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada sensor air.

Untuk mengatasi kode error FINL pada mesin cuci Polytron, kalian dapat melakukan reset sistem mesin cuci atau menghubungi teknisi layanan mesin cuci.

3. EFIL (Fill)

Kode kesalahan EFIL biasanya terjadi ketika keran air terlupa dibuka sehingga tidak ada air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci. Selain itu, kode ini juga bisa disebabkan oleh tersumbatnya selang (water inlet valve), sehingga aliran air yang masuk terhambat.

Jika level air dalam tabung mesin cuci tidak tercapai dalam waktu maksimal 6 jam, maka kode error EFIL akan muncul. Untuk mengatasinya, kalian dapat membuka keran air secara penuh atau membersihkan selang yang tersumbat agar aliran air kembali normal.

4. BLNC (Balance)

Mesin cuci Polytron harus ditempatkan pada permukaan yang datar agar tabungnya tetap seimbang. Jika mesin cuci diletakkan dalam posisi miring, akan menyebabkan tabung mesin cuci miring dalam sudut tertentu dan mengakibatkan munculnya kode error BLNC.

Kode error BLNC juga dapat muncul jika cucian tidak tersebar secara merata di dalam tabung, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan pada tabung. Oleh karena itu, pastikan mesin cuci ditempatkan pada permukaan yang rata untuk menghindari error BLNC.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci LG Paling Lengkap

Jika kode error ini muncul selama proses pencucian, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaikinya:

  • Tekan tombol Start atau Pause.
  • Matikan daya mesin cuci dan cabut kabel dari stop kontak.
  • Atur cucian agar tersebar merata di dalam tabung untuk menciptakan keseimbangan.
  • Pasang kembali kabel ke stop kontak dan nyalakan mesin cuci Polytron. Kemudian, tekan tombol Start.

5. EDRN (Drain)

Kode error EDRN pada mesin cuci terjadi ketika saluran pembuangan mengalami masalah, di mana air tidak dapat keluar dengan sempurna. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan dalam saluran pembuangan, yang mengakibatkan munculnya kode error EDRN.

Untuk mengatasi error ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa instalasi mesin cuci sesuai petunjuk yang terdapat dalam buku panduan. Selanjutnya, periksa saluran pembuangan dengan cermat. Pastikan selang pembuangan tidak tersumbat atau terlipat yang dapat mengganggu aliran air keluar dari mesin cuci.

6. E1 (Water Inlet)

Kode error E1 pada mesin cuci Polytron muncul jika terjadi penyumbatan pada selang air, keran belum dibuka, atau terdapat masalah pada katup.

7. E2 (Water Level)

Kode error E2 pada mesin cuci umumnya terjadi karena adanya indikasi kerusakan pada sensor ketinggian air.

8. E3 (Top Cover)

Kode error E3 pada mesin cuci terjadi ketika pintu tidak ditutup dengan sempurna atau terganjal oleh sesuatu.

9. E4 (Balance)

Kode error E4 pada mesin cuci Polytron menunjukkan bahwa mesin cuci kalian dalam posisi miring karena tabung tidak seimbang atau karena cucian tidak tersebar merata.

10. E5 (Drain)

Kode error E5 pada mesin cuci menunjukkan adanya penyumbatan pada saluran pembuangan air yang disebabkan oleh selang yang tertekuk atau tersumbat.

11. E6 (Water Level Sensor)

Kode error E6 pada mesin cuci Polytron menunjukkan bahwa level air terlalu tinggi karena adanya error atau kerusakan pada sensor pengatur level air.

Cara Reset Mesin Cuci Polytron Untuk Mengatasi Error

Untuk mengatasi beberapa masalah pada mesin cuci Polytron, kalian dapat mencoba melakukan reset. Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset mesin cuci Polytron:

  1. Tekan tombol “Start/Pause + On/Off” secara bersama-sama hingga muncul kode “-” pada layar.
  2. Setelah kode “-” muncul, lepaskan semua tombol.
  3. Tekan satu per satu tombol mesin cuci mulai dari tombol paling kiri dan akhiri dengan menekan tombol “On/Off” pada mesin cuci Polytron.
  4. Setelah itu, cabut kabel mesin cuci dari stop kontak dan tunggu beberapa saat.
  5. Pasang kembali kabel ke stop kontak.
  6. Terakhir, tekan tombol “Power” untuk menghidupkan mesin cuci seperti biasa.
Baca Juga :   Arti Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci Berbagai Merek

Dengan melakukan langkah-langkah reset tersebut, kalian dapat mengatasi beberapa masalah pada mesin cuci Polytron.

Biaya Service Mesin Cuci Polytron Error

Terkadang, ketika mesin cuci Polytron mengalami error, diperlukan bantuan dari teknisi layanan mesin cuci. Jika kalian membutuhkan jasa service mesin cuci, berikut adalah perkiraan biaya service mesin cuci Polytron yang perlu diperhatikan.

Biaya Service Mesin Cuci Polytron
Jasa ServiceHarga
Kunjungan dan Pengecekan Mesin CuciRp. 95.000
Service Minor (Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu dan Lainnya)Rp. 160.000
Sevice Major (Ganti Spare Part, Kabel Putus)Rp. 250.000
Service Special (Pembongkaran Besar, Modifikasi)Rp. 350.000
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Baca Juga :

Penutup

Mesin cuci Polytron adalah alat yang sangat berguna dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah kalian. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, mesin cuci Polytron juga rentan mengalami masalah, terutama dalam bentuk kode error yang muncul di layar. Kode error tersebut dapat menunjukkan adanya kesalahan atau kerusakan dalam mesin cuci kalian.

Jangan khawatir, dalam artikel finoo.id ini kami akan memberikan panduan singkat tentang beberapa kode error umum yang sering muncul pada mesin cuci Polytron dan langkah-langkah yang dapat kalian ambil untuk memperbaiki masalah tersebut.

Semoga panduan singkat ini dapat membantu kalian memahami dan memperbaiki masalah yang terkait dengan kode error pada mesin cuci Polytron kalian. Dengan perawatan yang tepat, mesin cuci kalian akan tetap berfungsi dengan baik dan memastikan pakaian bersih dan segar setiap kali dicuci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *